Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferry Firmansyah
Abstrak :
Penelitian ini berupa kegiatan Business Coaching yang dilakukan terhadap CV Citra Grafika Mandiri yang berlokasi di Poris, Tangerang. Hasil dari serangkaian interview terstruktur kemudian dianalisis menggunakan beberapa teori analisis yakni STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, Porters 5 Forces, SWOT, gap analysis dan pareto analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dua masalah utama yang dihadapi oleh CV Citra Grafika Mandiri, yakni: 1) Belum tersedianya laporan keuangan yang rapi, dan 2) Perlunya analisis kelayakan investasi dalam pengembangan produk UMKM. Kegiatan Business Coaching ini diharapkan dapat membantu CV Citra Grafika Mandiri pada khususnya dan juga UMKM lain pada umumnya dalam meningkatkan kinerja usahanya. ......This research is in the form of Business Coaching activities that were conducted on CV Citra Grafika Mandiri which is located in Poris, Tangerang. The results of structured interviews were analyzed using several analytical theories namely STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, Porters 5 Forces, SWOT, gap analysis and pareto analysis. The results of the analysis show that there are two main problems faced by CV Citra Grafika Mandiri, which were: 1) The unavailability of financial statement, and 2) The need for an investment feasibility analysis in developing new product. This Business Coaching activity is expected to help CV Citra Grafika Mandiri in particular as well as other SMEs in general in improving their business performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53442
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marina Lauren
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi SA 701 di tahun pertama penerapannya dan apa saja kendala yang dihadapi auditor dalam implementasi SA 701 di tahun pertama penerapannya. Penelitian dilakukan pada salah satu KAP yang memiliki afiliasi global di Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan metode wawancara semi terstruktur dengan beberapa partisipan di salah satu KAP di Indonesia serta data sekunder dengan memperoleh peraturan dan memo internal yang dikeluarkan oleh KAP tersebut terkait imlementasi SA 701 kepada seluruh karyawannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAP ABC telah memiliki persiapan dan pelaksanaan implementasi SA 701 yang memadai. Kendala utama yang dihadapi oleh auditor adalah penyusunan tata bahasa dalam paragraf hal audit utama, penentuan tingkat signifikansi yang sifatnya subjektif, penyesuaian atas ritme kerja auditor dan biaya audit, serta masih ada perbedaan definisi emiten oleh IAPI dan OJK. ......This study aims to analyze how the implementation of AS 701 and describe the obstacles faced by auditors in implementing AS 701 in the first year of its adoption. The research was conducted at one of the Public Accounting Firms in Indonesia that has a global affiliation. This study used semi-structured interview with several participants in the firm and obtained regulations or internal memos issued by the firm regarding the implementation of AS 701 to all employees. The results showed that Public Accounting Firm ABC has had adequate preparation and execution of AS 701 implementation. The main obstacles faced by auditors are the preparation of the wording in the KAM paragraph, the subjective determination of the level of significance, adjustment to the auditor's work pace and audit fee, and there are still differences in the definition of listed company by IAPI and OJK.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Frendy Susanto
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan PSAK 16 (revisi 2011) dan PSAK 10 (revisi 2010) terhadap proses pelaporan keuangan pada PT “XYZ” sebagai perusahaan penerbangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis. Penelitian juga dilakukan dengan studi literatur, penelitian lapangan dengan cara wawancara dan pemeriksaan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PSAK 16 (revisi 2011) belum sepenuhnya dilakukan oleh Perusahaan dalam kebijakan akuntansi aset tetap. Sehingga Perusahaan perlu melakukan penelaahan kembali terhadap kebijakan akuntansi aset tetapnya. Selain itu untuk proses penjabaran laporan keuangan Perusahaan dengan pendekatan proses pengukuran kembali (re-measurement) menjadi Dolar Amerika Serikat, masih terdapat beberapa ketidaksesuaian dengan ketentuan dalam PSAK 10 (revisi 2010). ......This research was conducted to find out the implementation of PSAK No. 16 (revised 2011) and PSAK 10 (revised 2010) towards financial reporting process in PT “XYZ” as an airline company. The research methods used in this study is descriptive analysis. This research are also conduct with literature review, field research by interview and document examination. The result of this research indicate that the implementation of PSAK 16 (revised 2011) has not been fully implemented by the company in their accounting policy for fixed asset. Therefore the company need to review the accounting policy of fixed asset. Furthermore for the translation process of financial statement with re-measurement approach to convert to US Dollar in reporting currency, indicate that the process are still inappropriate with the requirement of PSAK 10 (revised 2010).
