Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Santano Saleh Ksatriawisesa
"[
ABSTRAK Artikel ini membahas mafia yang berada dalam pemerintah dalam film Banlieue 13 Ultimatum karya Patrick
Alessandrin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bantuan teori-teori dari kajian sinema. Hasil
penelitian ini menyatakan bahwa melalui aspek naratif dan sinematografis ditemukan adanya mafia dalam suatu
pemerintahan sebuah negara. Pada hal ini secara tidak langsung mafia tersebut mendapatkan perlindungan dari
aparat negara untuk menjalankan misinya berupa penghancuran Banlieue 13 yang kemudian diganti dengan
tower baru dengan tujuan komersil. Kelompok tersebut melakukan segala cara seperti kekerasan dan ancaman
pembunuhan untuk mendatangkan keuntunganbagi kelompok mereka sendiri yang berdampak pada kerugian
negara.
ABSTRACT This article exposes the existence of mafia inside the government in movie entitled Banlieu 13 Ultimatum byPatrick Alessandrin, using qualitative method of research and theories about cinema studies. The results of thisresearch proved, based upon the narrative and cinematographic aspects, the existence of mafia inside agovernment of a nation. In this case, the mafia protected indirectly by the government to accomplish the mission of Banlieue 13's destruction for commercial tower building purpose. This certain group of mafia practiced variedmethod such as violence and death threat for its own selfish purposes, causing the nation to suffer;This article exposes the existence of mafia inside the government in movie entitled Banlieu 13 Ultimatum byPatrick Alessandrin, using qualitative method of research and theories about cinema studies. The results of thisresearch proved, based upon the narrative and cinematographic aspects, the existence of mafia inside agovernment of a nation. In this case, the mafia protected indirectly by the government to accomplish the mission of Banlieue 13's destruction for commercial tower building purpose. This certain group of mafia practiced variedmethod such as violence and death threat for its own selfish purposes, causing the nation to suffer, This article exposes the existence of mafia inside the government in movie entitled Banlieu 13 Ultimatum byPatrick Alessandrin, using qualitative method of research and theories about cinema studies. The results of thisresearch proved, based upon the narrative and cinematographic aspects, the existence of mafia inside agovernment of a nation. In this case, the mafia protected indirectly by the government to accomplish the mission of Banlieue 13's destruction for commercial tower building purpose. This certain group of mafia practiced variedmethod such as violence and death threat for its own selfish purposes, causing the nation to suffer]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Mareta Bella Puspita
"
ABSTRAKPerang Dunia merupakan salah satu tema yang banyak diangkat dalam perfilman Prancis. Salah satu film yang mengangkat periode pasca-Perang Dunia I adalah film Frantz karya François Ozon. Artikel ini membahas tentang perang, trauma dan cara para tokoh untuk melepaskan diri dari kenangan buruk akan kematian akibat perang, khususnya yang melibatkan konflik antara Prancis dan Jerman yang direpresentasikan melalui tokoh Frantz. Metode kajian sinema dari Boggs dan Petrie digunakan untuk memaparkan struktur naratif film melalui analisis alur, penokohan dan latar. Selain itu, aspek sinematografis dengan analisis dialog dan mise en scène juga digunakan untuk memperlihatkan memori dan trauma yang dialami para tokoh. Konsep trauma perang dari Nigel C. Hunt digunakan untuk memperlihatkan bahwa trauma yang disebabkan oleh perang dapat mengubah pola pikir dan tingkah laku masyarakat. Hasil analisis memperlihatkan bahwa trauma akibat perang tidak hanya berdampak bagi individu, tetapi juga berdampak bagi masyarakat luas, menjadi memori kolektif yang sulit dihapuskan. Setiap usaha untuk menghapus dan membebaskan diri dari trauma perang akan berbeda tergantung penyebab dan dampak trauma tersebut.
ABSTRACTWorld War is one of the themes that often appear in French films. One of the films that convey the post-World War I period is the film of Frantz by François Ozon. This article discusses war, trauma and how the characters escape from bad memories of death due to war, especially those involving conflicts between France and Germany that represented by Frantz. The Boggs and Petrie cinema study methods is used to describe the narrative structures of the film through analysis of plot, characterizations and settings. In addition, cinematographic aspects with dialogue analysis and mise en scène are also used to show the memory and trauma experienced by the characters. The concept of war trauma from Nigel C. Hunt is used to show that trauma caused by war can alter people's mindsets and behaviors. The analysis shows that the trauma caused by war not only affects individuals, but also affects the wider community, becoming a collective memory that is difficult to forget. Every effort to cure and free yourself from the trauma of war will differ depending on the cause and impact of the trauma."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rafina Diaswari
"
ABSTRAKDalam film Le Fabuleux Destin d rsquo;Am lie Poulain, penyajian warna dilakukan secara berulang pada setiap sekuennya. Penyajian warna ini mengiringi kemunculan serta kondisi emosional dari tokoh utama, yaitu Am lie. Warna ditempatkan tidak hanya pada latar saja tetapi juga pada kostum Am lie. Tulisan ini membahas hubungan antara kemunculan warna dalam film dan penokohan tokoh utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa warna memiliki fungsi representatif yang berarti bahwa warna dapat mewakili emosi dari tokoh utama.
ABSTRACT
In Le Fabuleux Destin d rsquo Am lie Poulain, the presentation of color is repeated on each of its sequences. This presentation of color accompanies the appearance as well as the emotional state of the main character, Am lie. Color placed not only in the background but also on Am lie rsquo s costumes. This paper discusses the relation between the appearance of colors in the film and characterization of the main character. The result shows that color has a representative function, which means that color can represent the emotions of the main character."
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library