Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nadia Salsabila
Abstrak :
ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses how grief in the movie A Single Man (2009) is represented through several elements. The elements are: the contradicting use of colours for the background of the movie, the symbolism of water, and the suicidal thought. The technique of film analysis and Sigmund Freuds psychoanalysis are used to analyse them. Aside from the elements, this study also explores the idea on how such bereavement is influenced by the main protagonists gender and sexual preference. Therefore, this study also highlights the interaction between George Falconer and other people, particularly Charley and Kenny. It is then concluded that George could only grief in private as he is forced to silence his grief due to his gender and sexual orientation.
ABSTRACT
Skripsi ini membahas bagaimana rasa duka dalam film A Single Man (2009) direpresentasikan melalui beberapa elemen. Unsur-unsur tersebut adalah: penggunaan warna yang bertentangan untuk latar belakang film, simbolisme air, dan pemikiran bunuh diri. Teknik analisis film dan psikoanalisis Sigmund Freud digunakan untuk menganalisisnya. Selain unsur-unsur, penelitian ini juga mengeksplorasi ide tentang bagaimana berkabung seperti itu dipengaruhi oleh gender protagonis utama dan preferensi seksual. Oleh karena itu, penelitian ini juga menyoroti interaksi antara George Falconer dan orang lain, terutama Charley dan Kenny. Kemudian disimpulkan bahwa George hanya bisa berduka secara pribadi karena ia terpaksa membungkam kesedihannya karena gender dan orientasi seksualnya.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Etik Wahyuningtyas
Abstrak :
ABSTRAK
Homoseksualitas merupakan sebuah isu yang belakangan ini masih dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat dunia. Meskipun demikian, homoseksualitas kini menjadi sebuah hal yang menarik dalam studi literatur, khususnya perjuangan kaum homoseksual dalam mencari persamaan hak di masyarakat. Skripsi ini menganalisa film Milk (2008), disutradarai oleh Gus Van Sant, dengan menggunakan teori representasi serta mise en scène untuk melihat tokoh Harvey Milk. Kedua pendekatan tersebut digunakan untuk membuktikan bahwa sosok Harvey Milk merupakan sebuah representasi perjuangan kaum homoseksual di ranah publik. Konflik yang ada menunjukkan sikap publik Amerika terhadap homoseksualitas pada 1970-an. Hasil penelitian ini menunjukkan Harvey Milk sebagai seorang homoseksual tidak konvensional yang tidak malu menunjukkan identitasnya. Harvey Milk juga menghadapi beberapa tahapan perubahan penampilan sebagai sebuah strategi dan negosiasi dengan masyarakat heteroseksual yang mendominasi.
ABSTRACT
Homosexuality is an issue that a majority of people in the world consider as a taboo. Nevertheless, homosexuality continues to become an interesting topic in literary studies, particularly the struggle of homosexuals to earn their equality in the public realm. This thesis analyzes the movie Milk (2008), directed by Gus Van Sant by applying representation theory and mise en scène of the movie to look at the character Harvey Milk. Both approaches are used to prove that the character Harvey Milk is a representation of the homosexual's struggle in the public sphere. His conflict shows the American public attitude towards homosexuality in the 1970s. This result of the research indicates Harvey Milk as a unconventional homosexual who was not ashamed to show his identity. Harvey Milk also faced some stages of changing his appearance as a strategy and negotiation with the dominating heterosexual society.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1903
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Titian Ratu
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai wacana homoseksualitas di dalam film All You Need is Love - Meine Schwiegertochter ist ein Mann dalam kaitannya dengan konsep heteroseksualitas. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa wacana homoseksualitas yang terepresentasi di dalam film dapat hadir karena masyarakat yang masih berpegang pada norma heteroseksual sebagai pedoman hidup sehingga mereka menganggap pilihan untuk menjadi homoseksual adalah hal yang abnormal dan keberadaan kelompok minoritas tersebut menjadi marjinal. Film ini mengkritik masyarakat yang intoleran tersebut dan menawarkan perspektif humanis dalam menyikapi isu homoseksual.
