Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yudhy Chaerudin
Abstrak :
Training And education represent a important element in improving officer skill and interest in executing duly. To reach correct training and education target utilize require to be a effectiveness evaluation to see what training given have reached target. This research use 30 (threeten) responder which is taken away from a training kesamaptaan and education which is executing in Regional Office of Banten. Approach to this research have the character of quantitative, and the training kesamaptan and education executed during one month more five day to see what there improvment corrections officer skill and knowledge as their capital in executing good everyday duty is those who undertake in Lapas, Rutan, Bapas, and also in Rupbasan. As for insuffiencys which is earning in research of writer in character only in addition of book of guidance of education and training of permanent kesamaptaan as reference of competitor in accepting items of the training and mount ability of widyaiswara in giving items and use of language of body and also constraint of system of budget going into effect where Dep. Monetary apply system of budget newly while in Regional Office of system of budget which is wearing still old ones, so that the fund which descend for training of kesamaptaan become minim but as a whole the the insuffiencys do not bother the way education and training of the kesamaptaan.
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2007
T20497
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohades Waskito
Abstrak :
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah salah satu Unit Pelaksana teknis (UPT) dari Departemen Hukum Dan HAM yang melaksanakan fungsi pengamanan dan pembinaan terhadap narapidana selama menjalani masa pidanananya. Salah satu tolak ukur keberhasilan Lapas adalah sejauh mana keamanan dan ketertiban dapat terpelihara. Lapas merupakan miniatur dari kehidupan masyarakat yang sesungguhnya yang memiliki norma atau aturan, kebiasaan dan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh setiap anggota masyarakatnya. Di dalam Lapas akan tercipta komunikasi antar anggota masyarakat yang bersifat positip maupun yang negatif yang tidak bisa dihindari. Komukasi yang positif berdampak kepada terciptanya keamanan dan ketertiban yang kodusif bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas. Sebaliknya, komunikasi yang negatif dimana anggota masyarakat di Lapas tidak mengindahkan norma-norma, aturan-aturan dan budaya yang telah disepakati dapat memicu benturan antar WBP atau kelompok-kelompok di dalam blok human. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah dalam pelaksanaan pengamanan di Lapas Klas I Sukamiskin Bandung sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan baik. Apakah penerapan sistem pengamanan hanya mempergunakan Peraturan Penjagaan Lembaga Pemasyarakatan (PPLP) dan Prosedur letup (PROTAP) keamanan dan ketertiban Lapas atau juga mempergunakan sistem lain sebagai upaya meredam ganguan keamanan dan ketertiban di Lapas Sukamiskin. Hal ini dikarenakan tidak tertutupnya kemungkinan, dengan penerapan aturan yang sangat ketat dapat pula menimbulkan hambatan bagi petugas pengamanan dalam melaksanakan tugas. Pendekatan penelitian adalah pendekatan Managerial dan Yuridis, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatip dengan metode wawancara sebagai panduan dalam mengumpulkan data dari objek penelitian. Hasil penelitian akan dipaparkan secara deskriptip analisis dengan mengambil lokasi penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin. Data yang dipergunakan adalah data primer yang didapat dari basil wawancara clan pengamatan lapangan, dan data sekunder yang diperoleh dari study kepustakaan dan study dokumentasi yang berkaitan dengan pemasyarakatan dalarn penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lapas Klas I Sukamiskin dalam melaksanakan pengamanan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan, disamping berpedoman pada ketetentuan peraturan pengamanan yang ada, juga menerapkan sistem pengamanan yang melibatkan Pemuka Blok untuk berkerjasama dengan Petugas Pengamanan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di Lapas Klas I Sukamiskin Bandung.
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2007
T 20496
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afdol Tharik Wastono
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Banyak istilah atau ungkapan yang diberikan untuk mamaknai keberadaan guru . Beberapa diantaranya "Guru adalah sokoguru bangsa"Profesi guru adalah pekerjaan yang mulia" Guru adalah sosok yang patut ditiru dan digugu, "Guru adalah panutan masyarakat,"Guru adalah tempat bertanya,"Guru yang bermutu menghasilkan bangsa yang bermutu dan ,"Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa."...
