Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hendi Kurniawan
Abstrak :
Proporsi penggunaan bahan bakar fosil diperkirakan akan membahas sekitar 75% dari produksi energi pada tahun 2050. Pengembangan energi hidrogen merupakan salah satu upaya untuk mencari bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Hidrogen dapat disimpan di dalam senyawa yang disebut chemical hydrogen storage. Katalis nanopartikel logam dengan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan selektivitas dan reaksi reaksi dehidrogenasi. Santa barbara amorphous 15 atau SBA-15 berhasil disintesis yang dibuktikan dengan karakterisasi TEM yang membuat struktur mesopori yang teratur. Variasi komposisi logam dan volume 3-aminopropyltriethoxysilane atau APTES yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh terhadap performa katalitik dari nanopartikel NiPt. Penggabungan support dengan nanopartikel nikel dan platina dilakukan melalui metode impregnasi basah menggunakan NiCl2.6H2O dan K2PtCl6 yang kemudian direduksi menggunakan NaBH4. Uji katalis untuk reaksi hidrogenasi hidrazin hidrat menggunakan alat buret gas. Pada uji katalis yang telah dilakukan, diketahui bahwa Ni75Pt25/SiO2 merupakan variasi komposisi logam terbaik dengan silika sebagai support serta NiPt/SBA-15-NH2-6 merupakan variasi volume APTES paling optimal. ......The focus of this research was evaluate the catalytic activity of NiPt nanoparticles with SBA-15 as a support for hydrogen production from dehydrogenation of hydrous hydrazine. The development of hydrogen energy is one of many idea to find alternative fuels that are environmentally friendly. Hydrogen can be stored in a compound called chemical hydrogen storage. Santa barbara amorphous 15 or SBA-15 was successfully synthesized in this research and has been characterized by TEM to show the ordered mesoporous structure. Variations in metal composition and volume of 3-aminopropyltriethoxysilane (APTES) used in this study had affect the catalytic performance of NiPt nanoparticles. Silica with nickel and platinum nanoparticles was combined using the wet impregnation method with NiCl2.6H2O and K2PtCl6. The reduction of metal ion is using NaBH4. Catalytic activity test for the hydrogenation reaction of hydrous hydrazine was using a gas burette. The result show that, Ni75Pt25/SiO2 is the best variation of metal composition with silica as support and NiPt/SBA-15-NH2-6 is the best variation of APTES volume.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nur Tsani Rizka
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan teknologi sekarang masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil sebagai sumber energi pentingnya. Minyak mentah yang keluar dari perut bumi memiliki kegunaan yang terbatas sehingga perlu diproses di kilang untuk merubah minyak mentah menjadi beberapa produk seperti BBM, fuel oil untuk proses pemanasan, diesel untuk kendaraan berat dan bitumen untuk aspal jalan.Pada tahun 2015, Indonesia mengalami defisit bahan bakar minyak sebesar 562.000 barrel/ hari sehingga pemerintah harus melakukan impor. Untuk menutupi defisit tersebut diperlukan upaya luar biasa berupa pembangunan kilang baru atau modifikasi kilang eksiting. Pemerintah Indonesia bersama dengan UOP dalam proyek graasroot refinery mencanangkan pembangunan kilang baru dengan feed sebesar 300.000 barrel/ hari dengan umpan dari Irak (basarh lighr crude) dan Arab Saudi (arabian light crude). Wahid dan Rizka, 2015, telah melakukan disain crude distillation unit serta sistem pengendaliannya dengan pengendali PI yang menghasilkan laju produk straight run naphta sebesar 2050 ton/ hari. Pada penelitian ini akan digagas hasil laju produk straight run naphta sebesar 8129 ton/ hari dengan model dari PT. X. Pengendali MPC akan dipertimbangkan untuk digunakan mengenai objektif pengendalian kualitas produk dan pengendali PI digunakan untuk menangani low performance dari pengendali MPC seperti pada pengendali laju alir produk. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah disain crude distillation dan sistem pengendaliannya dengan pemilihan jenis pengendali yang tepat untuk menjaga laju alir produk straight run naphta sesuai spesifikasi yang diinginkan. Pada penelitian ini dihasilkan produk straight run naphta sebesar 21.527 ton/ hari (55,58 %vol umpan) dengan menggunakan model desain CDU tipe prefraksinasi. Semua pengendali dapat merespon dengan baik terhadap gangguan kenaikan laju alir umpan hingga 100% lebih.
