Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 654 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Indah Yusari
Abstrak :
Tesis ini membahas praktik politik identitas yang terjadi melaui wacana yang berkembang di Kedai Ilalang dan Kedai Pendaki sebagai ruang diskursus bagi komunitas penggiat alam serta mendeskripsikan konsep identitas yang ditawarkan kedai untuk dapat memenuhi politik identitas pengunjung yang mayoritasnya berasal dari komunitas penggiat alam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Ilalang dan Kedai Pendaki dapat menjadi sebuah ruang diskursus yang merepresentasikan suatu identitas melalui sebuah proyek untuk mencapai identitas tertentu sehingga pengunjung yang datang dapat memenuhi politik identitas sebagai penggiat alam.
This thesis discusses the political identity that occurs through the growing discourse in Kedai Ilalang and Kedai pendaki as space for the adventurer communities and also to describe the concept of identity offered stalls to meet the political identity of the majority of visitors. This study is a qualitative research with descriptive design. The results showed that Kedai Ilalang and Kedai Pendaki can be a discourse place that represents an identity that is a manifestation of a project to achieve a certain identity so that visitors who come can meet political identity as an adventurer.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T45161
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Nurcahyo
Abstrak :
Narasi Amerindian ditransformasikan secara lintas media. Proses alih wahana buku Bury My Heart at Wounded Knee (BMHWK) yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1907 menjadi film dengan judul Bury My Heart at Wounded Knee (BMHWK) di tahun 2007 dan menjadi buku dengan judul Saga of the Sioux (SoS) di tahun 2011 mengonstruksi narasi peristiwa Wounded Knee dan memosisikan Amerindian dalam tatanan sosial, politik, dan budaya Amerika. Dengan menggunakan metode alih wahana, analisis dilakukan dengan mengungkap strategi pemertahanan (inclusion), penghilangan (exclusion), pemampatan (compression), penggantian (substitution), perluasan (extension), pengurutan ulang (re-sequencing), dan penciptaan (invention). Alih wahana teks BHMWK memperlihatkan kompleksitas identitas Amerindian. Hal ini diperkuat dengan bias dari ketiga pengarang kulit putih yang menyuarakan kepentingan Amerindian. Di sisi lain, transformasi ke film menunjukkan posisi film yang mendukung program kulit putih Amerika. Film BMHWK memperlihatkan narasi kaum kulit putih Amerika yang lebih dominan. Film ini mengafirmasi program asimilasi. Transformasi ke buku SoS menunjukkan proses pelembutan bahasa dan reduksi vulgaritas. Buku SoS mengubah narasi penderitaan Amerindian menjadi perjuangan suku Sioux. Penyederhanaan dalam buku SoS menempatkan suku Sioux sebagai aktor penting dalam sejarah mengenai Amerindian. Selain itu, buku ini memperlihatkan bahwa sejarah suku Sioux tidak berhenti pada peristiwa Wounded Knee tetapi terus berlanjut sampai saat ini. Hasil penelitian menunjukkan simplikasi permasalahan Amerindian dan menempatkan Amerindian sebagai objek subordinat kaum kulit putih. ......Amerindian narratives have been transformed across media. The process of transforming the book Bury My Heart at Wounded Knee (BMHWK), which was first published in 1907, into a movie titled Bury My Heart at Wounded Knee (BMHWK) in 2007 and into a book titled Saga of the Sioux (SoS) in 2011 constructs the narrative of the Wounded Knee event and positions Amerindians in the American social, political, and cultural order. Using the adaptation method, the analysis is conducted by revealing strategies of inclusion, exclusion, compression, substitution, extension, re-sequencing, and invention. The adaptation of the BHMWK text shows the complexity of Amerindian identity. This is reinforced by the bias of the three white authors who voice Amerindian interests. On the other hand, the transformation to film shows the film's position supporting the white American program. The movie BMHWK shows the dominant white American narrative. The film affirms the assimilation program. The transformation to the SoS book shows the process of softening language and reducing vulgarity. The SoS book transforms the narrative of Amerindian suffering into the struggle of the Sioux. The simplification in the SoS book places the Sioux tribe as an important actor in the history of the Amerindians. In addition, this book shows that the history of the Sioux tribe does not stop at Wounded Knee but continues to this day. This study shows the simplification of Amerindian issues and places Amerindians as subordinate objects of white people.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heryansyah
Abstrak :
[Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah identity fusion memiliki hubungan dengan kesediaan berkorban dalam bentuk noncombative (mengeluarkan harta, meluangkan waktu dan diri) pada konteks agama dan apakah feelings of agency dapat berfungsi sebagai mediator dalam hubungan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada 52 partisipan pada kelompok Jamaah Tabligh. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara identity fusion dan kesediaan berkorban dalam bentuk noncombative pada konteks agama (c = 0,931, p < 0,05). Selain itu, dengan menggunakan SPSS makro yang di disediakan oleh hayes (2014), peneliti melakukan bootstrapping test (n boots = 10.000), kemudian dihasilkan bahwa bias-corrected bootstrap CI untuk indirect effect (ab = 0,578, p < 0,05) sepenuhnya di atas nol (0,3277-0,9381), hal ini menunjukkan bahwa efek mediasi terdukung. Terakhir diperoleh bukti bahwa c' < c, hal ini menunjukkan bahwa hubungan identity fusion dan kesediaan berkorban dimediasi sebagian oleh feelings of agency (c' = 0,353). ;This study is conducted to find out whether identity fusion has correlation with willingness to sacrifice on noncombative on religion and whether feelings of agency can be mediator in that relation. This research has 52 participant of Tablighi Jamaat. The result shows that there are significant influence between identity fusion and willingness to sacrifice on noncombative on religion aspect (c = 0,931, p < 0,05). Besides that, the researcher uses macro SPPS by hayes (2014) and makes bootstraping test (n boots = 10.000) so the result is bias-corrected CI for indirect effect (ab = 0,578, p < 0,05)) entirely above zero (0,3277-0,9381), it?s mean mediation effect fulfilled. Final results showed c' < c, it?s mean that correlation between identity fusion and sacrifice willingness was partially mediated by feelings of agency (c' = 0,353). ;This study is conducted to find out whether identity fusion has correlation with willingness to sacrifice on noncombative on religion and whether feelings of agency can be mediator in that relation. This research has 52 participant of Tablighi Jamaat. The result shows that there are significant influence between identity fusion and willingness to sacrifice on noncombative on religion aspect (c = 0,931, p < 0,05). Besides that, the researcher uses macro SPPS by hayes (2014) and makes bootstraping test (n boots = 10.000) so the result is bias-corrected CI for indirect effect (ab = 0,578, p < 0,05)) entirely above zero (0,3277-0,9381), it?s mean mediation effect fulfilled. Final results showed c' < c, it?s mean that correlation between identity fusion and sacrifice willingness was partially mediated by feelings of agency (c' = 0,353). , This study is conducted to find out whether identity fusion has correlation with willingness to sacrifice on noncombative on religion and whether feelings of agency can be mediator in that relation. This research has 52 participant of Tablighi Jamaat. The result shows that there are significant influence between identity fusion and willingness to sacrifice on noncombative on religion aspect (c = 0,931, p < 0,05). Besides that, the researcher uses macro SPPS by hayes (2014) and makes bootstraping test (n boots = 10.000) so the result is bias-corrected CI for indirect effect (ab = 0,578, p < 0,05)) entirely above zero (0,3277-0,9381), it’s mean mediation effect fulfilled. Final results showed c' < c, it’s mean that correlation between identity fusion and sacrifice willingness was partially mediated by feelings of agency (c' = 0,353). ]
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60479
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Namira
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses resosialisasi identitas militer dalam diri para taruna selama menjalani masa pendidikan di Akademi Angkatan Udara. Studi-studi lainnya menjelaskan bahwa institusi pendidikan militer memang berperan penting dalam proses pembentukan identitas militer, tetapi tidak menjamin efeknya dalam jangka waktu yang panjang karena penerapan identitas militer akan ditentukan saat taruna sudah menjalani masa dinasnya. Peneliti setuju bahwa proses resosialisasi identitas militer tidak terlepas dari pentingnya peran akademi militer, dimana di dalamnya terjadi proses indoktrinasi nilai-nilai militer, seperti nasionalisme dan patriotisme. Tetapi, tidak hanya akademi saja yang berperan, melainkan latar belakang taruna pun juga memiliki peranan penting. Taruna yang berasal dari keluarga militer akan lebih mudah untuk beradaptasi dan menyerap doktrin militer daripada yang berlatar belakang keluarga non-militer. Terkait hal tersebut, penelitian ini akan menggunakan konsep resosialisasi yang dikemukakan oleh Barnao untuk menjelaskan tahapan dari proses resosialisasi tersebut dan menggabungkannya dengan kerangka konsep habitus dan modal budaya oleh Bourdieu. Hasil temuan dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam tahapan awal proses resosialisasi, taruna dari keluarga militer memang akan lebih unggul dalam hal pengetahuan, persiapan, dan pengalaman. Akan tetapi, hal tersebut hanya berlaku pada tahap awal preliminary atau proses adaptasi hingga tahap transisi awal saat taruna masuk ke AAU. Untuk tahap transisi selanjutnya hingga taruna lulus dari AAU, modal budaya dari keluarga taruna tidak lagi berperan signifikan dalam menentukan keberhasilan dan keunggulannya, melainkan modal budaya militer yang terdapat di AAU yang akan lebih dominan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif pada Akademi Angkatan Udara sebagai fokus penelitiannya. ......This study aims to explain the process of resocializing military identity in cadets during their education period at the Air Force Academy. Other studies explain