Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vega Lavlinesia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan di Sekretariat Jenderal DPR RI Setjen DPR RI. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010, bahwa laporan keuangan pemerintah harus memenuhi kualitas sesuai karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan dan menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia SDM, kualitas teknologi informasi TI, Penelitian ini mengembangkan model dalam bentuk persamaan, dan dituangkan dalam hipotesis. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji model penelitian, dan uji hipotesis dilakukan dengan uji signifikansi, dan koefisien determinan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas SDM memberikan pengaruh tetapi tidak signifikan terhadap laporan keuangan, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran untuk mengelola SDM berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pengelola anggaran, dan penempatan SDM berdasarkan latar belakang pendidikannya. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa kualitas TI, SPI, dan intervensi negatif tidak memberikan pengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hal ini menarik untuk dicermati, karena berdasarkan penelitian dan tinjauan literatur menunjukkan bahwa TI dan SPI yang berkualitas memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Ketidaksesuaian yang terjadi di Setjen DPR RI disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk memanfaatkan TI, dan kurangnya kebutuhan atas SPI dalam pelaksanaan kerja organisasi karena SPI di Setjen DPR RI lemah. Intervensi negatif tidak memberikan pengaruh kepada kualitas laporan keuangan, karena SDM pengelola anggaran mengharapkan tidak terjadinya intervensi negatif dalam pengelolaan anggaran. ...... This study aims to determine the factors that affect the quality of the financial statements at the Secretariat General of the House of Representatives Setjen DPR RI. Based on Government Regulation PP number 24 of 2005 and Government Regulation PP No. 71 of 2010, that the government's financial statements must meet the appropriate quality of qualitative characteristics, that is relevant, reliable, comparable, and understandable. Factors that affect the quality of financial reporting and become independent variable in this study is the quality of human resources HR, the quality of the information technology IT, the quality of the internal control system SPI, and intervention. Data collect by distributing questionnaires to 70 people managing the budget, ranging from budget user to verifikatur, and staff officers of commitment makers in the Parliament Secretariat. of the 70 questionnaires distributed, 61 questionnaires that can be declared valid and worthy to be processed by using SPSS 22. This study develops a model in the form of the equation, and poured in a hypothesis. The results show that the quality of human resources, but no significant effect on the financial statements, this is due to lack of awareness to manage human resources based on the competencies that must be owned by budget managers, and HR placement based on educational background. Positive intervention results significant impact on the quality of the financial statements, it demonstrates the need for leadership roles and responsibilities in the implementation of the immediate supervisor as the manager of the budget. The test results also showed that the quality of IT, SPI, and negative intervention have no significant effect on the quality of financial reporting. It is interesting to observe, because it is based on research and review of the literature shows that the quality of IT and SPI provides a positive and significant effect on the performance of the organization. Mismatches that occur in the Parliament Secretariat is caused by a lack of understanding and awareness to take advantage of IT, and the lack of need for SPI in the implementation of the organization's work for SPI in the Parliament Secretariat is weak.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Julianti
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rancangan program review berbasis risiko atas pemeriksaan laporan keuangan pemerintah oleh Tim BPK RI dan KAP untuk Inspektorat Utama BPK-RI Itama . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Itama belum menggunakan pendekatan berbasis risiko dalam perencanaan penugasan. Dengan demikian, Peneliti mengusulkan rancangan program review berbasis risiko. Penelitian ini memfasilitasi penilaian risiko terkait pemeriksaan laporan keuangan pemerintah oleh Tim BPK RI dan KAP dengan melibatkan para Pemeriksa BPK selaku pemilik risiko. Hasil penilaian risiko menjadi dasar penentuan tujuan, ruang lingkup, kriteria, dan prosedur pengujian. Penelitian ini menghasilkan program review berbasis risiko di tengah keterbatasan sumber daya yang dimiliki Itama. ...... This research aims to propose a design of review program on audit of government's financial statement conducted by Supreme Audit Board and Public Accountant for The Comptroller of Supreme Audit Board. This is a qualitative research with descriptive analysis. The result shows that in preparing the engagement plan, The Comptroller has not used a risk based approach. Therefore, we proposed a risk based approach in designing the review program. We facilitated to arrange risk assessment and used it to determine the audit objective, audit scope, audit criteria, and audit procedures. This research produce a risk based review program in the midst of limited resources for The Comptroller.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renaldi Purnayudha