ABSTRACT
Technology development nowdays still depends on fossil fuel as its main source. Crude oil from the earth has limited function so that it needs to be proceed on refinery to get more useful product such as gasoline, fuel oil for heating process, diesel for heavy vehicle and bitumen for road asphalt. By 2015, Indonesia is projected on fossil fuel deficit by 562,000 barrel/ day that the Indonesia?s government need to import it. To cover this deficit, Indonesia requires construction of a new refinery or modification of the existing one. Indonesia?s government and X company on grassroot refinery project arrange the construction of a new refinery with 300,000 barrel/ day production capacity and the feed from iraq (basrah light crude) and Saudi Arabia (arabian light crude). Wahid and Rizka, 2015, have executed on the design of crude distillation unit (CDU) with its control system using PI controller and the result of straight run naphta (SRN) product is 8,129 ton/ day with the CDU?s model from X company. MPC Controller will be considered on behalf of product quality control objective and PI controller will handle the low performance of MPC controller like on product flow control. The expected result from the research is CDU design and its control system with the right choice of control method on each controller to preserve SRN product flow rate as same as the desired spesification. On this research, the SRN product flow rate is 21,527 ton/ day (55.58%vol of feed) by using CDU design with pre-fractionation type model. The controllers did respond well on the disturbance rejection test with the increasing of the feed flow rate up to 100%.
2016
T46299
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Kusumo Probo Ndaru
Abstrak :
Selama ribuan tahun dunia telah mengandalkan energi fosil sebagai bahan bakar dan energi bagi kehidupan. Ketersedian energi fosil semakin menurun seiring berjalannya waktu. Di lain sisi, dunia dan Indonesia memiliki cadangan energi dari sektor energi baru terbarukan salah satunya adalah energi dari gelombang laut. Salah satu wilayah yang memiliki potensi energi gelombang laut adalah daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur dan PLTGL sangat cocok untuk daerah pulau-pulau yang terpencil. Eco Wave Power hadir sebagai PLTGL dengan teknologi yang dapat berkerja dengan sendirinya dalam menghasilkan energi listrik dari gelombang laut dalam kondisi apapun. Analisis risiko keekonomian diperlukan untuk mendapatkan studi kelayakan pembangunan suatu PLTGL. Penelitian ini dilakukan di empat titik berbeda di pulau Sumba. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh tiga dari empat titik yang layak untuk diwujudkan, yaitu titik koordinat 9,8S 119,4E; 9,8S 119,6E; dan 9,8S 119,2E. Titik koordinat 9,8S 119,2E menghasilkan analisis keekonomian terbaik dengan nilai NPV sebesar $1.610.050,29, IRR sebesar 21,71%, PBP selama 4,66 tahun dan LCOE sebesar 82,35 e/MWh. Perbandingan LCOE dengan pembangkit listrik lainnya juga dianalisis dalam penelitian ini. Hasil analisis sensitivitas didapatkan bahwa faktor besaran biaya pokok (BPP) dan faktor kapasitas merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam penelitian ini. ......For thousands of years the world has relied on fossil energy as fuel and energy for life. The availability of fossil energy decreases all the time. On the other side, the world and Indonesia have energy reserves from the renewable energy sector, which is energy from ocean waves. One area that has ocean wave energy potential is the Sumba, East Nusa Tenggara and PLTGLs are very suitable for remote island areas. Eco Wave Power comes as PLTGL with technology that can work by itself in producing electrical energy from ocean waves under any conditions. Economic risk analysis is needed to obtain a feasibility study on the construction of a PLTGL. This research was conducted at four different points on the island of Sumba. Based on the calculation results obtained three of the four points that are feasible to be realized, namely the coordinate point 9.8S 119.4E; 9.8S 119.6E; and 9.8S 119.2E. The coordinate 9.8S 119.2E produces the best economic analysis with an NPV is $1,610,050.29, IRR is 21.71%, PBP for 4.66 years and LCOE is 82.35 e/MWh. Comparison of LCOE with other power plants was also analyzed. The results of the sensitivity analysis found that the principal cost factor (BPP) and capacity factor were the most influential factors in this study.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Saepudin Wahab
Abstrak :
