Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Winggar Pastian Pramulina
Abstrak :
Penjualan mobil di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Namun hal ini diikuti juga dengan meningkatnya persaingan usaha dalam penjualan sehingga PT Astra International Tbk, yang memiliki merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot, mengalami penurunan penjualan pada tahun 2014. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut di masa depan, PT Astra International Tbk - AstraWorld sebagai anak perusahaan ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk mendukung kegiatan penjualan Sales Operation PT Astra International Tbk ingin berkontribusi dalam meningkatkan penjualan dengan merancang strategi e-commerce untuk dapat memperluas area penjualan dan mendapatkan penjualan dan pangsa pasar yang sesuai dengan target yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan menggunakan strategi e-business Chen dipadukan dengan strategi marketing untuk mendapatkan strategi e-commerce. Hasil penelitian berupa rekomendasi strategi e-commerce dan rencana tindakannya yang dapat diterapkan oleh PT Astra International Tbk - AstraWorld.
The number of car sales in Indonesia shows the growth trends.It is followed by the rapid competition among the sales operation of many car brands, includin PT Astra International Tbk which has 5 brands, they are Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot. Unfortunately, in 2014 Astra lost the number of car sales. To be able for winning back the competition in the future, PT Astra International Tbk ndash AstraWorld is appointed to support the activity using e commerce initiative to expand selling area and grab more customers as expected. This research using Chen framework strategy combined with marketing strategy. The result would be the e commerce strategy recommendation and action plans that could be implemented by PT Astra International Tbk ndash AstraWorld to support Astra sales operation.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Mokhamad Soedarmaji
Abstrak :

ABSTRAK
Pada era perkembangan komputer khususaya dalam teknologi informasi, internet merupakan sebuah fenomena tersendiri dengan sifatnya yang fleksibel, mudah dipakai dan relatif murah. Internet telah menjadi suatu perangkat teknologi informasi yang dapat menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.

Globalisasi yang melanda dunia membuat kompetisi pads bidang bisnis semakin ketat, Ini mendorong kalangan bisnis untuk mencari berbagai terobosan untuk memperkuat daya saing terhadap yang lain. Internet adalah salah satu wahana alternatif dan merupakan suatu pasar bisnis berskala besar yang sedang dan terus berkembang. Hal ini membuat pars kalangan bisnis untuk melakukan suatu perdagangan atau transaksi melalui inter-net, atau yang disebut dengan perdagangan elekronik.

Dalam Skripsi ini akan dijelankan mengenai cara melakukan perdagangan atau transaksi bisnis melalui internet, yaitu dengan mengimplementasikan program aplikasi Net.Commerce yang merupakan salah sate produk dari IBM untuk mewujudkan suatu perdagangan elektronik berbasis internet dengan mendirikan toko elektronik. Sistem perdagangan tersebut dibuat dan uji cobs dilakukan di perusahaan PT.USI JAYA / IBM melalui jaringannya yang ada.

Pada Skripsi ini akan dibahas mengenai aplikasi Net.Commerce itu sendiri dan beberapa tahapan proses. Diantaranya adalah yang pertama yaitu proses instaiasi, lalu dilanjutkan dengan proses penggunaan dan implementasi, yang terakhir adalah mengenai cara pembuatan toko dengan uji coba melakukan perdagangan elektronik melalui internet yang menggunakan sistem Net.Commerce. Perangkat keras yang digunakan adalah RISC System/6000 sebagai server, dan ThinkPad sebagai client, sedangkan perangkat iunaknya berupa internet browser seperti Netscape Navigator 3.0 dan sistem dari Net.Commerce yang mengandung IBM DB2 Versi 2.I.2 atau diatasnya dan IBM Internet Connection Secure Server (ICSS) Versi 4.1.1. Dan sistem operasi yang dipergunakan adalah AIX 4. I.5.

Setelah sistem dapat dijalankan, maka proses perdagangan melalui internet, yaitu dengan mengunjungi sites sebagai toko elcktronik yang menawarkan berbagai produknya dan melakukan pembelian atas produk tersebut dapat terlaksana.
