Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Niken Wahyuningrum
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang karakteristik pembiayaan musyarakah dalam
praktek perbankan syariah. Pembiayaan musyarakah merupakan suatu kerjasama
modal usaha antara bank dengan nasabahnya yang tidak dapat begitu saja
dilepaskan dari paradigma pembiayaan biasa. Oleh sebab itulah maka ketentuanketentuan
mengenai pembiayaan modal kerja pada umumnya juga diterapkan
dalam pelaksanaan pembiayaan musyarakah. Setiap pembiayaan yang diberikan
oleh bank kepada nasabahnya menimbulkan apa yang disebut sebagai risiko
pembiayaan, begitu juga hal nya dengan pembiayaan musyarakah. Risiko
dimaksud dalam pembiayaan musyarakah adalah kegagalan nasabah dalam
pengembalian porsi penyertaan modal bank dan/atau pembayaran bagi hasil yang
telah disepakati di awal terbentuknya akad musyarakah. Dalam hal terjadi
kegagalan bayar oleh nasabah, maka berdasarkan karakteristik pembiayaan
musyarakah, nasabah tidak diwajibkan mengembalikan porsi penyertaan modal
bank selama hal tersebut bukan dikarenakan oleh kelalaian Nasabah. Dan
selanjutnya bank harus turut menanggung kerugian tersebut secara proportional
sesuai porsi penyertaan modalnya.

Abstract
This thesis discusses the characterisrics of musharaka financing in Islamic
banking practices. Musharaka financing is a venture capital partnership between
banks and customers that can not simply be removed from the usual paradigm of
financing. That is why the terms and conditions regarding the working capital
financing in general is also applied in the implementation of musharaka financing.
Any financing provided by banks to their customers create what is called a risk
financing, as well as the Musharaka financing. Risks in the musharaka financing
is referred to the failure of customers in the bank's return on equity portion and /
or payment for an agreed outcome at the initial formation of Musharaka contract.
In the event of failure to pay by the customer, based on the characteristics of
Musharaka financing, a customer is not obliged to return the portion of bank
equity as long as it is not due to negligence of the customer . And then the bank
must also bear the losses are proportional according to the portion of equity
capital."
2012
T31863
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rininta Rahmadianti
"Persaingan yang ketat mendorong perusahaan untuk membangun manajemen hubungan pelanggan yang kuat untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penggalian informasi terkait dengan customer lifetime value (CLV) mendukung perusahaan untuk memperlakukan setiap pelanggan secara berbeda berdasarkan kontribusi pelanggan terhadap keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan nilai dari masing-masing kelompok pelanggan berdasarkan customer lifetime value menggunakan model length, recency, frequency, dan monetary (LRFM), sehingga memberikan wawasan bagi perusahaan untuk menghasilkan strategi retensi pelanggan yang sesuai. Dalam studi ini, CLV dievaluasi di perusahaan distribusi farmasi dan alat Kesehatan di Indonesia. Pertama, algoritma k-means diterapkan untuk melakukan klasterisasi pelanggan. Terdapat delapan klaster yang terbentuk dalam penelitian ini. Selanjutnya, metode analytic hierarchy process (AHP) digunakan untuk mendapatkan informasi terkait dengan bobot kepentingan model LRFM. Hasil perhitungan AHP menunjukkan bahwa frekuensi adalah variabel yang paling penting di sektor ini. Selanjutnya, CLV dihitung dan diberi peringkat untuk delapan klaster optimal yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klaster 3, klaster 6, dan klaster 8 adalah pelanggan yang paling bernilai bagi perusahaan. Pada tahap akhir, dilakukan penentuan jenis strategi retensi yang sesuai terhadap klaster yang terbentuk.

Dealing with intense competition encourages companies to build strong customer relationship management to maintain customer loyalty. Extracting information related to customer lifetime value (CLV) supports the company to treat each customer differently based on their contribution to the company profits. This study aims to identify the characteristics and values of each customer group based on customer lifetime value using the length, recency, frequency, and monetary (LRFM) model, hence providing insights for the company to generate suitable customer retention strategies. In this study, CLV is evaluated at the pharmaceutical and medical device distribution company in Indonesia. First, k-means algorithm was applied to cluster customers. There are eight clusters formed in this study. Subsequently, the analytic hierarchy process (AHP) method was used to gain information related to the weight of importance of LRFM model. AHP results demonstrated that frequency is the most important variable in this sector. CLV was finally calculated and ranked for the resulting eight optimum clusters. The results showed that cluster 3, cluster 6, and cluster 8 were the most valuable customers for the company. Appropriate retention strategies were also determined for the clusters formed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library