Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Tamara Benardin Jordanus
Abstrak :
Penelitian ini berfokus dengan niat pembelian mobil listrik di Indonesia serta faktor-faktor pro-environmental yang mempengaruhi niat untuk membeli mobil listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pro-environmental yang mempengaruhi niat untuk membeli mobil listrik dan pengaruh moderasi environmental knowledge. Data yang dikumpulkan akan diolah menggunakan SEM-PLS. Penelitian ini menemukan bahwa pengaruh moderasi dari variabel environmental knowledge kepada hubungan diantara perceived green value, salah satu faktor pro-environmental, dengan niat pembelian mobil listrik. Penelitian menemukan bahwa semakin tinggi environmental knowledge maka akan semakin kuat hubungan antara perceived green value dengan niat pembelian mobil listrik seseorang.
......This research focuses on the intention to purchase electric cars in Indonesia as well as pro-environmental factors that influence the intention to buy electric cars. The purpose of this research is to find out whether a person's environmental knowledge has a moderating effect on the relationship between pro-environmental factors that influence the intention to buy an electric car. The data collected will be processed using SEM-PLS. This study found that the moderating effect of environmental knowledge variables on the relationship between perceived green value, one of the pro-environmental factors, and the intention to buy an electric car. Research finds that the higher the environmental knowledge, the stronger the relationship between perceived green value and one's intention to buy an electric car.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nasution, Andri Permana Putra
Abstrak :
ABSTRAK
Peningkatan temperatur dan iklim global yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas rumah kaca telah menjadi perhatian dunia dalam beberapa tahun belakangan. Energi fosil yang digunakan di sektor transportasi menjadi salah satu penyumbang terbesar dari peningkatan emisi tersebut. Salah satu solusi yang tersedia untuk mengendalikan emisi tersebut adalah dengan penggunaan mobil listrik karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi dan ramah lingkungan. Terdapat beberapa kendala dalam penerapan mobil listrik di Indonesia diantaranya adalah: masih mahalnya harga mobil listrik dan kemampuan pasokan pembangkitan PT. PLN Persero yang belum terukur untuk memenuhi kebutuhan pengisian baterai pada mobil listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peninjauan terhadap kesiapan pasokan pembangkitan di Pulau Jawa dan Bali dalam memenuhi kebutuhan beban untuk mengoperasikan mobil listrik. Penelitian ini ditinjau pada 2 dua kondisi yaitu hari kerja dan libur dengan menggunakan 4 empat skenario penggunaan charger. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penambahan beban akibat pengisian baterai pada hari kerja berpotensi mengganggu sistem karena beban lebih besar bila dibandingkan dengan daya aman pembangkitan yang ada, sedangkan penambahan beban akibat proses pengisian baterai mobil listrik pada hari libur tidak berpotensi mengganggu sistem karena beban tersebut lebih kecil bila dibandingkan daya pembangkitan yang ada.
ABSTRACT
Global warming as an effect of greenhouse emission become world rsquo s attention. Fossil energy, which is mostly used in transportation rsquo s sector, described as one of the aspect that play role in increasing emission. One of provided solution to overcome global warming is using electric car that has no emission and eco friendly. However, there are some obstacles in implementing electric car program, such as expensive price of electric car and unmeasured capability of PT. PLN Persero rsquo s power generation in providing electrical supply for electric car. Purpose of this study is reviewing readiness of power generation at Java and Bali Island to provide electrical supply for operating electric car. Method of this study is reviewing loading system lsquo s calculation in two conditions, which are weekdays condition and weekend condition by using four different scenarios of using charger. The results show that charger using in the weekdays cause the peak load is higher than minimum level of power generation in Java and Bali system and has potensial to interrupt the system. Chargers using in the weekend cause the peak load still below to minimum level of power generation so it is not potential to interrupt the system
2018
T51566
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library