Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdel-Sayed, George
New York: McGraw-Hill, 1994
624.217 ABD s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ekri Bill
"ABSTRAK
Pasir besi merupakan komoditi yang penting pada pengolahan industri besi dan baja
didunia. Saat ini Indonesia masih mengimpor bahan baku industri besi dan baja dari
negara luar seperti China, Brazil, Swedia, dan lainnya. Padahal, sumber daya pasir besi
di Indonesia mampu untuk menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan industri
ini. Namun, dalam prosesnya pengembangan industri pengolahan pasir besi memiliki
banyak hambatan, baik dari segi teknis maupun non-teknis. Kekurangan penelitian
tentang teknologi pengolahan pasir besi yang mumpuni masih menjadi faktor
penghambat. Selain itu kandungan titanium yang ada pada pasir besi yang umumnya
di Indonesia juga menjadi masalah yang teknis bagi pengembangan industri ini. Untuk
itu diperlukan suatu penelitian tentang pengolahan pasir besi. Pada penelitian dilakukan
suatu metode penggunaan ukuran partikel serta proses magnetik untuk melakukan
preparasi awal suatu proses peningkatan kadar titanium dari pasir besi. Sampel awal
pasir besi yang digunakan berasal dari daerah Tasikmalaya. Pada awalnya, pasir besi
akan diberikan proses pengeringan selama 30menit untuk mengurangi kadar air dalam
pasir besi tersebut. Setelah pengeringan selesai sampel dianalisis komposisi dengan
menggunakan EDS. Kemudian sampel akan melalui tahapan pengayakan. Pada proses
ini, pasir besi akan terpisah menjadi beberapa ukuran partikel, diantaranya 80#, 100#,
120#, 140#, 170#, dan 270#. Setelah itu sampel dilakukan uji EDS untuk melihat kadar
titanium tertinggi. Kemudian sampel diberikan proses pemisahan secara magnetik
dengan 3 variabel, yakni 0.5T, 1.3T, 1.8T. Setelahnya sampel dianalisis kembali
kadarnya untuk kemudian memperoleh hasil peningkatan kadar titanium setelah
proses-proses tersebut. Pada awal pengeringan, sampel memiliki kadar Ti sebesar
4.43%. Setelah melalui proses pengayakan, sampel dengan kadar titanium tertinggi
adalah sampel yang memiliki ukuran partikel 270#, yakni sebesar 11.87%. Sampel ini
kemudian menjadi sampel utama pada proses pemisahan magnetik. Pada proses
pemisahan magnetik didapatkan terjadi penurunan kadar titanium pada penggunaan
induktansi sebesar 0.5T dan 1.3T. Namun, pada saat penggunaan induktansi 1.8T,
sampel mengalami peningkatan kadar Ti menjadi 14.22%.

