Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sheila Savitri
Abstrak :
Dengan memanfaatkan kemajuan informasi teknologi, Perpustakaan Pusat Sosial Ekonomi danKebijakan Pertanian (PSEKP) meluaskan layanannya melalui kolaborasi, tidak hanya dengan sesamapejabat pustakawan, tetapi juga dengan pejabat fungsional lainnya. Sebagai usaha penanganandampak pandemi Covid-19, Perpustakaan PSEKP turut berpartisipasi secara aktif denganmemberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untukmemberikan gambaran mengenai kolaborasi pustakawan dengan pemangku jabatan fungsional lainnya dalam peningkatan kompetensinya, serta dalam peningkatan layanan perpustakaan digital pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengananalisis statistik sederhana. Data diperoleh dari aplikasi layanan perpustakaan digital melalui GoogleForm, Google Drive, serta situs web resmi PSEKP di menu Covid-19 yang beralamat di http://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/covid-19, mulai dari diberlakukannya kebijakan WFH, yaitu Maret 2020 hingga Juli 2021. Selama pandemi Covid-19, Perpustakaan PSEKP melakukanlayanan penelusuran informasi kompleks secara daring, membuat deposit ebook bersama denganpara peneliti di PSEKP, serta berkolaborasi dengan para peneliti, analis kebijakan, pranata humas, dan pranata komputer yang secara proaktif menyebarkan informasi terkait Covid-19 melalui fitur Covid-19 di situs web PSEKP. Pustakawan PSEKP juga berkolaborasi dengan para peneliti dan analiskebijakan dalam menghasilkan karya ilmiah dalam terbitan buku yang berjudul “Dampak Pandemi Covid-19: Perspektif Adaptasi dan Resiliensi Sosial Ekonomi Pertanian”. Perpustakaan PSEKP jugamelakukan promosi melalui kanal-kanal media sosial. Berbagai kolaborasi yang dilakukanPerpustakaan PSEKP, selain memberikan manfaat bagi pengembangan perpustakaan, juga bagi pengembangan kompetensi pustakawannya.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yupi Royani
Abstrak :
Dilakukan kajian terhadap data base Scopus periode 2010-2020 terhadap kompetensi pustakawan, dengan tujuan untuk mengetahui: a) Pertumbuhan publikasi ilmiah dengan topik kompetensi pustakawan dari data base Scopus; b). Peringkat pertumbuhan jurnal inti;c) Poduktivitas peneliti; d) Jumlah publikasi berdasarkan afiliasi/lembaga;e) Jumlah publikasi berdasarkan negara; f) Jumlahpublikasi berdasarkan jenis dokumen; dan h) Jumlah publikasi berdasarkan subjek. Kajian ini dilakukan dengan cara melakukan penelusuran melalui database Scopus (http://www.scopus.com). Penelusuran pada database Scopus menggunakan istilah atau kata Librarian Competence, padatanggal 11 Januari 2021, yang terdapat pada judul, abstrak dan kata kunci. Adapun untukmemvisualisasikan perkembangan penelitian tentang kompetensi pustakawan digunakan softwareVOSViewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa publikasi ilmiah topik kompetensi pustakawanperiode 2010 -2020 adalah 280 artikel, dokumen paling banyak bersumber dari Journal of Medical Library Association, yaitu sebanyak 38 dokumen. Penulis paling produktif adalah Zhang, Y. yaitusebanyak 4 judul. Dokumen paling banyak berasal dari United States sebanyak 106 dokumen denganjenis artikel jurnal yaitu sebanyak 230 dokumen, dan subjek paling banyak adalah Social Sciencessebesar 52,90 %. Apabila dilihat dari visualisasi bibliometrik, maka ditemukan sebanyak enam kluster subjek. Disimpulkan bahwa ilmu sosial mendominasi subjek dan Amerika Serikat adalah negara palingbanyak meneliti tentang kompetensi pustakawan.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2022
020 VIS 24:1 (2022)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Debora Eflina
Abstrak :
Skripsi ini mengenai persepsi staf pengajar terhadap tugas dan status pustakawan di perpustakaan perguruan tinggi di Fakultas Sastra, FISIP dan Fakultas Psikologi-Ul. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap pentingnya perpustakaan fakultas bagi mereka, menggambarkan persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan, persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan, dan kontak/hubungan yang terjadi antara pustakawan fakultas dan staf pengajar di ketiga fakultas tersebut di atas. Teknik pengumpalan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner, yang dibagikan langsung kepada staf pengajar yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 72 responden yang diteliti, per_sepsi mereka terhadap pentingnya perpustakaan bagi penelitian dan pengajaran mereka cukup baik. Staf pengajar di FS Iebih menghargai koleksi perpustakaannya dibanding staf pengajar di FISIP dan F-Psi. Persepsi staf pengajar terhadap tugas pustakawan pada umumnya positif walaupun staf pengajar yang mengerti tugas-tugas seorang pustakawan jumlahnya hanya sebagian dari seluruh responden. Persepsi staf pengajar yang mengerti dan yang tidak mengerti ada perbe-daan tugas pustakawan dan non pustakawan di perpustakaan tidak berbeda jauh, dan staf pengajar di FS dalam beberapa hal lebih mengerti tugas-tugas seorang pustakawan. Persepsi staf pengajar terhadap status pustakawan pada umwnnya positif, sebagian