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agusmansyah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian mutu (SPM) atas kinerja pemeriksaan yang dilaksanakan pada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat. 6 (enam) komponen pada kinerja pemeriksaan yang dianalisis adalah perencanaan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan, supervisi & reviu, pelaporan hasil pemeriksaan, pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksan, dan evaluasi pemeriksaan. Selain itu, penelitian ini juga akan memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas penerapan SPM. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengevaluasi dokumen pelaksanaan SPM dan hasil wawancara dengan pelaksana SPM dan penilai SPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat telah menerapkan sistem pengendalian mutu namun, dalam pelaksanaannya masih perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan pemahaman tentang SPM bagi pemeriksa, pemenuhan kekurangan jumlah pemeriksa dalam susunan Tim Pemeriksaan, mengusulkan sistem manajemen mutu pada komponen pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan, dan penguatan pengawasan terhadap pelaksanaan SPM. Serta perlu dilakukan penyesuaian terhadap pelaksanaan SPM selama masa Pandemi Covid 19 dengan melakukan digitalisasi pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan. ......This study aims to evaluate the quality control system (SPM) for the performance of the audit of financial statements carried out at the BPK Representative of West Sulawesi Province. The six components in the audit performance analyzed are audit planning, audit implementation, supervision & review, reporting of audit results, follow-up monitoring of audit results, and audit evaluation. In addition, this thesis will also provide recommendations for improvements to improve the effectiveness of the implementation of SPM. This study used qualitative descriptive analysis by evaluating SPM implementation documents and the results of interviews with SPM implementers and SPM assessors. The results of this study show that overall the BPK Representative of West Sulawesi Province has implemented a quality control system but in its implementation it is still necessary to consider improving the understanding of SPM for auditors, fulfilling the shortage of auditors in the composition of the Audit Team, proposing a quality management system on the component of monitoring follow-up audit results, and strengthening supervision on the implementation of SPM. It is also necessary to make adjustments to the implementation of SPM during the Covid 19 Pandemic by digitizing the Audit Application System.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghitha Afifah Hurin
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengukuran kesuksesan atau efektivitas Integrasi Sistem Pelaporan Akuntansi yang bernama Aplikasi SPAN Konsolidasian dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Kriteria kesuksesan penerapan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean (1992, 2003). Sistem dikatakan sukses atau efektif apabila kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan dalam Aplikasi SPAN Konsoidasian membuat pengguna merasa puas dan manfaat penerapan sistem dirasakan oleh pengguna sistem. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis deskriptif yang bersifat kualitatif dimana sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner kepada 4 pengguna Aplikasi SPAN Konsolidasian dan satu orang tim pengembang Aplikasi SPAN Konsolidasian.  Berdasarkan hasil analisis data kualitatif, maka ditarik kesimpulan bahwa penerapan Aplikasi SPAN Konsolidasian sudah memuaskan pengguna sistem dan memberikan manfaat dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).
ABSTRACT
This study aims to measure the success or effectiveness of  the Integrated Accounting Reporting System called Aplikasi SPAN Konsolidasian in preparation of Central Government Financial Report (LKPP). The criteria used in this study is Delone and McLean Information Systems success model (1992,2003). The system is said to be successful or effective if information quality, system quality, and service quality of Aplikasi SPAN Konsolidasian creates user statisfaction and net benefit from the implementing of the system.  This study uses a descriptive analysis methodology that is qualitative in which the data sources are obtained from interviews and questionnaires to four Aplikasi SPAN Konsolidasian users and a member of IT developer. Based on the results of qualitative data analysis, it was concluded that Aplikasi SPAN Konsolidasian creates user statisfaction and benecifial in preparation of Central Government Financial Report (LKPP).
