Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Relisa Retina
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan persepsi mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan jenis penelitian deskriptif. Identifikasi kualitas pelayanan didasarkan pada empat dimensi kualitas pelayanan perpustakaan yang terdapat dalam LIBQUAL, yaitu dimensi mengenai sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as Place). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Universitas Indonesia tentang kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Indonesia dinilai kurang baik oleh anggotanya yaitu mahasiswa Universitas Indonesia. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian pada tiga dari empat dimensi dinilai kurang baik yaitu dimensi Affect of Service, Personal Control dan Access to Information.
......This research aims to identify the quality of service of the Library of the University of Indonesia based on the perceptions of students of the University of Indonesia. This research uses a quantitative approach. The technique of data collection is carried out by means of dissemination of the questionnaire and the type of descriptive research. Identification of the service quality is based on four dimensions of service quality of the library contained in the LIBQUAL, i.e. the dimension of the attitude and ability of library staff in serving users (Affect of Service), the dimensions of the user's independence in making use of the library (Personal Control), dimensions of the adequacy of and access to the library's collections (Access to Information), and dimension in terms of the physical library (Library as Place). Results of the study concluded that the perception of University of Indonesia student about quality of service of the Library of the University of Indonesia was rated less well by members of student the University of Indonesia. It is known from the research results on three of the four dimensions rated less well the dimensions of Affect of Service, Personal Control and Access to Information.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S44342
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diny Albayyinah
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai penyelenggaraan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Depok dari aspek koleksi, jenis layanan, dan program layanan anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan layanan anak di Perpustakaan Umum Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala perpustakaan, pustakawan, dan pemustaka yang terdiri dari anak dan orang tua. Hasil dari penelitian ini adalah koleksi yang didominasi oleh buku fiksi telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kemudian penataan koleksi belum mempermudah pencarian yang dilakukan oleh pemustaka. Jenis layanan yang ditawarkan adalah hanya berupa layanan sirkulasi. Pemustaka yang fokus dilayani hanya terbatas pada anak usia sampai dua belas tahun, padahal orang tua juga perlu mendapat perhatian. Program yang diselenggarakan adalah lomba mendongeng dan kunjungan sekolah. Meskipun Perpustakaan Umum Kota Depok telah menyediakan koleksi, layanan, program, dan ruangan layanan anak yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga telah membangun atmosfer yang bersahabat untuk anak. Namun layanan anak belum memiliki pustakawan khusus anak.
ABSTRAK
This research focuses on the implementation of children rsquo s library services in Perpustakaan Umum Kota Depok from aspect of collection, service type, and child service program. The purpose of this study is to describe the implementation of children services in the Perpustakaan Umum Kota Depok. This research uses qualitative approach with case study method. Informants of this research is the head of libraries, librarians, and user consisting of children and parents. The results of this study is that the collection dominated by fiction books has been in accordance with user needs. Then the arrangement of the collection has not been easier for searches done by user. The type of service offered is just a circulation service. Focused serving users are limited to children up to twelve years old, whereas parents also need attention. The program is a storytelling competition and school visit. Although the Perpustakaan Umum Kota Depok has provided a collection of children 39 s services, programs, and services, it has been constructed in such a way that it has built a friendly atmosphere for children. However, the child service does not yet have a child specific librarian.
2017
S67063
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library