1997
S39459
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Nur Aliman Karim
Abstrak :
Teknologi saat ini sangat berkembang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu meningkatkan bisnisnya. Dari hanya sebatas media untuk meningkatkan brand awareness sampai dengan menjual produknya melalui internet. Salah satunya adalah PT XYZ yang memiliki situs e-commerce xyz.com. Banyaknya pesaing menuntut para PT XYZ untuk meningkatkan kinerja mereka yang salah satunya diperoleh dengan cara meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan lama. Pada tulisan ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention pelanggan XYZ.com. Model penelitian ini diadaptasi dari model DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model, dan beberapa penelitian sejenis. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan survei kepada para pelanggan XYZ.com melalui media online. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 374 data valid. Setelah data survey terkumpul kemudian akan dianalisa menggunakan metode structural equation modeling (SEM) berbasis variance yaitu partial least square (PLS) dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer satisfaction dan customer trust berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention.
Technology has been expand so fast for now, specially for information technology. Many company use internet to improve their business. From simply use internet just for increasing brand awareness to selling their product through internet as their main channel. One of those company is PT XYZ with their e-commerce website XYZ.com. Because of business competition forced PT XYZ want to improve transaction from their existing customer to boost their performance. This research will explain factors that impacting repurchase intention customers on XYZ.com. The resarch model was adapted from DeLone & McLean Updated IS Success Model, Expectation-Confirmation Model and other similar research. Data was collected using survey to XYZ.com customers through online survey. There is 374 valid data was collected from survey. Data was analysed using structural equation modeling (SEM) variance based that called partial least sqare (PLS) by using SmartPLS 3.0. This research resulting customer satisfaction and customer trust affect significantly to repurchase intention.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zura Akhmad Fakhrurrozi
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan transaksi online e-commerce yang kian marak membuat para pelaku bisnis perlu untuk melaksanakan berbagai strategi untuk bertahan dalam persaingan melalui peningkatan customer engagement. Dalam tulisan ini membahas tentang pengaruh pembedaan jenis platform terhadap strategi peningkatan customer engagement dan implikasi tingkat customer engagement yang terbentuk pada salah satu jenis e-commerce yang tengah berkembang yaitu social commerce. Penulis berfokus pada penelitian platform Instagram dan Shopee Gynda Hijab Store untuk melihat perbedaan antara keduanya. Kedua platform tersebut merupakan media yang digunakan dalam bisnis social commerce namun dalam jenis media yang berbeda, dimana Instagram merupakan sebuah media sosial dan Shopee sebagai sebuah online marketplace C2C. Perbedaan fleksibilitas media berdasarkan regulasi yang diterapkan pada kedua platform tersebut telah membuat Gynda Hijab Store perlu menurunkan strategi yang berbeda untuk memengaruhi cutomer stimuli melalui empat aspek, yaitu sales related information, personalization, interactivity, dan user generated content. Hasilnya tingkat customer engagement pada Gynda Hijab Store menunjukan suatu perbedaan, adapun tingkat pengukuran customer engagement merujuk pada konsep yang dicetuskan oleh Dave Evans yaitu mulai dari tahap consumption, curation, creation, hingga collaboration.
ABSTRACT
he development of e commerce these days resulted in urgency for businessman to implement various strategies to stand out in competition through the enhacement of customer engagement. This paper discuss about the effect occured by different type of platform on implementation strategies and its implication to the level of customer engagement in social commerce. The author focus on research of Instagram and Shopee account ldquo Gynda Hijab Store rdquo to see the differentiation between these two platforms. Both of the platforms are the media used for social commerce business in two different type, in which Instagram as social media and Shopee as online marketplace C2C. The difference of media flexibility based on its regulation applied in these two platforms resulted Gynda Hijab Store needs to determine different strategies to influence customer stimuli through four aspects sales related information, personalization, interactivity, and user generated content. This results in the different of customer engagement level, the measurement refers to Dave Evan rsquo s concept consumption, curation, creation, and collaboration.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Liebowitz, Stan J.
Abstrak :
"Once upon a time, it was widely thought that Internet commerce could exist apart from traditional business strategy, and that all the known financial models previously relied on could be disregarded.
New York: [American Management Association;, ], 2002
e20438138
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Syapira
Abstrak :
ABSTRAK
Maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carriers (LCC) saat ini tengah menjadi primadona ditambah di dengan penetrasi internet dan e-commerce yang terus mengalami perkembangan signifikan, konsumen digital Indonesia pun sangat menikmati belanja online terutama jika menyangkut tentang berpergian travelling. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sekaliguas membandingkan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi intensi penggunaan Website Low Cost Carrier dalam pembelian tiket secara online dengan mengaplikasikan the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT 2) yang menggunakan variabel dasar seperti performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, consumers? innovativeness, trust (information qualiy, perceived security, perceived privacy), dan price value. Penelitian ini menggunakan dua studi kasus yakni Air Asia dan Lion Air Indonesia. Responden merupakan orang-orang yang pernah melakukan pembelian secara online melalui kedua website tersebut dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir. Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua website sama-sama memiliki pengaruh yang signifikan pada variabel performance expectancy, trust (information quality dan perceived security) serta habit untuk website Air Asia dan price saving untuk website Lion Air.
