Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Fahmi Hidayat
"Penelitian mengenai karakteristik aliran fluida pada Micro Bubble generator tipe Spherical Ball in Flowing Water Tube telah dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami variabel-variabel penurunan tekanan (pressure drop), debit aliran fluida cair, debit aliran fuida gas yang terhisap serta hubungannya dengan ukuran bubble yang terbentuk.
Set up alat penelitian berupa water loop dengan bubble generator berbentuk pipa berdiameter 28 mm yang telah dipasangi bola berdiameter 26 mm ditengah saluran pipa tersebut.
Setelah percobaan dilakukan, hasil yang didapatkan adalah kenaikan debit air sebanding dengan besarnya jatuh tekanan antara daerah up stream dengan daerah down stream, dan sebanding pula dengan kenaikan debit udara (gas) yang terhisap.

Research about characteristic of fluid flow at Micro Bubble generator type of Spherical Ball in Flowing Water Tube have been done.
Intention of this research is to comprehend the variable of pressure degradation (pressure drop), charge the liquid fluid flow, charge the gas fluid sipped and also its relation with the size of bubble formed.
Set the up of research appliance in the form of water loop by turbular bubble generator have diameter 28 mm which have been attached by the ball have diameter 26 mm in the middle of the channel.
After attempt is already done, the result is increase charge of water is proportional with the level of pressure drop between up stream area and down stream area, and proportional also with the increase charge of the sipped gas.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38103
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Samosir, Mario Laurensus
"Gelembung banyak digunakan dalam proses pemisahan untuk memisahkan materi yang bermanfaat dari yang lain. Proses pemisahan gelembung menggunakan sifat permukaan hidrofobik dan hidrofilik sebagaimana dijumpai dalam flotasi. Karakteristik gelembung menentukan proses pemisahan sehingga penelitian fenomena produksi gelembung menjadi penting. Salah satu metode untuk menghasilkan gelembung adalah memanfaatkan fenomena entrainment air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter-parameter yang mempengaruhi produksi gelembung udara dengan penggunaan jet vertikal pada permukaan air, terutama pada efek ketinggian jet pada laju entrainment udara, penetrasi kedalaman gelembung, dan ukuran gelembung. Set up percobaan terdiri dari pompa, nozzle, doner, flow meter dan water pool. Data diwakili oleh video dan foto yang diperoleh dengan menggunakan kamera dan video dengan pencahayaan belakang. Data berupa gambar diproses dengan program pengolahan citra untuk memperoleh data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi jet mempengaruhi tingkat entrainment air, penetrasi kedalaman gelembung, dan ukuran gelembung.

Bubble is widely used in separation processes to separate useful material from others. The bubble separation process utilizes the hydrophobic and hydrophilic surface properties as encountered in flotation. The bubble characteristic determines the separation process so that research of the phenomenon of bubble production becomes important. One method to generate bubbles is to utilize the phenomenon of water entrainment. This study aims to determine the parameters that influence the bubble production by air entrainment vertical jet impingement in the surface of the water, especially on the effect of jet height on air entrainment rate, bubble depth penetration, and bubble size. Set up experiment consist of pump, nozzle, don comer, water flow meter and water pool. The datas are represented by videos and photos obtained by using camera and video with back lighting. Data in the form of image processed with image processing program to obtain quantitative data. The results showed that jet height affects the water entrainment rate, bubble depth penetration, and bubble size."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Madina Rain Firdaus
"Pada penelitian ini, penggunaan generator gelembung mikro untuk mengolah air baku Sungai Cikeas diteliti lebih lanjut secara proses flotasi dan aerasi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui waktu kontak optimum pengolahan, hubungan antara konsentrasi DO dengan kontaminan lainnya, serta perbandingan efisiensi penyisihan kontaminan dengan pemberian koagulan PAC. Penggunaan generator gelembung mikro menggunakan metode aerasi dan flotasi untuk menyisihkan kontaminan kekeruhan, besi, mangan, TSS, BOD dan COD.  Dilakukan percobaan dengan koagulan dan tanpa koagulan untuk air sampel yang sama. untuk melihat pengaruh pemberian koagulan pada efisiensi penyisihan. Ditemukan bahwa waktu kontak optimum untuk penurunan konsentrasi kekeruhan, TSS, besi dan mangan  rentang 20 - 30 menit, 20 - 30 menit, 10 - 30 menit dan 30 - 60 menit. Peningkatan persentase penyisihan antara pemberian koagulan dan tanpa koagulan. Waktu kontak optimum dari peningkatan oksigen terlarut (DO) adalah 10 menit. Waktu kontak optimum dari pengoperasian generator gelembung mikro secara keseluruhan adalah 10 menit sebagai pengolahan Dissolved Air Flotation (DAF). Hubungan Konsentrasi DO dengan penurunan konsentrasi parameter dianalisis dimana konsentrasi berbanding terbalik. Serta peningkatan persentase penyisihan untuk kekeruhan, besi, mangan dan TSS adalah 27%, 79.65%, 0% dan 3% dengan pemberian koagulan. Penggunaan generator gelembung mikro sendiri lebih baik performa flotasi dan aerasinya apabila dilakukan pemberian koagulan pada dosis optimum.

