Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 89 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diao, Ai Lien
Abstrak :
Jakarta: Studio Teknologi Pendidikan, 2010
658DIAL001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Wening Widyastari
Abstrak :
[Tahun 2014 merupakan tahun politik yang cukup panas. Rivalitas tidak hanya pada tokoh-tokoh politik yang terlibat, namun juga media pemberitaan. Namun, Persaingan ini meruncing pada suatu kontestasi, di mana kata kontestasi dipilih bukan karena kata dasar “kontes”, merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2004 ), kontestasi berasal dari kata “contestation” dengan kata dasar “to contest” atau bersinonim dengan “to dispute”: saling serang. Bukan tanpa alasan kata itu dipilih, karena realitas yang ada menunjukkan bahwa paket berita yang ditayangkan pada program-program pemberitaan. Pada tanggal 7 Juni dan 23 Juni Komisi Penyiaran Indonesia melayangkan surat teguran kepada dua stasiun televisi tersebut. Surat teguran yang dikirimkan menyangkut netralitas isi pemberitaan dan proporsi frekuensi penayangan siaran pers Pemilihan Presiden 2014. METRO TV dianggap terlalu memberikan suatu framing kepada pemirsa, mengenai kelebihan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla. Sebaliknya, METRO TV memberi beban negatif pada pemberitaan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa. Bersamaan dengan METRO TV, TV ONE juga mendapatkan teguran sebanyak dua kali berkaitan dengan netralitas isi siaran. TV ONE dianggap berpihak pada calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa dan menyerang calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla. Bagaimana kedua stasiun televisi pemberitaan ini membingkai realitas politik yang terjadi menjelang Peilihan Presiden sehingga dianggap tidak netral? Piming seperti apa yang berusaha dibentuk oleh redaksi? Jika memang tidak netral, apa yang menjadi agenda-setting redaksi pada pemberitaan tersebut? Dari hasil penelitian, METRO TV membingkai pemberitaan terhadap calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla dengan framing positif sementara sebaliknya, dengan menggunakan instrumen framing negatif terhadap calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa. Sementara TV ONE memberikan dukungan terhadap calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa, dan memberikan framing negatif pada calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla. Agenda-setting kedua televisi pemberitaan ini menurut penelitian ada dua tujuan. Pertama, membentuk citra positif calon yang didukungnya dan membentuk citra negatif pada lawan politik calon tersebut. Kedua, melakukan counter-strike atau serangan balik terhadap kampanye negatif yang menyerang calon yang didukungnya.;2014 was a year of considerable political heat. Rivalry was not only the political figures involved, but also the news media. However, competition was tapered to a contestation, in which said contestation was chosen not because the basic word "contest", referring to the Indonesian Dictionary (2004), contestation is derived from the word "contestation" basic words "to contest" or synonymous with " to dispute ": to attack each other. The word contestation was chosen because it shows that the package of news programs aired on the news. On June 7th 2014 and June 23rd 2014, Indonesian Broadcasting Commission sent a letter of reprimand to two television stations. Warning letter sent concerning neutrality, frequency, content, and the proportion of impressions press release Presidential Election 2014. METRO TV was considered too provide a framing to the viewers, about the vantage point of presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Instead, METRO TV news gave a negative charge on the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. Along with METRO TV, TV ONE also got a warning associated with the broadcast content. TV ONE is considered in favor of the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa and attacked the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. How did both television stations conduct the news framing political reality that occurred prior to Presidential Election that was considered aligned? What kind of that was likely to be formed by the editors? If it was aligned, what was the agenda-setting of the editors on the news? From the research, METRO TV news framing of the Joko Widodo presidential candidate and running mate Jusuf Kalla with positive framing while on the contrary, by using the instruments of negative framing against presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. While TV ONE provides support for the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa, and give negative framing the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Agenda-settingof these televisions, according to the study, had two objectives. First, form a positive image of the candidate they support and forming a negative image on the candidate's political opponents. Second, conduct counter-strike or counterattack against the negative campaign that attacks the candidate they support., 2014 was a year of considerable political heat. Rivalry was not only the political figures involved, but also the news media. However, competition was tapered to a contestation, in which said contestation was chosen not because the basic word "contest", referring to the Indonesian Dictionary (2004), contestation is derived from the word "contestation" basic words "to contest" or synonymous with " to dispute ": to attack each other. The word contestation was chosen because it shows that the package of news programs aired on the news. On June 7th 2014 and June 23rd 2014, Indonesian Broadcasting Commission sent a letter of reprimand to two television stations. Warning letter sent concerning neutrality, frequency, content, and the proportion of impressions press release Presidential Election 2014. METRO TV was considered too provide a framing to the viewers, about the vantage point of presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Instead, METRO TV news gave a negative charge on the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. Along with METRO TV, TV ONE also got a warning associated with the broadcast content. TV ONE is considered in favor of the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa and attacked the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. How did both television stations conduct the news framing political reality that occurred prior to Presidential Election that was considered aligned? What kind of that was likely to be formed by the editors? If it was aligned, what was the agenda-setting of the editors on the news? From the research, METRO TV news framing of the Joko Widodo presidential candidate and running mate Jusuf Kalla with positive framing while on the contrary, by using the instruments of negative framing against presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. While TV ONE provides support for the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa, and give negative framing the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Agenda-settingof these televisions, according to the study, had two objectives. First, form a positive image of the candidate they support and forming a negative image on the candidate's political opponents. Second, conduct counter-strike or counterattack against the negative campaign that attacks the candidate they support.]
