Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Disny Pratiwi
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada insidensi overeducation pada pekerja lulusan perguruan tinggi dan utilisasi keterampilan pada pekerja overeducated. Overeducation ndash; bekerja pada pekerjaan yang berkebutuhan pendidikan lebih rendah daripada yang dimiliki pekerja ndash; dapat memunculkan batasan bagi pekerja untuk dapat mengutilisasikan keterampilannya dengan optimal skill underutilization . Dengan menggunakan data survey dari 435 pekerja lulusan perguruan tinggi, ditemukan bahwa hanya seperempat dari pekerja overeducated yang melapor adanya keterampilan yang kurang terutilisasi. Hasil estimasi ekonometrik menunjukkan bahwa lulusan S2/S3 dan pekerja paruh waktu lebih berpeluang mengalami overeducation sedangkan pekerja pada perusahaan menengah atau besar berpeluang lebih rendah mengalami overeducation. Overeducation, skill underutilization, dan bekerja paruh waktu ditemukan menurunkan kepuasan kerja sedangkan memiliki pendidikan S2/S3 meningkatkan probabilitas kepuasan kerja.

ABSTRACT
This study focuses on overeducation incidence among graduates and the underlying skill utilization among the overeducated workers. Overeducation ndash working in a job below one rsquo s own level of education ndash can impose a limitation to worker rsquo s skill utilization. By using a survey data from 435 working graduates, it is found that among the overeducated workers, only a quarter of workers that report skill underutilization while the rest of them report no skills underutilization. Result from econometric regression on probability of overeducation suggests that having a Master Doctoral degree and working in a part time job increase the probability of being overeducated while working in a medium or large firm decreases the probability. Overeducation, skill underutilization, and working in a part time job are found to lower the probability of being satisfied with one rsquo s job while having a Master Doctoral degree increase the probability of overall job satisfaction."
2017
S67997
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oesch, Daniel
New York: Oxford University Press, 2013
331.123 OES o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Melody
"Di dalam pasar tenaga kerja, seringkali terjadi ketidakselarasan antara kepentingan perusahaan dan tenaga kerja, terutama ketidakselarasan antara kemampuan yang dibutuhkan perusahaan dengan kemampuan yang sesungguhnya dimiliki oleh tenaga kerja untuk suatu tingkat pekerjaan. Calon pekerja memberikan sinyal kepada perusahaan berupa tingkat pendidikan akhirnya untuk mengisyaratkan tingkat kemampuannya. Namun, tingkat pendidikan tidak dapat menjadi tolok ukur kemampuan yang sesungguhnya. Potensi produktivitas calon pekerja dapat dilihat melalui tingkat kemampuan kognitif, namun tidak dapat diobservasi secara langsung oleh perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya ketidakcocokan pekerjaan antara tingkat pendidikan akhir dengan kemampuan kognitif tenaga kerja. Di Indonesia sendiri, tingkat ketidakcocokan pekerjaan berada di kisaran 37% tahun 2016. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi signaling game equilibrium dan mengobservasi job mismatch pada pasar tenaga kerja di Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan game theory untuk meneliti signaling game yang terjadi pada pasar tenaga kerja di Indonesia dengan menggunakan metode signaling game dan data IFLS (Indonesia Family Life Survey) tahun 2000 dan 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata pemberian sinyal oleh tenaga kerja berupa tingkat pendidikan merupakan penentu utama tingkat pekerjaan yang akan didapatkan, bukan kemampuan pekerja. Selain itu, terdapat ketidakcocokan pekerjaan antara tingkat pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki pekerja. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan bukan merupakan tolok ukur tingkat kemampuan yang akurat dalam pemilihan tenaga kerja. Oleh karenanya, perusahaan memerlukan alat ukur kemampuan kognitif yang akurat untuk menghindari inefisiensi alokasi tenaga kerja. Hasil ini diharapkan juga menjadi masukan bagi pembuat kebijakan serta memperkaya literature terkait pasar tenaga kerja di Indonesia.

In the labor market, there is often a misalignment between the interests of the company and the workers, especially the mismatch between the abilities needed by the company and the abilities actually possessed by the workers for a particular job level. Prospective workers give signals to companies in the form of their final level of education to signal their level of ability. However, the level of education cannot be a benchmark for real ability. The potential productivity of prospective workers can be seen through level of cognitive skill, but cannot be observed directly by the company. This can lead to job mismatch between the final education level and the cognitive skills of the workers. In Indonesia, the level of job mismatch is around 37% in 2016. This study aims to identify signaling game equilibrium and observe job mismatch on the labor market in Indonesia. This study uses the game theory approach to examine the game signaling that occurs in the labor market in Indonesia by using the 2000 and 2007 signaling game and IFLS data (Indonesia Family Life Survey). The results show that the signaling by the workforce is in the form of education level is the main determinant of the level of work to be obtained, not the ability of workers. In addition, there are job mismatches between the level of employment and the ability of workers. This shows that the level of education is not an accurate measure of ability in the selection of workers. Therefore, companies need accurate cognitive ability measurement tools to avoid labor allocation inefficiencies. This result is also expected to be an input for policy makers as well as enriching literature related to the labor market in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carnevale, Anthony P.
Washington, D.C.: Dept. of Education, Office Educational Research and Improvement , 1994
370.719 73 CAR q
Buku Teks  Universitas Indonesia Library