that military education institutions do play an important role in the process of forming military identity, but do not guarantee the effect in the long term because the application of military identity will be determined when the cadets have completed their service period. The researcher agrees that the process of resocializing military identity cannot be separated from the important role of the military academy, in which there is a process of indoctrination of military values, such as nationalism and patriotism. However, it is not only the academy that plays a role, but the background of the cadets also has an important role. The cadets who come from military families will find it easier to adapt and absorb military doctrine than those from non-military families. In this regard, this study will use the concept of resocialization proposed by Barnao to explain the stages of the resocialization process and combine it with the framework of the concept of habitus and cultural capital by Bourdieu. The findings of this study indicate that in the early stages of the resocialization process, cadets from military families will indeed be superior in terms of knowledge, preparation, and experience. However, this only applies at the initial preliminary stage or the adaptation process until the initial transition stage when cadets enter the AAU. For the next transition stage until the cadets graduate from the AAU, the cultural capital of the cadet families will no longer play a significant role in determining their success and excellence, but the military cultural capital contained in the AAU will be more dominant. This research was conducted using qualitative methods at the Air Force Academy as the focus of the research.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
East Sussex: Routledge, 2003
155.2 ANA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hilma Rizqina Rabbani
Abstrak :
Artikel ini membahas tentang perubahan identitas yang terjadi di antara migran Arab di Amerika, khususnya Arab Palestina, yang direpresentasikan dalam novel A Woman Is No Man karya Etaf Rum. Imigrasi sebagai kejadian besar dalam hidup manusia dapat menyebabkan perubahan identitas pada dirinya, khususnya identitas budaya, akibat penyesuaian diri dengan budaya di tempat barunya. Usaha penyesuaian diri ini seringkali diangkat menjadi tema novel-novel karya penulis Arab-Amerika, dimana para tokoh beradaptasi dengan budaya Amerika yang cenderung bebas dan bertentangan dengan nilai-nilai tradisional Arab. Novel karya penulis diaspora Arab di Amerika dapat menjadi media pengamatan bagi situasi perubahan identitas yang dialami kelompok komunitas etnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perubahan identitas yang berlangsung di antara generasi keluarga Arab-Palestina yang digambarkan dalam novel A Woman Is No Man. Data yang digunakan untuk penelitian ini berasal dari buku, buku elektronik, dan jurnal elektronik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori figurative culture yang dikemukakan oleh Margaret Mead. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat perubahan bertahap yang terjadi pada identitas budaya migran Arab-Amerika yang ditunjukkan dalam novel ......This article discusses about the identity changes that occurs among Arab immigrants in America, especially Palestinian Arabs, that represented in the novel A Woman Is No Man by Etaf Rum. Immigration as a major event in a human's life can cause an identity change, especially cultural identity, due to adjustment toward the culture in their new place. This adjustment effort is often used as the theme of novels by Arab-American writers, which the characters adapt to American culture that tend to be free and contrary to traditional Arab values. Novels by Arab diaspora writers in America can be a medium of observation for the situation of identity changes experienced by these ethnic community groups. This study aims to observe the identity changes among generations of Arab-Palestinian families described in the novel A Woman Is No Man. The data used for this article was collected from books, electronic books, and electronic journals. The theory used in this study is the figurative culture theory proposed by Margaret Mead. The results of this study indicate that there are gradual changes that occur in the cultural identity of Arab-American immigrants shown in the novel.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Balancing individual and collective interests is the challenge in Indonesia and in Australia, where the challenge is (a) to enable decentralised involvement in decisions to enhance a sense of attachment to an inclusive democracy and (b) achieve careful evidence based policy to guide the use of resources for the common good
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dewi Meyrasyawati