Persyaratan untuk sumber energi terbarukan terus dikembangkan untuk menggantikan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara, dan gas. Salah satu sumber energi terbarukan adalah sinar matahari, yang sampai sekarang terus mengembangkan penggunaannya sebagai sel surya. Pengembangan sel surya intensif adalah sel surya peka warna (DSSC), jenis sel surya fotoelektrokimia yang menggunakan pewarna untuk mentransfer sinar matahari ke energi listrik. DSSC pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 oleh ilmuwan Brian O'Reagan dan Michael Gratzel. DSSC terdiri dari oksida konduktif transparan (TCO), semikonduktor (termasuk nanometer ZnO), pewarna, elektrolit, dan penghitung elektroda. Berbagai perbaikan telah dikembangkan untuk meningkatkan nilai efisiensi konversi daya DSSC (PCE). Bahan yang diharapkan dapat meningkatkan nilai efisiensi sel surya adalah berkurangnya graphene oxide (rGO). Dalam penelitian ini, rGO digunakan dalam struktur DSSC untuk: (i) peningkatan pewarna, (ii) peningkatan photoanode, dan (iii) peningkatan counter elektroda. Sebagai patokan (standar) digunakan struktur DSSC tanpa rGO. RGO diproduksi dari sintesis graphene oxide (GO) dengan metode Hummers, sedangkan ZnO nanorod dihasilkan dari sintesis pengendapan bath kimia (CBD). ZnO, GO, dan rGO dikarakterisasi dengan SEM, XRD, spektroskopi UV-Vis, dan spektroskopi FTIR, dan mikroskop optik. Sementara pengujian PCE DSSC dilakukan oleh alat simulator matahari. Dari hasil pengujian PCE, nilai efisiensi tertinggi dari setiap peningkatan (i), (ii), dan (iii) masing-masing adalah 0,02%, 0,0025%, dan 0,1%. Nilai PCE tertinggi dari semua variasi peningkatan diperoleh dari peningkatan counter electrode sebesar 0,1%. Sedangkan nilai PCE standar DSSC adalah 0,005%.
The requirements for renewable energy sources continue to be developed for replacing fossil fuels such as petroleum, coal and gas. One of the renewable energy sources is sunlight, which until now continues to develop its use as solar cells. The intensive solar cell development is dye sensitized solar cell (DSSC), a type of photoelectrochemical solar cell that uses dye to transfer sunlight to electrical energy. DSSC was first introduced in 1991 by scientists Brian O'Reagan and Michael Gratzel. DSSC is composed of transparent conductive oxide (TCO), semiconductors (including ZnO nanorods), dyes, electrolytes, and electrode counters. Various improvements have been developed to increase the value of DSSC power conversion efficiency (PCE). The material that is expected to increase the value of solar cell efficiency is reduced graphene oxide (rGO). In this study, rGO was used in the DSSC structure for: (i) dye improvement, (ii) photoanode improvement, and (iii) counter electrode improvement. As a benchmark (standard) was used a DSSC structure without rGO. RGO was produced from the synthesis of graphene oxide (GO) with the Hummers method, while ZnO nanorods were produced from chemical bath deposition (CBD) synthesis. ZnO, GO, and rGO were characterized by SEM, XRD, UV-Vis spectroscopy, and FTIR spectroscopy, and optical microscope. While PCE DSSC testing was carried out by a sun simulator tool. From the results of PCE testing, the highest efficiency values ​​of each improvement (i), (ii), and (iii) were 0.02%, 0.0025%, and 0.1% respectively. The highest value of PCE from all variations of improvement was obtained from the improvement of counter electrode by 0.1%. While the standard PCE value of DSSC was 0.005%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54353
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harumi Diah Wijayanti
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi SPBG CNG di wilayah DKI Jakarta dengan memperhatikan sudut pandang investor dan konsumen. Fungsi tujuan yang akan dicapai adalah meminimumkan nilai objective yang merupakan hasil perkalian jarak dengan jumlah permintaan dan biaya transportasi serta biaya investasi dan operasional yang menjadi sudut pandang investor. Selain itu, penelitian ini akan dibandingkan dengan model P-Median yang hanya memperhatikan faktor konsumen.Variabel keputusan dalam pembangunan SPBG CNG baru yang digunakan adalah binary integer linier programming. Terdapat 2 variabel keputusan pada penelitian ini, yang pertama adalah penentuan lokasi SPBG dan yang kedua penentuan suplai CNG. Penelitian ini menggunakan software LINGO 10 untuk menentukan solusi penyelesainnya. Selain model dasar, penelitian ini juga menggunakan 2 skenario; penentuan lokasi SPBG CNG dengan jumlah SPBG yang paling optimum; penentuan lokasi dan jumlah SPBG CNG yang sedikitnya harus