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan unit SPI pada Universitas X atas sistem informasi dalam mendokumentasikan kertas kerja audit dan mendesain rancangan dokumentasi kertas kerja audit secara elektronik yang terintegrasi dalam satu aplikasi database. Kertas kerja audit elektronik dirancang dengan model Framework For The Aplication of System Thinking (FAST). Dokumentasi kertas kerja audit dilakukan untuk mengumpulkan dokumen-dokumen selama melakukan kegiatan audit yang berasal dari sumber manapun dan memiliki hubungan dengan lingkup audit. Kegiatan audit dimulai dari perencanaan, survei pendahuluan, evaluasi pengendalian manajemen, pengujian substantif, pelaporan dan tindak lanjut hasil audit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan single case study. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang didapatkan. Implikasi Penelitian ini adalah memfasilitasi unit SPI agar pendokumentasian kertas kerja audit dilakukan secara elektronik dan terintegrasi sehingga dokumen kertas kerja audit tersebut lengkap dan terintegrasi. ...... The study aims to analyze the needs of the SPI unit at the X University for information systems in documenting the audit work papers and designing the electronic audit paperwork documentation that is integrated in one database application. Electronic audit paperwork designed with Framework For The Application Of System Thinking (FAST) model. Documentation of audit work papers is undertaken to collect documents during audit activities originating from any source and related to the scope of the audit. Audit activities start from planning, preliminary survey, evaluation of management control, substantive testing, reporting and follow up of audit result. The research method used is qualitative method with single case study approach. Methods of data collection were acquired by observation, interview and documentation obtained. The Implications of this research is to facilitate the SPI unit to document audit paperwork electronically and integrated so that the audit paperwork document is complete and integrated.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonarda Rena Mariska
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan waktu penyampaian laporan keuangan ke Bapepam. Faktor-faktor yang akan diteliti yaitu perubahan opini audit, laba tak terduga, biaya litigasi, dan penerapan PSAK 50 & 55. Perubahan opini audit akan dilihat dari peningkatan opini audit (opini menjadi lebih baik di tahun berikutnya) dan dari penurunan opini audit (saat opini menjadi lebih buruk di tahun berikutnya). Perusahaan yang menjadi sampel penelitian adalah 333 firm years industri keuangan di Indonesia. Periode penelitian yaitu tahun 2008-2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan opini audit akan mempercepat waktu penyampaian laporan keuangan. Laba tak terduga akan mempercepat waktu penyampaian laporan keuangan pada saat perusahaan menerima opini qualified. Sementara itu, laba tak terduga negatif akan lebih berpengaruh negatif terhadap perubahan waktu penyampaian laporan keuangan ke Bapepam dibandingkan laba tak terduga positif. Biaya litigasi dan penerapan PSAK 50 dan 55 tidak akan memengaruhi perubahan waktu penyampaian laporan keuangan ke Bapepam. ...... The purpose of this research is to analize the factors that affect the change in time of submission of financial statements to Bapepam. Audit opinion changes is seen if there is an improvement in audit opinion (opinion be better over the next year) and if there is deterioration in audit opinion (opinion be worse over the next year). This research used 333 firm years financial industry in Indonesia as a sample. The research period is 2008-2012. The results showed that improvement in audit opinion will accelerate time of submission of financial statement. An unexpected earning will affect the time of submission of financial statement when received qualified opinion. Meanwhile, negative unexpected earnings will affect more negative to change in time of submission of financial statement to Bapepam than positive unexpected earnings. Litigation cost and implementation of PSAK 50 & 55 will not affect change in time of submission of financial statements.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56060
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Puspa Dewi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran internal audit dalam pelaksanaan audit keselamatan bandar udara studi kasus pada PT Angkasa Pura II (Persero). Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu dengan membandingkan antara konsep, teori, dan standar dengan implementasi audit keselamatan. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan terhadap literatur yang mendukung, wawancara langsung pada unit perusahaan, serta pengamatan langsung atas dokumen pendukung. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa peran internal audit terhadap pelaksanaan audit keselamatan terlihat dari pelaksanaan audit atas risiko keselamatan yang bernilai tinggi, namun terdapat beberapa yang perlu disempurnakan. Adanya unit lain dalam organisasi bernama Airport Safety yang melakukan audit keselamatan selain internal audit, mengakibatkan pelaksanaan audit keselamatan menjadi kurang efektif dan efisien. Hasil penelitian menyarankan internal audit melakukan koordinasi dengan unit Airport Safety agar audit keselamatan lebih efektif dan efisien
study at PT Angkasa Pura II (Persero). This research used descriptive analysis method, by comparing the concepts, theories, and standards with the implementation of a safety audit. This research was conducted by collecting data through literature study of the supporting literature, direct interviews with company units associated with this research, This conclusion of this research, that the role of internal audit on the implementation of safety audits seen from safety audit conducted by a high safety risks, but there are still need an improvement. The existence of other units in the organization named Airport Safety who conduct safety audits in addition to internal audit, lead to the implementation of safety audits to be less effective and efficient. The researcher suggests internal audit units need to coordinate with the Airport Safety that safety audits are more effective and efficient
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library