In this study, the application of microbuble generator to treat cikeas river raw water is furthered researched. The study is conducted to know the optimum retention time of treatment, the correlation between dissolved oxygen concentration with other contaminant, and the comparison of the contaminant removal efficiency for treatment with or without the addition of optimum dose coagulant PAC. The application of microbubble generator uses methods such as aeration and flotation to reduce turbidity, iron, manganese, TSS, BOD and COD contaminant. A same sample of cikeas river raw water is treated both ways, with coagulant and without coagulant to see the effect on the removal efficiency. It is found that the optimum retention time for decreasing turbidity, iron and manganese, Total suspended solid, is in the range 20-30 minutes, 20 -30 minutes, 10-30 minutes and 30-60 minutes.  Whereas, the optimum retention time  for dissolved oxygen is 10 minutes. In conclusion, the system as a whole has an optimum contact time of 10 minutes as a Dissolved Air Flotation (DAF) type unit. The increase in removal efficiency as a result of using coagulant in the treatment process for turbidity, iron, manganese, and total suspended solid are 27%,  79.65%, 0% and 3%. The performance of aeration and flotation process in the application of microbubble generator is better with the use of coagulant at the optimum dose."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deendarlianto
"An experimental study to examine the capabilities of the microbubble generator (MBG) on aerobic wastewater treatment was carried out under laboratory and industrial conditions. The tested MBG types were porous pipe & orifice and an MBG with a spherical body and drilled holes. In the laboratory-testing condition, an MBG was placed at a depth of 40 cm from the water surface. Three different pressure transducers were installed around the body of the MBG in order to analyze the inlet water pressure, the air-suction pressure, and the pressure at the outlet of the MBG. Next, the bubble diameter was measured by capturing the bubble pictures using a digital camera and analyzed using a developed image-processing technique. In order to simulate the application of the microbubble generator in the industrial field, a feasibility test of the MBG in aerobic wastewater treatment was performed. The results show the increase in MBG quantity with a higher ability to increase the oxygen, and that it is necessary to arrange the placement of each MBG in configuration to minimize bubble coalescence. Furthermore, by using a bio-ball as the porous media for microorganism attachment in aerobic wastewater treatment, the feasibility test showed promising results. Carbon on demand (COD) could be reduced to around 354 mg/l. The value of dissolved Oxygen (DO) was larger than 2 mg/L. The Ph level remained at 6, and temperature remained no more than 35ºC, which meet the requirements of aerobic wastewater treatment."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2015
UI-IJTECH 6:6 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Marttriadhi Laksana
"Microbubbles Generator dengan menggunakan Spherical Ball (bola karet) dirancang untuk menghasilkan gelembung dalam ukuran miko. Alat uji ini dirancang berdasarkan persamaan Bernoulli dan memanfaatkan medan aliran fluida (air) yang melewati bola yang diletakan di dalam pipa.
Bola di dalam pipa akan menimbulkan perubahan kecepatan dan tekanan aliran disekitar bola, terutama di daerah down stream. Kecepatan aliran di daerah down stream meningkat dan tekanan turun. Dengan mengatur rasio diameter pipa dan bola, dapat diperoleh tekanan dengan nilai negatif pada sisi down stream.
Tekanan negatif ini akan menghisap udara luar masuk ke dalam aliran fluida melalui beberapa lubang kecil dari dinding pipa di area tekanan rendah (dibagian tengah bola di downstream).
Percobaan dilakukan dengan mengatur kecepatan dari aliran fluida, menggunakan Inverter. Frekuensi yang digunakan pada percobaan ini adalah 30, 32, 34, 36, 38 dan 40 Hz. Dari variasi kecepatan karena pengaruh frekuensi dan rasio diameter pipa dan bola dp/db, diharapkan menghasilkan gelembung udara dalam ukuran mikro (± 200 &micrp;m).
Dari hasil percobaan, diketahui bahwa dengan rasio diameter dp/db = 1,08 , microbubbles akan didapat pada frekuensi 40 Hz, dimana ukuran gelembung yang didapat adalah 0,086 mm. Dimana, nilai tersebut dipengaruhi oleh bilangan Re. Semakin besar bilangan Re-nya maka diameter microbubbles akan menjadi lebih kecil.

