Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 34 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rudy Armanda
"Dengan perkembangan dunia usaha sekarang ini semakin dibutuhkan jasa akuntan publik khususnya dalam pemeriksaan laporan keuangan perusahaan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang baik guna menjaga mutu hasil pemeriksaan. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menyajikan langkahlangkah yang harus dilakukan dalam membuat perencanaan pemeriksaan. Metode penelitian yang dilakukan meliputi tinjauan kepustakaan dan tinjauan di lapangan berupa tanya-jawab, pengamatan dan peninjauan terhadap kertas kerja yang berhubungn. Dari penelitian ini terlihat bahwa perencanaan yang baik dimulai dari sebelum menerima penugasan yaitu dengan mempertimbangkan resiko pemeriksaan dan kesiapan laporan keuangan perusahaan untuk diperiksa. Setelah menerima penugasan harus dipahami benar usaha perusahaan, dan proses akuntansinya. Dari laporan keuang~n dilakukan prosedur analitis awal untuk melihat jika ada hal-hal yang memerlukan perhatian khusus, disamping itu juga ditentukan tingkat materialitas yang sesuai pada perusahaan ini. Hal penting lainnya dalam tahap perencanaan ini adalah dengan menelaah pengendalaian interen perusahaan. Dari prosedur-prosedur yang telah dilakukan di atas dapat dilihat perkiraan-perkiraan yang mempunyai potensi kesalahan yang cukup besar. Dari sini akan d!tentukan resiko pemeriksaan. Dengan memperhatikan resiko pemeriksaan ini baru bisa dibuat program pemeriksaan yang tepat untuk mengumpulkan bukti-bukti yang eukup guna memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan. Kesimpulan yang diambil disini adalah pereneanaan ini harus disiapkan sebaik mungkin agar pemeriksaan bisa dilaksanakan dengan efektif dan efisien sehingga mutu pemeriksaan ini bisa dipertanggung jawabkan. Ini harus di terapkan dengan konsisten pada setiap penugasan baik perusahaan yang besar atau keeil. Namun dalam pengamatan terlihat bahwa penerapannya tidak konsisten karena untuk perusahaan kecil hal ini jarang dilakukan sehingga prosedurnya langsung pada pengujian substantif. Untuk itu penulis menyarankan agar penerapan dari tahapan perencanaan pemeriksaan ini harus selalu dilakukan untuk semua jenis dan ukuran perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18413
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Gana
"

Kolaborasi disiplin ilmu manajemen risiko dan audit internal dipercaya dapat memperkuat praktik pengelolaan risiko dalam memenuhi harapan pemangku kepentingan. Penelitian ini akan menyelidiki seberapa baik keterlekatan manajemen risiko lintas unit bisnis di perusahaan minyak dan gas XYZ Ltd., dalam memastikan pembukuan cost recovery sudah sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Berawal dari temuan audit berulang periode 2014-2016 dengan subyek biaya remunerasi ekspatriat, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menekankan bahwa jika temuan tersebut terus berulang maka ada kemungkinan perusahaan terpapar risiko sanksi hukuman pidana. Kerangka COSO 2 akan menjadi kerangka pemikiran untuk menentukan risk treatment bersama dengan konsep pengaruh sense giving. Penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan vertical yaitu penjualan ide baru dilengkapi dengan instrumen manajemen risiko mampu menarik kesadaran HR agar koordinasi dalam mengelola temuan audit berada pada pemahaman yang sama. Pengaruh secara horizontal juga digunakan untuk mengelola informasi lintas unit dalam menciptakan panduan yang komprehensif atas pembukuan biaya remunerasi ekspatriat. Selain itu, dengan KRI dan Heat Map menjadi fitur tambahan yang meningkatkan kriteria dan kualitas informasi pada laporan audit kepada manajemen, maka pengambilan keputusan menjadi lebih efektif. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang bagaimana kombinasi konsep sense giving dan instrumen manajemen risiko membantu perusahaan dalam mengelola temuan audit berulang.


