Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Agma
Abstrak :
ILO menyebutkan bahwa salah satu kategori potensi bahaya pada operator crane adalah bahaya ergonomi dan psikososial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja operator crane di PT. XXX cabang Tanjung Priok tahun 2021. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian akan dianalisis dengan menggunakan lembar kerja REBA Selanjutnya dianalisis kaitannya dengan keluhan gangguan otot rangka, dan interaksi dengan tempat kerja yang menimbulkan risiko ergonomi. Penelitian ini berfokus hanya pada aktivitas mengoperasikan crane. Penilaian postur kerja dilakukan pada operator crane dengan desain saat ini. kemudian dibuat dua usulan desain kabin crane. Desain ulang dilakukan dalam perangkat lunak Aplikasi SketchUp versi 2018 kemudian dilakukan evaluasi postur kerja sesuai usulan desain kabin crane. Studi ini menunjukkan bahwa intervensi ergonomi di tempat kerja mengurangi potur kerja yang tidak sesuai antara manusia dan mesin serta membuat tempat kerja nyaman untuk bekerja. ......The ILO states that one of the categories of potential hazards to crane operators is ergonomics and psychosocial hazards. This study aims to analyze the work posture of crane operators at PT. XXX Tanjung Priok branch in 2021. The research design is a descriptive study. The results of the study will be analyzed using the REBA worksheet. Furthermore, it will be analyzed in relation to complaints of skeletal muscle disorders, and interactions with the workplace that pose ergonomic risks. This research focuses only on the activity of operating a crane. Assessment of work posture is carried out on the crane operator with the current design, then two crane cabin design proposals are made. The redesign was carried out in the 2018 version of the SketchUp Application software, then an evaluation of the work posture was carried out according to the crane cabin design proposal. This study shows that ergonomics interventions in the workplace reduce the mismatch between humans and machines and also make the workplace comfortable to work.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ratnawisesa
Abstrak :
Saat seorang murid melalui proses belajar, terdapat berbagai faktor ergonomi lingkungan yang dapat mempengaruhi proses tersebut seperti akustik dan pencahayaan dari ruang yang digunakan sebagai prasarana belajar. Di lingkungan universitas, ruang auditorium dapat digunakan sebagai ruang perkuliahan untuk mata kuliah yang memiliki peserta berjumlah banyak. Penelitian ini fokus untuk mengetahui keadaan akustik dan pencahayaan ruang auditorium sebagai ruang perkuliahan di Universitas Indonesia. Hasil dari penelitian yang berbasis pada dua ruang auditorium di Universitas Indonesia ini menunjukkan kedua ruang auditorium ini belum dapat memenuhi kriteria akustik dan pencahayaan yang ada untuk mendukung kegiatan belajar.
When a student goes through the learning process, there are several environmental ergonomic factors that can affect the process such as acoustic and lighting condition of the room that is used. At universities, auditoriums can be used as lecture rooms for lectures that have a large amount of participants. This research is focused on discovering the acoustic and lighting condition of auditoriums used as lecture halls at University of Indonesia. The result of this research that based on two auditoriums in University of Indonesia shows that these two auditoriums have not met the acoustic and lighting criteria set for supporting learning process.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42002
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farhandi Muhamad
Abstrak :
Skripsi ini membahas perancangan dari kabin mobil terbang yang ergonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi design kabin mobil terbang yang telah ergonomi sesuai dengan hasil pengujian nilai Posture Evaluation Index (PEI). Pada penelitian ini terdapat dua buah konfigurasi yang akan dianalisis dengan menggunakan software Jack 9.0. Metode yang digunakan adalah metode Posture Evaluation Index yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assesment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi dengan sudut steering wheels 20°, sudut sandaran kursi 70°, torso angle 70o, knee angle 134° untuk pengemudi 160 cm, 135,9° untuk pengemudi 180 cm dan 136,2° untuk pengemudi 200 cm.

