Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Septania Wardah Zakiyah
Abstrak :
Penelitian ini membahas profil kesalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Objek yang diteliti adalah produksi tulisan yang dihasilkan oleh mahasiswa program studi Bahasa Indonesia di Tokyo University of Foreign Studies. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil kesalahan dalam produksi tulisan dilihat dari segi tataran fonologis, morfologis, dan sintaksis. Tujuan lainnya adalah mendeskripsikan keterkaitan antara profil kesalahan dengan latar belakang bahasa ibu pembelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwabahasa ibu pembelajar pengaruh yang kuat sistem bahasa kedua. Pembelajar cenderung menjadikan bahasa ibu mereka sebagai satu-satunya acuan yang dapat diandalkan dalam proses pembelajaran bahasa kedua.
This study examines errors in second language learning. The object of this study are writings of students in Tokyo University of Foreign Studies. The purpose of this study is to identify errors in writings by assigning the items into different linguistic levels: phonological, morphological, syntactical. Another purpose is to describe the connection between errors and learners' native language. It is found that the native language of learners exerts a strong influence on the acquisition of the second language system.The learners tend to use their native language as the only reference to relied on second language learning.
2014
S57985
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Listiyaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Human error merupakan salah satu sifat alami yang dimiliki oleh manusia (human nature) sehingga setiap harinya manusia pasti selalu mengalami error. Namun biasanya konsekuensi dari human error ini biasanya relatif kecil (minor) sehingga sering diabaikan. Namun pada kondisi tertentu human error dapat menimbulkan konsekuensi yang lebih serius (major), misalnya saja ialah human error yang terjadi pada chemical process industry, nuclear power, health care, dan tentu saja dalam penerbangan (aviation).

Menurut penelitian Alabama & Northwest Florida Filght Standards District Office, tingkat kesalahan manusia (human error) pada bidang Air Traffic Control menduduki persenatase 90%. Selain itu banyak kasus kecelakaan penerbangan yang menganggap Air Traffic Controller yang bersalah dan menduga sebagai penyebab kecelakaan, tidak ada kontribusi ?Pilot Error? .

Desain studi dalam penelitian ini bersifat campuran (mix), di mana di dalamnya dilakukan baik pendekatan kualitatif maupun kuantitatif sekaligus. Unit kajian ialah mendapatkan besaran persentase dari masing-masing jenis ketidaksesuaian interaksi dalam perspektif ergonomik dan unsur human error . Pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendapatkan kajian terkait unsur human error yang terjadi dengan task analysis.

Hasil kajian menunjukkan bahwa kejadian human error di bidang ATC Bandar Udara Soekarno-Hatta memang cukup tinggi dengan persentase skill based error 77,2%, perceptual error 62,3%, decision error 71,1%. Sedangkan untuk hasil ketidaksesuaian faktor peralatan (mechanical failure), lingkungan (environment), psikologis (beban kerja mental) masing-masing mencapai 93,9%, 94,7% dan 91,2%.
ABSTRACT
Human error is one of nature which is owned by a man (human nature) so that every day human being must always be in error. But usually the consequence of human error is usually relatively small (minor) so often overlooked. However, in certain conditions of human error can cause more serious consequences (major), such is human error that occurs on the chemical process industry, nuclear power, health care, and of course in aviation (aviation). According to research Alabama & Northwest Florida Filght Standards District Office, the degree of human error (human error) in the field of Air Traffic Control persenatase 90% occupied. In addition, many aviation accident cases are considered Air Traffic Controllers who are guilty and the suspect as the cause of the accident, there is no contribution "Pilot Error".

Design studies in this research are mixed (mix), where it performed well in qualitative and quantitative approaches as well. Unit of study is getting a percentage of the amount of each type of mismatch interaction in perspective ergonomics and human error element. Descriptive qualitative approach to obtain relevant study elements of human error that occurs with task analysis.

