Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Naufal Mahfudh
Abstrak :
ABSTRACT
This study aims to design and simulate Electronic Load Controller (ELC) which applicable for controlling the change of generator speed due to the change of consumer demands for micro-hydropower system in isolated area. Since it is intended to be used in isolated area, 3-phase self-excited induction generator (SEIG) and single phase distribution lines are suitable to meet the necessity of this system. Capacitor banks are used as the source for the generator excitation. The system is designed with the maximum power rating 4 kW, with the line voltage of 230 V, and the frequency of the system is 60 Hz. The ELC works as the load controller based on voltage control. It has been designed and adapted from pulse width modulation (PWM) or mark-space ratio method. This study shows that this method is simple and cost effective while only a dc chopper and a dump load are necessary. A quick response, fast switching time, and the capability of IGBT to carry a low frequency of the system with a high frequency carrier has been presented in this study as well.
ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk merancang dan mensimulasikan Electronic Load Controller (ELC) yang digunakan untuk mengendalikan perubahan kecepatan generator yang dikarenakan oleh perubahan penggunaan daya listrik oleh konsumen untuk sistem mikro-hidro di daerah terpencil. Generator induksi berpenguat sendiri tiga fasa dan jalur distribusi satu fasa sesuai untuk memenuhi kebutuhan sistem ini dimana hal ini dirancang untuk digunakan di daerah terpencil. Kapasitor bank digunakan sebagai sumber untuk eksitasi generator. Sistem ini dirancang dengan daya maksimum 4 kW, dengan tegangan 230 V, dan frekuensi sistem adalah 60 Hz. ELC ini bekerja sebagai pengatur beban berdasarkan pengendalian tegangan. Desainnya diadaptasi dari metode pulse width modulation (PWM) atau mark-space ratio. Studi ini memperlihatkan bahwa metode tersebut sederhana dan hemat biaya dimana hanya dibutuhkan satu pemutus arus dan satu beban. Respon yang cepat, waktu perlahian yang cepat, dan kemampuan IGBT untuk membawa frekuensi rendah dari sistem dengan pembawa frekuensi tinggi juga telah diperlihatkan dalam penelitian ini.
2017
S67602
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Idam Faisal
Abstrak :
Dewasa ini perkembangann teknologi pengontrol elektronik di kendaraan begitu pesat, salah satunya adalah perkembangan teknologi pada sistem pengereman di kendaraan komersial yang tidak hanya mengandalkan kemampuan mekanikal dan pneumatik untuk dapat menghentikan kendaraan, tetapi juga terdapat kontrol elektronik yang dilakukan oleh Electronic Control Unit (ECU) Antilock Braking System (ABS) untuk mengontrol pengereman dan mencegah terjadinya locking pada roda selama proses pengereman terjadi. Atas dasar inilah dibuat analisa dan rancang bangun rangkaian elektronika pengontrol anti lock braking system (ABS) pada kendaraan komersial menggunakan mikrokontroller Arduino Uno. Pada tahap perancangan rangkaian elektronik pengontrol pengereman ABS dibuat perhitungan dan algoritma program yang sesuai dengan standard yang berlaku, hal ini diperlukan agar hasil dari rangkaian pengontrol yang dibuat dapat bekerja secara optimal. Pada proses pembuatan simulasi rangkaian elektronik pengontrol pengereman ABS menggunakan beberapa software yang dapat mensimulasikan bagaimana algoritma pemrograman bekerja serta dapat mensimulasikan bagaimana rangkaian pengontrol tersebut dapat bekerja di dunia nyata. Selesai dalam tahap perancangan dan pembuatan, selanjutnya adalah melakukan percobaan dan pengukuran, dimana percobaan dibagi menjadi empat macam  percobaan yaitu pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan kurang dari 60 km/jam, pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan lebih dari 60 km/jam dan tidak ada roda yang mengunci, pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan lebih dari 60 km/jam dan ada salah satu roda atau lebih roda yang mengunci, pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan lebih dari 60 km/jam dan ada salah satu atau lebih roda yang kecepatanya melebihi kecepatan kendaran. ......Nowdays, the development of electronic control technology in vehicles is so rapid, one of which is the development of technology in braking systems in commercial vehicles that do not only rely on mechanical and pneumatic capabilities to be able to stop vehicles, but also have electronic controls carried out by Electronic Control Unit (ECU) Antilock Braking System (ABS) to control braking and prevent locking on the wheels during the braking process. On this basis an analysis and design of the electronic circuit of the anti lock braking system (ABS) was made on commercial vehicles using the Arduino Uno microcontroller. In the design stage of the ABS braking controller electronic circuit, calculations and program algorithms are made in accordance with the applicable standards, this is needed so that the results of the controller circuit that is made can work optimally. In the process of making a simulation of the ABS braking controller electronic circuit using some software that can simulate how the programming algorithm works and can simulate how the controller circuit can work in the real world. Finish in the design and manufacturing stage, then conduct experiments and measurements, where the experiment is divided into four types of experiments, test and analyze of braking at a vehicle speed of less than 60 km/h, test and analyze of braking at a vehicle speed of more than 60 km/h and there are no wheels that lock, test and analyze braking at a vehicle speed of more than 60 km/h and there is one or more wheels that lock, test and analyze braking at a vehicle speed of more than 60 km/h and there is one or more wheels the speed exceeds the speed of the vehicle.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bazanella, Alexandre Sanfelice
Abstrak :
This book presents a comprehensive theoretical treatment of the H2 approach to data-driven control design. It features a large number of practical designs performed for different classes of processes: thermal, fluid processing and electromechanical.
Dordrecht, Netherlands: [Springer, ], 2012
e20398169
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Peatman, John B.
New York: McGraw-Hill , 1988
621.398 1 PEA d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library