Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Saifullah Buaykundo
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh faktor-faktor keterbacaan adverorial yaitu koherensi, gaya penulisan dan tipografi terhadap pengetahuan pembaca dan mengetahui faktor keterbacaan yang dominan di antara ketiganya. Pengujian hipotesis statistik melalui studi kasus dilakukan dengan unit analisis advertorial majalah Tempo berjudul ?Geliat Bisnis Dari Bangku Kampus? edisi 5 Desember 2010. Responden penelitian adalah 135 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam peserta program Karya Ilmiah yang diadakan Dirjen Perguruan Tinggi, DIKNAS 2011. Pengumpulan data primer dilakukan dengan pengajuan questionnaire, sementara data sekunder didapat dengan menggunakan formula keterbacaan, studi pustaka dan wawancara. Hasil pengumpulan data primer kemudian diolah dan dianalisis dengan metode statistic korelasi linier untuk mengetahui bentuk hubungan ketiga faktor. Data hasil empiris menujukkan faktor koherensi dan tipografi berpengaruh terhadap pengetahuan pembaca namun faktor gaya penulisan tidak berpengaruh nyata terhadap pengetahuan pembaca. Tidak ada faktor dominan dari kedua faktor yang berpengaruh tersebut.
ABSTRACT The objectives of the research are to know how readabilty factors of advertorial, which are koherence, style of writing and typograph will increase the reader knowledge and more over, which readability factors among those three that the most dominant one. The statistic hypothesis test was done through case study method by unit analys of advertorial article titled ?Geliat Bisnis Dari Bangku Kampus?in Tempo magazine December 5, 2010 edition. One hundred and thirty five respondents of Bogor Agricultural University (IPB) college students who particiapated in Academic Writing Competition of DIKTI-DIKNAS 2011 were selected. The primary data was collected by questionere technique, meanwhile the secondary data was collected by using readabality formulas, conducting journal study and having the interviews. The primary data was analyzed by linier correlation statistic method to know the correlations among the three factors. The empirical result shown the coherence and typograph factors correlates significantly with readers knowledge but the style of writing does not. There is no dominant factors between the two correlated factors.
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oom Rohmah Syamsudin
Abstrak :
ABSTRAK
Dunia kesusastraan Perancis tidak hanya dikuasai oleh orang-orang Perancis, melainkan diwarnai pula oleh pengarang-pengarang atau penulis-penulis luar Perancis yang memakai bahasa Perancis sebagai medianya. Hal ini berkembang terutama dalam 30 tahun terakhir ini atau tepatnya setelah tahun-tahun kemerdekaan bagi negara-negara bekas iajahan Perancis.

Negara-negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa pengantar atau sebagai bahasa resmi ini dikenal sebagai negara-negara Francophone. Kesusastraannya pun dikenal dengan kesusastraan Francophone, sehingga dapat dikatakan bahwa kesusastraan francophone merupakan bagian dari kesusastraan Perancis. Negara-negara yang termasuk dalam negara-negara Francophone ini adalah Belgia, Kepulauan Karibia, Guyana, Mesir, Libanon, Maghribi (Afrika Utara), Afrika hitam, Canada dan Swiss.

Dari latar belakang yang berbeda, seperti letak geografis, tradisi kebudayaan, pengalaman sejarah dan banyak hal lagi yang berbeda, muncul lah berbagai macam roman, puisi, cerita-cerita pendek, drama, yang kesemuanya mempunyai hanya satu persamaan, yaitu semuanya ditulis dalam bahasa Perancis. Hal itulah yang turut memperkaya dunia kesusastraan Perancis saat ini.

Dari sekian banyaknya negara-negara Francophone yang turut mewarnai dunia kesusastraan Perancis, saat ini yang lebih banyak menunjukkan kemajuan atau banyak dibicarakan orang karena kemajuan mereka, mengingat keterlambatan mereka meraih kemerdekaannya, adalah kesusastraan yang berasal dari Afrika, baik Afrika hitam maupun Afrika utara atau yang lebih dikenal dengan sebutan negara-negara Maghribi.