Collaboration on risk management and internal audit disciplines is believed to strengthen risk management practices in meeting stakeholder expectations. This study will investigate how well the risk management is embedded within cross-business units in XYZ Ltd. oil and gas company in ensuring the bookkeeping of cost recovery align with the government regulations. Starting from 2014-2016 repetitive audit findings on expatriate remuneration costs, the supreme auditor stressed that if these findings continue to recur, there is risk exposure of being criminalized. COSO 2 will be the framework for determining risk treatment along with the influence concept of sense giving. This study shows that vertical approach of selling new ideas equipped with risk management tools can attract HR awareness to enable coordination in managing audit findings at the same perception level. Horizontal influences are also used to manage information cross boundaries when creating a comprehensive bookkeeping guide of expatriate remuneration costs. With KRI and Heat Map being additional features that improve the criteria and quality of information on audit reports to management, decision making become more effective. The results contribute to our understanding of how the combination of sense giving concept and risk management tools assist company in mitigating repetitive audit findings.

"
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjahjo Nurwantoro
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17155
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bunawi
"Iklim persaingan usaha yang semakin meningkat di era globalisasi saat ini, membuat suatu keharusan bagi pihak manajemen untuk mengelola perusahaannya lebih efisien, efektif dan hemat. Fungsi Internal Audit yang memberikan penilaian tentang kondisi aktual aspek efisiensi, efektivitas kehematan manajemen perusahaan,semakin memiliki peran yang menentukan. Tujuan penulisan ini adalah menganalisis sejauh mana peran dan kontribusi fungsi Internal Audit ini dalam membantu memperbaiki kinerja manajemen. Penulis menggunakan metode penelitian literatur dan penelitian lapangan yang berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rekomendasirekomendasi Internal Audit memiliki dampak positif terhadap kinerja manajemen. Hal ini terlihat dari analisis perbandingan rasio laporan keuangan sebelum diaudit dengan sesudah diaudit. Kesimpulan penulisan ini adalah kehadiran fungsi Internal Audit telah turut membantu pihak manajemen untuk memperbaiki kinerjanya. Agar fungsi ini terus berperan dan kehadirannya semakin diperhitungkan, maka fungsi ini perlu terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan kualitas sumber-dayanya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18949
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vitta Dumasari Hendy
"Dengan semakin ketatnya persaingan industri sebagai implikasi dari keadaan ekonomi yang semangkin berkembang, menyebabkan semakin besar ruang lingkup kegiatan suatu perusahaan. Keadaan ini mengakibatkan pimpinan perusahaan tidak mampu lagi untuk mengendalikan secara langsung kegiatan operasionalnya. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya pelaksanaan manajemen audit yang biasanya dilakukan oleh pemeriksa intern dalam rangka mencapai tujuan organisasi/perusahaan secara optimal. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan dua metode penelitian, yaitu studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan dilakukan dengan meneliti aspek-aspek keuangan, khususnya anggota yang dimiliki oleh perusahaan PT ABC Indonesia; mulai dari penyusunan sampai dengan hasil pelaksanaan dari anggota. Sedangkan penelitian studi kepustakaan dilakukan melalui telaah kepustakaan dengan mempelajari bahan-bahan bacaan yang ada di buku-buku, artikel-artikel, surat kabar dan majalah. Pelaksanaan manajemen audit atas anggota perusahaan, berdasarkan atas wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki oleh komite pemeriksa dibentuk oleh Company Management Accountant. Survei pendahuluan merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam melaksanakan manajemen audit pada anggaran PT ABC Indonesia. Setelah survei pendahuluan dilakukan, kemudian disusunlah memoranda survei yang akan menentukan perlunya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap objek yang akan diaudit. Selanjutnya dibuatlah suatu program audit, kemudian dilaksanakan kerja lapangan. Berdasarkan pelaksanaan kerja lapangan tadi, ditemukanlah kelemahankelemahan yang ada di perusahaan. Selanjutnya dihasilkan laporan pemeriksaan yang menyajikan hasil temuan pemeriksaan, diuraikan secara jelas dan sederhana, didukung dengan kesimpulan dan bukti-bukti yang relevan dan akurat, serta diusulkan rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang diperlukan yang akan segera dilaporkan kepada Company Management Accountant. Peranan manajemen audit terhadap pelaksanaan pengendalian anggaran pada PT ABC Indonesia sangatlah besar. Karena sangat membantu manajemen perusahaan dalam memaksimalkan tercapainya tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan sesuai yang diharapkan. Namun disamping itu masih ditemukan adanya kelemahan dalam perusahaan ini. Saran-saran yang dikemukakan untuk memperbaiki pelaksanaan manajemen audit dalam mendukung tercapainya pengendalian manajemen melalui anggaran pada perusahaan ini adalah: Sebaiknya dalam stuktur organisasi/bagan organisasi dilukiskan adanya kedudukan yang tepat dari pemeriksaan intern dalam perusahaan yang memiliki kekuatan dan pengaruh penuh, dengan dibentuknya departemen manajemen audit. Sebaiknya laporan aktual atas anggaran yang disusun juga mencerminkan seberapa jauh setiap bagian atau sub-sub unit yang ada dalam perusahan telah mencapai targetnya sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Perlu ditingkatkan adanya pemberian penghargaan atau insentif bagi karyawan yang telah menghasilkan kinerja yang menguntungkan bagi perusahaan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S19065
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Setiawati
"Penelitian ini bertujuan menganalisis peran audit internal terhadap good corporate governance, pengendalian internal, dan manajemen risiko pada PT ABC. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan peran audit internal terhadap good corporate governance, pengendalian internal, dan manajemen risiko berdasarkan the Institute of Internal Auditor (IIA) Standard.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Satuan Pengawasan Internal (SPI) PT ABC sebagai auditor internal terhadap GCG, pengendalian internal, dan manajemen risiko secara umum telah sesuai dengan IIA Standard melalui aktivitas assurance dan konsultasinya. Namun demikian perlu adanya peningkatan peran SPI yang berkaitan dengantata kelolaorganisasi, operasi, dan sistem informasi mengenai keandalandan integritas informasikeuangan dan operasional,efektivitas dan efisiensi operasidan program, pengamanan aset, dan kepatuhan terhadap hukum, peraturan, kebijakan, prosedur, dan kontrak, terutama yang berkaitan dengan risikonya.