The study results showed that the incidence of human error in ATC Soekarno- Hatta Airport is quite a high percentage of 77.2% skill based errors, perceptual errors 62.3%, 71.1% decision error. As for the discrepancy factor of equipment (mechanical failure), environment (environment), psychological (mental workload) respectively reached 93.9%, 94.7% and 91.2%.;
2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Apriastuti Puspitasari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi human error pada kejadian kecelakaan Direktorat Logistik & Ekspor PT Holcim Indonesia, Tbk tahun 2010. Secara khusus penelitian ini menganalisis unsafe acts dan aspek prakondisi yang berkontribusi pada kejadian kecelakaan akibat human error, dengan menggunakan framework Human Factors and Classification System. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pengumpulan data primer berupa in depth interview & observasi, serta pengumpulan data sekunder dari hasil investigasi kecelakaan & telaah dokumen perusahaan. Distribusi kejadian kecelakaan juga dilihat berdasarkan jenis kecelakaan, umur, masa kerja pengemudi, waktu dan tempat kejadian. Yang paling signifikan dari unsafe acts berupa skill-based error akibat kelelahan, routine violation pada perilaku pengemudi yang tidak tertib, serta exceptional violation berupa temuan kondisi kendaraan yang tidak standar & tidak adanya pengawas lapangan. Sedangkan yang paling signifikan dari aspek prakondisi berupa kondisi operator akibat keterbatasan fisik pengemudi, dan faktor personel yakni manajemen sumber daya personelnya. Selain itu didapatkan hasil bahwa kecelakaan tahun 2010 paling banyak terjadi di dalam plant. The objective of study is to analyze the contribution of human error in accident at Logistic & Export Directorate Narogong Plant PT Holcim Indonesia, Tbk 2010. Specifically, this study analyzes Unsafe Acts dan Precondition for Unsafe Acts that contribute accidents, using Human Factors and Classification System framework. Using qualitative method, the primary data is collection of in depth interview results & observation, and the secondary data is collection of accident investigation & review comporate documents. Distribution of accidents are also considered by type of accident, age, experience, time and place of occurrence. The most significant results of unsafe acts are skill-based error due to fatigue, routine violation on driver behavior which is not discipline, and exceptional violation findings at non-standard vehicle condition & lack of field supervisors. While the most significant aspects in precondition for unsafe acts are condition of operator due to the driver?s physical limitations and personnel factor especially in crew resource management condition. In addition, it showed that most of the accidents 2010 occurred in the plant.
Depok: Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irwan Katili
Abstrak :
This paper presents an application of the DKMQ24 element for error estimation using error estimator Z2 and various recovery methods such as Averaging (AVR), Projection (PROJ) and Superconvergent Patch Recovery (SPR). The stresses found by using these recovery methods were compared to the reference solution. It was found that the AVR and SPR methods gave better results than PROJ method.
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2017
UI-IJTECH 8:6 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Dalam suatu pengiriman pesan melalui media komputer, dapat terjadi gangguan yang menyebabkan adanya error dalam pesan yang diterima. Untuk mengatasi error tersebut, digunakan suatu kode yang disebut errorcorrecting code. Salah satu contoh error-correcting code yang sederhana adalah kode Hamming.

Kode Hamming merupakan himpunan error-correcting code yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengoreksi bit error yang dapat terjadi saat data komputer dipindahkan atau disimpan. Kode Hamming yang paling sering digunakan adalah kode Hamming (7,4) dan kode Hamming (8,4). Kode Hamming (7,4) adalah kode yang menyandikan 4 data bit menjadi 7 bit dengan menambahkan 3 parity bits. Dan kode Hamming (8,4) merupakan perluasan dari kode Hamming (7,4), yaitu dengan menambahkan satu parity bit lagi, sehingga kode ini menyandikan 4 data bit menjadi 8 bit dengan menambahkan 4 parity bits.

Kode Hamming (7,4) hanya dapat digunakan untuk mengoreksi 1-error, sementara kode Hamming (8,4) dapat digunakan untuk mengoreksi 1-error dan mendeteksi 2-error.
Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Agus Setianto
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Produk Domestik Bruto (PDB), harga relatif dan nilai tukar terhaclap jurnlah penawaran ekspor cokclat Indonesia ke Malaysia dalam jangka panjang dan jangka pendck. Periode penelitian ini adalah dari tahun 1995 sampai dengan tahun 2006 dengan menggunakan data lcuartalan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji kointegrasi prosedm' Johansen untuk melihat hubungan jangka panjang dari selumh variabel dan Error Correction Model (ECM) unluk estimasi hubungan dalam jangka pendek.