 


This thesis discusses the design of an ergonomic flying car cabin. The aim of this research is to provide recommendations for the design of an ergonomic flying car cabin based on the results of the Posture Evaluation Index (PEI) test. This research analyzes two configurations using Jack 9.0 software. The method used is the Posture Evaluation Index method, which integrates the analysis of three analysis methods: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, and Rapid Upper Limb Assessment. The results of this research are recommendations for the configuration with steering wheel angle 20°, seat backrest angle 70°, Knee angle 134° for a 160 cm driver, 135.9° for a 180 cm driver, and 136.2° for a 200 cm driver.

 

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
This book provides readers with a timely snapshot of ergonomics research and methods applied to the design, development and prototyping – as well as the evaluation, training and manufacturing – of products, systems and services. Combining theoretical contributions, case studies, and reports on technical interventions, it covers a wide range of topics in ergonomic design including: ecological design; educational and game design; cultural and ethical aspects in design; user research and human–computer interaction in design; as well as design for accessibility and extreme environments, and many others. The book particularly focuses on new technologies such as virtual reality, state-of-the-art methodologies in information design, and human–computer interfaces. Based on the AHFE 2018 International Conference on Ergonomics in Design, held on July 21–25, 2018, in Orlando, Florida, USA, the book offers a timely guide for both researchers and design practitioners, including industrial designers, human–computer interaction and user experience researchers, production engineers and applied psychologists.
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20501635
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Salwa Syafawiyah
Abstrak :
Pada tahun 2018, perkembangan teknologi mobile application meningkatkan trend penggunaan aplikasi Al-Quran berbasis smartphone di Indonesia dimana aplikasi AlQuran dari designer Andi Unpam, Muslim Pro Ltd. dan Seconda Variante menjadi aplikasi Al-Quran terpopuler dalam pasar mobile application Al-Quran Indonesia. Namun di balik tingginya trend penggunaan aplikasi Al-Quran, belum terdapat penelitian yang mengevaluasi keergonomisan dari desain antarmukanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu rekomendasi desain antarmuka aplikasi Al-Quran berbasis smartphone yang ergonomis kepada para designer aplikasi dengan batasan faktor desain seperti font size, spasi antar ayat serta kombinasi warna ayat dan latar. Untuk menemukan rekomendasi tersebut, dilaksanakan design of experiment pembacaan prototype aplikasi Al-Quran yang merupakan hasil kombinasi faktor desain dari tiga aplikasi Al-Quran Indonesia terpopuler yang digabungkan dengan metode eye-tracking untuk mengidentifikasi desain antarmuka yang menghasilkan kualitas legibility tertinggi pada kondisi terang dan redup. Setelah design of experiment dilaksanakan, kuesioner ECQ Eye Complaint Questionnaire dan QUIS Questionnaire for User Interface Satisfaction disebarkan kepada responden untuk mengidentifikasi kualitas legibility dari prototype aplikasi Al-Quran dari sudut pandang responden. Sejumlah data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi performance measure waktu membaca, physiological measure/eye-tracking durasi fiksasi, frekuensi saccade dan blink rate serta self-reported measure kuesioner ECQ dan QUIS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototype desain yang memiliki font size 32 px, spasi antar ayat 1,0 cm dan latar beige serta prototype desain yang memiliki font size 36 px dengan spasi antar ayat dan latar yang sama merupakan desain antarmuka aplikasi Al-Quran yang terbukti ergonomis karena menghasilkan kualitas legibility tertinggi pada kondisi terang dan redup berdasarkan keseluruhan pengolahan data dan panduan literatur legibility sehingga layak untuk dijadikan rekomendasi untuk para designer aplikasi Al-Quran.