staf pengajar setuju jika pustakawan memiliki status dan kedudukan yang sama dengan staf pengajar. Staf pengajar yang menyetujui per_samaan status dan kedudukan antara pustakawan dan staf pengajar lebih besar jumlahnya di FS (73,91% staf pengajar FS setuju tentang hal ini). Sebagian be_sar staf pengajar (81,94%) menganggap pustakawan sebagai profesional. Kon_tak/hubungan antara pustakawan dan staf pengajar belum berjalan efektif. Pada umumnya staf pengajar merasa tidak pernah mendapat informasi buku-buku baru di perpustakaan, belum ada kontak dalam Pendidikan Pemakai, dan jarang sekali terjadi kontak dalam hal pemilihan dan pengembangan koleksi dan pembuatan kebijakan untuk perpustakaan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eusebio Geordie Handarto
Abstrak :
Perubahan pada tren dan perkembangan teknologi yang terus terjadi berimplikasi dengan kompetensi yang dibutuhkan pustakawan perguruan tinggi saat ini dan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan ekspektasi mahasiswa aktif S1 Program Studi Ilmu Perpustakaan (PSIP) FIB UI terhadap kompetensi pustakawan perguruan tinggi serta menganalisis kurikulum PSIP FIB UI dalam menyediakan infrastruktur akademik bagi calon lulusan PSIP FIB UI. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 166 mahasiswa aktif S1 PSIP FIB UI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penekanan kuat terhadap kompetensi yang diperoleh dari disiplin ilmu perpustakaan dan beberapa keterampilan personal dan komunikasi serta adanya peningkatan signifikan terhadap ekspektasi mahasiswa akan kompetensi di bidang teknologi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kurikulum PSIP FIB UI telah mendukung pengembangan kompetensi calon lulusan PSIP FIB UI sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. ......The dynamic changes in trends and the development of technology have implications with the competencies needed by current and future academic librarians. This study aims to identify the perception and expectation of undergraduate Library and Information Science (LIS) students on the academic librarian’s competencies and analyze their curriculum in providing academic infrastructure for prospective graduates. The research method used in this study is a quantitative method with a descriptive approach through questionnaires distributed to 166 LIS undergraduate students. The results of the study indicate a strong emphasis on domain knowledge competencies and interpersonal and communication skills with a significant increase in students' expectation towards technology competencies in the future. This study also shows that the LIS curriculum has supported the competency development of prospective LIS graduates in accordance with the standards that apply in Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nelwaty
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberi gambaran atas positif atau negatifnya persepsi responden terhadap organisasi pustakawan IPI. Pustakawan yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah pustakawan Pegawai Negeri Sipil (PNS} yang bekerja di Perpustakaan Nasional R.I., Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Instansi atau Khusus wilayah DKI-Jakarta. Populasi pustakawan tersebut betjumlah 613 orang. Karena keterbatasan dana dan waktu, jumlah sampel ditetapkan sebanyak 40 responden. Jumlah tersebut telah memenuhi persyaratan sampel untuk suatu penelitian karena telah melebihi batas minimum unit analisis suatu penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survai. Penelitian ini membahas tiga variabel utama yakni peugenalan responden terhadap organisasi IPI, persepsi dan harapan responden terhadap keanggotaan organisasi, dan persepsi dan harapan responden terbadap peran IPI dalam meningk.atkan profesionalisme pustakawan Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode angket atau kuesioner yang terlebih dahulu telah diujicobakan kepada l0 responden di luar sampeL Di samping itu digunakan juga metode wawancara sebagai alat pengumpul data tambahan. Wawancara singkat dilakukan kepada 8 responden yang tidak melengkapi pengisian angket. Hasil penelitian mengenai variabel pengenalan responden terhadap organisasi IP1 dapat dikatakan cukup tinggi atau positif, sebab 85% dari responden adalah anggota IPI yang tentunya mengenal keberadaan IPI sebagai organisasi profesi pustakawan. Rincian dari 40 respanden untuk 16 butir pemyataan adalab 2381. Skor tersebut berada pada polar persepsi positif. yaitu antara 2177-3200. Mengenai variabel persepsi dan harapan responden terhadap peran IPI dalam meningkatkan profesionalisme pustakawan Indonesia juga ditanggapi positif oleh 40 respanden. Jumlah skor yang dikumpulkan untuk 40 responden dari 10 pernyataan adalah 1570. Skor tersebut berada pada polar persepsi positif, yaitu 1360 - 2000. ......The purpose of this research is to find out whether the perception of the librarian toward organization IPI is positive or negative. The population of the research is librarians who work at the National Library of Indonesia, Public Library, University Library, and