Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Rika Diah Widyantiningsih
Abstrak :
Skripsi ini ditulis untuk memperlihatkan pentingnya pengenda1ian atas biaya pemasaran, di samping pengendalian biaya produksi yang sudah umum dilakukan. Untuk memperjelas gambaran bagaimana pengendalian biaya pemasaran dapat dilakukan, diambil suatu studi kasus pada PT GKU. Metode penelitian yang dipakai adalah :1. Studi literatur yaitu dengan mengumpulkan bahan bahan teoritis dari buku, majalah dan literatur lain yang relevan. 2. Studi lapangan yaitu dengan peninjauan langsung ke perusahaan dan mewawancarai personel yang terkait. Hasil penelitian : Biaya pemasaran makin lama makin penting bagi PT. GKU melihat persentase terhadap penjualan yang makin meningkat setiap tahun dan pertumbuhannya lebih besar dari biaya umum dan administrasi. Komponen biaya pemasaran terbesar yaitu biaya karyawan dan promosi. PT. GKU memang lebih banyak menggunakan promosi dibanding iklan untuk meningkatkan penjualan, karena dianggap lebih efektif. Perangkat pengendalian yang digunakan yaitu budget. yang ditetapkan setiap tahun. Review dan pembaruan atas budget. di lakukan tiga bulan seka1i dengan mempertimbangkan kondisi perusahaan serta situasi pasar. Kesimpulan dan saran Kesadaran akan pentingnya pengendalian biaya pemasaran telah ada pada PT. GKU terbukti dengan adanya prosedur untuk melakukan pengendalian tersebut. Namun masih ada hal-hal yang harus diperbaiki. Sistem akuntansi yang ada harus dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh Manajer Pemasaran untuk melakukan review terhadap budget dan menganalisa penyimpangan yang terjadi. Dan analisa biaya sebaiknya diikuti dengan analisa profitabilitas berdasar outlet, produk atau salesman, sehingga pengendalian biaya pemasaran dapat menunjang tujuan perusahaan dalam mencari laba.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18578
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18291
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fadjar Ari Dewanto
Abstrak :
Biaya pemasaran yang semakin lama semakin besar proporsinya dalam biaya operasi perusahaan sedikit mendapat perhat ian akuntan yang salah satu tanggung jawabnya mengendalikan biaya yang ada untuk mencapai efisiensi dan efektifitasnya. Dengan pendekatan Library research dan field research di coba untuk mengangkat masalah yang ada pada PT "X" sebagai contoh kasus perencanaan dan pengendalian biaya pemasaran, yang diharapkan memberikan gambaran umum perencanaan dan pengendalian biaya pemasaran. Dua alat utama yang dipakai sebagai pengujian sistem PT "X" adalah anggaran (budget) dan evaluasi kinerja (performance evaluation). Dari perbandingan dua alat utama itu dengan kondisi yang ada pada PT "X", ditemukan beberapa hal yang penting. Yang pertama bahwa pengendalian biaya pemasaran diarahkan lebih kepada efektifitasnya daripada efisiensinya. Kesimpulan ini timbul dari kenyataan bahwa karakteristik biaya pemasaran sangat berbeda dengan biaya pabrikasi. Perencanaan biaya dengan menggunakan "rolling budget" adalah yang disarankan dalam mencapai efektifitas biaya pemasaran. Evaluasi kinerja dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk analisa tergantung pada tujuan. Analisa produk dan analisa teritorial aJalah salah satunya. Akhirnya semua perangkat itu tidak dapat dilaksanakan tanpa didukung sistem informasi yang baik.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18464
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library