Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ozi Fakhrurrozi
"Masyarakat adat Baduy-Dalam merupakan masyarakat adat yang masih taat terhadap aturan adat (Pikukuh). Tradisi leluhur mereka masih diwariskan secara lisan. Pemanfaatan sumber daya alam khususnya tumbuhan papan oleh masyarakat Baduy-Dalam harus sesuai dengan aturan adat. Pengetahuan lokal tersebut harus didokumentasikan supaya tidak terdegradasi oleh perkembangan zaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan papan yang dimanfaatkan. Penelitian ini telah dilakukan sejak bulan Agustus 2020 hingga Oktober 2020. Data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur close ended, open ended, dan observasi partisipatif. Informan kunci berjumlah 8 orang dan responden umum adalah 10% dari jumlah penduduk yaitu 128 orang laki-laki. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menghitung nilai Use Value (UV), Index of Cultural Significance (ICS), dan Local User’s Value Index (LUVI). Spesies yang dimanfaatkan oleh masyarakat Baduy-Dalam adalah 26 spesies dari 9 famili. Gigantochloa apus memiliki nilai UV tertinggi (4,77), ICS tertinggi adalah Gigantochloa verticillata (64). Komponen atap pada masyarakat Cibeo memperoleh nilai LUVI tertinggi (20,41%), sedangkan pada masyarakat Cikeusik komponen tiang memperoleh nilai LUVI tertinggi (19,33%). Masyarakat adat Baduy-Dalam mengenal tujuh jenis lanskap dengan karakter yang berbeda. Lanskap di Baduy-Dalam terdiri atas Huma (ladang), Jami (bekas ladang), Rheuma ngora (lahan yang diistirahatkan sekitar 3 tahun), Rheuma kolot (lahan yang diistirahatkan sekitar 5-7 tahun), Cai (Sungai), Leuweung lembur (Pekarangan), dan Leuweung kolot (hutan lindung). Hasil analisis vegetasi diperoleh dari lanskap kampung Cibeo, Cikertawana, dan Cikeusik. Leuweung kolot adalah lanskap sumber perolehan tumbuhan papan.

Inner Baduy indigenous community are one of the indigenous peoples who still adhere to customary rules (Pikukuh). The ancestral traditions that became the culture in his life were still passed down orally. Using plants for material indigenouse houses by Inner Baduy community must be in accordance with the customary rules. This indigenouse knowledge must ensure that it is not degraded by the times. The purpose of this study was to see the diversity of used material house plants. This research was conducted from August 2020 to October 2020. The data were obtained through semi-structured, closed interviews, and participatory observation. Total of informant are 8 informants and general respondents are 10% of the population, consist are 128 men. The data of qualitatif was analyzed by deskriptif while the data of quantitatif was analyzed with calculate the Use Value (UV), Index of Cultural Significance (ICS), and Local User’s Value Index (LUVI). Species who was utilize by Inner Baduy society are 26 species from 9 family. Gigantochloa apus got the highest of UV (4,77), the highest of ICS is Gigantochloa verticillata (64). The roof componene in Cibeo community got the highest of LUVI (20,41%), whereas at Cikeusik community the component of pole got the highest of LUVI (19,33%). Inner Baduy indigenous people recognize seven types of running and being managed based on the characteristics of each. The landscape in Inner Baduy consists of Huma (fields), Jami (former fields), Rheuma ngora (lands that are rested for about 3 years), Rheuma kolot (lands that are rested for about 5-7 years), Cai (river), Leuweung lembur (Yard), and Leuweung kolot (protected forest). The results of the vegetation analysis were obtained from Cibeo, Cikertawana and Cikeusik village. Leuweung kolot is the most important as the source of the material house plants."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pemgetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maikel Simbiak
"Telah dilakukan suatu studi etnoekologi untuk mengungkap hubungan suku asli di sekitar
kawasan Taman Nasional Wasur (TNW) dengan lanskap budaya mereka melalui tiga
sumbu pendekatan etnoekologi yaitu kosmos (sistem kepercayaan), corpus (pengetahuan
ekologis), dan praxis (pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya). Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui kombinasi metode ekologi, antropologi, dan linguistik.
Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara semi-struktural, diskusi kelompok
terfokus (DKT), metode distribusi kerikil, dan survei lapangan dengan teknik walktransect
and free-listing serta observasi bebas. Hasil studi mengungkapkan bahwa suku
asli di sekitar kawasan TNW memiliki dasar penguasaan lanskap budaya yang diinisiasi
oleh kosmos yang juga mempengaruhi corpus serta praxis. Corpus suku asli di sekitar
kawasan TNW tentang etnoekotop (satuan-satuan lanskap utama) menunjukan kesamaan
konsep berdasarkan fisiografi kawasan yang sama dari dataran rendah aluvial yang secara
musiman dipengaruhi genangan air. Corpus suku asli tentang asosiasi vegetasi dengan
masing-masing etnoekotop diidentifikasi secara perseptual berdasarkan persepsi budaya
dan alamiah berdasarkan indikator spesies. Praxis suku asli dipengaruhi oleh kosmos
melalui hubungan Dema-totem-klan yaitu suatu struktur dasar komunitas suku asli yang
berhubungan dengan mitologi asal-usul yang mengatur pengelolaan dan pemanfaatan
sumber daya hayati sehingga terbentuk suatu tatanan kehidupan yang harmonis. Praxis
suku asli juga dipengaruhi kosmos dengan adanya penentuan areal-areal sakral, sistem
sasi (sar), dan aktivitas budidaya tumbuhan simbolik. Dalam hubungan budaya dengan
lingkungan, aktivitas subsisten suku asli tidak secara mutlak dipengaruhi oleh
lingkungan. Mereka mampu mengembangkan teknologi adaptasi melalui pengetahuan
yang diperoleh dari pemahaman tentang alam lingkungan mereka
An ethnoecological study has been carried out to reveal the relationship of indigenous
tribes around the Wasur National Park (WNP) area with their cultural landscape through
three axes of an ethnoecological approach, namely kosmos (belief system), corpus
(ecological knowledge), and praxis (resource management and utilization). The data in
this study were obtained through a combination of ecological, anthropological, and
linguistic methods. Data collection was obtained through semi-structural interviews,
focus group discussions (FGD), pebble distribution methods (PDM), and field surveys
using walk-transect and free-listing techniques as well as free observation. The results of
the study reveal that the indigenous tribes around the WNP area have a basic mastery of
the cultural landscape initiated by the kosmos which also affects the corpus and praxis.
The corpus of indigenous tribes around the WNP area regarding ethnoecotopes (main
landscape units) shows a similarity in concept based on the physiography of the same area
of the alluvial lowlands which are seasonally influenced by waterlogging. Indigenous
corpus about vegetation association with each ethnoecotope identified perceptually based
on cultural and natural perceptions based on species indicators. Indigenous Praxis is
influenced by the kosmos through the Dema-totem-clan relationship, which is a basic
structure of indigenous tribal communities associated with the mythology of origins
which regulates the management and use of biological resources so as to form a
harmonious life order. Indigenous praxis is also influenced by the kosmos by determining
sacred areas, the sasi system (sar), and symbolic plant cultivation activities. In the
relationship between culture and environment, the subsistence activities of indigenous
people are not absolutely influenced by the environment. They are able to develop
adaptation technologies through knowledge gained from an understanding of their natural
environment."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library