Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dadang Iskandar
Abstrak :
Program pemeliharaan jalan merupakan persyaratan penting agar kinerja jalan tetap stabil. Life Cycle Cost Analysis (LCCA) adalah salah satu metode dalam proses manajemen perkerasan. LCCA digunakan untuk mendukung pengambil keputusan sebagai alat analisis jaringan jalan. Banyak agen transportasi telah menggunakan pendekatan LCCA deterministik maupun probabilistik. Pembuat keputusan menggunakan metode probabilistik untuk mengevaluasi risiko investasi menggunakan variabel input, asumsi, atau estimasi yang tidak pasti. Karena banyaknya input data ambigu dan tidak pasti diperlukan penggunaan aplikasi komputasi lunak/soft computing untuk mengatasinya. Disertasi ini bertujuan mengembangkan sistem informasi preventif jalan dengan inferensi (SIP_JADI) menggunakan teknik soft computing. Diawali dengan pengembangan soft computing berbasis artificial neural network (ANN) yang digunakan untuk pemodelan prediksi hambatan/kerusakan jalan yang kemudian dilanjutkan dengan algoritma berbasis logika fuzzy yang menghadirkan LCCA pemeliharaan preventif perkerasan dengan mempertimbangkan biaya pengguna. Algoritma dengan sistem logika fuzzy berbasis aturan di mana pengguna dapat mendefinisikan aturan untuk mencerminkan kebijakan dan strategi agensi. Penurunan kecepatan akibat dari hambatan baik dari kerusakan jalan maupun adanya zona kerja menjadi input penting yang berpengaruh terhadap biaya pengguna/user cost. Semakin lama penundaan perbaikan kerusakan jalan, akan semakin menambah biaya yang dikeluarkan oleh pengguna. Hasil yang cukup signifikan pada studi kasus yang ditinjau yaitu di jalan tol Jakarta outer ring road seksi S (JORR-S) dengan pengamatan selama 3 (tiga) tahun di tengah masa pemeliharaan menunjukkan kinerja perkerasan meningkat dari indeks present serviceability index (PSI) dengan nilai 2,8 meningkat menjadi 3,2. Dengan meningkatnya indeks kinerja perkerasan meningkat pula umur layanan jalan. ......Road maintenance program is an important requirement for improving road performance and its stability. Life Cycle Cost Analysis (LCCA) is one of the methods adopted in pavement management process. It is a decision-making support tool employed for road network analysis. Furthermore, many transportation agencies have utilized deterministic and probabilistic LCCA approaches. The probabilistic methods are employed by decision makers to evaluate investment risks, using uncertain input variables, assumptions or estimates. Due to the ambiguity and uncertainty of the number of data input, a soft computing application is required. This study discusses the development of a road preventive information system with inference (SIP_JADI), using soft computing techniques. In addition, it is initiated with the development of artificial neural network (ANN)-based soft computing technique used for modeling road obstacles/damage predictions. Fuzzy logic-based algorithms present LCCA for pavement preventive maintenance by considering user costs. Algorithms with fuzzy logic systems are rule-based where users can define rules to reflect agency policies and strategies. The reduction in speed limit due to obstacles from road damages and presence of work zones is an important input that affects user costs. Therefore, the longer the delay in repairing road damages, the higher the costs incurred by users. This study was conducted on the Jakarta outer ring road section S (JORR-S) with observations for three years during maintenance period. The results showed that pavement performance improved from the present serviceability index (PSI) with a value of 2.8 to 3.2. Furthermore, as the pavement performance index increases, the life of the road service also increases.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deddy Wijaya
Abstrak :
Sejak diperkenalkan pertarna kali pada tahun 1965, 'logika fuzzy' (fuzzy logic) terus berkembang dengan pesat dan kini telah digunakan dalarn berbagai bidang. Tugas akhir ini membahas tentang penggunaan logika fuzzy path sistem kendali suhu ruang. Secara garis besar dijelaskan tahapan-tahapan umum dalain suatu sistem kendali dengan menggunakan logika fuzzy (Fuzzy Logic Controller), juga metode pembentukan aturan-aturan inferensi fuzzy.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1995
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Rayesa Mutalibov
Abstrak :
Kapal AHTS mempunyai peran penting dalam menunjang kegiatan operasional minyak dan gas di lepas pantai sehingga memiliki tingkat risiko tinggi yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Dibutuhkan metode yang tepat agar risiko dapat diminimalkan dan operasional dapat berjalan lancar dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas pengoperasian kapal AHTS yang berisiko terjadinya suatu kecelakaan serta membuat suatu model risk assessment berbasis fuzzy logic dalam kegiatan operasional kapal AHTS. Pendekatan risk assessment menggunakan metode konvensional cenderung subjektif dan memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi, sehingga dibutuhkan pendekatan yang lebih fleksibel dan terperinci. Penggunaan metode fuzzy logic dapat menjadi solusi untuk mengatasi unsur ketidakpastian. Keterbatasan representasi penilaian risiko fuzzy logic yang kurang intuitif, menjadi kendala pengguna non-ahli dalam mengimplementasikan metode tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengembangan sistem penilaian risiko berbasis fuzzy logic menggunakan bahasa pemrograman python. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga kegiatan yang menimbulkan risiko tinggi. Dapat disimpulkan bahwa metode fuzzy logic menghasilkan nilai risiko lebih yang tinggi dan akurat dibandingkan dengan metode konvensional. Pembuatan model risk assessment berbasis fuzzy logic berhasil dikembangkan menjadi website interaktif yang dapat mempermudah pengguna dalam menganalisa tingkat resiko sehingga proses pengambilan keputusan terhadap risk assessment dapat dilakukan secara cepat dan efektif. ......AHTS vessel have an important role in supporting offshore oil and gas operational activities, thus bearing high levels of risk that have the potential to cause accidents. Appropriate methods are needed to minimize these risks and ensure that operations run smoothly and safely. This research aims to identify the operational activities of AHTS vessel that pose a risk of accidents and to develop a fuzzy logic-based risk assessment model for AHTS vessel operations. Conventional risk assessment methods tend to be subjective and have a high degree of uncertainty, necessitating a more flexible and detailed approach. The use of fuzzy logic methods can be a solution to address elements of uncertainty. However, the limitation of the fuzzy logic risk assessment representation, which is less intuitive, becomes an obstacle for non-expert users to implement this method. This can be overcome by developing a fuzzy logic-based risk assessment system using the python programming language. The results of research show that there are three activities that pose high risks. It can be concluded that the fuzzy logic method produces higher and more accurate risk values compared to conventional methods. The development of the fuzzy logic-based risk assessment model has also been successfully implemented as an interactive website, thus enabling quicker and more effective decision-making regarding risk assessment.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pringga Satria Panji
Abstrak :
ABSTRAK