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan berdasarkan maraknya busana pengantin Jawa yang dimodifikasi kearah religi. Perubahan desain dari busana pengantin yang murni bernuansa budaya lokal Jawa dan kemudian dipadupadankan dengan gaya berbusana muslim ini mengalami proses keberterimaan yang luar biasa sebagai trend fesyen dikalangan masyarakat Indonesia tak terkecuali masyarakat perkotaan seperti halnya Surabaya. Penelitian ini berusaha mengungkapkan simbolisasi dan pemaknaan budaya (budaya Jawa) dan agama (Islam) yang terdapat pada busana pengantin tersebut. Dengan menggunakan teori fashion system, peneliti mengungkap simbol yang terdapat di balik busana pengantin Jawa Muslim yang menampakkan dua sisi busana, yaitu busana dari budaya Jawa dan busana bernuansa Islami sebagai sebuah sistem yang saling berkelindang. Hasil penelitian terhadap simbolisasi budaya dan agama dalam busana pengantin Jawa Muslim menunjukkan bahwa busana pengantin Jawa Muslim diproduksi oleh para perias pengantin sebagai bentuk kapitalisme yang menawarkan gaya hidup konsumerisme. Hal ini menunjukkan pula adanya pergeseran pemaknaan dalam busana pengantin Jawa Muslim dari budaya lokal asli Jawa menjadi budaya Jawa kontemporer. Hal menarik lainnya adalah bahwa pilihan dalam memakai busana pengantin Jawa Muslim ini tidak hanya karena alasan agama tetapi juga karena popularitas. Konsep busana muslim dalam busana pengantin Jawa Muslim tidak lagi terkait dengan pemenuhan akidah Islam melainkan sebuah trend fesyen yang hanya merujuk pada tertutupnya aurat

This study is conducted to investigate a popular practice of modifying Javanese bridal costumes based on religious considerations. Transformation from purely traditional Javanese bridal costumes to those with some application of Islamic clothing style is gaining rapid acceptance and begins to be considered as a popular fashion style by a great number of Indonesians, especially in urban areas like Surabaya. The purpose of this study is to discover cultural (Java) and religious (Islam) symbolisms implied in the modification and to examine the signification involved in the process. By applying the fashion system theory, this paper seeks to unravel the symbolisms in modern Javanese-Moslem bridal costumes which reveal a thought system built of two intertwining aspects: Javanese culture and Islamic religious principles. Deep observation into the cultural and religious symbolisms reveals that the modern Javanese-Moslem bridal costumes are actually invented by bridal stylists as a form of capitalism which benefits from a consumerist lifestyle. This fact reflects a shift in the way people signify modern Javanese-Moslem bridal costumes from Javanese local culture to contemporary Javanese culture. Another interesting finding shows that people choose this Javanese-Moslem style for their bridal costumes because of not only religious considerations but also its popularity. The application of Islamic fashion style in the Javanese-Moslem bridal costumes is no longer associated with the obedience to Islamic teachings but is a mere reflection of a growing trend towards more extensive body coverage.
Universitas Airlangga. Fakultas Ilmu Budaya, 2013
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Sekartaji
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini menganalisis karya sastra drama yang berjudul OvertonesA karya Alice Gerstenberg (1916) dengan menggunakan teori Feminis Psikoanalisa. Melalui drama Overtones, Alice Gerstenberg menyoroti isu beban domestik perempuan pada awal abad 20 yang berat sehingga berdampak bagi kondisi psikis mereka; perempuan dikondisikan untuk tidak memiliki hak atas diri dan suaranya sendiri sehingga mereka rentan terhadap keretakan diri. Hal tersebut diungkap melalui dua tokoh perempuan Harriet dan Margaret sebagai cultured woman; sebuah hasil konstruksi diri patriarki yang harus tampil dengan sikap tidak murni sedangkan suara dan keinginan mereka yang murni, yang disebut sebagai primitive self, tidak diizinkan untuk tampil ke permukaan. Melalui Feminis Psikoanalisa milik Nancy Chodorow terungkap bahwa masalah psikis perempuan yang berpotensi meretakkan diri perempuan telah dimulai sejak perempuan sejak masih kanak– kanak, bukan karena penis–envy melainkan dikarenakan adanya dominasi patriarki yang konstruktif terhadap diri perempuan. Hal ini menyebabkan perempuan tidak dapat mencapai identitas diri mereka sendiri dan malah menghasilkan diri perempuan yang manipulatif serta obsesif .
ABSTRACT
This thesis analyzes a one – act drama entitled Overtones by Alice Gerstenberg (1916) using Feminist Psychoanalysis theory. Overtones by Alice Gerstenberg highlight the issue of women's domestic burden in the early 20th century that made women were vulnerable to the mental health issue. In this matter, women were conditioned not to have the right for their own voice even for their own selves. This situation lead them to the splitting self and it was revealed by two female characters Harriet and Margaret as cultured woman – a self constracted by patriarchy – should appear without pure desire. Unlike the pure desire, which is referred to primitive self, was not allowed to come out to the surface. Nancy Chodorow sees this problem through her theory, Feminist Psychoanalysis. She discovered that women psychic is vulnerable to such problem as it started since the younghood, not the penis – envy; women had experienced a sever constructive self under the patriarchy domination. This problem stands as a major point toward the failure on women self identity achievement.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
T35869
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>