Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1990
S2720
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Sulistyawati
Abstrak :
ABSTRAK
Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai sebagai Iandasan pengembangan teknologi. Dalam dunia pendidikan, matematika mempunyai peran yang penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis. Demikian pentingnya matematika, sehingga diajarkan seoara luas melalui berbagai jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Umum, salah satunya adalah SMU. Diharapkan pelajaran matematika di SMU menjadi Iatar belakang yang cukup untuk memuIai pendidikan akademik.

Di Indonesia matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dijadikan acuan untuk memasukkan siswa pada jurusan tertentu sesuai dengan bakat, kemampuan maupun minat siswa. Pada kurikulun tahun 1994, tidak terdapat pelajaran matematika untuk jurusan IPS. Dengan dikurangi atau ditiadakannya peIajaran matamatika di SMU, ini berarti mengurangi kesempatan siswa untuk memilih bidang keahliannya. Disamping itu, pada saat ini dimana siswa jurusan IPA maupun IPS mempunyai kesempatan yang sama dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Pada seleksi ujian masuk perguman tinggi, pelajaran matamatika dijadikan salah satu persyaratan ujian. Hal ini akan mengurangi daya saing siswa jurusan IPS yang tidak mendapatkan pelajaran matematika dibandingkan dengan siswa jurusan IPA.

Berdasarkan fenomena yang ada, didapat gambaran bahwa dengan tidak adanya pelajaran matematika pada jurusan IPS, seringkali pemilihan jurusan IPS yang dilakukan oleh siswa karena menghindar dari pelajaran matematika.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah terdapat perbedaan persepsi kebermaknaan matematika antara siswa SMU jurusan IPA dan jurusan IPS. Hipotesa yang diuji adalah tardapat perbedaan yang signifikan antara persepsi kebermaknaan matematika siswa jurusan IPA dan jurusan IPS. Alat yang digunakan adakah kuesioner yang berbentuk skala.

Teori yang digunakan adalah teori persepsi, yang menjelaskan mengenai pengertian persepsi, serta hal-hal yang berhubungan dengan proses terjadinya persepsi. Kemudian dijeIaskan pula mengenai teori matematika, yaitu tentang pengertian matematika, peranan matematika dalam kehidupan yang terdiri dari empat tujuan utama yaitu tujuan kebermanfaatan, tujuan sosial, tujuan budaya serta tujuan pribadi. Dilanjutkan dengan teori kebermaknaan matematika yang merupakan implementasi dari ke empat tujuan utama matematika.

Subyek penelitian yaitu siswa jurusan IPA dan IPS. Pengambilan sampel dilakukan secara incidental sampling, di bimbingan belajar Ganesha cabang Rawamangun. Alat yang digunakan dalm penelitian ini yaitu kuesioner tentang persepsi kebermaknaan matematika yang berbentuk skala. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan teknik statistik deskriptif.

Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap persepsi kebermaknaan matematika antara siswa jurusan IPA dan jurusan IPS.

Terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan, yaitu dilakukan penyempurnaan alat, dilakukan kontrol terhadap variabel-variabeI yang berpengaruh terhadap penelitian sepeti kecerdasan, sikap, minat maupun guru matematika. Disarankan pula sampel penelitian diambil dari siswa SMU kelas II yang belum dijuruskan pada jurusan IPA dan IPS sehingga sesuai dengan tujuan peneIitian.
1998
S2498
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library