Dari hasil uji koinlegrasi dan ECM clapat diketahui bahwa ada perbeciaan perilaku (pengaruh) dari variabel penjelas (PDB, harga relatif dan nilai tukar) terhadap varibel terikat (jumlah ekspor cokelat Indonesia ke Malaysia) dalam jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka panjang seluruh variabel penjelas memberikan pengaruh yang positif dan signifnkan terhadap peningkatan jumlah ekspor cokelat Indonesia ke Malaysia. Sementara dalam jangka pendek, variabel harga relatif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkalan jlmalah ekspor cokelat Indonesia ke Malaysia walaupun mempunyai arah yang positif.
2007
T34481
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ashari
Abstrak :
[ABSTRAK
Tugas akhir ini membahas mengenai Neural Network yang diaplikasikan dalam simulasi pengendalian plant. Plant yang digunakan adalah Pressure Process Rig 38-714. Pengendali yang digunakan adalah pengendali yang bekerja dengan nilai masukan berupa nilai eror dari nilai keluaran plant yang dibandingkan dengan nilai keluaran referensi. Kesuksesan percobaan ditinjau dari seberapa bagus keluaran plant yang dipasang pengendali ketika dibandingkan dengan sinyal referensinya dan ketahanannya terhadap gangguan. Hasil percobaan menunjukkan NN dengan metode Backpropagation memberikan performa yang baik walaupun diberi gangguan dengan batasan nilai tertentu.
ABSTRACT
This project discuss about the application of Neural Network in a simulation as a controller of a plant. Pressure Process Rig 38-714 is used as the plant. Error based NN is used as the controller. The controller’s input is the error signal from the output signal of plant compared to reference signal. The success rate is viewed by the similarity of the output of plant compared to the reference signal amd their robustness against noise. The testing result shows that NN based on backpropagation method has a great performance and robustness when there is noise., This project discuss about the application of Neural Network in a simulation as a controller of a plant. Pressure Process Rig 38-714 is used as the plant. Error based NN is used as the controller. The controller’s input is the error signal from the output signal of plant compared to reference signal. The success rate is viewed by the similarity of the output of plant compared to the reference signal amd their robustness against noise. The testing result shows that NN based on backpropagation method has a great performance and robustness when there is noise.]
2015
T44464
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novian Dennis Margiyantoro
Abstrak :
ABSTRAK
Manusia dalam kesehariannya merupakan elemen dari sebuah sistem, di dalam sistem tersebut terdapat elemen atau unsur lain yang saling berinteraksi. Interaksi ini kemudian membentuk suatu jaringan yang kompleks (Complex Sociotechnical System). Manusia pada dasarnya memiliki kelemahan maupun batasan kemampuan dan tidak jarang melakukan kesalahan atau kelalaian. Dengan demikian perlu dipelajari keterbatasan dan kehandalan yang dimiliki oleh manusia, sehingga pada akhirnya dapat dirancang suatu sistem yang dapat mencegah terjadinya potensi kesalahan yang dilakukan oleh manusia (Human Error). Terdapat beberapa metode untuk menilai human error (Human Error Assessment). Dari beberapa metode human error assessment yang tersedia, penulis memilih beberapa metode human error assessment yang digunakan dalam penelitian berdasarkan tingkat kemudahan dalam implementasi di industri manufaktur ban luar sepeda motor, tetapi hal ini tidak mengurangi dari tujuan dan hasil penelitian yang dilakukan. Metode human error assessment yang digunakan yaitu HEART (Human Error Assessment & Reduction Technique), SPAR-H (Standardized Plant Analysis Risk - Human), HECA (Human Error Criticality Analysis) dan FTA (Fault Tree Analysis). Tujuan metode HEART, SPAR-H dan HECA yaitu untuk melihat potensi atau kemungkinan human error di suatu area kerja dengan output yaitu Value HEP (Human Error probability), sedangkan metode FTA berfungsi untuk menganalisis potensi - potensi kecelakaan kerja apa saja yang dapat terjadi di suatu area kerja. Setelah dilakukan penelitian dan implementasi ketiga metode human error assesment di industri manufaktur ban luar sepeda motor maka penelitian ini menghasilkan perbandingan kelebihan dan kekurangan dari ketiga metode human error assessment (HEART, SPAR-H dan HECA), selain itu penelitian ini menghasilkan area kerja mana saja yang memiliki potensi kecelakaan kerja terbesar hingga terkecil, dengan demikian dapat dilakukan preventive action sebagai salah satu upaya pencegahan dalam menekan tingkat kecelakaan kerja di suatu area kerja. Harapan penulis untuk penelitian selanjutnya, ketiga metode human error assessment ini dapat terus dikembangkan sehingga dapat meningkatkan keakurasian dalam memprediksi dan meminimalisir potensi kecelakaan kerja di suatu area kerja
ABSTRACT
Humans in their daily life is an element of a system, in the system there is an element or another element interacting. This interaction then forms a complex network (Complex sociotechnical System). Humans basically have weaknesses and limits the ability and often make mistakes or omissions. It is thus necessary to learn the limitations and reliability that of humans, so that in the end can be designed a system that can prevent potential mistakes made by humans (Human Error). There are several methods for assessing human error (Human Error Assessment). Of some human error assessment methods available, the author chose some human error assessment methods used in the study is based on the level of ease of implementation in the tire manufacturing industry outside the motorcycle, but this does not detract from the purpose and results of research conducted. Human error assessment method used is HEART (Human Error Assessment and Reduction Technique), SPAR-H (Standardized Plant