Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tiara Innotata
Abstrak :
Penelitian ini berfokus pada penerapan budaya kerja yang belum dilaksanakan secara konsisten dan maksimal sehingga perlu adanya analisis kepatuhan budaya kerja di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Bojonegoro dengan pendekatan 5S lean management. Penelitian ini bertujuan untuk dijadikan acuan Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro dalam penerapan budaya kerja dengan lean management dalam rangka melayani masyarakat seefektif mungkin. Penelitian ini merupakan penelitian mix method yang memadukan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan dalam penelitian ini meliputi: Kondisi budaya kerja di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro saat ini telah melaksanakan 5S yang meliputi sort, store, shine, standardize, dan sustain. Namun dalam penerapannya masih belum maksimal sehingga perlu dilakukan penguatan. Faktor penghambat budaya kerja di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro meliputi kurangnya kesadaran karyawan, belum adanya standardize work dan SOP budaya kerja, dan kurangnya edukasi karyawan. Faktor pendukung budaya kerja di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro meliputi fasilitas dan memiliki team khusus budaya kerja. Dalam implementasi Sort masih sangat rendah dengan angka kepatuhan yang hanya 35%. Sedangkan untuk variabel Store 50.4% patuh, 49.6% tidak patuh. Untuk variabel Shine dan standardize lebih banyak yang tidak patuh. Pada variabel sustain hampir semua responden tidak patuh. Variabel yang berpengaruh/ berhubungan dengan kepatuhan budaya kerja adalah Fasilitas, SDM dan SOP dimana yang paling berpengaruh adalah variabel fasilitas dengan p value < 0.0001 (OR = 7.3). ......This research focuses on the implementation of a work culture that has not been implemented consistently and optimally, so it is necessary to analyze of work culture compliance at 'Aisyiyah Bojonegoro Hospital with the 5S lean management approach. This study aims to be used as a reference for Aisyiyah Bojonegoro Hospital in implementing a work culture with lean management in order to serve the community as effectively as possible. This research is a mixed-methods study that combines qualitative and quantitative research. The findings in this study include: The current working culture conditions at Aisyiyah Bojonegoro Hospital have implemented 5S which includes sort, store, shine, standardize, and sustain. But in its implementation it is still not optimal so it needs to be strengthened. Factors inhibiting work culture at Aisyiyah Bojonegoro Hospital include lack of employee awareness, lack of standardized work and work culture SOPs, and lack of employee education. Factors supporting work culture at Aisyiyah Bojonegoro Hospital include facilities and having a special work culture team. The implementation of Sort is still very low with a compliance rate of only 35%. Whereas for the Store variable 50.4% complied, 49.6% did not comply. For Shine and standardize variables, there are more that don't comply. In the sustain variable, almost all respondents did not comply. The variables that influence/relate to work culture compliance are facilities, HR and SOP where the most influential variable is the facility variable with a p value <0.0001 (OR = 7.3).
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saiful Anham
Abstrak :
Maintenance Repair Overhaul (MRO) tergolong unik karena melakukan fungsi orientasi produksi untuk menjaga kehandalan sesuai dengan desain awal sekaligus memenuhi fungsi orientasi layanan dalam bentuk jasa pemeliharaan kepada pelanggan. Dengan perkembangan penerbangan yang semakin maju, hal itu juga mempengaruhi strategi manajemen MRO untuk dapat bersaing di dunia global. Manajemen ramping telah dikenal sebagai salah satu strategi bisnis yang paling dapat diandalkan dalam MRO karena manajemen ramping memberikan keuntungan signifikan dalam rantai pasokan untuk mencapai daya saing. Tinjauan penelitian membuktikan bahwa penelitian yang lebih mendalam dan analisis yang tepat diperlukan untuk memahami konteks penerapan manajemen ramping dalam rantai pasok MRO. Model SCOR (Supply Chain Operations Reference) digunakan sebagai media untuk merancang struktur pengukuran kinerja untuk mengetahui kriteria yang mepengaruhi implementasi manajemen ramping di rantai pasokan MRO dengan mempertimbangkan integrasi aspek orientasi produksi dan kegiatan yang berorientasi layanan. Selain itu, SCOR juga digunakan untuk mengetahui hubungan antara kriteria sehingga dapat dibangun kerangka kerja manajemen ramping yang ideal dalam bentuk strategi manajemen yang diharapkan dapat mendukung fungsi organisasi MRO dalam menghadapi daya saing global.
