Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Apriliana Fajri Wibowo
"Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia bahkan dunia selama setahun ini dan diperkirakan masih berlangsung di 2021. Pandemi ini sangat berdampak pada kehidupan manusia terkait pola kerja dan keseharian masyarakat yang lebih banyak beraktivitas dirumah. Ini tentunya berdampak pada usaha UMKM yang terbiasa berjualan secara offline terutama untuk usaha kuliner dan fashion yang berada di daerah pariwisata. Langkah pemerintah untuk UMKM beralih ke e-commerce khususnya marketplace juga masih menemui banyak tantangan. Tingginya tingkat kegagalan yang dialami pelaku usaha untuk berjualan e-commerce juga tinggi. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari hambatan yang menjadi tantangan pelaku usaha kuliner dan fashion dalam mengadopsi e-commerce khususnya e-Marketplace. Model penelitian yang diterapkan mengadaptasi konsep Innovation Resistance Theory (IRT) dan tambahan hambatan lainnya. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada para pelaku UMKM sektor kuliner dan fashion. Sebanyak 214 data berhasil diolah untuk kemudian dianalisis dengan teknik olah data Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM). Hasil analisis data menemukan bahwa keempat faktor yakni biaya, risiko, tradisi, dan regulasi menjadi hambatan yang mempengaruhi adopsi e-Marketplace pada sektor kuliner dan fashion. Dengan mengetahui hambatan yang mempengaruhi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar bagi UMKM agar lebih siap menghadapi era digital.
The Covid-19 pandemic has hit Indonesia and even the world for this year and is expected to continue in 2021. This pandemic has had a major impact on human life related to the work patterns and daily life of people who are more active at home. This of course has an impact on MSME businesses that are accustomed to selling offline, especially for culinary and fashion businesses located in tourism areas. The government's move for MSMEs to switch to e-commerce, especially the marketplace, also still faces many challenges. The high level of failure experienced by business actors to sell e-commerce is also high. For this reason, this research was conducted with the aim of finding obstacles that are a challenge for culinary and fashion business actors in adopting e-commerce, especially e-Marketplace. The research model applied adapts the concept of Innovation Resistance Theory (IRT) and other additional barriers. Questionnaires were distributed to SMEs in the culinary and fashion sectors. A total of 214 data were successfully processed and then analyzed using the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) data processing technique. The results of data analysis found that the four factors, namely cost, risk, tradition, and regulation, became obstacles that affected the adoption of e-Marketplace in the culinary and fashion sectors. By knowing the obstacles that influence these, it can be used as a basis for MSMEs to be better prepared to face the digital era."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Deninta Prasetya Juhara
"This case study examines the impact of digital innovation in Indonesian traditional grocery retail through the lens of the Sampoerna Retail Community (SRC). Using three theoretical frameworks—Value Co-Creation, Data and Value, and Scaling Digital Enterprises—the analysis highlights how SRC has enabled traditional MSMEs to embrace digital tools, modernize operations, and drive sustainable growth. Insights reveal how SRC's strategic ecosystem design, data-driven approaches, and scaling techniques contribute to both social empowerment and economic development. This study aims to comprehensively SRC's transformative role in Indonesia's retail sector.
Studi kasus ini meneliti dampak inovasi digital dalam ritel toko kelontong tradisional di Indonesia melalui perspektif SampoernaRetail Community (SRC). Dengan menggunakan tiga kerangkateori—Value Co-Creation, Data and Value, dan Scaling Digital Enterprises—analisis ini menyoroti bagaimana SRC membantuUMKM tradisional mengadopsi alat digital, memodernisasioperasional, dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Temuan mengungkapkan bagaimana desain ekosistem strategisSRC, pendekatan berbasis data, dan teknik skala berkontribusipada pemberdayaan sosial dan pengembangan ekonomi. Studiini bertujuan untuk menguraikan secara komprehensif perantransformasional SRC dalam sektor ritel Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library