Microbubbles Generator with a spherical body (ball) is design to create a great number or bubbles in a micro size. This experiment product is made with respect to Bernoulli equation and utilize the fluid velocity region which is through the ball in the core of the circular pipe.
The spherical body is made, the water velocity especially in a downstream region become higher than the inlet velocity. By managing the ratio of pipe and ball diameter, the pressure around the downstream will become less.
If the pressure become less than the atmospheric pressure, air is automatically sucked into the water stream through a number of small holes drilled on the pipe wall in the lower pressure region down stream from the center of the body (ball). The experiment is conduted by disposing the velocity of fluid, using inverter. Inverter is control the frecuency and for this expriment it used 30, 32, 34, 36, 38 and 40 Hz. From these variable and the diameter ratio (dp/db), the Microbubble Generator will generate bubbles around 200 µm.
Based on the result of the experiment, it is known that by using diameter ratio dp/db = 1,08 mm, the best frequency to obtain a microbubbles is in 40 Hz. Where in that frequence, the bubble diameter is 0,086 mm. This result can be concluded that the microbubbles is influence by the Re number. If Re is becomes bigger than the size of the microbubbles will be smaller.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38037
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aris Kurniawan
"Penelitian tentang pengaruh Microbubble terhadap Drag Reduction pada model kapal telah dilakukan. Cara yang digunakan adalah Uji Tarik model kapal dengan metode Towing yang dilakukan di kolam renang umum. Microbubble dihasilkan dari proses elektrolisa yaitu pemisahan senyawa air menjadi gelembung - gelembung hidrogen dan oksigen pada elektroda berupa kawat tembaga yang dililitkan di lambung model kapal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan gaya tarik antara model kapal yang dilapisi microbubble dan tanpa dilapisi microbubble. Selama percobaan data yang diambil adalah kecepatan, waktu dan gaya tarik, dengan variasi yang diberikan adalah kecepatan dan beban (sarat).
Setelah percobaan dilakukan hasil yang didapatkan adalah gaya tarik dari model kapal dengan microbubble lebih rendah dibandingkan dengan model kapal tanpa microbubble, artinya terjadi peningkatan drag reduction dari model kapal, sehingga hambatan dari model kapal tersebut dapat dikurangi oleh adanya microbubble. Penggunaan microbubble lebih efektive pada kecepatan rendah, semakin tinggi kecepatan model kapal maka perbedaan gaya tarik yang terjadi semakin kecil. Sehingga aplikasi dari microbubble tersebut sangat cocok diterapkan pada kapal dengan kecepatan rendah seperti kapal kargo dan kapal minyak. Hasil lain dari percobaan tersebut adalah semakin banyak microbubble yang dilapiskan pada lambung model kapal, maka semakin tinggi drag reduction yang dicapai.