In 2018, mobile application technology development is increasing that brings the trend of Quran smartphone based apps use in Indonesia where Quran apps from Andi Unpam, Muslim Pro Ltd. and Seconda Variante designers become the most popular ones in the Quran Indonesia mobile apps market. In spite of Quran mobile apps trend in Indonesia, there has been no research that analyze the ergonomic aspect of their interface designs. Therefore, this study is executed to suggest ergonomic interface design of Quran smartphone based apps to Quran apps designer with the research focus at font size, interline spacing and luminance difference. In order to reach that aim, researcher conduct the experimental design of Quran apps prototype reading out loud task to identify which prototype that brings the best legibility quality both in light and dim condition. After the experimental design was carried out, ECQ and QUIS questionnaires were given to the participants to examine the legibility quality of Quran apps prototype based on participants rsquo point of view. The collected data in this research can be classified into performance measurement reading time, physiological measurement eye tracking fixation duration, saccade frequency and blink rate and self reported measurements Eye Complaint Questionnaire and Questionnaire for User Interface Satisfaction. The result of this research indicates that the prototype design which has font size of 32 px, interline spacing of 1.0 cm and beige background and prototype design that has font size of 36 px with the same interline spacing and background are evidently ergonomic as they have the good legibility quality on bright and dim conditions based on all of data processing and legibility literature guidance so that they are worthy to be suggested as interface design recommendation to apps designer.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evariyani Rizki
Abstrak :
Kegiatan secara repetitif yang dilakukan oleh pengemudi bus serta berada dalam posisi duduk yang berkepanjangan di kabin pengemudi bus yang tidak sesuai dengan antropometri pengemudi merupakan faktor yang menyebabkan pengemudi bus mengalami gangguan musculoskeletal disorder. Penelitian ini membahas tentang perancangan desain kabin pengemudi bus PHL (Patas Hyno Long) AK3HR yang ergonomis dalam lingkungan virtual dengan menggunakan software Jack 6.1. Hasil penelitian ini berupa desain kabin pengemudi bus yang ergonomis berdasarkan nilai (Posture Evaluation Index) PEI dan hasil analisis comfort assessment. Sehingga didapat desain kabin pengemudi yang dapat mengurangi resiko timbulnya gangguan musculoskeletal disorder pada pengemudi.
Repetitive activity, prolonged sitting, and anthropometric mismatch were perceived to be most related to musculoskeletal disorder in bus drivers. This study discusses about design of ergonomic bus driver?s cab PHL (Patas Hyno Long) AK3HR in the virtual environment by using software Jack 6.1. The result of this study is design ergonomic driver?s cab based on Posture Evaluation Index score and comfort assessment analysis. By ergonomic bus driver?s cab, the risk of musculoskeletal disorder among bus driver will decreased.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S68
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Valentina Cynthia
Abstrak :
Penelitian dilakukan pada objek gerobak sampah manual yang beroperasi di wilayah Jakarta Barat. Terhadap objek tersebut dilakukan analisis ergonomi yang memanfaatkan metode LBA, OWAS, dan RULA yang diintegrasikan melalui perhitungan Posture Evaluation Index (PEI). Analisis memanfaatkan simulasi dalam virtual environment berdasarkan data antropometri dan postur kerja yang ada di lapangan, serta rekomendasi menurut studi literatur. Simulasi kerja diolah menggunakan software NX 6 dan Jack 6.1. Hasil akhir adalah berupa parameter desain gerobak sampah terkait ketinggian handle dan kestabilan gerobak yang dapat mengurangi resiko musculoskeletal disorder pada operator gerobak sampah.
This study focused on the ergonomic aspect of manual garbage operation in west Jakarta. Ergonomic analysis was performed utilizing methods of LBA, OWAS, and RULA which are integrated in Posture Evaluation Index. The analysis was done based on existing antrhopometry and posture data with the recommendation built based on literature study. Then they were simulated in virtual environment using software NX 6 and Jack 6.1. The final output of this study includes best handle height among recommendation options and cart stabilization which can reduce musculoskeletal disorder risk for garbage cart operators.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S69
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Kartika
Abstrak :
Penggunaan kendaraan umum saat ini mengalami penurunan, salah satunya karena interiornya yang kurang nyaman. Komponen kabin penumpang terasa kurang ergonomis/ tidak sesuai dengan anthropometri penumpang, yang juga dapat mengakibatkan gangguan skeletal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang komponen kabin penumpang bus, yaitu kursi, tangga, dan layout kabin sehingga lebih ergonomis (nyaman, aman, dan sehat) bagi penumpang. Penelitian dilakukan dengan mensimulasikan kondisi awal dan usulan pada software Jack 6.1, untuk dianalisis nilai ergonominya. Untuk desain layout kabin, dirancang ulang menurut standar perhitungan ergonomi. Hasil akhir penelitian adalah usulan rancangan kabin penumpang bus berupa desain kursi, tangga, dan layout kabin yang ergonomis.
