Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 62 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ma'ruf Cahyono
Jakarta: Sagung Seto, 2016
027 MAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sintha Ratnawati
"Penelitian ini berlujuan mengukur dan mempelajari kualitas jasa yang dilihat dari besar dan arah perbedaan antara harapan dan persepsi pengguna terhadap pelayanan perpustakaan. Kerangka teoritis yang dituturkan di sini mengadaptasi Model Kesenjangan Kualitas Jasa. Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner dan dilengkapi dengan wawancara terhadap 276 mahasiswa.
Hasilnya menunjukkan kualitas jasa perpustakaan setempat tidak buruk, meskipun masih di bawah harapan pengguna. Dari identifikasi dimensi diketahui adanya lima dimensi yang menjadi dasar penilaian kualitas jasa, yaitu assurance, empati, responsiveness, reliabilitas, dan tangibles. Kelima dimensi tersebut mempunyai interkorelasi dalam pencapaian kualitas jasa. Masing-masing dimensi mempunyai derajat kepentingan dan menunjukkan tingkat kesenjangan yang berbeda. Reliabilitas dan tangibles merupakan dua dimensi yang dianggap paling penting namun kesenjangannya cenderung tinggi. Dalam hal reliabilitas, kekurangan tersebut mencakup keterbatasan koleksi, ketidakakuratan katalog terpasang, serta tidak terciptanya suasana tenang seperti yang terjadi di perpustakaan pada umumnya. Mengenai tangibles, tanggapan responden banyak berkaitan dengan sarana komputer yang terbatas serta sempitnya ruang baca yang tidak mampu menampung pengguna. Dalam hal assurance, responden melihat pengetahuan, keramahan, dan kernampuan petugas cukup memadai, sementara gangguan keramahan mengurangi kemantapan responden menggunakan jasa perpustakaan. Perhatian dan bantuan secara teknis, yang menjadi bagian dari dimensi empati, dipandang cukup baik. Walaupun demikian, perpustakaan diharapkan lebih memperhatikan kepentingan pengguna dalam mengembangkan jasa. Memaklumi adanya keterbatasan sumber daya, responden menilai petugas memberikan pelayanan dengan cukup cepat. Dilihat lebih jauh, kesenjangan itu terjadi akibat pihak perpustakaan kurang rnengetahui aspirasi pengguna serta komunikasi yang tidak terjalin dengan baik di antara keduanya. Penilaian dari sudut pandang pengguna akan membantu pengelola perpustakaan menentukan prioritas pembenahan pelayanan guna memberikan jasa yang sesuai dengan keperluan pengguna.

Identification of Dimension and Evaluation of Service Quality at Atma Jaya Catholic University Library - Jakarta The objective of this empirical research is to measure and study service quality based on magnitude and direction of the discrepancy between users' expectation and perception of library services. This conceptual framework adopts Gaps Model of Service Quality; Data were collected using questionnaire and interviews toward 276 students.
The findings indicate that service quality of the library is adequate, although it is lower than users' expectation. Identification of dimensions reveals five dimensions of service quality: assurance, empathy, responsiveness, reliability, and tangibles relevant to the library services. There is inter-correlation between five dimensions of service quality. Each dimension has different importance level and gap score. Reliability and tangibles are the most important dimensions while their gap magnitude are high. The gap in the reliability dimension came from lack of collections, inaccuracy of online catalogue, and unavailability of noiseless environment in the reading room commonly offered in the library. As to the tangibles, limited computer facilities, and overcrowded reading room, contribute to the high gap score. Meanwhile in the assurance dimension, library users appraise knowledge, ability and courtesy of library staff, whereas security vulnerability decrease respondents' confidence in using library services. Technical assistance and attention, which are compose empathy dimension, are appraised positively, although users still expect the library pay more attention to their need when designing service offered to them. Recognizing of library's limited resources, respondents justify that library staffs provide an adequate quick service. Further research's insight showed that discrepancy between users' expectation and perception of library services is caused by ineffective communication and lack of understanding of users' aspiration. Library user assessment will facilitate the library give right priority to the service improvement appropriate to the users' requirement."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10844
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riko Bintari Pertamasari
"Perpustakaan sebagai sebuah sistem terbuka yang berhubungan dinamis dengan lingkungannya perlu memiliki perencanaan strategis yang matang. Hal ini disebabkan banyak faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kebeadaan suatu sistem perpustakaan. Terlebih untuk perpustakaan khusus, perencanaan strategis menjadi faktor penting dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran seusai dengan misi dan visinya.