Analysis Risk - Human), HECA (Human Error Criticality Analysis) and FTA (Fault Tree Analysis). Objective methods HEART, SPAR-H and HECA is to see the potential or possibility of human error in a work area with an output of Value HEP (Human Error probability), whereas the FTA methods used to analyze the potential - the potential for any workplace accidents that can occur in the work area. Having done the research and implementation of these three methods for human error assessment in the tire manufacturing industry outside the motorcycle, this study generates comparative advantages and disadvantages of the three methods for human error assessment (HEART, SPAR-H and HECA), in addition, this research produced any work area that has the potential for workplace accidents largest to smallest, so do preventive action as one of the preventive efforts in suppressing the rate of occupational accidents in the work area. Hope writer for further research, three methods of human error assessment can be developed so as to improve the accuracy in predicting and minimizing the potential for workplace accidents in the work area
2016
T45758
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bukhori
Abstrak :
ABSTRAK
Aktivitas rig up lokasi well service PT. Pertamina EP Region Jawa Field Jatibarang dapat berpotensi terjadi kecelakaan berupa kerusakan peralatan rig, maupun fatality pada manusia yang dilakukan oleh operator rig. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui probabilitas terjadinya human error dan violation pada aktivitas rig up yang dilakukan oleh operator rig. Skill, rule dan knowledge base error merupakan klasifikasi yang dipengaruhi oleh jenis informasi yang terlibat dalam kegiatan industri yang dikembangkan oleh J Rasmussen. Menurut Reason, terjadinya tindakan violation adalah keputusan secara sadar, sedangkan error terjadi terlepas dari kehendak seseorang untuk menghindari. Probabilitas terjadinya potensi human error dan violation yaitu ketika operator rig melakukan tahapan task yang salah selain standard operating procedure. Sekitar 63,9% probabilitas rule based error dari 111 tahapan task rig up. Bagi perusahaan lakukan training, pengawasan, review standard operating procedure, dan inspeksi. Bagi operator rig meningkatkan komunikasi dua arah secara jelas antara operator rig dan sinyalman. Bagi peneliti lain sebagai referensi melakukan kajian error dan violation pada rig pemboran.
ABSTRACT
Rig up Activity on well service locations PT. Pertamina EP Region Jawa Field Jatibarang could potentially accident rig equipment damage, or fatality in humans conducted by the rig operator. The purpose of this study is to investigate the probability the potential of human error and violation rig up on the activities carried out by the rig operator. Skill, rule and knowledge base classification error is influenced by the type of information involved in industrial activities developed by J. Rasmussen. According to Reason, the act of violation is a conscious decision, while the error occurs regardless of the will of a person to avoid. Probability the potential of human error and the potential violation is when the rig operators did the wrong stage of the task in addition to standard operating procedure. Approximately 63.9% chance of error of rule-based task rig up 111 steps. For companies doing training, supervision, review standard operating procedure, and inspection / standardization. For rig operators improve two-way communication between the operator clearly and signalman rig. As a reference for other researchers to study error and violation on the drilling rig.
2012
T30932
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rasbin
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor speculative bubbles dan nkk premium mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di Indonesia dan kuartal 3 tahun 1998 sampai dengan kuartal 4 tahun 2006 baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pada penelitian ini digunakan 3 (tiga) jenis variabel yaitu variabel fundamental yang dapat diobservasi Iangsung, variabel fundamental yang tidak dapat diobservasi Iangsung, dan variabel ekspektasi nilai tukar rupiah di masa depan (untuk mengindikasikan ada tidaknya speculative bubbles). Variabel fundamental yang tidak dapat diobservasi Iangsung meliputi shock to money demandlndonesia dan Amerika Serikat, risk premium, nilai tukar riil, sedangkan variabel fundamental yang dapat diobservasi Iangsung mellputi perbedaan jumlah uang beredar antara Indonesia dan Amerika Serikat dan perbedaan tingkat output antara Indonesia dan Amerika Serikat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kointegrasi prosedur Johansen dan Engle-Granger untuk melihat hubungan jangka panjang dari seluruh variabel dan Error Correction Mode/ (ECM) untuk mengestimasi hubungan jangka pendek, Dengan teknik analisis tersebut dapat dilihat besarnya pengaruh dari variabel speculative bubble dan risk premium terhadap perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka panjang baik variabel speculative bubbles dan rlkk premium mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai tukar rupiah. Sementara itu, dalam jangka pendek tidak terjadi speculative bubbles yang mempengaruhi nilai tukar rupiah, sedangkan variabel risk premium secara statistik tidak signifikan mempengaruhi nilal tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Nilai tukar rupiah akan menuju kondisi keseimbangan jangka panjang setelah 5,274 = 5 bulan sejak awal mula tenjadinya perubahan yang terjadi pada variabel speculative bubbles dan 113k premium, Oleh karena itu, dalam rangka penentuan kebijakan untuk menstabilkan nilal tukar rupiah perkembangan variabel speculative bubbles dan risk premium harus menjadi salah satu pertimbangannya.
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T33625
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>