dibangun di wilayah DKI Jakarta. Dari 46 kandidat lokasi, diperoleh hasil 11 lokasi SPBG baru untuk skenario dasar, sedikitnya 8 lokasi SPBG baru harus dibangun untuk dapat memenuhi permintaan, dan 12 SPBG baru untuk solusi skenario 2. Sedangkan untuk permasalahan p median, jumlah SPBG yang optimum dibangun berjumlah 16 SPBG. ......This study aims to determine the location of CNG fueling station in Jakarta to consider investor and consumer perspective. The objective function to be achieved is to minimize the product of distance, the number of demands, and transportation cost, also investment and operational cost from the investor perspective. This study also be compared with the P-median models that only base on consumer perspective. The decision variables in the construction of a new CNG fueling station are binary integer linear programming. There are two decision variables in this study, the first is the determination of the location and the second determination of CNG supply. This study uses the Lingo software version 10 to solve the models. This study also uses two scenarios; location of CNG fueling station with the most optimum number fueling station; the least number and location be built. From 46 candidate sites, the results are 11 new locations CNG fueling station for the basic scenario, at least 8 new CNG fueling station location should be built, and 12 new CNG fueling station for scenario 2. And for the p median problem, optimum solution are 16 new CNG fueling station must be built.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34971
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erika Sulistiowati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara subsidi pada bahan bakar fosil dan pertumbuhan ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode analisis dengan data panel. Akan tetapi, terdapat kesulitan dalan mengumpulkan data tentang subisidi, oleh karena itu penentuan sampel dilaksanakan berdasarkan ketersediaan data. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 37 negara, termasuk Indonesia. Selain memasukkan variabel utama (subsidi bahan bakar fosil), penelitian ini juga memasukan beberapa variabel lain yang turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yaitu opennes (keterbukaan), gross capital formation dan tingkat partisipasi masyarakat pada tingkat pendidikan menengah. Banyak penelitian telah dilakukan untuk menginvestigasi dampak subsidi terhadap pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, dengan menggunakan data yang lebih aktual dan metode yang lebih baik, penelitian ini lebih difokuskan kepada dampak subsidi bahan bakar fosil terhadap pertumbuhan ekonomi (baik dalam total subsidi maupun dalam subsidi terhadap setiap jenis bahan bakar fossil). Hasil regresi menunjukkan bahwa subsidi pada bahan bakar fosil secara total, subsidi terhadap batubara, listrik dan gas alam memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi penelitian ini gagal menunjukkan bahwa subsidi terhadap bahan bakar minyak memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, hasil regresi terhadap variabel pendukung lainnya menunjukkan bawa opennes (keterbukaan), capital formation (pembentukan modal) dan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan menengah berhubungan positive dan signifikan terhadap growth. ......The main objective of this research is to examine the relationship between fossil fuel subsidies and growth. In order to achieve this objective, the research employs panel data analysis. However, due to the difficulties in obtaining the data about subsidies, the sample and the time frame have been selected based on the availability of the fossil fuel subsidies data. The sample consists of 37 countries, including Indonesia. Instead of the key variable (fossil fuel subsidies), the study also employs others determinants of growth as independent variables, namely openness (OPEN), gross capital formation (CF) and secondary school enrolment. Many studies have been conducted to investigate the impact of subsidies on growth. However, by employing more recent data and better methods, this research focuses on the impact of fossil fuel (both in total and for each type of the fossil fuel energy) subsidies toward growth. The result of the regression confirmed that fossil fuel subsidies, coal subsidies, electricity and natural gas subsidies have negative and significant impact toward growth. However, the research found that oil subsidies are negative but not significant toward growth. The result on other explanatory variables shows that openness (OPEN) capital formation (CF) and gross secondary school enrolment (secgrt10) are positive and significant toward growth.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T45034