This study aims to analyze the role of internal audit to good corporate governance, internal control and risk management at PT ABC. This study uses the descriptive qualitative observations to elucidate the role of internal audit to good corporate governance, internal control and risk management is based on the Institute of Internal Auditors (IIA) Standard.
The result of study indicates that the role of the Satuan Pengawasan Internal (SPI) PT ABC as internal auditors to corporate governance, internal control, and risk management in general has complywith IIA Standards through assurance and consulting activity. However there are need to improve the role of SPI related to organizational governance, operations, and information systems regarding the reliability and integrity of financial and operational information, effectiveness and efficiency of operations and programs, safeguarding assets, and compliance with laws, regulations, policies, procedures, and contracts, particularly with regard to risk.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rajagukguk, Rainy Lousiana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen risiko dan peran internal audit dalam manajemen risiko pada Bank XYZ. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan mengumpulkan data dan fakta langsung pada Divisi Manajemen Risiko yang terdapat pada Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola Perusahaan DMST dan Departemen Audit Intern DAI pada Bank XYZ.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen risiko pada Divisi Manajemen Risiko belum efektif karena belum memiliki guidance dalam mengidentifikasi risiko. Fungsi Assurance dan Konsultasi Departemen Audit Intern DAI dalam manajemen risiko belum efektif.

This study aims to analyze the implementation of risk management and internal audit 39 s role in risk management at XYZ Bank. This study uses a descriptive analytical method to collect data and facts directly on the Risk Management Division contained in the Department of Strategic Management and Corporate Governance DMST and the Internal Audit Department DAI at XYZ Bank.
The results of this study indicate that the application of risk management in the Risk Management Division has not been effective because it has no guidance in identifying risks. Function of Assurance and Consulting Internal Audit Department DAI to risk management has not been effective.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rosyadi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian proses perencanaan audit berbasis risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama dengan praktik profesional dan standar audit IIA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus eksplanatoris explaining case study. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses perencanaan audit berbasis risiko di Inspektorat Jenderal Kementerian Agama masih belum optimal dan belum sepenuhnya sesuai dengan standar audit IIA. Kekurangan mendasar bahwa Kementerian Agama belum melakukan manajemen risiko, penilaian risiko dilakukan oleh Inspektorat Jenderal tanpa adanya keterlibatan dari satuan kerja sebagai pihak manajemen. Tidak ada komunikasi dan persetujuan dari Menteri Agama terhadap perencanaan yang dibuat.