Institution or Special Library, located in DKI-Jakarta. The result of document and field survey shows that number of librarians who meet the above criteria is 613. The sample of this research is determined 40 respondents, a little more than number required for the minimum analysis unit. The research is a descriptive one with a survey approach. The discussion includes three main variables, namely: 1) knowledge of the respondents about the IPI organization, 2) perception and expectation of the respondents toward and from the membership of IPI, and 3) perception and expectation of the respondents toward and from the role of IPI in increasing the profesionalism of Indonesian librarians. The first step taken was to carry out document observation and field survey. The second step was to select the respondents out of the population using simple random sampling method. The third step was to give the questionnaires and short interview to the respondents out of the population. The questionnaires had been tested to 10 respondents beyond the real sample. The short interview is he1d to 8 respondents. The data from the questionaires and short interviews are described in the form of tables and naration. The knowledge of the respondents about the IPI is turns out almost exellent. Eightyfive percent are member of the IPI; 62,50% understand the purposes of the IPI, 25% ever participated in the organization arrangement, 75% participated in the activities carried out by IPI, and just once only 15% which often (more than 5 times) participated in the IPI activities.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
T31972
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syahdan
Abstrak :

ABSTRAK
Penelitian tentang sikap pustakawan dan staf perpustakaan terhadap otomasi di PTS Jakarta telah dilakukan pada tanggal 11 Oktober 1996 sampai 30 Januari 1997. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran gambaran mengenai sikap pustakawan dart staf perpustakaan (responden) terhadap otomasi di FTS Jakarta yang sistem otomasinya telah terintegrasi, dengan melakukan pendekatan terhadap 3 (tiga) aspek yang berpengaruh terhadap otomasi dan 1 (satu) aspek harapan. Aspek-aspek tersebut antara lain aspek fasilitas komputer, sumber daya manusia, tugas perpustakaan, dan harapan responden untuk pengembangan otomasi di masa datang.

Pengumpulan data dilakukan melalui pengujian kuesioner. Jenis penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik pemilihan responden dijelaskan. Cara menganalisa data dilakukan berpedoman pada penggunaan metode skala likert dan rumus chi-square.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 4 aspek yang diteliti, hampir seluruhnya cenderung bersikap positif oleh responden (baik pustakawan maupun staf perpustakaan). Walaupun demikian, data hasil penelitian juga menunjukkan adanya harapan responden terhadap pengembangan otomasi yang lebih baik di masa yang akan datang. Selain itu, berdasarkan pengumpulan pendapat dan pertanyaan terbuka mengenai harapan responden terhadap otomasi sebelum otomasi tersebut diterapkan, terdapat tiga jawaban terbanyak, yaitu otomasi memudahkan pencarian informasi secara cepat dan akurat, memudahkan seluruh tugas perpustakaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Selanjutnya, berdasarkan uji hipotesis didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan sikap terhadap otomasi perpustakaan antar responden dengan membedakan sebutan karyawan perustakaan dan kebiasaan mengg nakan komputer. Sedangkan dalam hal perbedaan usia dan jenis kelamin, tidak didapat perbedaan sikap.
1997
S15713
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Koko Srimulyo
Surabaya: Airlangga University Press (AUP), 2021
020.9 KOK p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Setia Wirawan
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana seorang Blasius Sudarsono membangun konsep pemikiran mengenai kepustakawanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode Life History. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep kepustakawanan dari Blasius Sudarsono merupakan hasil dari proses konstruksi. Hal tersebut dapat dilihat dari tahapan Eksternalisasi, Objektifikasi, dan Internalisasi atau dikenal dengan proses Dialektika, yang diterapkan dalam penelitian ini.
The thesis is discussed about how Blasius Sudarsono as librarianship figure, make a concept in librarianships fields. This research is a qualitative study with a life history method. The results showed that Blasius Sudarsonos librarianships concept is a result from a construction process. It can be seen from eksternalization, objectivication, internalization process which know as dialektika process applied in this study.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S70295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ike Iswary Lawanda
Jakarta : CV Sagung Seto, 2015
027 IKE i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Blasius Sudarsono
Jakarta: Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), 2009
027.059 8 BLA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library