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43767
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Ekananda Luhurningtyas
Abstrak :
Dengan munculnya media sosial, kesadaran akan hal itu sangat penting. Literasi informasi adalah salah satu konsep yang paling menonjol yang berfokus pada pendekatan kritis terhadap informasi media, khususnya hoax yang menyebar lebih cepat di media sosial daripada kebenaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi literasi informasi remaja akhir dengan pemaknaan hoax dan pengalaman mereka sebagai pengguna media sosial ketika menghadapi hoax. Dengan demikian, akan diketahui kemampuan atau kendala literasi informasi remaja akhir yang menggunakan media sosial dalam mengurangi risiko penyebaran hoax di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik fenomenologis kualitatif analitis digunakan untuk tujuan ini. Pengumpulan data berdasarkan teknik-teknik yang digunakan terdiri dari wawancara individu, observasi, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa remaja akhir masih mengasah literasi informasi mereka. Mereka sangat bergantung pada informasi tentang pencarian online dan akun terverifikasi. Remaja akhir disini adalah digital natives sejati, mereka cakap dengan komputer dan internet. Mereka memegang keyakinan bahwa literasi informasi dan kebutuhan media sosial dilihat sebagai membuat penilaian, integritas pribadi, dan pelatihan diri dan pelatihan perilaku keluarga dan teman dekat dalam mengurangi risiko distribusi hoax di media sosial. Para remaja akhir memprioritaskan kebutuhan akan informasi pribadi yang penting, terutama informasi yang berkaitan dengan dunia dewasa, pendidikan, dan kesadaran keuangan / pekerjaan. Tanggapan mereka terhadap hoax bervariasi, mulai dari skeptis hingga bahkan tidak peduli. Remaja akhir memaknai bersama hoax sebagai bentuk informasi yang negatif. Berkat belajar dari pengalaman dan literasi informasi yang dimiliki, mereka dapat mengenali beragam faktor yang dapat menimbulkan hoax di media sosial. Remaja akhir yang aktif memainkan media sosial di dalam penelitian ini, telah memiliki kecerdasan atau kemampuan berpikir, bersikap secara adaptif dan objektif, termasuk juga kemampuan mempertimbangkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan persoalan hoax di media sosial dan literasi informasi yang di rasa efektif untuk mereka walaupun sikap kritis untuk hoax pada diri remaja akhir masih perlu ditingkatkan.
