Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ari Widianto
"Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak potensi dalam sektor pariwisata. Variasi destinasi dan objek wisata yang berada di wilayah Provinsi DIY menjadikan wilayah tersebut sebagai salah satu daerah tujuan wisata, khususnya wisatawan nusantara. Banyaknya pilihan objek wisata secara tidak langsung akan menimbulkan pergerakan yang dilakukan oleh wisatawan nusantara. Pergerakan tersebut kemudian diidentifikasi bentuk pola pergerakannya dan tipe pergerakannya. Hasilnya ditemukan bahwa terdapat 2 pola pergerakan yang terbentuk, yaitu pola pergerakan single pattern dan multiple pattern. Di mana di dalamnya terdapat 4 bentukan tipe pergerakan wisatawan nusantara yang meliputi tipe pergerakan single point, tipe pergerakan base site, tipe pergerakan stopover, dan tipe pergerakan chaining loop. Pergerakan yang paling banyak terbentuk adalah pergerakan tipe chaining loop. Pergerakan wisatawan tersebut berbeda-beda jika dikaitkan dengan karakteristik masing-masing wisatawan. Namun secara statistik, dalam penelitian ini tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara tipe pergerakan dengan karakteristik wisatawan.

Province of Special Region of Yogyakarta is one of the regions in Indonesia that has a lot of potential in tourism sector. The variety of destinations and tourist objects located in the Special Region of Yogyakarta Province has made this region a tourist destination, especially for Indonesian tourists. The large selection of tourist objects will indirectly lead to movements made by Indonesian tourists. These movements are then identified by the shape of the movement pattern and the type of movement. As a result, it was found that there were 2 patterns of movement that were formed, namely single pattern and multiple pattern. There are 4 types of Indonesian tourist movements which include single point movement types, base site movement types, stopover movement types, and chaining loop movement types. The movement that is most often formed is the chaining loop type movement. After conducting descriptive statistical analysis, it was concluded that in this study there was no significant relationship between the types of tourist movements formed and the characteristics of tourists.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Bandung: Angkasa, 1985
338.4 OKA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Bandung : Angkasa, 1993
338.4 OKA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jatna Supriatna
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014
363.68 JAT b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. G. Soekadijo
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000
338.479 1 SOE a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hasna Shabrinisa
"ABSTRAK
Penerapan strategi destinasi digital oleh pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan pariwisata domestik berisiko menimbulkan kerusakan pada lingkungan destinasi, hilangnya pengalaman pariwisata, dan utamanya degradasi nilai lokal. Hal ini terjadi karena penawaran wisata hanya fokus pada keindahan lanskap atau visual sebagai nilai fotogenik dan mengabaikan nilai historis destinasi. Oleh karena permasalahan itu, makalah ini bertujuan memberi kontribusi kesarjanaan untuk mempertahankan nilai historis lokal sebagai strategi pemasaran destinasi wisata yang lebih memberikan daya saing berkelanjutan. Mengambil kasus pengembangan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas, yaitu pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang memanfaatkan folklor daerah Nusa Tenggara Barat, makalah ini menelaah folklor sebagai salah satu produk budaya yang memberikan ciri khas bagi destinasi wisata. Dengan menggunakan studi literatur berupa laporan penelitian, artikel- artikel berita, dan kebijakan pemerintah, artikel ini menganalisis bagaimana folklor dapat berperan dalam upaya memasarkan destinasi wisata. Studi ini berargumen bahwa folklor berperan sebagai produk ikonis yang dapat dikelola atau digunakan dalam dimensi produk dan promosi pada bauran pemasaran. Pemanfaatan folklor dalam dua dimensi tersebut dapat memperkaya penawaran wisata dengan menyediakan pariwisata folklor dan pandangan turis. Secara ekonomi, hal ini berguna untuk membangun ekspektasi wisatawan mengenai pengalaman pariwisata, kesadaran khalayak akan keberadaan destinasi wisata, intensi berkunjung, serta pengalaman yang mampu membawa pada kepuasan pariwisata. Namun, lebih dari itu, ada dampak sosial budaya yang ikut dihasilkan.
"
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Oka A. Yoeti
Bandung: Angkasa, 1994
338.4 OKA p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Lesmana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T41181
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This study aimed to provide inputs for local government of Toba Samosir (Tobasa)  in preparing strategic development plan of tourist destinations in District Tobasa.  This study is a qualitative approach through in-depth interviews and feedback from forum discussion groups with participants representing community leaders, indigenous peoples, governments and travel business.  Total participants are 15 people collected on June 1.2012 at Balige government office.  Discussion forums formulated nine locations of tourist destination spread in Toba Samosir.  As result this research, we formulated four strategic plans with tactical plans; (1) specifying and establish the location of tourist destinations in the District Tobasa: (2) submitting plans to the government budget or through the budget of Tobasa district in five years starting in 2014 to follow; (3) conducting government financing for infrastructure development and tourism industry participation; (4) doing tourism and cultural promotion.  We found limitations for the plan.  Some of them were:  the low budge provided by the District government so that we expected supports from domestic investors to development in the area.  Most activities were proposed under the action plan of both Tobasa District government and North Sumatra Government.  "
WINER 13:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The marine zone tourism is growing attracting more tourists. Pramuka Island is marine conservation marine biodiversity in coral reefs and other natural resources.  To develop this potential tourist destination, a customer-based marketing program is required to attract domestic and foreign customer-based mark. The main vision is to understand tourist preferences for marine tourism activities and facilities.  A research was conducted on Pramuka Island as a well-known marin tourism zone.  The objective was to determine the tourist preferences for marine Research methods utilized Cochran test and Conjoint showed that there was a analysis where the primary data were obtained from tourist respondents.  The result showed that there was tourist preference based on the five attributes considered most important, namely tourism activities, tourist attractions, types of accommodation food and souvenirs types.  This study provided provided marine tourism destination management with useful guidance for broader implications of the implementation of marketing programs and tourism attraction.  Moreover, the results of this study consolidated the learning of a variety of academic and industrial research papers in particular for the measurement of customer preferences towards marine tourism destination."
WINER 13:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>