Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Masyhuril Amri Bagaskara
"Jumlah UMKM di Indonesia dari berbagai industri semakin meningkat dan membuat kompetisi antar bisnis menjadi lebih sengit. Ditambah dengan kondisi pandemic COVID-19 yang berdampak kepada hampir seluruh UMKM membuat pendapatan UMKM menjadi menurun dan harus dapat bertahan dan bekerja lebih keras dalam kondisi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM di industri cuci sepatu. Penelitian dengan menggunakan metode business coaching ini akan menggunakan penelitian kualitatif. Data yang didapat akan berasal dari hasil wawancara dengan pemilik UMKM, karyawan UMKM dan kuesioner kepada pelanggan. Ada beberapa metode analisis yang digunakan untuk identifikasi masalah dan mencari solusi demi memenuhi tujuan penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah kanvas model bisnis (BMC), analisis Porter’s Five Forces, analisis PESTEL, Bauran Pemasaran Jasa, analisis SWOT, analisis TOWS, analisis Kesenjangan dan analisis Pareto. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa UMKM masih belum konsisten dalam melakukan promosi dan banyak masyarakat yang masih belum mengetahui tentang lokasi Suci Shoelab. Oleh karena itu, solusi yang diambil adalah meningkatkan kegiatan promosi dan memperbaiki toko fisik UMKM dengan menambahkan signage. Komponen bauran promosi yang digunakan adalah sales promotion dan digital/internet marketing. Implementasi kegiatan promosi yang dilakukan oleh UMKM adalah melakukan potongan harga dan drop station. Untuk perbaikan toko fisik UMKM, akan dibuat signage yang akan dipasang di depan toko Suci Shoelab untuk menarik perhatian pelanggan. Hasil dari implementasi ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penjualan pada UMKM.

The amount of MSMEs in Indonesia has been increasing making competitions between businesses become more fierce. Additionally, the COVID-19 pandemic have impacted almost all of MSMEs in Indonesia, causing a decline in revenue for these businesses and forcing them to survive and work harder during the pandemic. This research aims to help MSMEs that are in the shoe laundry industry. The research conducted using business coaching method will use qualitative research approach. Datas will be obtained through interviews with the owner of MSME, the employees and questionnaires given to customers. There are several analytical methods that is used in this research to identify the problems and generate solutions in order to achieve the research objective. The analytical methods used in this research include Business Model Canvas (BMC), Porter’s Five Forces analysis, PESTEL analysis, Service Marketing Mix, SWOT analysis, TOWS analysis, Gap analysis and Pareto Analysis. The result of the analysis shows that the MSME have not been consistent in implementing its promotions and there still many people that does not know the location of Suci Shoelab. Therefore, the solution that is generated is improving the promotion activity of the MSME and placing signage to improve its physical evidence. The components used for the promotional mix are sales promotions and digital/internet marketing. The implementation of promotion activity is carried out in the form of discount prices and drop stations. For increasing its physical evidence, the MSME will place a signage at the store to attract potential customers. The implementations showed an increase in sales for the MSME"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizah Fairuz
"Saat ini, salah satu jenis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang sedang berkembang adalah industri jasa penatu. Meningkatnya pertumbuhan pariwisata dan hotel, rumah sakit, perumahan, dan apartemen di Indonesia memiliki kontribusi yang signifikan terhadap layanan penatu dan 'cleaning service'. Peluang ini dimanfaatkan oleh Ibu Jennifer untuk mendirikan KlinBar, yaitu 'retail' jasa penatu modern yang memberikan pelayanan untuk mencuci baju yang bersih dan rapi. KlinBar mempekerjakan enam karyawan tetap. Penelitian ini membahas laporan proses 'business coaching' untuk memecahkan masalah dalam manajemen sumber daya manusia di UMKM, yaitu menyusun sistem penilaian kinerja dan sistem 'rewards' untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan KlinBar.
Analisis pendahuluan KlinBar menunjukkan bahwa terdapat rendahnya kepuasan kerja karyawan. Hal ini disebabkan oleh belum adanya sistem penilaian kinerja dan 'rewards'. Selain itu, rendahnya kepuasan kerja karyawan mengakibatkan rendahnya komitmen terhadap organisasi dan 'turnover' yang tinggi. 'Turnover' di KlinBar adalah sebesar 40%. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Data sekunder diperoleh dari profil perusahaan, internet, 'text book', dan artikel jurnal. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari sistem penilaian kinerja dan sistem 'reward' dapat meningkatkan kepuasan kerja.

Nowadays, the one type of MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) that currently developing is a laundry service industry. The increasing growth of tourism and hotels, hospitals, residential, and apartments in Indonesia have a significant contribution to the laundry and cleaning services. Mrs. Jennifer seizes this opportunity by establishing KlinBar, a modern retail laundry that provides clean and neat clothes. KlinBar is now employing six permanent employees. This study discusses the report of the business coaching process for solving problems in human resources management in MSMEs on the Craeting of Performance Appraisal and Reward Systems to Enhance the Employee Job Satisfaction of KlinBar.
The preliminary analysis of KlinBar has shown that there was a lack of job satisfaction from the employee. The lack of job satisfaction is caused by a lack of performance appraisal and reward systems. Also, the lack of employee job satisfaction resulted in a low commitment to the organization and high turnover. The turnover in KlinBar is 40%. The primary data is collected through in-depth interview and observation. The secondary data is obtained from the company profile, internet, textbook, and articles in the journal. The collected data will be analyzed using qualitative and quantitative methods. This study found that the implementation of performance appraisal and reward systems could enhance job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53476
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library