Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hans Yongen
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi antara teknik manajemen dan praktik akuntansi manajemen dalam meningkatkan kinerja perusahaan dengan tiga strategi yang berbeda, yaitu differentiation, low cost, dan combination. Teknik manajemen mencakup improving existing processes, quality systems, manufacturing systems innovation, integrating systems, team-based structures, dan human resource management policies. Sedangkan, praktik akuntansi mencakup traditional techniques, activity-based techniques, balance performane measures, employee-based measures, benchmarking, dan strategic planning. Penelitian menggunakan sampel orang yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan manufaktur dan menggunakan model persamaan struktural. Hasilnya terdapat perbedaan kombinasi dari komponen teknik manajemen dan praktik akuntansi manajemen dari ketiga strategi yang berpengaruh terhadap kinerja.
ABSTRACT
This research aims to test whether significance of management techniques and management accounting practices can improve the performance of the company in three different strategies, which are differentiation, low cost, and combination. Management techniques include improving existing processes, quality systems, manufacturing systems by innovation, integrating systems, team-based structures, and human resource management policies. While, management accounting practices include traditional techniques, activity-based techniques, balances performane measures, employee-based measures, benchmarking, and strategic planning. Samples are people who have working experience in manufacturing companies, and use structural equation modelling. Results concluded that there are differences combination of management techniques and management accounting practices components for the strategies which have an effect on to the performance.
2014
S60493
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Drucker, Peter Ferdinand, 1909-2005
Jordan Hill: Butterworth-Heinemann, 1974
658.4 Dru m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yossy Maswir
Abstrak :
Dalam era kompetisi yang sengit sekarang ini, dengan kecilnya perbedaan tingkat suku bunga antar bank (indifference), kualitas pelayanan menjadi kendala (constraint). Hal ini mengharuskan bank untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan keinginan para nasabah yang pada umumnya menghendaki pelayanan yang cepat dan tepat. Urgensi suatu bank untuk menjalankan strategi yang berfokus pada eliminasi aktivitas/proses yang tidak menambah nilai pada produk/jasa yang diterima konsumen (non-value-added activities), atau waste (pemborosan), tidak bisa diabaikan. Just-In-Time (JIT) System membantu perusahaan mewujudkan hal tersebut. Sehingga waktu operasi memang dihabiskan untuk aktivitas/proses yang memberikan nilai tambah (value-added activities). Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemungkinan penerapan JIT pada proses pemberian kredit di sebuah bank pemerintah di Jakarta. adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat berdasarkan karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki jika perusahaan jasa ingin menerapkan JIT. Bank berpotensi untuk menerapkan JIT pada proses pemberian kreditnya karena nilai-nilai JIT seperti kerja sama tim, partisipasi yag menyeluruh dan penghargaan terhadap keterlibatan setiap orang telah dikembangkan. Faktor-faktor pendukung pun lebih banyak daripada faktor-faktor penghambat. Kendala-kendala yang mungkin dihadapi sehubungan dengan penerapan JIT dapat diatasi karena intinya adalah pada perbaikan/peningkatan mutu proses secara bertahap dan kontinyu. Keuntungan yang dapat diperoleh dari penerapan JIT adalah penurunan waktu operasi dan peningkatan kualitas kerja. Kecepatan menyelesaikan suatu aktivitas/proses sebaiknya ditentukan secara kuantitatif dengan tetap memperhatikan resiko dan keamanan Bank. Membuat analisis biaya-manfaat sebelum penerapan dan terlebih dahulu melakukan uji coba.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S19034
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, Lastwanty R.
Abstrak :
Karena adanya keinginan yang sangat besar dari banyak perusahaan terutama perusahaan manufaktur untuk mengefisienkan kegiatan usahanya untuk dapat meningkatkan tingkat kepuasan pemenuhan kebutuhan konsumen dan yang selanjutnya diharapkan dapat mendongkrak profit perusahaan, maka beberapa ahli telah berupaya untuk menciptakan suatu sistem manajemen terpadu (mulai dari awal hingga akhir proses produksi) yang berarti diterpakan secara menyeluruh oleh tiap-tiap perusahaan. Salah satu aplikasi sistem tersebut tercermin pada suatu sistem manajemen yang dikenal sebagai Just-in-Time. Sistem manajemen produksi Just-in-Time itu sendiri merupakan sistem yang dalam pelaksanaannya mengalokasikan semua sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk dioperasikan pada waktu yang tepat untuk dioperasikan. Jadi dalam sistem manajemen produksi Just-in-Time ini pengoperasian sumber daya yang ada harus sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Segala aktivitas ataupun operasi yang dilakukan di luar jadwal adalah merupakan pemborosan yang tidak memberi nilai tambah pada produk yang dihasilkan. Dalam hal penerapan sistem ini di perusahaan yang penulis teliti, tampak adanya usaha untuk menjalankannya secara menyeluruh meskipun pada kenyataannya masih membutuhkan penyempurnaan-penyempurnaan di berbagai sisi. Hal ini memang sangat penting sebab sistem manajemen Just-in-Time ini sangat erat hubungannya dengan perbaikan yang terus-menerus.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S19290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kirkpatrick, Charles A.
Chicago: Science Research Associates , 1974
658.4 KIR b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Corder, A.S
Jakarta: Erlangga , 1996
658.202 COR mt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hellriegel, Don
Reading Mass.: Addison-Wesley , 1974
658.4 HEL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: The Haworth Press , 1994
025.109 73 DYN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Volume 34 of Research in personnel and human resources management contains six chapters on emerging issues in the field of human resources management, thus continuing the tradition of the RPHRM series to publish cutting-edge work that pushes the field forward. The subject matter in this volume covers myriad areas: discrimination, multigenerational issues, duty, flexible HRM, social media, and entrepreneurship. These chapters, written by a collection of the finest scholars in the field from across the world, represent seminal scholarly advances and illustrate the interdisciplinary character of human resources management.
United Kingdom: Emerald, 2016
e20469367
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dooren, Wouter van
New York : Routledge, 2015
352.66 DOO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library