Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Regina Widhiasti
"Kata Heimat memiliki cakupan makna yang luas, tetapi asosiasi paling umum dengan kata ini adalah ruang geografis yang dikaitkan dengan masa lalu dan nostalgia. Persoalan Heimat pada umumnya terkait dengan mobilitas, karena perpindahan seseorang dari tempat asalnya seringkali disertai oleh perasaan asing terhadap tempat barunya. Kecenderungan ini juga terlihat dalam perfilman Jerman, yang mengangkat persoalan Heimat pada masa setelah Perang Dunia II dan kembali muncul dalam bentuk Ostalgie pascapenyatuan kembali Jerman. Dalam perkembangannya, perfilman Jerman mengalami kebangkitan kembali di tahun 1990-an. Kebangkitan kembali perfilman Jerman tidak terlepas dari kontribusi para sutradara Jerman keturunan Turki dengan karya-karya mereka yang berhasil mendapatkan pengakuan internasional. Tidak hanya penting bagi perfilman Jerman, karya-karya para sutradara Jerman-Turki juga penting untuk dianalisis terkait dengan pemaknaan Heimat. Dengan melakukan analisis tekstual terhadap tiga film Jerman karya sutradara Turki, yaitu Gegen die Wand, Auf der anderen Seite dan Almanya - Willkommen in Deutschland, penelitian ini bertujuan untuk memeriksa makna Heimat bagi imigran Turki di Jerman dan melihat posisi film-film karya sutradara Jerman-Turki dalam perfilman Jerman secara umum. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara asosiasi Heimat dalam film Jerman karya sutradara Jerman dengan karya sutradara Jerman-Turki.

The word Heimat has a wide range of meanings, but the most common association with this word is the geographical space associated with the past and nostalgia. The question of Heimat is particularly related to mobility and displacement. In German Cinema the notion of Heimat intensively emerged post-World War II and re-emerged as the Ostalgie in the course of German Reunification. The reunification period also witnessed the revival of German cinema with the contributions of German film directors of Turkish descent, who were succesfully gain international recognition. Not only important for German cinema, the works of German-Turkish directors are also essential to be analyzed in relation to the meaning of Heimat. By conducting a textual analysis of three German films by Turkish directors, namely Gegen die Wand, Auf der anderen Seite and Almanya - Willkommen in Deutschland, this paper aims to examine the meaning of Heimat for Turkish immigrants in Germany and how they contribute to the German cinema. The analysis shows that the concept of Heimat in the German films is particularly attached to the historical context and is limited to the sphere of space referring to an ideal state. As for immigrants, this concept is envisaged to be more flexible and diverse.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
D2755
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahrina Zul Tamimi
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis representasi Heimat yang tergambar di dalam novel
Heimsuchung karya Jenny Erpenbeck dengan menggunakan teori representasi
yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Tesis ini mengungkapkan bagaimana
representasi Heimat terlihat pada keberadaan dua ruang spasial utama dalam
novel, yaitu Haus (rumah) dan Garten (taman). Kedua ruang spasial ini kemudian
dikaitkan dengan kehidupan tokoh-tokoh terpilih serta sejarah Jerman yang
melatarbelakangi periode waktu penceritaan tersebut. Hasil analisis menunjukkan
bahwa perbedaan latar belakang sosial dan waktu penceritaan menghasilkan
representasi sebuah Heimat yang berbeda terhadap Haus dan Garten. Hal ini
disebabkan oleh perbedaan keadaan bangsa Jerman serta perbedaan ideologi para
penguasa yang menaungi bangsa Jerman pada kurun waktu tertentu. Dengan
demikian, setiap tokoh terpilih memiliki konsep yang berbeda-beda mengenai
Heimat yang direpresentasikan melalui keberadaan Haus dan Garten dalam kisah
mereka.

ABSTRACT
This study investigates the representation of Heimat in Heimsuchung written by
Jenny Erpenbeck. By using Stuart Hall's concept of representation, this thesis
explains how the concept of Heimat isrepresented by two main spatial spaces in
Heimsuchungwhich play pivotal role here, Haus (home) and Garten (garden).
Those two spatial spaces are related to the lives of the chosen characters as well as
historical background of Germany which is appeared through its evocation of
particular period of Germany in the narrative. Analysis indicates the difference of
social backgroundand life time of the chosen characters result the various
concepts of Heimatwhich are represented by Haus and Garten. It is because of the
particular period in Germany that also brings the particular ideology of German
authority. Therefore, the conclusion shows that each of characters has his own
concept of Heimatwhich is represented by Haus and Garten."
2016
T46730
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library