Kesusastraan Francophone mempunyai ciri--ciri khusus dari setiap negaranya, terutama den negara-negara bekas jajahan Perancis seperti negara-negara Afrika, terutama Afrika hitam atau pun dari Maghribi seperti telah dikemukakan di atas. Kebanyakan dari karya mereka masih bersifat 'ditujukan bagi orang lain'. Dalam hal ini, karya-karya mereka masih ditujukan pada orang Perancis. Karya-karya ini digunakan sebagai media untuk menarik perhatian dan bahkan untuk membalas dendam mereka pada Perancis.
1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 2001
499.221 KER d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1984
499.221 KER d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991
499.221 GOR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pratt, Mary Louise
Bloomington: Indiana University Press, 1977
808 PRA t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Nusa Indah dan Yayasan Kanisius, 1981
499.221 KER d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Gramedia , 1988
499.221 KER d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Jakarta: Gramedia , 1985
499.221 KER d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bachtiar Daffa Faturachman
Abstrak :
Penelitian ini menggunakan teori fraseologi dan keterbacaan pada anak jenjang sekolah dasar di Jerman untuk menganalisis dongeng Grimm bersaudara yang berjudul Die Bremer Stadtmusikanten. Dalam menganalisis, penulis menggunakan metode kualitatif seperti metode studi pustaka dan deskriptif. Untuk tingkat keidiomatisan frasem digunakan teori Burger. Tingkat keterbacaan dianalisis menggunakan metode kuantitatif, dengan formula Flesch (1949) yang sudah diformulasikan ulang oleh Amstad (1978). Dari tiga belas rangkaian kata yang ditemukan dalam dongeng ini, semuanya memenuhi kriteria polileksikalitas dan keajekan sehingga bisa disebut frasem. Hanya sebelas frasem yang memenuhi kriteria keidiomatisan, sepuluh buah idiom penuh dan satu buah idiom sebagian, sedangkan dua buah idiom lainnya berbentuk kolokasi. Berdasarkan tahap kemampuan membaca Chall (dalam Thorne, 1991) anak pada sekolah dasar banyak mengalami kesalahan saat membaca teks yang mengandung idiom. Banyaknya penggunaan idiom penuh dalam teks Die Bremer Stadtmusikanten menjadikan dongeng ini tidak cocok dibaca oleh anak  dari kelas 1 sampai 2 sekolah dasar. Selain itu, berdasarkan keterbacaannya dongeng die Bremer Stadtmusikanten memiliki nilai rata-rata 72,22 sehingga dongeng ini tidak cocok dibaca oleh anak sekolah dasar  yang berada di rentang nilai keterbacaan 90-100......Research uses the theory of phraseology and readability for elementary school children in Germany in the Grimm brothers' fairy tale entitled Die Bremer Stadtmusikanten. In analyzing, the writer uses qualitative methods such as literature study and descriptive methods. For the level of phrase idiomaticity, Burger theory is used. The level of readability was analyzed using quantitative methods, with the Flesch formula (1949) reformulated by Amstad (1978). From thirteen words sequences contained in this fairy tale, all of them meet the polylexical and regularity criteria so that they can be called phrases. Only eleven phrases meet the idiomatic criteria, ten full idioms and one partial idiom, while the other two idioms are in the form of collocations. Based on the level of reading ability Chall (in Thorne, 1991), children in elementary school experience a lot of errors when reading texts that contain idioms. The many uses of complete idioms in the text of Die Bremer Stadtmusikanten make this fairy tale unsuitable for reading by children in grades 1 to 2 of elementary school in Germany. In addition, based on the readability of the fairy tale, Die Bremer Stadt Musikanten has an average score of 72.22 so that this fairy tale is not suitable for reading by elementary school children who are in the range of readability scores of 90-100.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>