ABSTRACT
Low budget airlines or low cost carriers (LCC) has now become a new sensation plus the significant development of internet penetration & e-commerce, digital consumers in Indonesia are really enjoying to purchase online espescially to purchase travelling things. The aim of this research is to analyzing and also comparing factors which affect the use intention of low cost carrier website on online ticket purchasing by applying the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT 2) which use primary variables such as performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit, consumers? innovativeness, trust (information qualiy, perceived security, perceived privacy), and price value.This research use two study cases, Air Asia and Lion Air Indonesia. The respondents are people who had been using Air Asia or/and Lion Air website for purcahsing ticket during the last six months. Structural Equation Modelling (SEM) is used to process the data. The results of this research shows that both Air Asia and Lion Air website has positive effects on performance expectancy, trust (information quality dan perceived security) also habit for Air Asia website only and price saving for Lion Air website only;
2016
S65652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asma Rosyidah
Abstrak :
ABSTRAK
Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia menunjang pertumbuhan platform e-commerce. Adanya potensi basis pelanggan yang lebih besar dan lebih beragam menjadi peluang sekaligus tantangan akibat peningkatan persaingan yang terjadi antar platform. Oleh karena itu, e-commerce perlu mengembangkan strategi pemasaran digital untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Sistem rekomendasi merupakan salah satu bentuk personalisasi layanan web yang dapat menunjang aktivitas pemasaran dengan memprediksi preferensi pengguna dan membantu menemukan produk yang mungkin diminati. Menilik pentingnya integrasi antara ecommerce sebagai advertiser dengan publisher dalam konsep strategi pemasaran, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis preferensi pelanggan terhadap kategori produk berdasarkan pola navigasi yang terintegrasi pada website publisher dan e-commerce dengan membangun sistem rekomendasi terintegrasi antara e-commerce sebagai advertiser dengan publisher melalui ad platform menggunakan web mining. Berdasarkan hasil penelitian ini, model prediksi preferensi pelanggan terhadap kategori produk yang dibangun berdasarkan pola navigasi pelanggan pada e-commerce menggunakan algoritma decision tree C5.0 memiliki kinerja yang baik untuk memprediksi kategori produk preferensi pengguna dalam permintaannya di masa mendatang. Namun, proses integrasi pola navigasi dan topik penelusuran pada publisher kepada pola navigasi pelanggan pada e-commerce belum dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap performa model prediksi preferensi pada e-commerce.
ABSTRACT
Increasing number of internet users in Indonesia boosts the development of e commerce platform. Whereas potential access to a larger and more diverse customer base is generally viewed as an opportunity, it can also represent increase in competition among e commerce platforms. Hence, e commerce needs to develop sophisticated digital marketing strategies to attract and retain customers. Recommendation system is one of web service personalization which enhances marketing activity by predicting user preferences and helps them find products that they may be interested in. Given the importance of integration between e commerce as advertiser and publisher in marketing strategy concept, this research was done to analyze customer preferences towards product categories based on navigation pattern in both publisher and e commerce by building integrated recommendation system between e commerce as advertiser and publisher through ad platform using web mining. Based on the results of this study, predictive models of customer preferences towards product category builds based on customer navigation pattern on e commerce using decision tree C5.0 algorithm has good performance to predict user preferred product categories in future demand. However, the integration of customer navigational patterns and search topics in publishers to customer navigation patterns in e commerce has not been able to significantly influence the performance of customer preference prediction models in e commerce.
