Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nararia Askarningsih
Abstrak :
Material komposit merupakan salah satu jenis material yang saat ini banyak dikembangkan karena dapat menggabungkan sifat-sifat yang menyusunnya. Karena keunggulannya tersebut, material komposit diaplikasikan pada berbagai bidang, salahsatunya adalah untuk aplikasi balistik. Untuk aplikasi balistik dibutuhkan material yang kekerasannya tinggi namun tidak mengorbankan ketanguhannya. Untuk mencapai sifat tersebut diperlukan penambahan elemen paduan Al-7Si-4Mg dengan variasi fraksi berat 1, 5, dan 9 % Zn berpenguat 5 % silikon karbida hasil squeeze casting yang akan dilihat responsnya dibawah perlakuan panas penuaan. Komposit diberikan perlakuan panas solution treatment pada temperatur 500°C selama satu jam dan dilanjutkan dengan pengerasan penuaan pada temperatur 200°C. Selain itu komposit juga mengalami pengerjaan rolling dengan pesen deformasi 10 % yang bertujuan untuk meningkatkan kekerasannya. Karakterisasi yang dilakukan adalah pengujian kekerasan, pengujian dan foto makro fraktograsi impak, pengamatan dan analisis struktur mikro menggunakan mikroskop optik, SEM (Scanning Electron Microscope) dan EDXA (Energy Dispersive X-ray Analysis). Hasil pengujian menunjukkan semakin tinggi kandungan seng maka semakin tinggi kekerasan puncak dan harga impak yang dihasilkan. Kondisi puncak semua sampel dicapai dalam waktu 2 jam. Sedangkan untuk pengerjaan rolling, kekerasan puncak dan harga impak yang dihasilkan leih rendah daripada sampel yang tidak mengalami pengerjaan rolling karena adanya retak yang terjadi disekeliling partikel silikon karbida. ......Composite materials are widely developed due to the possibility to obtain synergetic effects from their constituents. One application is for ballistic purpose. To obtain high ballistic properties, composites need to be hard as well as tough. One approach is through alloying and rolling processes. This research develops particulate composites consist of alumunium alloy Al-7Si-4Mg with varied content of 1, 5, 9 % Zn reinforced by 5 % silicon carbide made by squeeze casting methood. The composite was solution treated at 500°C for 1 hour and then aged at 200°C. Rolling was conducted for 10 % prior to heat treatment process. The characterization included hardness testing to construct ageing curves, impact testing and fractography analysis, microstructure observation using optical microscopy, SEM (Scanning Electron Microscope) and EDXA (Energy Dispersive X-ray Analysis). The results show that the higher the Zn content, the higher the peak hardness and impact values of composites. All samples reached peak hardness withing 2 hours. On the other hand, the rolling process seem to deteroriate the mechanical properties due to cracks formed around SiC particle.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1356
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Firda Salsabila Putri
Abstrak :
Artikel ini membahas tentang perkembangan periklanan Blue Band di Media Massa seperti Femina, Dunia Wanita, Kartini, Kompas, Sinar Harapan di Indonesia pada tahun 1970-1990. Blue Band pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1936, Iklan-iklan Blue Band pada masa tersebut bervariasi dalam visualisasi, teknik promosi, dan bahasa yang digunakan. Artikel ini menganalisis perkembangan iklan Blue Band pada tahun 1970 hingga 1990-an. Artikel ini ditulis menggunakan metode sejarah, dengan pengumpulan sumber primer berupa arsip iklan Blue Band, dari tahun 1970-1990, sumber sekunder berupa laporan industri, jurnal, dan buku untuk konteks historis yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan Blue Band yang masif di media cetak koran dan majalah berdampak pada popularitas produk. Selain itu, adaptasi periklanan Blue Band yang mengangkat tema-tema seperti kesehatan, nutrisi, dan gaya hidup modern juga berdampak pada penerimaan produk Blue Band di masyarakat, serta pada perkulineran Indonesia. ......This article discusses the development of Blue Band advertising in Mass Media such as Femina, Dunia Wanita, Kartini, Kompas, Sinar Harapan in Indonesia in 1970-1990. Blue Band was first introduced in Indonesia in 1936, Blue Band advertisements during this period varied in visualization, promotional techniques, and language used, during this period varied in visualization, promotional techniques, and language used. This article analyzes the development of Blue Band advertisements from 1970 to 1990s. This article is written using the historical method, with the collection of primary sources in the form of archives of Blue Band advertisements, from 1970-1990, secondary sources in the form of industry reports, journals and books for more historical context, and books for a broader historical context. The results show that Blue Band's massive advertising in newspapers and magazines had an impact on the product's popularity, popularity of the product. In addition, Blue Band's advertising adaptations that raised themes such as health, nutrition and lifestyle such as health, nutrition, and modern lifestyles also had an impact on the acceptance of Blue Band products in the community, as well as on Indonesian cuisine.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library