ABSTRACT
Iron sand is an important commodity in the processing of iron and steel industry in the
world. As we know, Indonesia still import raw materials of this industry from foreign
countries, for example, China, Brazil, Sweden, etc. In fact, iron sand resources in
Indonesia is able to be one of the alternatives resources in the development of this
industry. However, the development of the iron sand processing industry has much
barriers, both technical and non-technical. We can developed iron sand to be a potential
source for titanium processing industry. Titanium processing industry in Indonesia
itself is still rarely developed. This is because of some difficulties in the process.
Shortage of research on developed technologies that capable and friendly to
environtment is still a limiting factor. In addition the content of titanium in the iron
sand is also being a technical problem for the development of this industry. This
requires a deep study of the iron sand processing. In this research carried out a method
using magnetic and particle size as well as the process of preparation of titanium
extraction. Initial sample of iron sand used comes from Tasikmalaya region. First of
all, the iron sand will be given the drying process for 30 minutes to reduce the water
content in the iron sand. After that, the samples were analyzed its composition by using
EDS. Then the sample will be sieving through 6 stages. In this process, iron sand will
be separated into several particle sizes, such as 80 #, 100 #, 120 #, 140 #, 170 #, and
270 #. After that, the samples tested with EDS to see which sample has the highest
levels of titanium content. Then the sample is given by the magnetic separation process
with 3 variables, 0.5T, 1.3T, 1.8T.Last process is the samples were analyzed EDS for
second time. At the beginning of drying, the samples had levels of 4.43% Ti. After
going screening process, samples with 270# has highest titanium content, which is
equal to 11.87%. Than this samples then become the main sample in the magnetic
separation process. In the process of magnetic separation there are some decreased
levels of titanium content in the use of an inductance of 0.5T and 1.3T. Howe"
2017
S70162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Nakhrowi
"Salah satu perkembangan terkini adalah penggunaan struktur jembatan segmental baja tipe unibridge, yang menawarkan kemudahan dalam perakitan. Namun, seperti halnya dengan struktur baja lainnya, jembatan tipe ini rentan terhadap perubahan temperatur, yang dapat memengaruhi kinerja strukturalnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perubahan temperatur memengaruhi kinerja struktural jembatan segmental baja tipe unibridge pada beberapa kondisi perletakan yang berbeda yaitu, Lead Rubber Bearing (LRB), Simple Support Condition (SSC), dan Fix End Support (FEC). Penelitian ini membandingkan hasil pengamatan di lapangan selama 3 hari pada saat selisih temperatur hariannya mencapai nilai tertinggi dengan hasil numerik menggunakan pemodelan Finite Element Method (FEM). Pemodelan numerik telah divalidasi dengan hasil pengukuran yang diperoleh dari uji beban. Hasilnya menunjukkan bahwa model dengan perletakan LRB memiliki simpangan terkecil terhadap hasil uji beban, 0.7% pada lendutan dan 0.38% pada regangan. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan yang memakai perletakan LRB, sensor Rosette Strain Gauge menunjukkan bahwa ketika temperatur naik maka regangan tarik, dan ketika temperatur turun maka regangan tekan pada posisi web bagian bawah jembatan. Hal ini tervalidasi oleh pemodelan numerik akibat beban temperatur seragam pada LRB dan SSC, sedangkan untuk FEC memiliki tren sebaliknya. Studi ini menunjukkan korelasi yang baik antara respons struktur terhadap variasi suhu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan prediksi model numerik. Namun, perlu adanya pendetailan dalam memodelkan distribusi temperatur yang dipengaruhi oleh waktu.

One of the advancements in bridge engineering is the utilization of the steel segmental Unibridge, which offers easy installation. Nevertheless, like any other steel structure, it is susceptible to temperature variations, which might affect its structural integrity. To this extent, this study aims to analyze how temperature changes will affect the behavior of the structure under several boundary conditions, including Lead Bearing Rubber (LRB), Simply Supported Condition (SSC), and Fixed-End Condition (FEC). This thesis compares the results of field monitoring data acquired over a period of three days, during which there was significant temperature variation, with the outcome of numerical modelling using Finite Element Method (FEM). Additionally, the numerical model is validated with the results obtained from a loading test. The results show that the model with LRB exhibits the smallest discrepancies in terms of displacement and strain, measuring 0.7% and 0.38% respectively. Based on the data collected by Rosette Strain Gauges, an increase in temperature causes the structure to experience tension, while a decrease in temperature results in compression at the lower web position of the bridge. These findings are confirmed by the numerical results under uniform temperature load for the model with LRB and SSC. However, this trend is reversed for the model with FEC. This study demonstrates a good correlation between the structural response to temperature variation observed in monitoring and the predictions of the numerical model. Finally, it also suggests for detailed analysis to model temperature distribution as a function of time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardiyanto Nugroho
"Dalam Proyek konstruksi jembatan baja khususnya pada jembatan girder baja dikatakan sukses jika dilakukan pendefinisian lingkup proyek sesuai dengan persyaratan. WBS merupakan penguraian pekerjaan menjadi lebih kecil dan mudah dikendalikan. Standarisasi WBS sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap pengendalian biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan WBS jembatan pada girder baja. Metodologi yang digunakan berdasarkan peraturan Spesifikasi Umum Bina Marga 2010 Revisi 3 dan Spesifikasi Khusus Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Tol 2017 BPJT yang berbasis risiko. Hasil dari penelitian ini adalah standar WBS terdiri dari 6 level dengan menganalisa 15 variabel risiko dominan yang mungkin terjadi yang berpengaruh terhadap pengendalian biaya proyek dan pengembangan WBS standar dengan dilakukan rekomendasi respon risiko.

