Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Leo Agung Satrio
Abstrak :
ABSTRAK
Internasionalisasi sebagai strategi untuk merambah pasar internasional telah banyak digunakan oleh Perusahaan Multinational. Skripsi ini bertujuan untuk mendorong Perusahaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memasuki pasar internasional melalui strategi aktivitas export dan pemodalan modal ventura. Strategi dalam memasuki pasar internasional tersebut akan dianalisa melalui empat factor pendukung berdasarkan Dunning’s electic theory, yaitu: besarnya perusahaan, pengalaman internasional, risiko Negara dan jarak geografis. Skripsi ini menjelaskan bahwa aktivitas export dan pemodalan modal ventura mempunyai keunggulan dan kerugian dalam masing-masing strategi bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Setiap factor pendukung memberikan efek positif dan negative dalam menggunakan kedua trategi tersebut. Konklusi pada skripsi ini menyatakan bahwa aktivitas export dan pemodalan modal ventura dapat diterapkan kedalam Usaha Kecil dan Menengah jika mereka memenuhi karakteristik yang berdasarkan empat factor pendukung (besarnya perusahaan, pengalaman internasional, risiko Negara dan jarak geografis).
ABSTRACT
Internationalization as the strategy that is used by Multinational Enterprises (MNEs) has been widely used to reach international markets. The literature research in this thesis will encourage Small and Medium-sized Enterprises (SMEs) in entering international markets. This research expects that SMEs will use exporting activity and international joint venture for their entry mode strategy. Furthermore, those entry mode strategies are expected to be influenced by four factors derived from Dunning’s eclectic theory, such as: firm size, international experience, country risk and geographical distant. The literature studies in this research found that exporting activity and international joint venture have their own advantages and disadvantages to be applied as an entry mode strategy for SMEs. Each influencing factor gives both positive and negative consequences in using exporting activity and international joint venture. Therefore, this research concludes that exporting activity and international joint venture may be fit for SMEs if they meet the characteristics based on four influencing factors (firm size, international experience, country risk and geographical distant).
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library