Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Citra Rahmawati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang dijalankan di Kementerian XYZ dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengoptimalkan pengendalian internal pada proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah diterapkan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya indeks tata kelola pengadaan barang dan jasa serta temuan hasil audit berupa kelebihan pembayaran dan keterlambatan pekerjaan di tahun 2020 pada Kementerian XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari melalui studi kepustakaan dan wawancara kepada Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen dan auditor internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pengendalian internal pada komponen penilaian risiko dan kegiatan pengendalian dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pada komponen penilaian risiko, kelemahan disebabkan Kementerian XYZ belum menjalankan identifikasi dan analisis risiko. Pada komponen kegiatan pengendalian, kelemahan disebabkan kegiatan pengendalian yang ada belum berbasis risiko sehingga reviu kinerja atas instansi, pembinaan sumber daya manusia, pengendalian fisik atas aset, pemisahan fungsi, otorisasi atas transaksi dan kejadian penting, pencatatan yang akurat dan tepat waktu atas transaksi dan kejadian, dan akuntabilitas terhadap sumber daya dan pencatatannya masih belum efektif mengatasi risiko yang ada. ......The purpose of this research is to evaluate the implementation of internal control system in government procurement of goods and services at XYZ Ministry and give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that low of goods and services procurement governance index and audit findings in the form of overpayments and work delays in 2020. The method of this research is descriptive analysis in the form of case study. The data were obtained from library research and interviews with respondents such as Procurement Officer, Commitment-Making Officer and internal auditor. The results showed that still found the weaknesses in risk assessment and control activity component. In risk assessment component, the weaknesses come from XYZ Ministry has not carried out risk identification and risk analysis. In control activity component, the weaknesses are caused by existing control activities are not yet based on risk, so performance review of agencies, development of human resources, physical control over assets, segregation of duties, authorization of important transactions and events, accurate and timely recording of transactions and events, and accountability for resources and records have not been effective in overcoming the existing risk.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Jibril Guntoro
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi aktivitas pemesanan dan penerimaan barang di bagian operasional terkait kecukupan aktivitas pengendalian di PT PKN Kantor Wilayah Jakarta. Evaluasi dilakukan pada bagian operasional PT PKN Kantor Wilayah Jakarta. Evaluasi aktivitas pemesanan dan penerimaan barang berdasarkan kerangka siklus pengeluaran pada bagian pemesanan dan penerimaan barang serta kerangka Control Activities. Berdasarkan evaluasi pada siklus pengeluaran pada aktivitas pemesanan dan penerimaan, belum sepenuhnya sesuai dengan kerangka dikarenakan tidak terdapat Standard Operating Procedure (SOP) pada pemesanan dan penerimaan barang. Sehingga, hal tersebut berdampak pada kurang sesuainya kecukupan dalam Control Activities pada aktivitas pemesanan dan penerimaan barang. ......This internship report aims to evaluate the activities of ordering and receiving goods in the operational section related to the adequacy of control activities at PT PKN Jakarta Regional Office. The evaluation was carried out at the operational section of PT PKN Jakarta Regional Office. Evaluation of the activity of ordering and receiving goods based on the expenditure cycle framework in the ordering and receiving section of goods and the framework of Control Activities. Based on the evaluation of the expenditure cycle on ordering and receiving activities, it is not fully in accordance with the framework because there is no Standard Operating Procedure (SOP) on ordering and receiving goods. Thus, this has an impact on the lack of appropriate adequacy in Control Activities on ordering and receiving goods.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library