Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Umi Nurkhayati
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini menggambarkan bagaimana profesionalisme dipahami dan dipraktikkan oleh Pustakawan Perpustakaan IPB dalam pekerjaan sehari-hari sebagai pustakawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Juni 2014 di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pustakawan Perpustakaan IPB belum memahami profesi mereka secara penuh, namun dalam pekerjaan sehari-hari sudah mendasarkan pada nilai utama yang dikandung profesi seperti melayani masyarakat. Dalam internalisasi dan aplikasi nilai-nilai profesi terdapat beberapa kendala yang bersifat internal dan eksternal.
ABSTRACT
This thesis describes how professionalism could be understood and practiced by librarians of IPB in daily works as librarians. This study used qualitative approach with phenomenology methods. Data collection techniques used in this study is interview, observation, and document analysis. The study was conducted from February to June 2014 in the IPB library. The result of this study explains that librarian of IPB do not yet fully understand on their profession, but their daily works have been based on profession’s core value such as serving the public. In internalization and application of profession’s values, there are several obstacle faced, from both internal and external sources
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57536
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Yodha
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang representasi profesi pustakawan dalam novel The Case of The Missing Books. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang tanggung jawab dan dedikasi seorang pustakawan terhadap profesinya di sebuah kota di Irlandia Utara. Metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran profesi pustakawan yang diwujudkan dalam dedikasi dan tanggung jawab terhadap profesi dengan menganalisis unsur naratif berupa unit konteks, sebagai unit analisis penelitian, kemudian diidentifikasi berdasarkan teori. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dedikasi dan tanggung jawab terhadap profesi memberikan pengakuan dan kepercayaan dari masyarakat sebagai profesi yang luhur.
ABSTRACT This undergraduate thesis explains about the representation of librarian profession in The Case of The Missing Books novel. Purpose of this study is to provide an overview of the responsibility and dedication to profession as a librarian in a city in Northern Ireland. Qualitative based research with content analysis is used in this study to get an overview of librarian profession, which is manifested in the dedication and responsibility to the profession by analyzing the narrative elements in context unit form. The result of this study shows that the dedication and responsibility to the profession providing recognition and trust from the society as a noble profession.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S62102
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safirah Pramarta
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini menggambarkan bagaimana Jabatan Fungsional Pustakawan dipahami dan diterapkan oleh pustakawan di Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta mencari tahu apa saja kendala yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi literatur. Penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2015 di Pusat Perpustakaan UIN Jakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pustakawan Pusat Perpustakaan UIN Jakarta belum memahami secara menyeluruh mengenai Jabatan Fungsional Pustakawan. Meskipun begitu, pihak perpustakaan telah mendukung penerapan Jabatan Fungsional Pustakawan tersebut dengan beberapa cara. Namun, dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang bersifat internal dan ekternal.
ABSTRACT
This minithesis describes how Librarian Functional Position is understood and implemented by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library. Moreover, this thesis also examines the problems faced in the process. The research applied qualitative approach using case studies method. The sampling techniques used are interview, observation, and literature review. The research was conducted between March ? June 2015 in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library. The result shows that the Librarian Functional Position has not been understood comprehensively by librarians in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Central Library. However, the library has supported the implementation of Librarian Functional Position by using some ways. Unfortunately, some internal and external problems occurred in the implementation process.
2015
S61471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Rahman Saleh
Jakarta: Sagung Seto, 2009
020 ABD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Bayangkan suatu pekerjaan besar hancur seketika hanya karena keteledoran kecil.....
SEBUPUI
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Pengaruh automasi perpustakaan pada pustakawan dan juga perpustakaan sudah banyak dibicarakan orang sehingga tulisan ini bukan mengangkat hal baru tetapi lebih mengkhususkan pada pembicaraan terhadap ketegangan mental (Stress) pustakawan sebagai manusis pengguna teknologi informasi....
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Pada dasarnya dunia perpustakaan meiliki cakupan tugas yang sangat luas. Perpustakaan dan pustakawan adalah dua sisi mata uang yang artinya tidak ada perpustakaan tanpa pustakawan. Namun kesan masyarakat terhadap pustakawan cukup miring karena masyarakat masih menganggap pustakawan sebagai sesuatu yang eksklusif dan kajian ilmiah pustakawan masih dianggap sulit untuk diterapkan di masyarakat. Ada juga pandangan bahwa jabatan pustakawan kurang menarik karena tidak mimiliki nilai ekonomis secara langsung dan masih kurangnya respon pemerintah terhadap pustakawan. Keluhan para asisten pustakawan antara lain minimnya nilai angka kredit untuk memenuhi unsur tugas pokok untuk penilaian kerja. Penempatan dan kepangkatan yang tidak kompetitif yang menyulitkan pustakawan untuk mendapatkan lompatan karir, obyektifitas penilaian dari tim penilai, dan kesulitan mengumpulkan alat bukti. Ketika minat masyarakat semakin tinggi untuk menjadi seorang pustakawan, maka pemerintah harus berbenah diri dalam menyiapkan perangkat aturan yang kondusif, dinamis, dan profesional.