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akmal
Abstrak :
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang membahas tentang peran dari audit laporan keuangan terhadap keputusan berdonasi pada entitas crowdfunding. Penelitian bermetode campuran dengan pendekatan deskriptif menggunakan dokumentasi, survey dan dilanjutkan dengan wawancara. Hasilnya adalah laporan keuangan entitas crowdfund kitabisa memiliki peran sebagai bentuk akuntabilitas dan kredibilitas dari entitas. Adapun hasil penelitian mengungkapkan audit atas laporan keuangan kitabisa menjadi salah satu faktor bagi donatur dalam mengambil keputusan berdonasi dikarenakan adanya bounded rationality, yakni tiap manusia sebagai individu memiliki keterbatasan dalam pengambilan keputusan tergantung kemampuan masing-masing individu, ketidakpastian lingkungan dan waktu dan juga kompleksitas informasi yang tersedia. ......This research is a case study that discusses the role of financial statement audits on the decision to donate to crowdfunding entities. The research method is a descriptive approach using documentation, surveys and followed by interviews. The result is that the crowdfund entity financial statements having role as a form of accountability and responsibility of the entity. The results of the study also reveal that audits of financial statements can became one of many factors for donors in making decisions to donate because this pertains to bounded rationality, which is limitations of each human being as an individual in making decisions depending on the abilities of said individual, environment and the time uncertainty and complexty of available information.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Hendria
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai analisis pengendalian internal terhadap sub-siklus Joint Interest Billing yang merupakan salah satu bagian dari siklus pengeluaran perusahaan PT GHI, sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri minyak dan gas bumi di Indonesia dan berperan sebagai Non-operator. Dalam laporan ini secara lebih rinci dijelaskan mengenai aspek-aspek pengendalian internal yang diterapkan dalam pencatatan biaya atas laporan Joint Interest Billing. Berdasarkan observasi yang dilakukan, pengerjaan hardcopy document filing pernah dilakukan dengan tidak tepat waktu. Namun secara keseluruhan, penulis menilai PT GHI telah berhasil dalam menerapkan kerangka pengendalian COSO secara efektif pada sub-siklus Joint Interest Billing.
ABSTRACT
This report discusses the internal control analysis of the sub-cycle of Joint Interest Billing, which is a part of the expenditure cycle of PT GHI, a company that engaged in the oil and gas industry in Indonesia and serve as a Non-operator. This report further defines about application of internal control aspects in recording costs of Joint Interest Billing statement. Based on the result from observation, there is an occasion that hardcopy document filing is not timely done. But overall, the author assess PT GHI has succeeded in applying the COSO framework effectively on a sub-cycle of Joint Interest Billing.