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herlin Arina
Abstrak :
Menipisnya bahan bakar fosil adalah salah satu alasan utama untuk menggunakan energi alternatif terutama biodiesel kelapa sawit. Dilaporkan bahwa penggunaan biodiesel dalam kondisi suhu rendah menyebabkan penyumbatan pada filter bahan bakar kendaraan. Penyumbatan disebabkan oleh adanya endapan yang terbentuk dari aglomerasi monogliserida. Kehadiran deposit ini mengurangi sifat aliran biodiesel. Penelitian telah dilakukan untuk meningkatkan sifat aliran dengan menambahkan surfaktan Sorbitan Monooleate (SMO). Dalam penelitian ini, digunakan biodiesel berbeda dengan konten monogliserida berbeda yaitu dengan kandungan 0,46% - 0,65% massa. Di setiap biodiesel, penambahan SMO bervariasi dengan 0,1% - 1% volume. Penyimpanan sampel biodiesel dikondisikan pada suhu rendah (16ºC) dan pada suhu ruang (± 27ºC). Penambahan SMO pada biodiesel dapat menghambat aglomerasi monogliserida sehingga dapat memperbaiki nilai flow properties biodiesel. Pengaruh SMO pada suhu awal pembentukan kristal / lilin pada biodiesel dianalisis dengan metode diferensial pemindaian kalorimetri (DSC), sedangkan efek pada sifat aliran dianalisis menggunakan 4 parameter: viskositas, densitas, titik kabut, dan Cold Filter Plugging Point (CFPP). Pengujian dilakukan setiap 1 minggu untuk setiap sampel biodiesel. Penggunaan SMO 0,1% - 1% untuk memperbaiki flow properties dengan menurunkan titik kabut sebesar ± 4,20C dan CFPP sebesar 20C.
Depletion of fossil fuel is one of leading factor to use alternate energy especially palm oil biodiesel. It was reported that the use of the biodiesel in cold condition caused a blockage in the vehicles fuel filter. Blockage is caused by the presence of deposits formed from agglomeration of monoglycerides that decreases the flow properties of biodiesel. Research has been carried out to improve the flow properties by adding Sorbitan Monooleate (SMO) surfactant.  In this research, three different biodiesels with monoglyceride content were used 0,46% - 0,65% by mass. In each biodiesel, the addition of SMO is varied by 0,1% - 1% by volume then samples is conditioned at low temperatures (160C) and at room temperature (± 270C). The addition of SMO to biodiesel can inhibit agglomeration of monoglycerides . The effect of SMO on the initial temperature of crystal formation/wax on biodiesel was analyzed by the method of differential scanning calorimetry (DSC), while the effect on flow properties was analyzed using 4 parameters: viscosity, density, cloud point, and cold filter plugging point (CFPP). Tests are carried out every 1 week for each biodiesel sample. The use of SMO 0,1% - 1% improves flow properties by decreasing the cloud point by ± 4,20C and CFPP by 20C.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53257
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf Syahputra Gani
Abstrak :
Transportasi memerlukan sumber energi. Saat ini Energi fosil masih mendominasi pemenuhan kebutuhan energi untuk transportasi. Namun seiring semakin menurunnya sumberdaya energi fosil dan meningkatnya kebutuhan akan energi karena pertambahan populasi manusia yang terus meningkat pemenuhan kebutuhan akan energi menjadi suatu masalah hampir diseluruh negara di dunia termasuk di Indonesia, dimana persediaan sumberdaya alam sebagai sumber energi yaitu energi fosil seperti minyak bumi untuk transportasi semakin berkurang jumlahnya. Meski sektor transportasi hanya menyumbang 4,5% dari PDB nasional, namun sektor ini menjadi penggerak roda perekonomian yang juga penting. penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan menggunakan populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Creswell, 2010). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa environmental concern tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention, sementara perceived ease of use, perceived price value, dan perceived usefulness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention. Menilai dari hasil analisis, nilai insentif yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat terkait subsidi pembelian motor listrik sudah tepat. Hal ini dapat dilihat dari tingginya penilaian masyarakat terhadap penerimaan kesesuaian harga yang harus dibayarkan dengan kualitas yang akan didapatkan dengan membeli kendaraan listrik, juga dapat dianalisa dari berpengaruhnya perceived price value dalam