Recently, the use of public transportations has declined. One of the causes is because uncomfortable vehicles? design. Passengers cabin not ergonomically designed/mismatch with passengers? anthropometry, which can cause skeletal disorder. This study aim to re-design public bus cabin, which components are seats, stairs, and the layout, so it can be more ergonomic (comfortable, safe, and healthy) for passengers. Existing and proposed cabin components simulated in Jack 6.1 software to analyze its ergonomic indexes. For cabin layout, re-designing is based on ergonomic standard calculation. Results of this study are comprehensive ergonomic design of passenger bus seats, stairs, and cabin layout.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S71
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Ivan Gunawan
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin pengemudi kendaraan tempur tipe Armored Personnel Carrier menggunakan model Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain aktual kabin pengemudi kendaraan tempur dan menentukan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari kemiringan kursi, ketinggian kursi, dan jarak pedal akselerator dan rem dari kursi tanpa mengabaikan spesifikasi standar militer. Dihasilkan 18 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Pengambilan data kebiasaan postur dilakukan dengan observasi langsung pada personil TNI dan kemudian direkonstruksi dan di lakukan analisis menggunakan menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian berupa usulan konfigurasi kabin pengemudi yang ergonomis bagi personil TNI.
This research studies the ergonomic aspect of the driver cabin of Armored Personnel Carrier (APC) using virtual environment model. The purpose of this study is to evaluate the actual design of the driver cabin of combat vehicle and determine the most ergonomic configuration which concerns on seat angle, seat height, and the distance between seat and accelerator and brake pedals without compromising military specification standard. There are 18 configuration models that are made and analyzed in this study. Actual driving postures of military personnel are being observed and reconstructed on virtual environment using to be analyzed using Jack 6.1 software task analysis toolkits which are Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. The analysis result was integrated using Posture Evaluation Index approach. The purpose of this study is to design an ergonomic driver cabin models for Indonesian Army personnel.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S73
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farouk Akbar
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis pada desain kabin pengemudi panser kanon dalam Virtual Environment. Tujuannya adalah mengevaluasi desain awal kabin pengemudi dan menentukan konfigurasi paling ergonomis ditinjau dari sudut tuas kemudi, sudut kursi, dan kemiringan kursi. Dihasilkan 9 buah konfigurasi yang akan dianalisis. Analisa postur menggunakan software Jack 6.1. Pendekatan yang digunakan adalah Posture Evaluation Index (PEI) yang mengintegrasikan analisis dari tiga metode analisis: Low Back Analysis, Ovako Working Posture Analysis, dan Rapid Upper Limb Assessment. Hasil penelitian ini yaitu usulan konfigurasi dengan sudut tuas kemudi 45o, sudut kursi 105o, dan kemiringan kursi 15o.
This research studies the ergonomic aspect from driver?s compartment of panser cannon in Virtual Environment. The purpose of this project was to evaluated the actual design driver?s compartment and determine the most ergonomic configuration that concern at steering wheel angle, chair angle, and chair slope. Jack 6.2.1 was used to analyze posture. Posture Evaluation Index was an approach that integrated the results of these tree methods: Low Back Analysis, Ovako Working Analysis System, and Rapud Upper Limb Analysis. The results are configuration with 45o on steering wheel angle, 105o on chair angle, and 15o on chair slope.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S103
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library