With the advent of social media, awareness of social media is very important. Information literacy is one of the most prominent concepts that focuses on critical approaches to media information, especially hoaxes that spread faster on social media than truth itself. The purpose of this study was to identify information literacy of youths with the meaning of hoaxes and their experience as social media users when facing hoaxes. Thus, it will be known the ability or constraints of information literacy of youths who use social media in reducing the risk of spreading hoaxes on social media. This research is a qualitative research with descriptive design. Analytical qualitative phenomenological techniques are used for this purpose. Data collection techniques consists of individual interviews, observation, and document analysis. The results show that youths are still honing their information literacy. They rely heavily on information about online searches and verified accounts. The youth here is true digital natives, they are capable of using computers and the internet. They hold the belief that information literacy and social media needs are seen as making judgments, personal integrity, and self training and training family behavior and close friends in reducing the risk of hoax distribution on social media. Youths prioritize the need for important personal information, especially information relating to the adult world, education, and financial work awareness. Their response to hoaxes varies, from skeptics to not even caring. They interpret hoax together as a form of negative information. Thanks to learning from the experience and information literacy they have, they can recognize various factors that can cause hoaxes on social media. Youths who actively play social media in this study, have the intelligence or ability to think, behave in an adaptive and objective manner, including the ability to consider, analyze, evaluate, and resolve hoaxes on social media and information literacy which is felt effective for them although the critical attitude for hoaxes inside themselves still needs to be improved.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52046
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandy David
Abstrak :
Kemajuan teknologi yang diiringi dengan peredaran informasi yang begitu cepat tampaknya belum dapat diiringi dengan kemampuan individu dalam mencari dan menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dibutuhkan kemampuan untuk mencari, menemukan, dan menggunakan informasi dalam mengatasi peredaran informasi yang seringkali membuat kita kesulitan. Skripsi ini membahas tentang kemampuan literasi informasi pustakawan dalam menelusur informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal. Penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung terhadap pustakawan sebagai narasumber dan observasi langsung di tempat penelitian. Narasumber berjumlah enam orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel diukur dengan menggunakan teori model literasi informasi BIG 6. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa coding dari hasil wawancara dengan narasumber. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pustakawan sekolah tersebut memiliki kemampuan literasi informasi yang mapan sesuai dengan model literasi informasi BIG6 dan mampu memberikan informasi yang sesuai terhadap apa yang dibutuhkan oleh pengguna. ......Technological advances accompanied by such rapid information circulation do not seem to be accompanied by the ability of individuals to find and find information that suits their needs. It takes the ability to search, find, and use information in overcoming the circulation of information that often makes us difficult. This thesis discusses the literacy information capability of librarians in tracking the information in accordance with the needs of users in order to provide maximum service. This research uses direct interview method to librarian as resource and direct observation in place of research. Resource persons were six persons selected using purposive sampling technique. The variables were measured using the BIG 6 information literacy model theory. Analysis technique that used in this research is in the form of coding from result of interview with informant. The results of this study prove that the school librarian has a well-established literacy information capabilities in accordance with the BIG6 information literacy model and able to provide appropriate information to what is required by the user.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Ivar Faturahmi
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang pengaruh tingkat literasi informasi terhadap kinerja pengurus Humas dan Media Lembaga Dakwah di Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana tingkat literasi informasi dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pengurus dalam organisasi. Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode studi kasus bidang Humas dan Media serta teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat literasi informasi terhadap kinerja pengurus Humas dan Media Lembaga Dakwah di Univeritas Indonesia dalam penyelesaian tugas–tugasnya. ......This thesis examines the influence of information literacy level to board performance of PR and Media Lembaga Dakwah at the University of Indonesia. This study aims to investigate how information literacy can affect board performance improvements within the organization. This thesis uses a quantitative approach to the case study method as well as the field of Public Relations and Media and use purposive sampling technique of sampling. The results of this study indicate that there are influences between information literacy level of the board performance of PR and Media Lembaga Dakwah in the completion of their tasks.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Mutiara
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai kebutuhan informasi dan cara pemenuhan kebutuhan informasi siswa kelas XI di SMKN 57 Jakarta dalam rangka meningkatkan keterampilan hidup (life skills) untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi dan cara pemenuhan kebutuhan informasi dalam meningkatkan keterampilan hidup siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMKN 57 Jakarta memenuhi kebutuhan informasinya dengan menggunakan saluran informasi seperti guru, teman, dan para ahli dalam bidang kuliner. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah mendapatkan informasi secara formal dari sekolah, namun siswa juga memerlukan informasi yang lebih luas secara informal dari luar lingkungan sekolah. Selain itu, siswa juga menggunakan sumber-sumber informasi seperti internet, media elektonik, dan media cetak. ......This thesis discusses the information needs and how to meet the information needs of students of class XI in Jakarta 57 SMK in order to increase life skills to prepare to enter the workforce. This study used a qualitative approach to the case study method. This study aims to identify information needs and how to meet the needs of information in increase students' life skills. The results showed that the students of class XI SMK 57 Jakarta to meet the needs of information using information channels such as teachers, friends, and experts in the culinary field. This suggests that the students already have a formal information from the school, but students also need more extensive information informally from outside the school environment. In addition, students also use other sources of information such as the Internet, electronic media, and print media.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46544