Jembatan memaninkan peranan penting pada sistem transportasi. Pulau Jawa dan pulau-pulau lain di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat akan bergantung pada jembatan sebagai tulang punggung dalam menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lain. Bahaya terhadap sub-struktur jembatan menjadi bertambah. Berdasarkan data beberapa tahun lalu, setidaknya sepertiga dari jumlah total jembatan di Indonesia mengalami kerusakan pada level tertentu. Performa jembatan harus selalu dalam kondisi prima setiap saat. Sub-struktur jembatan beresiko untuk beberapa resiko seperti pergerakan tanah, ketidakstabilan lereng, bahaya terkait penggerusan dan gempa. Data investigasi tanah akan digunakan untuk menganalisis pergerakkan tanah dan ketidakstabilan lereng di lokasi jembatan. Data terkait kondisi seismik akan digunakan untuk menilai bahaya yang terkait gempa. Proses penilaian resiko untuk sub-struktur jembatan akan dilakukan untuk memenuhi tujuan penelitian. Penggunaan metode penilaian berbasis logika Fuzzy akan digunakan untuk mengolah data kuantitatif dan sistem inferensi. Data kuantitatif adalah data teknis dan data hasil analisis geoteknik. Sistem inferensi diambil dari basis-pengetahuan. Metode berbasiskan logika Fuzzy merupakan perangkat yang efektif untuk memodelkan beberapa data yang tidak samar dan akan mempermudah proses pengambilan keputusan. Fuzzy Logic Designer akan digunakan untuk menganalisis aspek geoteknik dan sistem inferensi.  Klasifikasi dan pemeringkatan resiko dapat diselesaikan dengan metode ini. Klasifikasi resiko akan berdasarkan pada tipe tanah dan kondisi geologi setempat. Hasil penilaian ini dapat menjadi sebuah perangkat atau rekomendasi untuk pemerintah lokal di lokasi jembatan. Pemerintah daerah dapat membuat proses pengambilan keputusan dengan lebih teliti dan lebih cepat. Semakin teliti dan semakin cepat suatu proses pengambilan keputusan, maka kemungkinan jembatan terselamatkan akan semakin besar.


ABSTRACT

Bridges play an important role in the transportation system. Java and other islands in Indonesia with rapid economic growth will depend on the bridge as the backbone in connecting one region to another. The danger to the bridge sub-structure tends to increase. Based on data several years ago, at least one third of the total number of bridges in Indonesia was damaged at a certain level. Bridge performance must always be in top condition at all times. Bridge sub-structures are at risk for a number of risks such as soil movement, slope instability, hazards related to grinding and earthquakes. Soil investigations data will be used to analyze soil movements and slope instability at the bridge site. Seismic data will be used to assess earthquake-related hazards. The risk assessment process for bridge sub-structures will be carried out to meet the research objectives. The use of Fuzzy logic based assessment methods will be used to process quantitative and inference system. Quantitative data are technical data and data from the results of geotechnical analysis. Inference system is taken and formed from knowledge-base data. The method based on Fuzzy logic is an effective device for modeling some data that is not vague and will simplify the decision making process. Fuzzy Logic Designer will be used to analyze geotechnical aspects and expert systems. Risk classification and ranking can be solved by this method. Risk classification will be based on soil type and local geological conditions. The results of this assessment can be a tool or recommendation for local government at the bridge location. Local governments can make the decision making process more thoroughly and faster. The more thorough and faster the decision-making process, the more likely the bridge will be saved.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T52178
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library