Research about influence of Microbubble to Drag Reduction at ship model has been done. Experiment method is ship model towing test in public swimming pool. Microbubbles are produced from electrolysis process that is segregation of water becomes hydrogen and oxygen at copper wire as electrode that girded in hull of ship model.
This research aim to know difference of strain between ship models with microbubbles and without microbubbles. Taking data is speed, time and strain, with variation speed and load.
After experiment is done, the result is strain from ship model with microbubble lower than ship model without microbubble, that mean there are improvement of drag reduction value, so ship model resistance can reduce. Usage of microbubble is more efektive at a low speed, increasingly speed of ship model make difference of strain smaller. Microbubble aplication is very compatible applied at ship slow speed like cargo ship and tanker. The other result from experiment is more microbubble superimposed at ship model hull, excelsior drag reduction reached.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38033
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ruth Gloria
"Pemanasan Global yang terjadi saat ini mendorong manusia untuk mengatasinya. Pengurangan konsumsi bahan bakar menjadi salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global. Kapal adalah salah satu transportasi yang memerlukan bahan bakar ketika beroperasi. Pengurangan hambatan kapal sangat penting untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Metode pengurangan hambatan pada kapal salah satunya adalah penambahan mikro gelembung.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek peletakan injeksi microbubble terhadap karakteristik kapal model dewa ruci dengan berbagai posisi.Variasi letak injeksi mikro gelembung dengan cara menarik kapal model diukur menggunakan strain gauge serta perbandingan model kapal dengan dan tanpa injeksi mikro gelembung ditunjukkan pada grafik sebagai fungsi bilangan Froud, bilangan Reynold terhadap koefisien hambatan dan nilai pengurangan hambatan (drag reduction). Letak injeksi mikro gelembung dibelakang mid ship menghasilkan pengurangan hambatan kapal model yang terbaik yaitu sebesar 5%.

Global warming is happening right now encourage people to overcome them. Reducing fuel consumption is one of so many solutions to reduce global warming. Ship is one of transportation vehicle that requires transport fuel when operates. is very important to reduce fuel resistance reduction on ship consumption. One of the best method to reduce the is addition resistance on ship of micro-bubbles.
The purpose of this study was to determine the effects of micro bubble injection laying on the characteristics of the model ships with a variety of posisition. Variation of micro-bubble injection location by pulling the ship model was measured using a strain gauge and the comparison of ship models with and without micro-bubble injection is shown on the graph as a function of Froud number, Reynolds number on drag coefficient and the reduction of resistance (drag reduction). The location of micro bubble injection behind the mid-ship is the best location to get effective drag reduction for 5%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1012
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Dwi Candra
"Hambatan kapal merupakan salah satu masalah krusial yang solusinya masih dicari sampai dengan saat ini. Microbubble Drag Reduction System (MBDRS) merupakan salah satu metode yang menjanjikan dikarenakan cara penerapannya yang mudah yaitu dengan cara menginjeksikan udara ke bagian bawah kapal. Udara yang diinjeksikan ke bagian bawah kapal diharapkan dapat memodifikasi properti lapisan batas yang turbulen yang nantinya kan mengurangi nilai hambatan gesek yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek dari microbubble yang diinjeksikan kepada kapal model tipe SPB dengan dimensi utama L = 2000 mm, B = 521.6 mm dan T = 52.5 mm. Lokasi dan rasio injeksi paling optimum untuk tiap kecepatan didapat dengan cara melakukan uji tarik terhadap kapal model dengan penempatan alat injeksi pada 0.35L dari midship dan -0.025L dari midship pada rentang Fn 0.11-0.31 dan rasio injeksi antara 0.2-0.6. Hambatan yang terjadi pada kapal diukur secara presisi menggunakan load cell transducer. Hasil pengujian yang didapatkan menunjukkan bahwa penempatan injektor pada lokasi 0.35L dari midship menghasilkan nilai hambatan total yang paling rendah dibandingkan posisi -0.025L dengan rasio injeksi optimal untuk tiap kecepatan yang berbeda.

