Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Soemiarti Patmonodewo
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Indar Koeswoyo
"ABSTRAK
Reformasi daiam tubuli Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI)
bertujuan membentuk suatu lembaga penegak hiikum yang mandiri dan
profesional uiituk dapat melaksanakan tugas dan fiingsi pokoknya sebagaimana
digariskan dalam Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian
Negara Republik Indonesia. Untuk mewujudkan tujuan tersebiit, dukungan
kiialitas siimber daya manusia POLRI mutlak diperliikan. Salali satu sisi yang
menarik untuk dicermati dan akan dijadikan dasar penelitian ini adalali aspek well
educated dan well trained. Hal itu dikarenakan pendidikanlah yang mencetak
sosok polisi seperti yang diliarapkan oleh masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara minat
menjadi Bintara Sabhara Polisi dengan prestasi belajar siswa Pendidikan Pertama
Bintara Polisi Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido dan kontribusi aspek minat
terhadap prestasi belajar. Sampel diambil mengunakan metode insidental
sampling dari 100 siswa Bintara Polisi Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido.
Untuk melihat hubungan tersebut dilakukan analisa korelasi ( r ) Pearson Product
Momen, sedangkan untuk melihat kontribusi aspek-aspek minat terhadap prestasi
belajar dilakukan perhitungan Multiple Regression. Hipotesis yang diajukan
adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat menjadi Bintara
Sabhara Polisi dengan prestasi belajar siswa Pendidikan Pertama Bintara Polisi
Sekolali Kepolisian Negara (SPN) Lido.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubimgan yang signifikan antara
minat menjadi Bintara Sabhara Polisi dengan prestasi belajar siswa Pendidikan
Pertama Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido. Hal ini disebabkan minat
merupakan faktor perangsang untuk dapat melakukan suatu kegiatan menjadi
baik. Namun tidak selamanya minat berpengaruh langsung terhadap prestasi
belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian, bahwa tidak semua aspek
minat memiliki hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar. Keberhasilan
seseorang juga ditentukan oleh kemampuan yang telah dimilikinya, karena minat
hanyalalr sebagai perangsang agar siswa mau belajar tetapi tidak menjamin
hasilnya baik. Sehingga dapat disimpulkan baliwa minat bisa berhubungan
dengan prestasi belajar apabila didukung dengan adanya kemampuan seseorang
atau faktor-faktor yang menunjang lainnya."
2003
S2907
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Felicia Irene
"ABSTRAK
Keterampilan musik pada anak usia 4-6 tahun dipengaruhi beberapa hal antara lain minat dan keterlibatan orang tuanya. Penelitian ini meneliti peranan minat music dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap keterampilan musik anak. Subyek pada penelitian ini adalah 38 anak usia 4-6 tahun yang sedang mengikuti Kelas Musik Anak (KMA) di sekolah musik Yamaha dan sekolah Mainstream, di mana orang tua diminta terlibat aktif dalam kelas kursus. Ada 3 alat ukur yang digunakan, yaitu kuesioner minat untuk anak, kuesioner keterlibatan orang tua, dan hasil evaluasi keterampilan musik anak. Kuesioner minat dan keterlibatan orang tua merupakan alat baru yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dari setiap alat ukur diolah dengan menggunakan Analisa Regresi Majemuk. Hasil utama dari penelitian ini adalah minat musik anak dan keterlibatan orang tua secara bersama-sama tidak memiliki peranan yang bermakna terhadap keterampilan musik . Hasil lain dari penelitian ini adalah bahwa minat musik tidak memiliki peranan yang bermakna dengan keterampilan musik, demikian pula keterlibatan orang tua. Pembuatan alat ukur minat yang lebih valid dapat dilakukan untuk penelitian mendatang.Subyek yang lebih heterogen dapat membuat hasil penelitian yang lebih representatif. Bagi orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya ke kursus musik. sebaiknya mau terlibat aktif dalam proses belajarnya, baik di sekolah musik maupun di rumah.

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
S2968
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library