This research aims to determine the suitability process of risk based internal audit planning in General Inspectorate Ministry of Religion with professional practices and IIA auditing standards. This research uses a qualitative method with explaining case study design. The result of this research concludes that the process of risk based internal audit planning in General Inspectorate is not working optimally and not fully in accordance with IIA auditing standards. The fundamental shortcomings of Ministry of Religion are there are no risk management and the risk assessment is carried out by the General Inspectorate itself without the involvement of the working unit as a management. And also, there is no communication and approval of the Minister of Religion on the plans."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fernandes Ignatius
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan RBIA dalam menilai risiko pada lini bisnis Asuransi Kredit, menganalisis penilaian RBIA dan rekomendasi penerapan RBIA dalam mendukung pencapaian rencana strategis perusahaan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan case study method.
Hasil penelitian ini antara lain risk register dan top-ten risk dapat dipertimbangkan sebagai salah satu indikator pemilihan faktor risiko guna penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan PKPT, SPI memfasilitasi pengidentifikasian risiko-risiko dalam proses RBIA, dan rekomendasi berupa pengendalian tambahan telah mendukung rencana strategis yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan RJPP.

The purpose of this research is to analyze the Risk Based Internal Audit RBIA implementation to assessing risk in the Credit Insurance rsquo s business line, analyze RBIA assessment and recommendations of RBIA implementation in supporting the achievement of the Corporate Strategic Plan. The method in this research is qualitative with the case study method.
The results of this research are the risk register and top ten risks can be consider as one of indicators of the risk factor to preparing audit schedule, SPI facilitates the identification of risks in the RBIA process, and recommendation as additional controls has supported the Corporate Strategic Plan.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Obeth MS
"ABSTRAK
Penerapan teknologi informasi belum optimal pada pengendalian intern pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR menjadi salah satu penyebab adanya kelemahan pada pengendalian intern pengelolaan keuangan. Strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi harus selaras dengan strategi dan ukuran kinerja pengelolaan keuangan agar dapat meningkatkan kualitas pengendalian intern pengelolaan keuangan. Tesis ini membahas strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi yang selaras dengan strategi dan ukuran kinerja pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR dengan menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan wawancara mendalam dan studi dokumen untuk dapat menjelaskan hasil penelitian secara rinci. Strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi harus mendukung pengelola keuangan untuk memiliki sistem informasi dan basis data yang sesuai kebutuhan, terintegrasi, dan aman untuk mendukung penggunaan anggaran yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan dan penggunaan barang milik negara yang optimal. Balanced Scorecard membuat pengelola TI dapat menyelaraskan dan menentukan strategi dan ukuran kinerja yang tepat dalam pengelolaan keuagan untuk meningkatkan pengendalian intern pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR

ABSTRACT
The application of information technology that has not been optimal in financial management internal control at the Ministry of Public Works and Housing becomes one of the causes of weakness in financial management internal control. Strategy and performance measures of information technology must be aligned with strategy and performance measures of financial management in order to improve quality of financial management internal control. This thesis provides study about strategy and performance measures of information technology that is in line with the strategy and performance measures of financial management at the Ministry of Public Works and Housing using Balanced Scorecard. The study was conducted qualitatively with in-depth interviews and document studies in order to provide research result in detail. The strategy and performance measures of information technology must support financial manager to have an information system and database which are appropriate, integrated and safe to support the use of an effective, efficient, accountable and transparent budget and the optimal use of state-owned property. Balanced Scorecard makes IT division can align and determine right strategy and performance measures in financial management to improve financial management internal control at the Ministry of Public Works and Housing."
2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>