Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1560 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdul Cholil
Abstrak :
ABSTRAK
Kegiatan evaluasi layanan yang diberikan oleh suatu perpustakaan sebaik-nya sejalan dengan paradigma perpustakaan, yaitu berdasar atas kepuasan pemakai. Perencanaan kebijakan pengembangan koleksi dengan kebutuhan pemakainya dan koleksi yang ada hares senantiasa dievaluasi mengingat kebutuhan pemakai yang selalu berkembang.

Setelah melihat pemyataan diatas, maka penulisan skTipsi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan informasi pemakai Perpustakaan Umum Islam Iman lama (selanjutnya disingkat dengan PUII.T). Skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi umum koleksi PUII.T, mengetahui kesesuaian antara koleksi yang disediakan dengan kebutuhan informasi pemakaianya. Terakhir pada gilirannya skripsi ini akan memberikan informasi tentang kebutuhan pemakai yang diperlukan pustakawan untuk mengambil keputusan dalam menentukan arah pengembangan koleksi.

Adapun penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 6 - 11 Juni 2000 dan merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif analitik dengan pendekatan evaluasi mengenai sistem koleksi yang diadakan di PUII]. Deskripsi dalam penelitian ini mencakup jumlah koleksi yang dimiliki oleh PUIIJ dalam hal subjek (umum dan Keislaman) serta jenisnya serta dilain pihak juga digambarkan kebutuhan informasi pemakainya. Prosedur penggunaan, penempatan koleksi di rak sifat koleksi, staf perpustakaan, serta fasilitas pendukungnya.

Data yang menunjang penelitian ini didapatkan dengan cara rnelakukan penghitungan jumlah koleksi yang ada serta menyebarkan kuesioner untuk mengetahui kebutuhan informasi serta penilaian atas sistem yang sedang berjalan. Dari penelitian ini kemudian diketahui bahwa koleksi bidang subyek keislaman adalah koleksi yang jumlahnya terbesar terutama koleksi bidang fiqh serta ilmu akhlak & tasawuf. Koleksi yang dimiliki oleh PLIIJ juga terbukti dapat memenuhi kebutuhan informasi keislaman pemakainya. Subjek yang paling banyak dibutuhkan oleh pemakainya adalah informasi dalam bidang iimu studi Islam, ushul filth, tafsir Al-Qur'an dan Ilmu taubid & kalam.
2001
S14961
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Listi Irawati
Abstrak :
ABSTRAK
LISTI IRAWATI. Perilaku pencarian informasi melalui Internet: suatu survei terhadap para peneliti ekonomi di lingkungan Direktora/ Rise/ Ekonomi dan Kebijakan Mandel- Bank Indonesia. (Di bawah bimbingan Peppy Mandril Anas, M.A. dan Nina A. Martini, M.Lib.). Skripsi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 2001. Skripsi ini mengenai Perilaku pencarian informasi melalui Internet: suatu survei terhadap para peneliti ekonomi di lingkungan Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola perilaku para peneliti Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (DKM-B1) dalam mencari informasi melalui Internet untuk menunjang pelaksanaan tugas mereka, serta untuk mengetahui hambatan yang dialami para peneliti DKM-BI dalam memanfaatkan Internet untuk mencari informasi yang mereka perlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas.

Pengumpulan data utama dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada semua sampel di tempat penelitian. Dari 45 kuesioner yang disebarkan, 10 kuesioner (22,2%) tidak kembali dan sebanyak 1 kuesioner (2,2%) tidak dapat diolah. Jadi kuesioner yang dianggap sah berjumlah 34 kuesioner (75,6%).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencarian informasi melalui Internet cukup diminati di kalangan peneliti dan dirasakan manfaatnya oleh mereka, hanya saja ada beberapa faktor yang membatasi intensitas penggunaannya (frekuensi dan waktu yang digunakan), sehingga intensitasnya tidak terlalu besar. Faktor-faktor tersebut misalnya akses yang lambat, kesibukan kerja, dan selain itu di lingkungan BI juga terdapat beberapa sarana pencarian informasi lainnya yang saling melengkapi.

Dari data yang dianalisis, maka dapat pula diketahui pola perilaku pencarian informasi para peneliti. Sebagai peneliti, responden memiliki tugas-tugas tertentu yang harus dilaksanakannya sehari-hari berkaitan dengan profesi tersebut. Hal ini akan mendorong timbulnya kebutuhan informasi dengan karakteristik tertentu. Dalam penelitian, informasi yang mereka butuhkan terutama informasi yang cepat dan mutakhir. Subyek informasi yang dibutuhkan secara garis besar adalah ekonomi_moneter dan politik dari dalam dan luar negeri untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan moneter Indonesia. Sedangkan informasi yang dicari di Internet oleh peneliti di semua Bagian mencakup: IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan); inflasi; keuangan; moneter; nilai tukar; PDB (Produk Domestik Bruto); pertumbuhan ekonomi; suku bunga; dan paper.