keputusan individu untuk membeli atau tidak membeli kendaraan listrik. ......Transportation requires a source of energy. Currently, fossil energy still dominates the fulfillment of energy needs for transportation. However, as fossil energy resources decrease and the need for energy increases due to the increasing human population, meeting the need for energy is a problem in almost all countries in the world, including in Indonesia, where the supply of natural resources as an energy source, namely fossil energy such as petroleum for transportation decreasing in number. Even though the transportation sector has only grown 4.5% of national GDP, this sector is also an important driving force for the economy. This study uses research methods using a certain population or sample, sampling techniques are generally carried out randomly, data collection uses instrument research, data analysis is quantitative or statistical with the aim of testing the hypotheses that have been set (Creswell, 2010). The hypothesis put forward in this study indicates that environmental awareness has no significant effect on purchase intention, while perceived ease of use, perceived price value, and perceived usefulness have a positive and significant effect on purchase intention. Judging from the results of the analysis, the value of the incentives provided by the government to the public regarding subsidies for buying electric motorbikes is appropriate. This can be seen from the high public assessment of the acceptance of price adjustments which must include the quality that will be obtained by buying an electric vehicle. It can also be analyzed from the effect of perceived price value on individual decisions to buy or not buy an electric vehicle.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luluk Anjar Rahmawati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan metodologi yang berfungsi untuk menurunkan biaya listrik pada sektor industri yang sebelumnya menggunakan fosil sebagai bahan bakar listrik berganti dengan memanfaatkan energi terbarukan dengan menggunakan aplikasi Homer. Penelitian ini menggunakan fotovoltaik yang dipasang pada atap sebuah industri di Bekasi, Indonesia, sebagai manajemen waktu beban puncak industri. Supaya didapatkan harga terendah dengan sistem terbaik maka digunakan beberapa skenario yang menggunakan perbandingan guna memperoleh hasil yang paling sesuai dan berguna bagi industri ini. Skenario pertama diimplementasikan hanya dengan jaringan listrik PLN tanpa fotovoltaik, atau PV. Skenario kedua menerapkan PV yang dipasang dan bekerja pada saat WBP (waktu beban puncak) industri dengan BESS (Battery Energy Storage System), dan selebihnya dilakukan oleh jaringan listrik PLN dengan PV pada waktu beban puncak industri. Yang ketiga adalah skenario dengan PV dan koneksi jaringan listrik PLN dengan belanja modal (harga material) yang rendah, namun sesuai dengan kebutuhan. Dengan ketiga jenis skenario di atas maka digunakan perbandingan LCOE, NPV dan IRR sebagai acuan dari ketiga skenario dan diperoleh skenario ketiga yang memenuhi industri ini. Hal ini dibuktikan dengan hasil secara ekonomi yaitu, terdapat penurunan tarif harian menjadi sebesar $0,0817/kWh, IRR 7,6%, NPV $15,5M dan payback period 10 tahun ......This research aims to provide information and methodology that functions to reduce electricity costs in the industrial sector which previously used fossil fuel as electricity fuel by using renewable energy using the Homer application. This research uses photovoltaics installed on the roof of an industry in Bekasi, Indonesia, as time management for industrial peak loads. So that obtain the lowest price with the best system, several scenarios are used that use comparisons to obtain the most appropriate and useful results for this industry. The first scenario is implemented only with the PLN power grid without photovoltaics, or PV. The second scenario applies PV installed and working during industrial WBP (peak load times) with BESS (Battery Energy Storage System), and the rest is carried out by the PLN electricity network with PV at industrial peak load times. The third is a scenario with PV and PLN electricity grid connection with low capital expenditure (material prices) but in compliance with needs. With the three types of scenarios above, a comparison of LCOE, NPV and IRR is used as a reference for the three scenarios and a third scenario is obtained that meets this industry. This is proven by economic results, namely, there is a decrease in daily tariffs to $0,0817/kWh, IRR 7,6%, NPV $15,5M and pay back period 10 years.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Fadholi Adi Prabowo