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Suhardini
Abstrak :
Laporan magang ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang telah dilakukan oleh KAP QM atas penentuan faktor makroekonomi yang mempengaruhi estimasi penurunan nilai piutang usaha PT XYA per Desember 2022 dan menulis refleksi diri atas program magang yang dijalankan. PT XYA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk membandingkan kesesuaian proses audit yang dimiliki KAP QM dengan standar audit (SA) yang berlaku, yaitu SA 500 tentang Bukti Audit dan SA 540 tentang Audit Atas Estimasi Akuntansi, Termasuk Estimasi Akuntansi Nilai Wajar, dan Pengungkapan Yang Bersangkutan. Prosedur audit yang dibahas terbatas pada prosedur pengendalian yang berfokus pada asersi valuasi. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa prosedur audit KAP QM atas penentuan faktor makroekonomi yang mempengaruhi estimasi penurunan nilai usaha PT XYA sebagai bagian dari uji pengendalian telah sesuai dengan SA 500 dan SA 540. ......This internship report aims to evaluate the audit procedures that have been carried out by KAP QM on the determination of macroeconomic factors that affect the estimated impairment of PT XYA's trade receivables as of December 2022 and to write a self-reflection on the internship program being carried out. PT XYA is a company engaged in the telecommunications sector. The evaluation carried out aims to compare the suitability of the audit process owned by KAP QM with the applicable auditing standards (SA), namely SA 500 concerning Audit Evidence and SA 540 concerning Audits of Accounting Estimates, Including Fair Value Accounting Estimates, and Relevant Disclosures. The audit procedures discussed are limited to control procedures that focus on valuation assertions. Based on the evaluation carried out, it can be concluded that KAP QM's audit procedures for determining macroeconomic factors that affect the estimated impairment of PT XYA's business value as part of the test of controls are in accordance with SA 500 and SA 540.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Naufal Sirojul Mu'minin
Abstrak :
Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas praktik prosedur audit uji pengendalian yang dijalankan oleh KAP BDN terhadap akun penjualan PT DIN untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2022, berdasarkan pada teori serta standar audit yang berlaku. Prosedur uji pengendalian yang menjadi objek evaluasi adalah prosedur pencarian bukti audit yaitu inspeksi berupa vouching. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman melakukan kegiatan magang di Kantor Akuntan Publik (KAP) BDN. Berdasarkan hasil evaluasi, KAP BDN telah melaksanakan prosedur auditnya sesuai dengan teori serta standar yang berlaku yaitu Standar Audit (SA). Selain melakukan evaluasi terhadap prosedur audit, laporan ini juga berisi refleksi diri selama menjalankan kegiatan magang beserta rencana tindak lanjut dalam rangka pengembangan serta memperbaiki diri di masa depan. Hasil evaluasi refleksi diri menyimpulkan bahwa beberapa sifat serta potensi yang perlu diperbaiki ataupun dikembangkan dengan melatih manajemen waktu serta disiplin dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam audit. ......This internship report discusses the evaluation of audit procedures, test of controls conducted by an audit firm (KAP BDN) on PT DIN’s Sales accounts for the period that ended on December 31st, 2022, based on applicable theories and standards. The test of controls to be evaluated is the procedure to find audit evidence using the inspection method in the form of vouching. The report was made based on the writer’s internship experience in Kantor Akuntan Publik (KAP) BDN. The result of the evaluation shows that KAP BDN conducted its audit procedures in accordance with applicable auditing theories and auditing standards i.e., Standar Audit (SA). The report also presents the writer’s self-reflection gained from the internship program and the follow-up plans for future improvement. The self-reflection evaluation concludes that several attributes need to be improved such as time management and discipline and improve knowledge and skills about audit.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rachel Amabel
Abstrak :
Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit pengujian rinci atas akun utang dagang PT CLF Indonesia yang dilakukan oleh KAP ADR. Kegiatan usaha PT CLF Indonesia adalah memproduksi tabung laminasi yang dapat digunakan untuk berbagai segmen industri kesehatan dan perawatan pribadi. Prosedur audit yang dievaluasi dalam laporan ini berfokus pada tahap pengumpulan dan pengujian bukti audit atas akun utang dagang. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa prosedur audit pengujian rinci yang dilakukan oleh KAP ADR atas akun utang dagang PT CLF Indonesia secara keseluruhan telah sesuai dengan pemaparan teori dan standar audit yang berlaku dengan dua pengecualian. Dua pengecualian tersebut adalah penggunaan kurs yang kurang tepat dan tidak adanya prosedur konfirmasi eksternal. ......This internship report evaluates the audit procedures for tests of details of PT CLF Indonesia's accounts payable carried out by KAP ADR. PT CLF Indonesia's business activity is to produce laminated tubes that can be used for various segments of the health and personal care industry. The audit procedures’ evaluation in this report is focused on the collecting and testing of audit evidence on accounts payable. The evaluation result concluded that the audit procedures for tests of details carried out by KAP ADR on the account payables of PT CLF Indonesia as a whole are in accordance with the applicable theory and audit standards with two exceptions. The two exceptions are the use of inaccurate exchange rates and the absence of external confirmation procedures.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>