Penelitian ini mengemukakan keberadaan PUSTAKA sebagai perpustakaan khusus tertua di Indonesia yang akan mengembangkan dirinya menjadi sebuah pusat informasi IPTEK Pertanian yang dapat didayagunakan oleh seluruh lapisan masyarakat pengguna.
Tiga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : Pertama, mendeskripsikan lingkungan internal dan eksternal PUSTAKA. Kedua, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PUSTAKA, dan yang ketiga adalah membuat konsep perencanaan strategis jangka pendek dan jangka panjang berdasarkan alternatif strategis yang ada sehingga sesuai dengan misi, sasaran, tujuan dan kebijakan PUSTAKA.
Penelitian ini menggunakan rnetode penelitian analitis deskriptif untuk membuat tahapan perencanaan strategis yang terdiri atas (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap analisis dan (3) tahap pembuatan perencanan strategis.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Aplikasi Analisis SWOT terhadap Pengembangan Perpustakaan Khusus yang akan diimplementasikan oleh PUSTAKA sebagai salah satu perpustakaan khusus di Indonesia. Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan PUSTAKA akan menjadi sebuah pusat informasi IPTEK Pertanian yang dapat dijangkau dan digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

SWOT Analysis Aplication for Special Library Development (Case Study at Indonesian Centre for Agricultural Library and Technology Dissemination)Libraries as an opened system organization which has a dynamic relation to its environment need to develop its own strategic plan. It is really important since there are so many internal and external factors that might influence its existence. For the special library, strategic plan is considered as a key factor to reach the goal and the objectives according to its mission and function.
This research described the existence of Indonesian Centre for Agricultural Library and Technology Dissemination ( ICALTD) as the most oldest special library in Indonesia and a center information for agricultural science and technology used by all varied of client,
There are three objectives reached through this research including: First, a description about the internal and external factor at ICALTD. Second, an analysis of SWOT factors encountered by ICALTD. Third, making a strategic plan in the short and longterm according to the existing alternatives strategy that suitable with the mission, objectives, goal and the policies.
The analytical descriptive methodology was applied to arrange stages in making a strategic plan consisting (I) data collection, (2) data analysis and (3) a strategic plan devalopment.
The output of this research is SWOT analysis result as an input on how to develop a special library that might be implemented by ICALTD as the most oldest "special library in Indonesia in order to get its vision and mission in the next after.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11222
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Proyek Pengembangan Perpustakaan, Pusat Pembinaan Perpustakaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983
R 027.598 DIR
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: DEPDIKBUD - DIKTI, , 1972
R 027.598 DIR
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Unit Koordinasi Kegiatan Perpustakaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1992
R 027.7 LAP
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rts. Tiara Hilda Safitri
"Penelitian ini dilakukan di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh layanan perpustakaan digital melalui website terhadap flow experience pemustaka di Perpustakaan UNSRI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, 388 kuesioner online yang valid. Teknik penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Adapun metode pengukuran instrument menggunakan skala likert dan pengolahan data menggunakan SPSS (Statistical Product and Solution) versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan perpustakaan digital melalui website berpengaruh positif dan signifikan terhadap flow experience. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi dan dibuktikan dengan analisis regresi linier sederhana menghasilkan t hitung sebesar 25,336. Pengujian hipotesis taraf signifikansi (a) ditetapkan 0,05 (5%) dan menggunakan uji dua pihak (sig. 2-tailed), serta didasarkan pada derajat kebebasan (degree of freedom) dk =n-2, yaitu 388-2 = 386, sehingga diperoleh nilai t tabel = -1,64881. Maka nilai t hitung > t tabel (25,336 > -1,64881), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna flow experience dapat dipengaruhi oleh layanan perpustakaan digital melalui website.