Abstrak :
Fluktuasi dari harga minyak dan crude palm oil (CPO) pada dekade terakhir menyebabkan masyarakat beralih menggunakan energi baru. Solusi alternatif adalah energi terbarukan dan energi fosil lainnya. Opsi energi terbarukan membutuhkan waktu yang lama untuk penelitian potensi energi lokal. Sehingga, energi fosil lain yang dipilih sebagai solusi. Pembangkit yang lama masih menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar utama dan pembangkit yang baru dibangun memiliki spesifikasi dual fuel reciprocating engine. Mesin dual fuel dapat beroperasi dengan bahan bakar biodiesel atau gas untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit yang baru saat ini masih menggunakan biodiesel untuk operasi. Pada study ini, kajian ekonomi dari gas (LNG) sebagai bahan bakar utama akan dibandingkan dengan biodiesel. Total investasi dari fasilitas regasifikasi dan bahan bakar LNG akan dibandingkan dengan operasi dengan bahan bakar biodiesel selama 20 tahun. Variabel yang digunakan adalah capacity factor pembangkit, eskalasi beban listrik pelanggan, interest rate dan regasification cost. Metode analisis finansial IRR, NPV dan payback period digunakan untuk mengetahui kelayakan investasi fasilitas. Variabel tetap yang digunakan dalam perhitungan CAPEX, OPEX, kurs dollar, Kalori gas, heat rate, interest rate dan pajak. Hasil disebut layak jika tarif LNG dapat lebih rendah 20% dibanding tarif biodiesel (B20). Perhitungan analisis finansial terhadap fasilitas LNG dengan tarif regasifikasi $4,5/MMBtu menunjukan IRR 10,77%, NPV $16.611.452 dan payback period 12 tahun 9 bulan. Nilai IRR lebih besar dari Minimum Attractive Rate of Return (MARR) 10%. NPV bernilai $16.611.452 dan Payback period menunjukan investasi layak secara ekonomi. Alternatif menggunakan LNG dapat mengurangi biaya bahan bakar pembangkit. Eskalasi gas 3% pertahun memberikan tarif baru bahan bakar pembangkit sebesar Rp. 2.190/ kWh. Nilai tersebut memberikan pernghematan 22% dibandingkan tarif biodiesel sebesar Rp. 2.824/ kWh. Eskalasi gas 2% pertahun dapat memberikan pernghematan 27% /kWh. Eskalasi gas 1% pertahun dapat memberikan penghematan 31% / kWh. Hasil perhitungan biaya bahan bakar LNG dapat menghemat lebih dari 20% dibanding biodiesel. Kesimpulannya study finansial dari fasilitas regasifikasi LNG di lokasi ini adalah layak. ......The fluctuation of oil prices and crude palm oil (CPO) in the last decade challenges peoples to use new energy. Alternative solutions are renewable energy and other fossil energy. The renewable energy option needs more time studies in the local energy potential. Hence, another fossil energy is one of the solutions. The existing Power Plant used biodiesel as fuel, and the new Power Plant specification is dual fuel reciprocating engine. The dual-fuel engine can use biodiesel or gas to generate electricity. The new Power Plant still used Biodiesel (B20) for operation. In this study, the economic assessment of gas (LNG) as the primary fuel compared to biodiesel. Total investment cost of LNG Regasification Plant and LNG fuel cost compared to biodiesel operation expenditure cost for 20 years. The variables are a capacity factor, customer load escalation, interest rate, and regasification cost. Financial analysis method IRR, NPV, and Payback period used as investment feasibility of regasification plant. Fix variables consist of CAPEX, OPEX, Dollar rate, Gas Calorific Value, heat rate, interest rate, and Tax. The result is feasible if the LNG tariff lowers 20% than the biodiesel (B20) tariff. The financial analysis of the LNG plant used regasification tariff $4,5/MMBtu result are IRR 10,77%, NPV $16.611.452, and payback period 12 years 9 months. IRR’s value is higher than the Minimum Attractive Rate of Return (MARR) 10%. The NPV is $16.611.452 and the payback period of 12 years 9 months show the investment is economically justified. The alternative using LNG reduces fuel expenditure. Escalation of gas price 3% per year show new tariff of the power plant approx. Rp. 2190 / kWh. This value provided savings approx. 22% than biodiesel tariff Rp. 2.824/ kWh. Escalation of gas price 2% per year provided savings 27%/ kWh. Escalation of gas price 1% per year provided savings 31%/ kWh. The result of the LNG fuel price calculation provided savings of more than 20% from biodiesel fuel price. The conclusion is the study of the LNG regasification plant in Southeast Maluku is feasible.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>