Maintenance Repair Overhaul (MRO) is unique because it performs a production orientation function to maintain reliability in accordance with the initial design while fulfilling the service orientation function in the form of maintenance services to customers. With the development of increasingly advanced aviation, it also affects the MRO management strategy to be able to compete in the global world. Lean management has been recognized as one of the most reliable business strategies in MRO because lean management provides a significant advantage in the supply chain to achieve competitiveness. The research review proves that more in-depth research and precise analysis are needed to understand the context of applying lean management in the MRO supply chain. The SCOR (Supply Chain Operations Reference) model is used as a medium for designing performance measurement structures to find out the criteria that affect the implementation of lean management in the MRO supply chain by considering the integration of aspects of production orientation and service-oriented activities. In addition, SCOR is also used to determine the relationship between criteria so that an ideal lean management framework can be built in the form of management strategies that are expected to support the functioning of MRO organizations in facing global competitiveness.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T55331
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivanka Putri Arifa
Abstrak :
Lean merupakan sebuah konsep untuk mengurangi pemborosan sehingga dapat memberikan nilai tambah pada produk yang diberikan kepada pelanggan dengan waktu yang lebih rendah. Penerapan konsep lean didukung oleh metode Value Stream Mapping (VSM) yang merupakan suatu teknik untuk memvisualisasikan aliran informasi dan material dari keseluruhan proses yang digunakan sebagai solusi untuk menunjukkan area serta mengeliminasi pemborosan sehingga dapat diciptakannya proses yang lebih efisien. Besarnya potensi hasil perikanan yang Indonesia miliki dan tingginya permintaan pasar terhadap produk makanan beku mendorong pelaku industri untuk terus melakukan perkembangan sehingga mampu bersaing di pasar domestik maupun global. CV X sebagai perusahaan penghasil makanan beku berbahan dasar ikan harus memprioritaskan efisiensi pada proses agar dapat meningkatkan keunggulan kompetitif yang dimiliki. Dalam mewujudkan hal tersebut, penerapan konsep lean dan metode VSM digunakan untuk dapat meningkatkan kinerja pada proses pergudangan barang jadi CV X. Rencana perbaikan yang dirancang pada penelitian ini sebagai usaha untuk mengeliminasi pemborosan adalah perbaikan layout gudang, penerapan sistem FIFO, digitalisasi proses, penambahan fasilitas, pembuatan sistem penanda, penerapan lean 5S, penambahan pekerja, serta pembuatan SOP dan penjadwalan. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan adanya penurunan processing time sebesar 33,11% dan peningkatan value added ratio sebesar 28,56%. ......Lean is a concept that aims to reduce waste, thereby providing added value for products delivered to customers in a shorter time. The implementation of lean concepts is supported by the Value Stream Mapping (VSM) method, which is a technique for visualizing the flow of information and materials throughout the process. VSM is used as a solution to identify waste areas and eliminate waste, creating a more efficient process. The great potential of Indonesia's fisheries and the high market demand for frozen food products drive related companies to continuously develop and compete in both domestic and global markets. As a fish-based frozen food company, CV X must prioritize process efficiency to enhance its competitive advantage. In realizing this goal, the application of lean concepts and VSM methods is used to improve the performance of the warehousing process. The improvement plans designed in this study, as an effort to eliminate waste, are warehouse layout improvement, implementation of the FIFO system, process digitization, addition of facilities and workers, creation of product placement labels, implementation of lean 5S, creation of SOPs, and scheduling. The results of this study demonstrate a 33.11% reduction in processing time and a 28.56% increase in the value-added ratio.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulidia Syifa Mulia
Abstrak :
Lean merupakan pendekatan sistematis yang berfokus pada eliminasi pemborosan untuk meningkatkan nilai tambah barang dan jasa bagi pelanggan. Salah satu metode lean yang paling umum digunakan pada berbagai industri untuk menganalisis pemborosan dalam proses pergudangan adalah Value Stream Mapping (VSM). VSM membantu menganalisis aliran material dan informasi dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan sehingga tercapai peningkatan efisiensi proses. Tingginya pertumbuhan nilai ekspor pada industri elektronik Indonesia mengharuskan perusahaan manufaktur elektronik nasional untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan sehingga dapat bersaing di pasar global. PT X sebagai salah pelaku industri elektronika perlu melakukan perbaikan berkelanjutan pada proses bisnisnya untuk dapat menjamin ketepatan waktu pelayanan. Dalam mewujudkan hal tersebut, penerapan konsep lean warehousing dan