Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Septia Kurniasari
Abstrak :
Persepsi positif atau negatif ibu tentang perkembangan sosial dan emosional anak berbeda-beda disetiap wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi ibu tentang perkembangan sosial dan emosional pada anak di PAUD. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner kepada 96 responden yang memiliki anak usia 3-5 tahun di PAUD di Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya, Depok dengan teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan bahwa sebanyak 55,2% responden memiliki persepsi positif tentang perkembangan sosial dan emosional pada anak. Dengan demikian, persepsi ibu tentang perkembangan sosial dan emosional hampir seimbang karena selisih persentase persepsi positif dan negatif hanya 10,4%. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengidentifikasi hubungan karakteristik ibu dengan persepsi tentang perkembangan sosial dan emosional anak usia prasekolah di PAUD. ...... Mother's perception positive or negative about the child's social and emotional development is different in each region. The method used is a simple descriptive cross sectional approach. Data were collected using a questionnaire to the 96 respondents of children aged 3-5 years in early childhood in Abadijaya Village Sukmajaya Subdistrict, Depok of purposive sampling technique. The results showed that as many as 55.2% of respondents have a positive perception about the social and emotional development in children. Thereby, mother's perception almost balance because the difference percentage of positive and negative only 10,4%. Recommendations for futher research is to identify the relationship between mother characteristcs with perception about social and emotional development preschooler in early childhood.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S55415
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nida Hanasa
Abstrak :
ABSTRAK Penelantaran emosional adalah ketidakmampuan orang tua atau pengasuh utama untuk merespon kebutuhan emosional anak dengan ditandai kurangnya interaksi antara orang tua atau pengasuh utama terhadap anak. Dampak dari penelantaran emosional dapat berpengaruh pada berbagai aspek, salah satunya adalah prestasi belajar anak. Kasus penelantaran emosional atau perlakuan salah lainnya pada remaja seringkali tidak terdeteksi. Hal ini disebakan oleh kurang terbukanya remaja akan pengalaman tidak menyenangkan yang dia pernah alami. Desain penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan total subjek yang diteliti berjumlah 209 orang. Subjek tersebut diminta untuk mengisi kuesioner data demografi dan Childhood Trauma Questionnaire untuk dinilai apakah subjek pernah mengalami atau memiliki riwayat penelantaran emosional. Indikator prestasi belajar didapatkan dari nilai rapor individu subjek di semester genap tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil pengisian data demografi didapatkan sebaran usia, jenis kelamin, suku, pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, dan jumlah tanggungan orang tua. Dari 209 subjek, 41 subjek memiliki riwayat penelantaran emosional. Hasil menunjukan tidak ada nya hubungan bermakna secara statistik maupun klinis. Uji Chi-square antara riwayat penelantaran emosional dan prestasi belajar memberikan hasil berupa nilai p = 0,176 dan RR = 0.757 95 CI 0,513 ndash; 1,117 . Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor perancu yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah menengah atas dengan riwayat penelantaran emosional.
ABSTRACT Emotional neglect is the inability of parent or primary caregiver to provide child rsquo s emotional needs and characterized by lack of interaction between parent of primary caregiver to children. The impact of emotional neglect can affect many aspects, one of which is the child rsquo s academic performance. Cases of emotional neglect or other maltreatment in adolescents are often undetectable caused by the lack of teenager rsquo s openness about the unpleasant experiences that they had experienced. This research is a cross sectional study with 209 subjects. To assess the association between history of emotional neglect and academic performance of high school students, the subjects were asked to fill out a demographic questionnaire and Childhood Trauma Questionnaire. The results of demographic data questionnaire describe the distribution of age, gender, ethnicity, parent education, parent jobs, parent income, and the number of parental dependents. Of 209 subjects, 41 subjects have experienced emotional neglect. The results show there is no statistical and analytical significance. Chi square test between the history of emotional neglect and academic performance gave the result of p value 0.176 and RR 0.757 95 CI 0.513 1.117 . Further research is needed to find out which confounding factors that can influence high school students 39 achievement with a history of emotional neglect.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akmaliandaru Elfahrie
Abstrak :
Anak usia prasekolah rentan mengalami perselisihan dengan saudara kandungnya. Pada masa prasekolah, anak juga sedang mengalami perkembangan emosional. Cara ibu mengatasi sibling rivalry dapat berdampak pada perkembangan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan strategi ibu mengatasi sibling rivalry dengan perkembangan emosional anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional dengan teknik cluster random sampling didapatkan sampel penelitian berjumlah 112 ibu dengan anak usia prasekolah di Kecamatan Beji Kota Depok. Penelitian ini menggunakan dua jenis kuesioner, yaitu How Do You Manage Children’s Conflict Questionnaire (HMCC) dan Ages and Stages Questionnaire: Social-Emotional-2 (ASQ:SE-2). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan bermakna antara strategi ibu mengatasi sibling rivalry dengan perkembangan emosional anak usia prasekolah (p value = 0,001). Penelitian ini diharapkan dapat mengoptimalisasi peran orang tua dan institusi pendidikan dalam meningkatkan perkembangan emosional anak usia prasekolah, khususnya anak yang memiliki saudara kandung di keluarga. ......Preschool-age children are prone to disputes with their siblings. During the preschool period, children are also undergoing emotional development. How mothers cope with rivalry can have an impact on children's emotional development. This study aims to identify the relationship between mothers' strategies to overcome sibling rivalry and the emotional development of preschool-age children. This study used a cross-sectional research design with cluster random sampling technique to obtain a research sample of 112 mothers with preschool-age children in Beji District, Depok City. This study used two types of questionnaires, namely How Do You Manage Children's Conflict Questionnaire (HMCC) and Ages and Stages Questionnaire: Social-Emotional-2 (ASQ:SE-2). The results of this study showed a significant relationship between mothers' strategies to overcome sibling rivalry and the emotional development of preschool-age children (p value = 0.001). This study is expected to optimize the role of parents and educational institutions in improving the emotional development of preschool-age children, especially those who have siblings in the family.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library