ABSTRACT
This thesis discusses the discourse about homosexuality in the film All You Need is Love - Meine ist ein Mann Schwiegertochter in relation to the concept of heterosexuality. This research used descriptive analysis and literature study. The results of this study stated that present discourse encompassing homosexuality that represented in the film because people who still hold to the heteronormativity as a way of life so that they consider the choice to be homosexual is abnormal and the existence of homosexuality is marginalized. The film is criticizes an intolerant society and offer a more humanistic perspective in addressing the issue of homosexuality.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1926
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Flora Yuanita Marisi
Abstrak :
ABSTRAK
Homoseksual bukanlah sebuah tema yang baru dalam perfilman di Jerman. Dahulu film-film bertemakan homoseksual pernah mati akibat rezim Nazi, karena Nazi membenci homoseksualitas dan beranggapan bahwa homoseksualitas mengancam maskulinitas negara. Setelah tumbangnya Nazi film-film bertemakan homoseksual mulai kembali bermunculan, salah satunya adalah film bertajuk Jonathan. Penelitian ini membahas mengenai representasi homoseksual yang terdapat pada film Jonathan 2016 sebagai film debut karya Piotr. J. Lewandowski. Tidak seperti film bertemakan homoseksual lainnya, Jonathan menampilkan tokoh gay yang hidup dalam kesengsaraan. Kesengsaraan tokoh gay disebabkan keputusannya untuk mengingkari orientasi seksualnya yang kemudian menyebabkan efek domino kepada istri dan anaknya. Di akhir film orientasi seksual tokoh utama diterima oleh keluarganya sebelum ia mati dan hal ini melahirkan kebahagiaan serta penerimaan diri pada tokoh utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperlihatkan representasi homoseksual di pedesaan Jerman dalam film. Untuk meneliti bagaimana film merepresentasikan homoseksual, maka diperlukan teori semiotika dari John Fiske, yang lebih fokus pada tanda dalam film, sehingga dapat diketahui bagaimana tokoh homoseksual direpresentasikan melalui kostum, pencahayaan, dan musik dalam film. Penelitian menunjukkan bahwa pengingkaran diri tidak saja merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan orang lain. Penerimaan diri amatlah penting, tidak saja untuk kebahagiaan diri sendiri, tapi juga untuk kebahagiaan orang lain, terutama keluarga.
ABSTRACT<>br> Homosexuality is not a foreign film theme in German. Formerly homosexual themed films had died from the Nazi regime, because the Nazis hated homosexuality and thought that homosexuality threatened the state rsquo s masculinity. After the fall of the Nazi, homosexual themed films began to re emerge, one of which is a film titled Jonathan. This study discusses the homosexual representation found in Jonathan 2016 as Piotr. J. Lewandowski rsquo s debut film. Unlike other gay themed films, Jonathan features gay character who lives in a misery. The gay character rsquo s misery is due to his decision to deny his sexual orientation, which then causes a domino effect on his wife and son. At the end of the film, the main character rsquo s sexual orientation is accepted by his family before he dies and this give happiness and self acceptance for the main character. The purpose of this study is to show homosexual representation in rural Germany in the film. To examine how this film represents homosexuality, it takes the semiotic theory of John Fiske, which focuses more on the sign in the film, so it can be seen how the homosexual character is represented through costumes, lighting, and music in the film. This research shows that self denial is not only self defeating, it also harms others. Self acceptance is very important, not only for the happiness of oneself, but also for the happiness of others, especially the family.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fandra Aurora
Abstrak :
ABSTRAK
Artikel ini membahas mengenai homoseksualitas yang ditampilkan dalam film J rsquo;ai r v sous l rsquo;eau. Artikel ini mengangkat mengenai permasalahan orientasi seksual yang terjadi pada tokoh Antonin. Faktor dari dalam dirinya merupakan pemicu utama terjadinya perubahan orientasi seksualnya, yaitu kesedihan karena ditinggal seseorang yang dicintainya, Alex. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa perubahan identitas seksual yang digambarkan melalui film J rsquo;ai r v sous l rsquo;eau disebabkan dari faktor internal yaitu perasaan sedih yang dirasakan karena kehilangan seseorang yang dicintainya. Selain itu, faktor lain yang juga sangat mempengarhi perubahan orientasi seksual Antonin adalah hadirnya sosok Juliette dan Baptiste yang memberikan perhatian, kasih sayang serta kedekatan secara intim yang menyebabkan adanya perubahan-perubahan identitas seksual pada Antonin. Film J rsquo;ai r v sous l rsquo;eau diteliti dan dianalisis berdasarkan unsur alur, tokoh, dan setting.
ABSTRACT<>br> This article discusses homosexuality featured in the film J 39 ai r v sous l 39 eau. This article raises the issue of sexual orientation that occurred on the character Antonin. Factor from within himself is the main trigger of the change of his sexual orientation due to the sadness of losing someone he loves, Alex. The results of this study show that the change in sexual identity in the film J 39 ai r v sous l 39 eau is caused by internal factors, such as the feeling of losing and the sadness due to the death of someone he loves. In addition, the other factor that affects the change of Antonin 39 s sexual orientation is the presences of Juliette and Baptiste who give attention, affection and intimate closeness that cause the changes of sexual identity to Antonin. The film J 39 ai r v sous l 39 eau is studied and analyzed through its aspects plot, character, and setting.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dyer, Richard
London: Routledge, 2002
791.43 DYE m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library