This research was conducted at UPT Sriwijaya University Library (UNSRI) Palembang. The purpose of this study was to analyze the effect of digital library services through websites on the user experience flow in the UNSRI Library. This study uses quantitative inferential methods. Data collection methods used in this study used a questionnaire, 388 valid online questionnaires. The technique of determining the sample using a simple random sampling method. The instrument measurement method uses a Likert scale and data processing uses SPSS (Statistical Product and Solution) version 25. Hypothesis testing techniques using correlation coefficient analysis, coefficient of determination, and simple linear regression analysis. The results of this study indicate that digital library services through the website have a positive and significant effect on flow experience. Based on the results obtained from the correlation analysis and proved by simple linear regression analysis produces a count of 25.336. Hypothesis testing significance level (a) is set at 0.05 (5%) and uses a two-part test (sig. 2-tailed), and is based on the degree of freedom dk = n-2, which is 388-2 = 386, so we get the value of t table = -1,64881. Then the value of t count> t table (25.336> -1.664881), so that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the flow experience can be influenced by digital library services through the website."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Meladia
"Tesis ini membahas tentang Pendapat Kepala Sekolah dan Komite Sekolah Terhadap Perpustakaan pada SMKN Kabupaten Tangerang. Penelitian dengan metode kualitatif dengan informan delapan orang Kepala Sekolah dan delapan orang Komite Sekolah di lingkugan Kabupaten Tangerang. Dalam mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan kajian pustaka, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan delapan pendapat Kepala Sekolah terhadap Perpustakaan, dua kepala sekolah kurang maksimal memberikan perhatian terhadap perpustakaan dan enam kepala sekolah belum memprioritaskan Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah masih merupakan sarana pendukung bukan sebagai sumber belajar yang terintegrasi dalam kurikulum. Begitu juga pendapat Komite Sekolah terhadap perpustakaan belum maksimal ikut secara aktif dalam kegiatan perencanaan Program Sekolah dan masih sebagai simbol legitimasi saja. Peneliti menyarankan agar kepala sekolah memprioritaskan sarana prasarana perpustakaan sekolah sebagai bagian yang terintegral dalam kurikulum di sekolah. Dan kepada komite sekolah berperan aktif dalam mewujudkan sarana prasarana perpustakaan sesuai dengan standar yang telah diatur pada peraturan dan Undang-undang perpustakaan.

thesis discusses the Head Master Opinion and of the School Committee in the Library at SMKN Tangerang. The studi cases Qualitative research method with 16 informants; eight informants are school Principals, the other eight informants are from School Committees within Tangerang regency area. Data was collecting through observations, interviews and literature reviews, data was analyzed using narrative, descriptive method. The result of the study show that eight opinions of library school principal, the principal is less maximum two pay attention to the library and six school principals have not prioritize libraries, school library is still a supporting tool rather than as a source of learning that is integrated in the curriculum. so also the opinion of the school committee of the library has not been maximally participate actively in the planning of school programs and still as a symbol of legitimacy only. Researchers suggested that the principal priority of school library facilities and infrastructure as part of integrated in curriculum of the schools. And to the school committee plays an active role in creating infrastructure facilities in accordance with the standard library that is set up on the rules and laws of the library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27869
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yun Fitra Ayu
"Perpustakaan umum berkewajiban memberikan pelayanan informasi yang tepat dan merata kepada seluruh masyarakat melalui kegiatan perpustakaan keliling. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pengembangan layanan perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumen kegiatan perpustakaan keliling. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat perlu menambah titik layanan dan menambah jumlah kunjungan setiap tahunnya; (2) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan perlu meningkatkan kepedulian terhadap aktivitas perpustakaan keliling dengan kebijakan yang mendukung pengembangan perpustakaan keliling. Bentuk kebijakan yang dilaksanakan selama ini adalah memberikan anggaran tiap tahun untuk penyelenggaraan perpustakaan keliling, kebijakan dalam sarana dan prasarana perpustakaan keliling, fasilitas perpustakaan keliling, dan koleksi yang dilayankan"
Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2023
020 JPK 3:2 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>