Karakteristik kebutuhan informasi tersebut berpengaruh terhadap dua faktor, yaitu sumber informasi yang digunakan dan pengetahuan akan informasi. Umumnya sumber informasi/situs yang banyak diakses melalui WWW dan e-mail adalah situs-_situs yang terpercaya seperti situs pemerintah, universitas, lembaga organisasi internasional, serta situs berita. Hal ini juga menunjukkan bahwa peneliti cukup paham dan selektif terhadap informasi dan sumber informasi di Internet. Ada beberapa variabel yang menjadi pertimbangan peneliti dalam pemilihan situs. Variabel yang menjadi prioritas utama adalah kelengkapan informasi, sedangkan informasi yang gratis merupakan pertimbangan yang paling tidak penting.

Dari proses pencarian informasi, peneliti kemudian mendapatkan hasil pencarian. Hasil yang diperoleh tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor dan variabel yang telah dikemukakan di atas. Peneliti umumnya mengakses situs lain bila informasi yang ditemukannya pada suatu situs kurang/tidak relevan. Cara lain yang mereka tempuh yaitu bertanya kepada rekan kerja dan mengulang pencarian dengan search engine untuk mencari situs atau kata-kata lain yang mirip.

Setelah mencoba mengubah strategi penelusuran, maka diperoleh hasil akhir dari pencarian. Hasil akhir tersebut menunjukkan bahwa penelusuran para peneliti cukup efektif, namun masih belum sepenuhnya berhasil jika mengacu pada hasil penelusuran yang sebagian besar masih belum maksimal. Namun meskipun demikian, informasi yang diperoleh tersebut umumnya dapat dimanfaatkan/diterapkan dalam pekerjaan dan mereka cukup puas dengan hasil yang diperoleh.

