Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 35 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abstrak :
[Berbagai permasalahan kesehatan reproduksi yang dialami remaja disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran akan reproduksi sehat. Penyuluhan kesehatan perlu diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai kesehatan reproduksi remaja dan dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya metode ceramah dan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode ceramah dan diskusi kelompok terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap kesehatan reproduksi remaja pada siswa SMP Negeri 281 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa pada masing-masing kelompok eksperimen (metode ceramah dan diskusi kelompok) dan 31 siswa pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan pengetahuan responden yang bermakna antara metode ceramah dan metode diskusi kelompok. Terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan responden yang bermakna ketika metode ceramah ataupun metode diskusi kelompok dibandingkan dengan kelompok kontrol. Terdapat perbedaan peningkatan sikap responden yang bermakna antara metode ceramah dan metode diskusi kelompok. Terdapat perbedaan peningkatan sikap responden yang bermakna ketika metode ceramah ataupun metode diskusi kelompok dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah dan metode diskusi kelompok tidak memberikan perbedaan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa mengenai kesehatan reproduksi remaja., Reproductive health problems adolescents face are mostly caused by lack of knowledge and awareness about healthy reproductive. Health intervention needs to be done to increase knowledge and attitudes on adolescent reproductive health and can be held by methods, such as lecture and group discussion. This study aimed to analyze the difference of using lecture and group discussion to increase student’s knowledge and attitudes on adolescent reproductive health in SMP Negeri 281 Jakarta. The type of research was the quasi experiment with Non Equivalent Control Group design. The subject consists of 27 students in each experiment group (lecture and group discussion) and 31 students in control group. The results showed that there is no significant difference on increasing the knowledge between lecture and group discussion methods. There is significant difference on increasing the knowledge, either using lecture or group discussion methods compared to control group. There is significant difference on increasing the attitudes between lecture and group discussion methods. There is significant difference on increasing the attitudes, either using lecture or group discussion methods compared to control group. Health intervention using lecture and group discussion methods dont give any difference on increasing student’s knowledge and attitudes on adolescent reproductive health.]
Universitas Indonesia, 2014
S57295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S36731
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariq Rahadianto
Abstrak :
Dunia sedang menghadapi wabah COVID-19 yang membuat seluruh proses pembelajaran dan perkuliahan dilakukan secara daring. Namun saat ini kasus COVID-19, khususnya di Indonesia sudah menunjukkan penurunan sehingga pembelajaran sudah mulai dilakukan secara luring. Adanya perubahan metode perkuliahan dari daring ke perkuliahan luring akibat kasus COVID-19 yang sudah mulai menurun ini membuat mahasiswa harus menyesuaikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai proses penyesuaian diri mahasiswa tingkat 2 yang tinggal di daerah 3T dalam menghadapi perubahan metode perkuliahan dari daring ke luring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian merupakan gambaran penyesuaian diri mahasiswa tingkat 2 dari daerah 3T yang berisi pengalaman, perasaan, cara menyesuaikan diri terhadap perubahan metode perkuliahan dari daring ke luring. ......The world is facing COVID-19 which has made the entire learning and lecture process carried out online. However, currently the cases of COVID-19, especially in Indonesia, have shown a decrease, so learning has begun to be carried out offline. There has been a change in lecture methods from online to offline lectures due to the COVID-19 case which has started to decrease, forcing students to adapt. This study aims to describe in depth the adjustment process of level 2 students living in the 3T area in dealing with changes in lecture methods from online to offline. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. The results of the study are a description of the adjustment of level 2 students from the 3T area which contains experiences, feelings, how to adjust to changes in lecture methods from online to offline.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
J. B. Sumarlin
Depok: UI-Press, 2016
PGB 0572
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Verra Syahmer
Abstrak :
ABSTRAK
Rendahnya kualitas perkuliahan dapat mengakibatkan ketidakpuasan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan pengidentifikasian atribut kualitas perkuliahan yang kemudian dikelompokkan menjadi beberapa faktor menggunakan analisis faktor serta pemodelan hubungan kualitas perkuliahan dengan kepuasan mahasiswa menggunakan analisis regresi berganda. Analisis penelitian ini dilakukan menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa S1 Universitas Indonesia sebagai sampel penelitian. Setelah melakukan analisis, teridentifikasi 6 faktor kualitas perkuliahan yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa, namun hanya dua diantaranya yang berpengaruh secara signifikan, yaitu faktor kemampuan dosen menyampaikan materi dan kondisi bangunan dan ruang kelas. Jika memperhatikan tingkat kepuasan mahasiswa, faktor yang menjadi prioritas adalah kemampuan dosen menyampaikan materi.