metode VSM diterapkan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja pada proses pergudangan barang setengah jadi pada PT X. Penerapan metode VSM menghasilkan beberapa rencana perbaikan, yaitu implementasi lean 5S, perbaikan tata letak gudang, perbaikan alur perpindahan barang, pembuatan standar operasional prosedur, serta penambahan operator pada gudang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan waktu proses sebesar 37,41% dan peningkatan total value added ratio sebesar 15,66% pada keseluruhan proses pergudangan. ......Lean is a systematic approach that focuses on eliminating waste to increase the added value of goods and services for customers. Value Stream Mapping (VSM) is one of the most commonly used lean methods in various industries for analyzing warehouse processes' waste. VSM helps analyze the material and information flow to identify and eliminate waste, thereby increasing process efficiency. The growing value of exports in Indonesia's electronic manufacturing industry compels domestic electronic manufacturers to improve their quality and services to compete in the global market. PT X, as a player in the electronic industry, needs to implement continuous improvement strategies in its business processes to ensure service punctuality. In this case, the application of the lean warehousing concept and VSM methods is used to evaluate and improve the performance of PT X's work-in-process warehouse. The implementation of the VSM method resulted in improvement strategies for eliminating waste, namely the implementation of lean 5S, warehouse layout improvement, material flow improvement, creation of standard operating procedures, and the addition of workers in the warehouse. The results of this study demonstrate a 37.41% decrease in processing time and a 15.66% increase in the value-added ratio of warehouse processes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rüttimann, Bruno G.
Abstrak :
This book goes beyond searching for Muda by Gemba walk; the aim is to industrialize the office environment in view of the new digitalization challenge by applying the same principles of Lean industry. Whereas the basic process theory remains valid, the Lean tools have to be adapted and transposed to the office characteristics where not machines but employees are at the center of the transactions. Here, a new, already successfully applied, integrated, industry-derived, and systematic approach is presented. It will not only boost office effectiveness and productivity as well as shortening lead-time of office routines far beyond simple Muda elimination, but it will also prepare the processes in view of the upcoming digitalization era.
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20510443
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Batiar Aprillia
Abstrak :
Penelitian ini menggunakan metode Narrative Review tentang analisis konsep Lean Thinking terhadap perbaikan waktu tunggu pelayanan pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran implementasi konsep Lean Thinking dalam mengatasi waktu tunggu pelayanan pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Agar memperoleh literatur layak uji, peneliti menggunakan pedoman PRISMA. Peneliti mendapatkan 12 literatur dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa konsep Lean dapat membuktikan proses pelayanan rawat jalan Rumah Sakit di Indonesia masih belum Lean. Terdapat 7 literatur yang menunjukkan bahwa Lean efektif mengurangi lama waktu tunggu pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit dibuktikan dengan mengadopsi prinsip utama Lean, yaitu Standardize work dan Heijunka. Agar tercapai kondisi Lean, Rumah Sakit harus menyelaraskan implementasi antara 5 prinsip Lean (Customer value, value stream, flow, pull, perfection) dengan budaya organisasi, pola pikir, metode Lean, membudayakan 5 S, dengan melibatkan seluruh pihak di Rumah Sakit untuk menyelesaikan masalah secara konsisten dan berkesinambungan. ......This study uses the Narrative Review method concerning the analysis of the Lean Thinking concept towards improving the waiting time for patient services in the Outpatient Hospital in Indonesia. The purpose of this study was to describe the implementation of the Lean Thinking concept in overcoming the waiting time for patient services in the Hospital Outpatient Installation. In order to obtain test-worthy literature, researchers used the PRISMA guidelines. The researcher obtained 12 literatures using qualitative and quantitative research methods. The results of the study conclude that the Lean concept can prove that the outpatient service process of hospitals in Indonesia is still not Lean. There are 7 literatures that show that Lean is effective in reducing the waiting time of outpatient services at the hospital as evidenced by adopting Lean's main principles, namely Standardize work and Heijunka. In order to achieve the Lean condition, the Hospital must align the implementation of the 5 Lean principles (customer value, value stream, flow, pull, perfection) with organizational culture, mindset, Lean method, cultivate the 5 S, by involving all parties in the hospital to solve problems consistently and continuously.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Julipriohadi
Abstrak :
Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD) sebagai pusat rujukan penanganan penyakit kanker nasional di Indonesia, mulai menerapkan Lean Management dalam rencana strategi 5 tahun periode 2015-2019. RSKD menyusun agenda perubahan proses bisnis internal, salah satunya dengan proyek mengatasi waktu tunggu pelayanan kemoterapi peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) khususnya di ruang rawat singkat Anyelir (One Day Care). Value Stream Mapping digunakan untuk memperlihatkan situasi serta mengidentifikasi kegiatan yang Value Added dan yang Non-Value Added berdasarkan perspektif pasien. Dengan usulan perbaikan, Projected Value Perfomance memperlihatkan peningkatan efisiensi aktifitas pasien hingga 43,1%, memangkas waktu hingga 48%, dan jarak tempuh hingga 71,8% dalam sehari. ......Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD) as a cancer referral centers nationwide in Indonesia, trying to implement a culture of continuous improvement. Lean methods provide analytical approach to the problem of organizing the queue chemotherapy participant of Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS), particularly in Anyelir ward (One Day Care). Cross-functional Flowchart, Value Stream Mapping, Fishbone diagram, and 5 Why's were used to show the situation and identify activities that Value Added and Non-Value Added based on the patient's perspective. With the proposed improvements, Projected Value Perfomance showed increased activity efficiency up to 43,1%, save the time up to" "48%, and cut the mileage up to 71.8% of one patient in a day.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T42966
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gustiane Adriani Dwisari
Abstrak :
Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) memegang peran penting dalam menentukan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit. Indikator kinerja IGD, seperti Length of Stay (LOS), yang mengukur lama pasien d IGD dari kedatangan hingga pemulangan atau pemindahan, dapat memengaruhi tingkat kepadatan di IGD. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alur pelayanan, hambatan, dan akar penyebab masalah terkait LOS di IGD. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April-Mei 2024 dengan pendekatan kualitatif studi kasus, berupa observasi pada 30 pasien, wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan flowchart untuk mengidentifikasi alur pelayanan, Value Stream Mapping untuk mengenali kegiatan bernilai dan menemukan waste, serta The Five Whys untuk menganalisis akar penyebab hambatan. Metode Lean Thinking digunakan untuk menghasilkan alur dan Model BAS (Baseline, Assess, Suggest Solution) dari Model BASICS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur pelayanan pasien IGD melibatkan lima tahapan; dengan 65,5% waktu pelayanan adalah kegiatan non-value added, 23,4% kegiatan necessary but non-value added, dan 11,1% kegiatan value added, dengan total Lead Time 7 jam 55 menit 29 detik. Dari sisi pasien, waste yang terjadi meliputi waste of waiting (94,9%) dan transportation (5,1%). Bottleneck terjadi pada aktivitas menunggu terdaftar di rawat inap (25,2%), menunggu advis DPJP (22,9%), menunggu hasil pemeriksaan penunjang (22,3%), dan menunggu kesiapan rawat inap (18,2%), dengan total 88,6%. Perbaikan LOS di IGD dapat menggunakan lean tools seperti standardized work, visual management, heijunka, kaizen, dan just in time agar waste dapat dikurangi. ......Emergency Department (ED) services play a crucial role in determining the quality of care and patient safety in hospitals. Performance indicators in the ED, such as Length of Stay (LOS) which measures the duration from a patient's arrival to their discharge or transfer can significantly impact the congestion levels in the ED. This study aims to identify the service flow, obstacles, and root causes of issues related to LOS in the ED. Data collection was conducted from April to May 2024 using a qualitative case study approach, including observations of 30 patients, interviews, and document reviews. Data analysis involved using flowcharts to identify the service flow, Value Stream Mapping to recognize value-added activities and identify waste, and The Five Whys to analyze the root causes of obstacles. Lean Thinking methodology was applied to develop a service flow and the BAS (Baseline, Assess, Suggest Solution) model from the BASICS model. The study results show that the patient service flow in the ED involves five stages, with 65.5% of service time consisting of non-value-added activities, 23.4% of necessary but non-value-added activities, and 11.1% of value-added activities, resulting in a total lead time of 7 hours, 55 minutes, and 29 seconds. From the patient's perspective, the waste observed includes waiting (94.9%) and transportation (5.1%). Bottlenecks were identified in activities such as waiting to be registered for inpatient care (25.2%), waiting for specialist advice (22.9%), waiting for the results of supporting examinations (22.3%), and waiting for inpatient readiness (18.2%), totaling 88.6%. Improving LOS in the ED can utilize lean tools such as standardized work, visual management, heijunka, kaizen, and just-in-time to reduce waste.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library