Hambatan yang dialami peneliti dalam mencari informasi lewat Internet dapat berasal dari faktor teknis maupun non-teknis. Faktor yang menjadi kendala terbesar adalah faktor teknis, yaitu akses yang lambat dan kurangnya jumlah terminal/komputer untuk mengakses Internet di tempat kerja mereka sehingga menyebabkan antrian. Sedangkan faktor non-teknis yang menjadi kendala utama berasal dari pemakai, yaitu kurangnya pengetahuan mengenai cara mencari informasi yang efisien.
2001
S15404
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gamella Ekaputri
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Pusat Unit Pengolah Kearsipan SKK Migas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey dan observasi. Pengukuran kepuasan pengguna dilakukan dengan menggunakan metode Servqual. Hasil penelitian menyatakan 74% dari responden menyatakan kurang puas, 10% dari responden menyatakan memuaskan, dan 16% dari responden merasa sangat memuaskan. Dengan demikian, tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Pusat Unit Pengolah Kearsipan masih kurang memuaskan. Dimensi kehandalan adalah dimensi yang memiliki nilai kepuasan paling rendah dibandingkan empat dimensi kualitas layanan lainnya. Sehingga, dimensi kehandalan dijadikan sebagai prioritas utama untuk segera diperbaiki. Melalui metode Servqual dapat diketahui unsur-unsur layanan yang menyebabkan ketidakpuasan pengguna dan unsur-unsur layanan yang memberikan kepuasan kepada pengguna. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk perbaikan unsur-unsur layanan yang memiliki nilai kepuasan yang rendah.
ABSTRACT
The focus of this study is employee satisfaction to service quality at records center SKK Migas. This study is a quantitative study with survey method and observation. Employee satisfaction measurement is done using Servqual Method. The result of this study stated 74% of respondents felt less satisfied, 10% of respondents felt satisfied, and 16% of respondents felt very satisfied. Reliability is the dimensions that has the lowest satisfaction scores compared to the other four dimensions of service quality. Thus, this reliability serve as the top priority to be remedied. Through Servqual method can be known the elements of service that led to employee dissatisfaction and elements of service that provide satisfaction to employee. So that the result of this study can be used for improvements to the service elements that have low satisfaction scores.
2014
S53129
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rhea Margareth Magdalena
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis tentang representasi perpustakaan dalam Iklan Layanan Masyarakat PNRI Edisi : Perpustakaan Terapung . Penelitian ini menggunakan metode semiotik dengan menggunakan analisis yang digagas oleh Roland Barthes yaitu analisis penandaan dua tingkat denotasi dan konotasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi perpustakaan bagi pengguna perpustakaan yang diwakilkan oleh setiap tokoh yang berperan dalam ILM PNRI tersebut. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa analisis makna denotasi ditunjukkan gambaran perpustakaan dengan berbagai variasinya. Sementara itu, analisis makna konotasi menunjukkan representasi perpustakaan sebagai sahabat masyarakat yang dapat membantu mereka meraih cita-cita. Sebagai kesimpulan, iklan ini merepresentasikan perpustakaan sebagai sebuah lembaga yang berperan dalam mengembangkan potensi setiap individu yang menggunakan layanannya.
ABSTRACT This thesis analyst about the representation of library in National Library of Indonesia’s Public Service Announcement Series ‘Floating Library’. This research use semiotic method analysis expressed by Roland Barthes namely two level signification analysist that consist denotation and connotation meaning who aims to describe the function of library for the user which present by each character in that Public Service Announcement. The result of this research show that denotation meaning analysis are present by the picture of library with it’s variation. Meanwhile, the connotation meaning analyst show that library representation as people’s bestfriend whom help them to reach their future. In conclusion, this announcement representing library as an organization who participate to developing the potential in each person whom use it’s service.
2014
S53125
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eppy Ananditya Susilo
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan penyiangan di perpustakaan Universitas Indonesia (UI) dan hamatan apa saja yang dialami oleh pustakawan dalam pengimplementasian keijakan penyiangan di perpustakaan UI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kordinator dalam kegiatan penyiangan di perpustakaan UI dan staf pelaksana kegiatan penyingan di perpustakaan UI. Tekniok wawancara yang diopakai adalah depth interview. Hasil penelitian ini menunjukan ahwa implementasi keijakan penyingan di perpustakaan UI tidak sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) keijakan penyiangan di perpustakaan UI. Hal ini terjadi karena POS tidak sesuai dengan kriteria koleksi dan pengguna perpustakaan UI. Hambatan yang didapat di dalam implemetasi ini adalah POS yang tidak sesuai dengan kriteria koleksi dan pengguna, tempat penyimpanan sementara bagi koleksi yang telah disiangi. Perlunya perbaikan terhadap POS kebijakan penyiangan sebaiknya dilakukan agar hamatan yang dialami dapat diatasi dan koleksi perpustakaan menjadi lebih mudah digunakan pagi para pengguna.
ABSTRACT
This study aims to determine how the weeding policy implementation in the library of University of Indonesia (UI) and what are the barriers faced by librarians in weeding policy implementation in the UI library. This study uses descriptive qualitative approach. Method of data collection with interviews, and document analysis. Informants in this study is the coordinator of the activities of weeding in the UI library and the staff of weeding activities in UI library. Interviewing techniques are use depth interviews. These results indicate that the implementation of the UI library weeding policy is not in accordance with the Standard Operating Procedures (SOP) weeding policies in the UI library. This happens because the POS is not in accordance with the criteria of the collection and the UI library users. Barriers obtained in the implementation of this is a SOP that does not fit the criteria and user collection, temporary storage space for the collection has been weeded. The need for improvements to the SOP policies weeding should be done in order to overcome barriers experienced and library collections easier to use early users.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57187
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Widjayanti
Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2012
020 ARI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Surakarta: Panitia Peringatan Ulang Tahun ke 125 Rekso Pustoko Mangkunagaran, 1992
027.592 6 REK
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Syifa Salsabila
Abstrak :
Matilda the Musical merupakan film musikal yang diproduksi pada tahun 2021 dan rilis tahun 2022 berdasarkan novel yang rilis pada tahun 1988 karya Roald Dahl. Penelitian ini membahas mengenai perpustakaan keliling dan pustakawan yang ada dalam film Matilda the Musical. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi fungsi perpustakaan keliling dan peranan pustakawan dalam film Matilda the Musical. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis pada film. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Jager dan Maier. Penelitian ini mengkaji adegan dalam film yang dijadikan unit analisis. Hasil dari penelitian adalah perpustakaan keliling dalam film Matilda the Musical memiliki fungsi pendidikan, informasi, penyimpanan koleksi. Sementara pustakawan dalam film Matilda the Musical memiliki peran dalam memberikan informasi kepada pengguna dan melakukan mobilisasi perpustakaan keliling. Pustakawan juga digambarkan sebagai pustakawan yang suka berpakaian nyentrik dan mempunyai sikap penuh perhatian. Kesimpulannya adalah perpustakaan keliling dalam film memiliki fungsi sebagai sumber pendidikan pertama Matilda sebelum masuk ke lingkungan pendidikan formal dan peran pustakawan sebagai edukator atau pengajar untuk Matilda. Kata kunci: perpustakaan keliling, pustakawan, analisis wacana kritis, representasi dalam film. ......Matilda the Musical is a musical film produced in 2021 and released in 2022 based on the 'Matilda' novel by Road Dahl, released in 1988. This study discusses the mobile library and librarian in the film Matilda the Musical. This study aimed to determine the function of the mobile library and the librarian's role in the film Matilda the Musical. This study uses qualitative methods by analyzing films. The analytical method used in this research is critical discourse analysis developed by Jager and Maier. This study shows that the mobile library in the film Matilda the Musical has the functions of education, information, and collection storage. At the same time, the librarian's role in the film Matilda the Musical is to provide information to users and mobilize mobile libraries. Librarians are also described as librarians who like to dress quirkily and have a caring attitude. This research concludes that the mobile library in the film functions as Matilda's first source of education before entering the formal educational environment, namely the school and librarian educators or teachers for Matilda.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ohio: OCLC, 2006
NESPACE
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Australia: National Library of Australia,
020 NLAM
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>