Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
O.K. Teguh Indrawan
"Persepsi nilai produk merupakan unsur utama didalam proses keinginan membeli untuk produk tur wisata. Namun demikian, persepsi nilai produk ini baru bisa didapatkan setelah konsumen sebelumnya pernah menggunakan jasa biro wisata untuk mengikuti tur wisata. Hal ini juga berkaitan dengan persepsi kepuasan konsumen setelah menggunakan jasa biro wisata tersebut. Oleh karena itu, penelitian untuk mengetahui sejauh mama peranan persepsi nilai produk terhadap keinginan membeli konsumen menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model persepsi nilai dari produk tur wisata (leisure travel). Hal ini merupakan bagian dari usaha memperjelas persepsi nilai konsumen pada produk tur wisata.
Penelitian ini dibangun dalam enam bentuk hubungan yang diujikan terhadap 204 responden dimana responder dalam penelitian ini adalah orang yang sebelumnya pernah menggunakan jasa biro wisata dalam rangka mengikuti tur wisata Metode penentuan sampel yang digunakan adalah model corrvenience sampling. Analisis data yang digunakan adalah metode Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program LISREL 8.30. Data yang dikumpulkan mendukung ke enam hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kepuasan keseluruhan (POS) menjadi faktor yang paling signifikan mempengaruhi kenginan membeli dari konsumen. Selain itu faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi keinginan membeli konsumen yaitu persepsi kualitas layanan dan persepsi nilai produk (product value).
Implikasi yang dapat diberikan melalui penelitian antara lain bahwa kepuasan konsumen saat melakukan tur wisata di waktu sebelumnya memberikan pengaruh yang kuat bagi konsumen tersebut untuk memakai jasa biro wisata itu kembali. Pemasar juga perlu memperhatikan harga tur yang cenderung mengalami kenaikan yang sangat signifikan pada saat musim liburan yang juga merupakan faktor bagi konsumen didalam membeli produk tur wisata.

Product perceived value is the main component to crafts buying intention for tour and leisure service. However, consumer can only get perceived value of product only after he/she has tried to use the product. Therefore, it is important to know the role perceived value of product in influencing buying intention. The aim cif this study is to determine perceived value for leisure travel product as well as to find dearer picture on customer perceived value through this substances.
Six types of relationship built in this research and tested to 204 respondents. The respondents are people who has tried a leisure travel before. Convenience sampling used as sampling method Structural Equation Model with applicable software package LISREL 8.30 used as data analysis method All hypotheses supported by data.
This research found that perceived overall satisfaction play the most important role to determine buying intention as well as perceived overall service quality and perceived overall product value show their significant consequence to effect buying intention.
The important finding from this research is that consumer satisfaction that has tried leisure travel play significant effect for them to use the travel agencies in the future. Marketer must also have to give more attention in the price of the leisure travel that have a significant rise in the peak season which also the main factor to consumer to buy the leisure travel product."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T 17910
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Advances in Hospitality and Leisure delivers refreshing insights from a host of scientific studies in the domains of hospitality, leisure and tourism."
United Kingdom: Emerald, 2017
e20469277
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Safrin Arifin
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi industri yoga, penyusunan model dan perumusan strategi yang dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan industri yoga di tingkat domestik dan global. Penelitian dilakukan sejak Januari 2024 – Desember 2024, dengan objek industri yoga di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis deskriptif, triangulasi, dan pendekatan sistematis Systematic Literature Review (SLR). Soft Sytem Method (SSM) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Proses acuan pengambilan data menggunakan pendekatan kolaborasi lima sektor (praktisi, pemerintah, akademisi, asosiasi dan media). Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Indonesia memiliki potensi besar dalam industri yoga, negara ini masih tertinggal dibandingkan negara lain dalam hal pengeluaran untuk kebugaran per kapita dan nilai total pasar wellness tourism. Ditemukan berbagai faktor dan aktor yang mendorong pengembangan industri yoga, seperti keanekaragaman budaya, keindahan alam, dan dukungan pemerintah. Model pengembangan yang diusulkan menekankan pada kolaborasi antara sektor kesehatan dan pariwisata, serta perlunya standarisasi kompetensi instruktur yoga. Hasil rumusan strategi menunjukan bahwa terdapat enam rekomendasi strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan industri yoga yang berkelanjutan. Pengembangan industri yoga yang terintegrasi dengan wisata kebugaran dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pertumbuhan industri yoga dan meningkatkan posisi Indonesia sebagai destinasi wisata kebugaran kelas dunia.

This study aims to identify the condition of the yoga industry, develop models and formulate strategies for increasing the competitiveness and sustainability of the yoga industry at the domestic and global levels. The study was conducted from January 2024 to December 2024, with the object being the yoga industry in Indonesia. The research methods used include descriptive analysis, triangulation, and systematic approaches such as Systematic Literature Review (SLR). Soft System Method (SSM) and Analytic Hierarchy Process (AHP). The reference process for collecting data uses the pentahelix approach (practitioners, government, academics, associations and media). The results of the study show that although Indonesia has great potential in the yoga industry, the country still lags behind other countries in terms of spending on fitness per capita and the total value of the wellness tourism market. Various factors and actors were found that drive the development of the yoga industry, such as cultural diversity, natural beauty, and government support. The proposed development model emphasizes collaboration between the health and tourism sectors, as well as the need for standardization of yoga instructor competencies. The results of the strategy formulation show that there are six recommended strategies that can be carried out to develop a sustainable yoga industry. The development of a yoga industry integrated with wellness tourism can provide significant economic benefits for Indonesia. It is hoped that the results of this study can be a basis for stakeholders in formulating policies that support the growth of the yoga industry and improve Indonesia's position as a world-class wellness tourism destination."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tribe, John
Oxford : Butterworth-Heinemann , 1999
790.069 TRI e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library