Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Zhafarina Qashri
Abstrak :
Sepak bola adalah salah satu olahraga paling terkenal di dunia. Namun demikian, penelitian tentang nilai atlet bagi stakeholders sepak bola masih minim, padahal terbukti bahwa prestasi dan citra positif atlet dapat dipandang sebagai aset yang signifikan dan dapat berperan dalam keberhasilan usaha. Berfokus pada salah satu tim lokal di Indonesia, Madura United FC, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah memiliki atlet yang kredibel mengarah pada loyalitas merek dan komitmen berkelanjutan pada fans. Kuesioner dibagikan kepada 1.388 suporter Madura United FC. Dengan menggunakan SEM-PLS, temuan menunjukkan bahwa kepercayaan atau trustworthiness pada pemain bola mempunyai peran besar dalam meningkatkan kredibilitas merek sebuah klub sepak bola, sedangkan kredibilitas merek menjadi (1) faktor signifikan yang mempengaruhi komitmen berkelanjutan penggemar terhadap klub sepak bola, dan (2) faktor signifikan yang mempengaruhi kepuasan merek di sebuah klub sepak bola. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang betapa pentingnya kredibilitas merek bagi sebuah klub sepak bola. ......Football is one of the most known sports in the world. However, there is still a minimum research on the value of athlete to football stakeholders, while it is proven that athlete’s good performance and positive image might be seen as a significant asset and could play a role in the success of the business. Focusing on one local team in Indonesia, Madura United FC, this research aims to find out whether the relationship of having a credible athlete leads to brand loyalty and continuous commitment. Questionnaires were distributed to 1,388 Madura United FC fans. Using SEM-PLS, findings indicate that trustworthiness play a great role in increasing brand credibility of a football club, while brand credibility resulted to be (1) significant factor that affects fans’ continuance commitment to a football club, and (2) significant factor that affects brand satisfaction in a football club. Therefore, this study provides an insight of how important brand credibility is for a football club.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvin Wiradarma
Abstrak :
ABSTRAK
Industri sepakbola Eropa semakin berkembang dan telah menarik banyak perusahaan untuk melakukan kerja sama sponsor. Kerja sama ini dianggap menguntungkan bagi sponsor dalam upaya menarik penggemar klub sepakbola tersebut yang juga merupakan target pasar dari perusahaan sponsor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kerja sama sponsor You C 1000 dan Adidas dengan klub sepakbola Manchester United dalam meningkatkan brand credibility, brand attitude, dan purchase intention produk sponsor pada populasi masyarakat Indonesia. Mengacu pada teori Elaboration Likelihood Model, You C 1000 mewakili produk dengan sifat low consumer involvement sementara Adidas mewakili produk dengan sifat high consumer involvement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama sponsor yang diwakilkan oleh identifikasi penggemar akan klub favorit mereka pada produk sponsor secara signifikan dapat meningkatkan brand credibility dan brand attitude secara langsung, serta dapat meningkatkan purchase intention secara tidak langsung.
ABSTRACT
European Football Industry has been developing very fast and has attracted a lot of companies to do sponsorships. This kind of sponsorship is seen to be beneficial for sponsors to attract football club fans who also the target market for sponsor companies. This study aims to analyze the effect of football club sponsorships between You C 1000, Adidas, and Manchester United in increasing brand credibility, brand attitude, and purchase intention sponsors among Indonesian people. Referring to Elaboration Likelihood Model theory, You C 1000 serves as low consumer involvement product, while Adidas serves as high consumer involvement product. The results of this study show that football club sponsorship which is represented by fan identification of their favorite football club on sponsor rsquo s products may significantly increase brand credibility and brand attitude directly, and increase purchase intention indirectly.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library