2018
T51192
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Aziza
Abstrak :
ABSTRAK
Peningkatan jumlah pengguna internet menjadi salah satu pemicu meningkatnya para pengguna e-commerce di Indonesia. Namun, perkembangan industri e-commerce di Indonesia tidak sejalan dengan penyediaan infrastruktur yang sepadan. Salah satu infrastruktur yang dinilai buruk adalah sistem pembayaran. Bank, sebagai pihak penyelenggara sistem pembayaran, terus berupaya mengembangkan produk teknologi sistem pembayaran. Salah satunya dengan mengembangkan aplikasi internet banking yang juga merupakan salah satu upaya untuk mereduksi biaya operasional perbankan. Sebuah penelitian terkait persepsi pengguna terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk membantu para manajer dan desainer perangkat lunak. Penelitian ini merupakan studi kasus pada KlikBCA. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses penerimaan pengguna terhadap produk teknologi internet banking untuk transaksi berbelanja online akan dilakukan menggunakan model terintegrasi TAM dan TTF. Analisis akan dilakukan dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan rendahnya manfaat yang dirasakan, namun kemudahan yang tinggi dan rendahnya kecocokan antara tugas dan teknologi, yang menyebabkan teknologi ini berada pada kuadran II dalam kerangka usefullness/EOU Grid.
ABSTRACT
The increasing number of internet users in Indonesia, is one of the triggers of the rising e-commerce users. However, the development of e-commerce industry in Indonesia is not in line with the provision of infrastructure that is commensurate. One considered as poor is payment system infrastructure. Bank, as the organizer of the payment system, continue to develop their payment system technology products. One of them is by developing internet banking application which is also one of the efforts to reduce the cost of banking operations. A study on the user's perception of the technology is needed to help managers and software designers. This research is a case study on KlikBCA. Analysis of factors associated with the acceptance process of the users of internet banking technology products for online shopping transactions will be conducted using an integrated model of TAM and TTF. The analysis will be performed and the data will be processed using Structural Equation Modeling (SEM).. The results showed low perceived benefits, but the ease of high and low match between task and technology, which led to this technology is in quadrant II within the framework of usefullness / EOU Grid.
2015
S59303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kuglin, Fred A.
New York: AMACOM , 2001
658.8 KUG s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Haqiqi Masnatin
Abstrak :
ABSTRAK Platform e-commerce di Indonesia -seperti Bukalapak, Tokopedia, dll- sedang berada di fase pertumbuhan yang tinggi. Pemerintah pun mulai mendorong UMKM untuk berpartisipasi ke dalam platform e-commerce karena adanya sebuah conventional wisdom bahwa hal tersebut dapat meningkatkan skala usaha dan memperluas cakupan wilayah pemasaran UMKM. Skripsi ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran conventional wisdom tersebut. Dengan menggunakan data primer dari 170 sampel UMKM, baik yang berpartisipasi di e-commerce maupun tidak, penelitian ini juga memasukkan online marketing channel lainnya - media sosial atau website mandiri- sebagai interest variable. Dengan menggunakan estimasi logit, jumlah tenaga kerja dan omzet digunakan untuk merepresentasikan skala usaha, sedangkan jumlah wilayah pemasaran merepresentasikan cakupan wilayah pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce memiliki signifikansi yang rendah terhadap peningkatan omzet, sementara online marketing channel lainnya memiliki signifikansi yang tinggi. Terhadap cakupan wilayah pemasaran, partisipasi e-commerce memiliki signifikansi lebih kuat daripada online marketing channel lainnya. Namun demikian, baik partisipasi e-commerce maupun online marketing channel lainnya tidak signifikan terhadap peningkatan tenaga kerja. Secara umum, penelitian ini menyimpulkan bahwa conventional wisdom tentang e-commerce hanya sebagian saja yang benar karena efek positif pada skala usaha lebih rendah daripada online marketing channel lainnya.
ABSTRACT E-commerce platforms in Indonesia -such as Bukalapak, Tokopedia, etc- are at its high growth phase. The government begin to encourage MSMEs to participate in e-commerce platform as there is conventional wisdom that it could expand MSME's business scale and scope of market. This paper aims to prove whether the conventional wisdom is true. By having primary data with a sample of 170 MSMEs that participate and do not participate in e-commerce, this study also has other online marketing channels -social media or personal website- as variable of interest. Using logit model, this study uses number of employee and sales to represent business scale and number of marketing area to represent scope of market. The results show that e-commerce has lower significance to sales enhancement, whilst online marketing channel has higher significance. Towards market scope, ecommerce participation has stronger significance than other online marketing channels. Nevertheless, both e-commerce and other online marketing channels participate on are not significant in increasing employment. Generally, this study conclude that the conventional wisdom about e-commerce is only partially true, since its positive effect on business scale is lower than the other online marketing channels.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65671
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>