LIPI, 2003
020 BACA 27:1 (2003)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rusmiantinigsih
Abstrak :
Tulisan ini memaparkan bagaimana tantangan perpustakaan untuk memberikan layanan yang memuaskan pemustakanya. Karena cakupan sebuah layanan perpustakaan luas, tulisan ini mengkhususkan bagaimana seorang pustakawan memberikan performa yang baik dalam pelayanan yang berorientasi kepuasan pemustaka. Paparan singkat dan contoh-contoh dalam tulisan ini akan sangat membantu pustakawan untuk meningkatkan kemampuan "customers service" yang dimiliki. Hal itu akan mempengaruhi ketercapaian tujuan sebuah perpustakaan, yakni kepuasan pemustaka.
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2015
VISI 17:3 (2015) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Lucya Dhamayanti
Abstrak :
Perpustakaan Nasional RI sebagai perpustakaan rujukan melakukan berbagai jenis layanan, seperti Pemberian Informasi Umurn, Penyediaan Informasi Khusus, Bantuan Penelusuran Literatur, Bantuan Penggunaan Katalog dan Bantuan Penggunaan Buku Rujukan. Penelitian ini dilakukan pada salah satu kelompok kerja yang melakukan rujukan yang paling intensif yaitu kelompok Layanan Katalog dan Rujukan. Petugas layanan pada kelompok tersebut cukup sering berinteraksi dengan pemakai perpustakaan Tujuan penelitian adalah memahami manajemen layanan rujukan melalui interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan. Interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan merupakan masalah yang bersifat alamiah, kompeks dan selalu berkembang. Oleh karena itu metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus dan pendekatan intrepretatif. Data, dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan kajian dokumen. Berkaitan dengan hal tersebut di atas dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut: Perlu adanya peningkatan sumber daya manusia, kajian terhadap minat petugas layanan dalam melakukan pekerjaan, peninjauan jumlah personil serta penyempurnaan tata letak dan fasilitas layanan. Dalam interaksi antara petugas layanan dan pemakai perpustakaan, kita dapat memahami manajemen layanan rujukan, prilaku petugas layanan dan komunikasi yang berpola. Manajemen layanan rujukan yang terlihat berkaitan dangan sumber daya manusia, fasilitas layanan, pembagian kerja dan prosedur layanan. Perilaku petugas layanan ketika melayani terlihat tidak sama bergantung kesibukan petugas. Komunikasi yang berpola merupakan akibat dari tata letak dan kemampuan petugas layanan.
The National Library of Indonesia as reference library provides general and special information; reader's advisory; searching, catalogue and reference book assistance. The catalogue and reference services team was chosen as field research because it is the most intensive team which is give reference services to the patrons. Within the field, there are much interactions between the librarians and the patrons. The aim of the research is to understand library management through the interaction between the librarians and the patrons. The interaction is natural and changeable so that the qualitative methode, case study and interpretative approach were chosen. The data gathering techniques were observation, interview and document study. Through the interaction, it is could understand reference services management, librarian behavior and communication patterns. In this case, references services management is dealing with man power, service facilities, job description and service procedure. Librarian behavior depends on how many jobs they do. Communication pattern is influenced by service facilities lay out and the reference services competency of the librarians. Base on the research, it is could recommend as follows: it should developed human resources, study on librarians interest and the ammount of reference librarian, relocate and add library facilities.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11587
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titiek Kismiyati
Abstrak :
Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana mata kuliah TI Program S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia sudah mengacu pada kompetensi yang harus dimiliki oleh pustakawan sesuai tuntutan paradigma baru. Metode deskriptif digunakan untuk membuat pencandraan (deskripsi) secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta populasi untuk mengidentifikasi masalah terkait dengan kompetensi TI bagi pustakawan, menjastifikasi perlunya upaya untuk memenuhi kompetensi TI melalui lembaga pendidikan profesional perpustakaan.
2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>