ABSTRACT
Low quality of lecture can cause students dissatisfaction. Therefore, it is necessary to identified the attribute of quality of lecture, then grouped into several factors using factor analysis and modelling relations between quality of lecture and student satisfaction using multiple regression analysis. Analysis of this study use primary data obtained from the questionnaire to undergraduate students of University of Indonesia as the sample. After doing an analysis, 6 factors are identified as a matter of student satisfaction on quality of lecture, but only two factors significantly influence, there are lecturer ability given the lecture and the condition of buildings and classrooms. If we see the level of student satisfaction, the priority factor is the lecturer ability given the lecture.
2016
T46267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Survey, 1964
951.050 8 CHI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aurel Alifqa Putri Aldira
Abstrak :
Lecture Contrôlée adalah salah satu mata uji Kemahiran Berbahasa Prancis (KBP) di Program Studi Prancis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Mata uji ini dilakukan dengan memberi tugas membaca teks bacaan berupa cerpen dan fabel yang diujikan dengan memberikan pertanyaan seputar buku teks tersebut. Tujuan dari ujian tersebut adalah untuk mengukur kemampuan membaca teks secara utuh dengan kemampuan bahasa Prancis sesuai tingkatannya. Bahan bacaan berasal dari dokumen otentik, sehingga pengajar harus memberikan teks bacaan yang sesuai dengan tujuan pengajaran yang mengacu pada CECRL serta pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing atau Français langue étrangère (FLE). Artikel ini akan melihat karakteristik bahan bacaan yang digunakan untuk mata kuliah Kemahiran Bahasa Prancis I (KBP I) angkatan 2018-2021 Prodi Prancis FIB UI dan kesesuaiannya dengan tingkat A1.1 menurut CECRL. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas ujian Lecture contrôlée bagi pemahaman global mahasiswa Prodi Prancis KBP I angkatan 2018–2021, penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kepustakaan serta wawancara dengan dosen pengampu ujian LC KBP I. Melalui teori jenis dan fungsi kalimat Le Querler (1994), kompetensi CECRL serta teori pengajaran bahasa Prancis sebagai bahasa asing atau Français langue étrangère (FLE), ditemukan bahwa buku bacaan yang diujikan mulai dari angkatan 2019 sudah sesuai dengan CECRL tingkat A1.1. Melalui unsur linguistik, ekstralinguistik dan teknis ujian, ujian Lecture Contrôlée terbukti efektif untuk mengevaluasi pemahaman global pemelajar dengan persentase keberhasilan di atas 78,84%. ......Lecture Contrôlée is one of the French Language Proficiency test subjects at the French Studies, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia. This test is carried out by reading texts in the form of short stories and fables that are tested by asking questions about the story in the textbook. The objective of the test is to measure the ability to read the reading materials as a whole with French language skills according to their level. Reading materials come from authentic documents, so the teacher has to provide reading texts that are compatible with the teaching objectives that refer to CECRL and teaching French as a foreign language or Français langue étrangère (FLE). This article will look at the characteristics of the reading materials used for the French Language Proficiency I class 2018-2021 at the French Studies, Faculty of Humanities, Universitas Indonesia, and their conformity with the A1.1 level according to CECRL. Aiming to determine the effectiveness of the Lecture Controlée for global understanding, this study will use a qualitative method with library research techniques and interviews with the lecturer in charge of the Lecture Contrôlée for French Language Proficiency I. Through the theory of sentence types and functions, Le Querler (1994) CECRL, and the theory of teaching French as a foreign language or Français langue étrangère (FLE), it was found that the reading books tested starting from 2019 are compatible with CECRL level A1.1. Through the linguistic, extralinguistic, and technical elements of the test, the Lecture Contrôlée is proven effective in evaluating students' global understanding with a success percentage of over 78.84%.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Carey, Peter
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
PGB 0573
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
PGB 0586
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Garland Publishing, 1982
657.09 ACC
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>