Ship's resistance is one of the crucial problems that the solution is still being sought. Microbubble Drag Reduction System MBDRS which is applied by injecting air into the bottom of the hull is one of several promising active methods that have been developed because it is easy to apply. The injected air bubbles to the bottom if the ship are supposed to modify the turbulent boundary layer properties which in turn can lower the skin friction. The purpose of this study is to identify the effect of injected micro bubbles on a self propelled barge SPB 90 m type model with main dimensions L 2000 mm, B 521.6 mm and T 52.5 mm. The most optimum location and injection ratio at each speed can be obtained by conducting a towing test on a 2 meters air injected self propelled barge ship model in the after bow 0.35L and after midship 0.025L sections at Fn range between 0.11 to 0.31 and injection ratio between 0.2 to 0.6. The influence of micro bubbles injection location and bubble velocity will also be investigated. The ship model resistance was precisely measured by a load cell transducer. The test results show that after bow injection area gives the lowest drag reduction compared to the after midship injection area with different optimum injection ratio for each speed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bilmantasya Al Fattha Rahmat
"Pengurangan hambatan pada kapal dengan tujuan mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan kecepatan telah menjadi topik yang sering dibahas pada beberapa dekade terakhir. Salah satu ide yang sering digunakan adalah penggunaan microbubble sebagai teknik yang menjanjikan dalam mengurangi hambatan gesek.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efek injeksi microbubble pada kapal model Self Propelled Barge dengan dimensi; L=200cm, B=52,16cm, T=8,75cm. Pengambilan data menggunakan motor listrik sebagai penarik dan loadcell transducer sebagai pengukur hambatan kapal. Injeksi dilakukan pada bagian haluan dan midship dengan dua konfigurasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konfigurasi triangle stern paling efektif dibandingkan triangle bow dengan pengurangan 5 -40.

Drag reduction in ship to decrease fuel consumption and also achieve higher speeds has became the topic since the last decades. One of the most atractive idea is microbubble, in order to reduce frictional resistance.
The purpose of this research is to identify microbubble drag reduction effect on Self Propelled Barge with following dimensions L 200cm, B 52,16cm, T 8,75cm. An electric motor is used to pull the ship model and the resistance is precisely measured by loadcell transducer. Injection is done on bow and midship using two configurations. The result shows that triangle stern is the best configuration with 5 40 drag reduction.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68160
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aufa Yusuf Perdana
"Hambatan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bidang teknologi transportasi laut. Salah satu metode yang dapat mengurangi hambatan pada kapal adalah dengan metode Microbubble atau yang dikenal dengan Microbubble Drag Reduction MBDR. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi efisiensi dari penggunaan microbubble. Salah satunya adalah lokasi injeksi. Dalam tulisan ini kami mempelajari tentang lokasi injeksi microbubble yang efisien pada kapal model tongkang sepanjang 200 cm. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para peneliti. Kami membandingkan dua lokasi yaitu lokasi after bow dan lokasi 5 cm after midship. Hasil pengujian menunjukkan bahwa lokasi after bow merupakan lokasi injeksi paling efektif pada kapal model.

Resistance are one of the most important factors in marine transportation technology. One method that can reduce the resistance on ship is Microbubble method or known as Microbubble Drag Reduction MBDR. Many factors that can affect the efficiency of microbubble. One of them is the location of the microbubble injector. In this paper we learn about the location of efficient microbubble injector on a barge ship model with 200 cm long. Based on research ever undertaken by the previous researchers. We compare with two locations that is after the bow and 5 cm after the midship. The test results show that the after the bow location is the most effective injector location on the barge ship model.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68158
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>