In the steel bridge construction project, especially on the steel girder bridge can be successful if the definition of project scope in accordance with the requirements. WBS is a smaller item and easily controlled. WBS standardization is very important because will greatly affect the cost control. The purpose of this research is to develop WBS of steel girder bridges. Method based on the regulation of the General Specification of Highways 2010 Revision 3 and Special Specification of Toll Roads 2017 from Toll Road Regulatory Agency BPJT for cost control project. The results of this study is WBS standards of 6 level with 15 dominant risk variables by analyzing possible risks that may affect cost control project and development of standard WBS with recommended risk responses. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51189
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fisher, John W.
New York: Wiley , 1980
624.252 FIS f (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hare, Clive H.
New York : Van Nostrand Reinhold, 1990
624.28 HAR p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Salman Al Farizi
"Work Breakdown Structure WBS adalah perincian deliverable dan pekerjaan proyek menjadi komponen yang lebih kecil sehingga dapat dikelola lebih baik. Pada kenyataannya, proyek konstruksi jembatan di Indonesia masih banyak yang tidak sesuai dengan perencanaan dalam segi penjadwalan. Oleh karena itu, pengembangan Standarisasi WBS berbasis risiko diusulkan untuk perencanaan penjadwalan pekerjaan Jembatan Baja. Penelitian yang dilakukan terdiri dari beberapa tahap dengan metode analisis risiko kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan WBS standar terdiri dari 6 level, dengan variabel risiko dominan terhadap kinerja waktu proyek,yang akan di rekomendasi sebagai respon-respon risiko untuk pengembangan WBS standar.

Work Breakdown Structure WBS is a breakdown of deliverables and project work into smaller components that can be better managed. In fact, bridge construction projects in Indonesia are still many that are not in accordance with the planning in terms of scheduling. Therefore, the development of risk based WBS Standardization is proposed for planning schedule of Steel Bridge work. The research consists of several stages with qualitative risk analysis method. The results show that WBS standard consists of 6 levels, with the dominant risk variable on project time performance, in which risk responses are recommended to develop standardized WBS."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
T51649
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellobody, Ehab
"In recent years, bridge engineers and researchers are increasingly turning to the finite element method for the design of steel and steel-concrete composite bridges. However, the complexity of the method has made the transition slow. Based on twenty years of experience, Finite element analysis and design of steel and steel-concrete composite bridges provides structural engineers and researchers with detailed modeling techniques for creating robust design models. The book?s seven chapters begin with an overview of the various forms of modern steel and steel?concrete composite bridges as well as current design codes. This is followed by self-contained chapters concerning: nonlinear material behavior of the bridge components, applied loads and stability of steel and steel?concrete composite bridges, and design of steel and steel?concrete composite bridge components."
Waltham, MA: Butterworth-Heinemann, 2014
e20427073
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Hansel Loshaless
"ABSTRAK
Pada perkembangan desain moderen, aspek arsitektural dari jembatan harus di ekspresikan dalam desain struktur. Rangka pada jembatan akan lebih menarik secara visual jika tidak memiliki rangka diagonal, sehingga jembatan dengan sistem balok menerus atau sitem rangka vierendeel merupakan pilihan yang tepat. Penelitian ini berfokus pada respon seismik dari struktur jembatan balok menerus dan jembatan vierendeel dengan memvariasikan kekakuan elastomeric rubber bearing, kekakuan pilar, panjang bentang jembatan, dan jenis pilar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem rangka vierendeel lebih efisien dibandingkan sistem balok menerus.

ABSTRACT
In the development of modern design, the architectural aspects of the bridge must be expressed in the design of the structure. The frame on the bridge will be more visually appealing if it does not have any diagonal frame, so a bridge with a continuous beam system or vierendeel system is the right choice. This study focuses on the seismic response of the continuous bridge beam structure and vierendeel bridge by varying elastomeric rubber bearing stiffness, pillar rigidity, the span of the bridge, and pillar type. The results showed that the vierendeel frame was more efficient than continuous beam system. "
2017
S68286
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library