Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vania Nabiyla Zhafiirah
"Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan permasalahan kesehatan yang insiden dan pembiayaannya terus meningkat. Pemanfaatan layanan rawat jalan tingkat lanjut (RJTL) sangat penting untuk penatalaksanaan PGK, terutama bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan utilisasi Rawat Jalan Tingkat Lanjut (RJTL) pada pasien Penyakit Ginjal Kronis (PGK) peserta JKN berdasarkan data sampel BPJS Kesehatan tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan total sampel 498 peserta PGK yang memanfaatkan RJTL pada tahun 2023 sejak 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar peserta berusia 46–65 tahun (52,86%), laki-laki (50,53%), menikah (94,47%), berasal dari segmen PPU (53,35%), hak kelas rawat III (52,45%), dan berobat di FPKTL milik pemerintah (65,34%). Semua variabel yang diteliti termasuk usia, jenis kelamin, status perkawinan, segmentasi kepesertaan, hak kelas rawat, dan kepemilikan fasilitas memiliki hubungan signifikan terhadap utilisasi RJTL (p<0,05). Variabel dengan pengaruh paling kuat adalah usia ≥65 tahun (AOR: 1,48; 95% CI: 1,29–1,69). Kesimpulan dari penelitian ini yakni seluruh variabel berhubungan signifikan terhadap utilisasi RJTL pasien PGK, dengan usia lanjut sebagai determinan paling kuat.

Chronic kidney disease (CKD) is a health problem with increasing incidence and cost. Utilization of advanced outpatient services (RJTL) is very important for CKD management, especially for participants of the National Health Insurance (JKN). The purpose of this study was to determine the factors associated with the utilization of Advanced Outpatient Care (RJTL) in patients with Chronic Kidney Disease (CKD) JKN participants based on BPJS Health sample data in 2024. This study used a cross-sectional design with a total sample of 498 CKD participants who utilized RJTL in 2023 from January 1, 2023 to December 31, 2023. Results showed that most participants were aged 46-65 years (52.86%), male (50.53%), married (94.47%), came from the PPU segment (53.35%), had the right to class III care (52.45%), and sought treatment at government-owned FPKTL (65.34%). All variables studied including age, gender, marital status, membership segmentation, treatment class entitlement, and facility ownership had a significant relationship with RJTL utilization (p<0.05). The variable with the strongest influence was age ≥65 years (AOR: 1.48; 95% CI: 1.29-1.69). The conclusion of this study is that all variables are related significantly to the utilization of RJTL for CKD patients, with advanced age as the strongest determinant. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wayan Wahyu Widhyana
"Penelitian ini berusaha memahami hubungan antara pemanfaatan layanan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) dan penciptaan nilai publik dari perspektif warga negara dengan memanfaatkan gagasan nilai publik oleh Moore (1995) dan Kelly (2002) sebagai landasan konseptual. Survei terhadap 438 pengguna CHIKA, chatbot milik BPJS Kesehatan, di Indonesia dilakukan untuk menguji model penelitian. Dengan menggunakan dua indikator nilai publik, keadilan prosedural dan kepercayaan, hubungan antarkonstruk diuji menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan chatbot berbasis AI berpengaruh secara signifikan terhadap penciptaan nilai pelayanan publik. Selain itu, studi empiris ini juga berhasil mengeksplorasi perbedaan pengaruh penggunaan layanan chatbot oleh warga negara terhadap penciptaan nilai publik berdasarkan tingkat pengalaman, usia, pendidikan, pendapatan, dan gender. Dengan berfokus terhadap penciptaan nilai publik di sektor layanan kesehatan di Indonesia yang masih kurang tereksplorasi, adanya temuan-temuan tersebut diharapkan dapat menyajikan pengetahuan baru serta memperkaya literatur nilai publik melalui perspektif yang berbeda. Selain itu, hasil studi empiris ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis kepada pemangku kepentingan dalam rangka penyediaan layanan berkualitas kepada publik.

This research seeks to understand the relationship between the use of artificial intelligence (AI)-based chatbot services and the creation of public value from a citizen's perspective by utilizing the idea of public value by Moore (1995) and Kelly (2002) as a conceptual basis. A survey of 438 users of CHIKA, BPJS Kesehatan's chatbot, in Indonesia was conducted to test the research model. By using two indicators of public value, procedural justice and trust, the relationship between constructs is tested using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results show that the use of AI-based chatbots has a significant effect on the creation of public service value. In addition, this empirical study also succeeded in exploring differences in the influence of citizens' use of chatbot services on public value creation based on level of experience, age, education, income and gender. By focusing on the creation of public value in the health services sector in Indonesia, which is still under-explored, it is hoped that these findings can provide new knowledge and enrich the public value literature through a different perspective. Apart from that, it is also hoped that the results of this empirical study can provide practical contributions to stakeholders in the context of providing quality services to the public."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Departemen Kesehatan RI, 1994
368.382 IND p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sulastomo
Jakarta: Asuransi Kesehatan Indonesia, 1997
368.42 SUL a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library