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Andika Pratiwi
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana literasi siswa kelas XI SMKN 31 Jakarta dalam mencari informasi tentang kesehatan reproduksi remaja di PIK-R SMKN 31 Jakarta. Salah satu permasalahan remaja di era keterbukaan informasi saat ini adalah cara yang benar mencari dan menemukan informasi tentang kesehatan reproduksi remaja. Diantara berbagai permasalahan dalam menemukan informasi maka diperlukan sebuah literasi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses literasi informasi tentang kesehatan reproduksi remaja yang dilakukan oleh remaja kelas XI SMKN 31 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi informasi siswa kelas XI SMKN 31 Jakarta hanya sampai pada tahap ke lima dari model literasi informasi The Big6. ...... This undergraduate thesis discusses about how the information literacy skills of XI graders at SMKN 31 Jakarta in information retrieval about reproductive health at PIK-R SMKN 31 Jakarta. One of the problems of youth in the era of information today is the right way for and find information on adolescent reproductive health. Among the various problems in finding the information will require an information literacy. The purpose of this study is to investigate, identify and describe the process of information literacy on adolescent reproductive health are committed by class XI SMK 31 Jakarta students. This study is a qualitative research with an interpretive approach. The results showed that the information literacy class XI of SMK 31 Jakarta students only up to the stage five of The Big6 model of literacy information.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45955
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karisma Paramida
Abstrak :
Skripsi ini meneliti tentang kemampuan literasi informasi mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Angkatan 2012 dalam kegiatan perkuliahan sehari-hari. Literasi informasi adalah kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei tahun 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa kuesioner yang dibuat berdasarkan model literasi informasi The Big6 yang disusun oleh Eisenberg. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa FIB UI angkatan 2012 telah melakukan keenam tahapan The Big6 antara lain : berdiskusi dengan orang lain dalam penentuan topik, lebih memilih menggunakan search engine dalam menemukan informasi, menggunakan strategi pencarian sederhana dalam menemukan informasi dan mereka menggunakan aturan pengutipan dalam menggunakan sumber informasi. ......This thesis examines the information literacy skills of undergraduate students in daily lectures activities. This thesis uses a quantitative approach, which using questionnaire for data collection. The questionnaire was made based on The Big 6 Information Literacy Models which developed by Eisenberg. The conclusion of this research is that students are rarely use the library in information literacy steps.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52606
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ben Varian Kashira
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang kemampuan literasi informasi mahasiswa tingkat akhir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan literasi informasi mahasiswa tingkat akhir STIE IBS. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini memperlihatkan masih terdapat indikator ACRL Information Literacy Standard for Higher Education yang belum terpenuhi oleh mahasiswa tingkat akhir STIE IBS. Penelitian ini menyarankan STIE IBS untuk mengadakan program pelatihan literasi informasi untuk mahasiswanya. ......This paper discusses about information literacy skills of final years students of Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School (STIE IBS). The purpose of this research is to identify information literacy skill of final years students of STIE IBS and to identify of implementation of information literacy to support their course. This study is a qualitative research using case study design. The results showed there are indicators of ACRL Information Literacy Standard for Higher Education that has not been met by the final year students of STIE IBS. This study suggests STIE IBS to create information literacy training for students.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53095
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Aprilia
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji penerapan literasi informasi oleh mahasiswa pascasarjana program studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia. Mahasiswa ini seharusnya memiliki kemampuan literasi informasi yang baik. Dalam penelitian ini fokus kajian lebih ditekankan pada kemampuan mahasiswa dalam menelusur informasi menggunakan fasilitas internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Model Empowering 8 digunakan sebagai metode dan menguji penerapan literasi informasi. Model Empowering 8 terdiri dari identifikasi, eksplorasi, seleksi, organisasi, menciptakan, presentasi, penilaian dan penerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pascasarjana Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia melakukan penerapan literasi informasi hanya beberapa tahap di Model Empowering 8. Namun tidak semua tahapan tersebut dilakukan, seperti tahapan yang termasuk pada bagian identifikasi, menciptakan, presentasi, dan penilaian. ...... The focus of this study is about information literacy application for postgraduate student of Library and Information Science, University of Indonesia batch 2013. The informant must have a good information literacy skill. Information literacy we talks about in this research related with internet. This study emphasize in the postgraduate student information literacy skill using internet. This is a qualitative research with descriptive methods. The analysis of this study is based on Empowering 8 model which consist of identification, exploration, selection, organization, creation, presentation, assess, and application. The result of this research suggests that the postgraduate student of Library and Information Science apply some of the steps of Empowering 8 model. The steps that are not being applied areidentification, creation, presentation, and assess.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>