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yuyun Setiyawati
Abstrak :
Latar Belakang : Pemberian edukasi merupakan salah satu bentuk pelayanan profesional perawat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pasien dan peran serta keluarga dalam proses penyembuhan pasien. Terdapat perawat edukator yang kompeten sangat dibutuhkan untuk optimalisasi pemberian edukasi pada pasien dan keluarga. Penting mengenali kendala yang terjadi di perawat edukator, motivasi, dan kontribusi pengalaman terhadap kualitas edukasi. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman perawat edukator dalam memberikan edukasi pada pasien dan keluarga. Metode : Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada perawat edukator dengan jumlah dua belas partisipan yang direkrut secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan proses FGD yang dilakukan secara dua kali dengan menggunakan wawancara semiterstruktur, setiap pelaksanaan FGD diikuti oleh enam partisipan. Analisis tematik digunakan untuk analisis data, dan data disajikan menggunakan pohon tematik. Daftar periksa kriteria konsolidasi untuk pelaporan penelitian kualitatif (COREQ) digunakan sebagai pedoman pelaporan penelitian. Hasil : Pada penelitian ditemukan enam tema : (i) Harapan perbaikan kebijakan, adanya pengakuan, dan kompensasi, (ii) Perlunya kelengkapan sarana dan prasarana, (iii) Kesibukan dan keterbatasan waktu, (iv) Berbagai kendala yang ditemui dari sisi pasien dan keluarga, (v) Pentingnya pelibatan keluarga, (vi) Sadar terhadap peran. Kesimpulan : Perbaikan kebijakan berkaitan dengan sistem pelaksanaan perawat edukator, mengenali kendala yang dihadapi, melengkapi sarana dan prasarana, dan pelibatan keluarga akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas dalam pemberian edukasi. ......Background : The provision of education is one form of professional service for nurses to improve the quality of life of patients and the role of families in the patients healing process. A competent nurse educator is needed to optimize the provision of education to patients and families. It is essential to recognize the obstacles that occur in nurse educators, motivation, and the contribution of experience to the quality of education. Objective : This study aims to explore the experience of nurse educators in providing education to patients and families. Methods : This study used a descriptive qualitative design. This research was conducted on nurse educators with a total of twelve participants recruited by purposive sampling. The FGD process collected the data, which was conducted twice using semi-structured interviews; six participants attended each FGD. Thematic analysis was used for data analysis, and data were presented using thematic trees. The consolidated criteria checklist for qualitative research reporting (COREQ) was used as a research reporting guide. Results : Six themes were identified: (i) Hoping for policies, recognition, and compensation, (ii) The need for completeness of facilities and infrastructure, (iii) Busyness and time constraints, (iv) Various obstacles encountered by the patient and family side, (v) The importance of involving the family, and (vi) Being aware of the role. Conclusion : Policy improvements related to the nurse educator implementation the system, recognizing the obstacles faced, equipping facilities and infrastructure, and involving families will affect improving the quality of providing education
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nissa Febriani Solehah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu mengenai hubungan antara sikap guru terhadap pendidikan inklusif dan penerimaan teman sebaya pada peserta didik madrasah ibtidaiyah inklusif. Madrasah ibtidaiyah sendiri berfokus pada pengembangan kompetensi akhlak dan aqidah yang membedakannya dengan sekolah umum. Studi dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan meminta partisipan mengisi alat ukur Peer Acceptance Scale (Mariyam, 2016) dan Multidimensional Attitudes toward Inclusive Education Scale Versi Indonesia (Sihombing, 2014) yang telah diadaptasi. Hasil pengujian korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan namun lemah antara kedua variabel tersebut dalam lingkup madrasah ibtidaiyah inklusif (rs(792) = .071, p = .045). Dari penelitian ini, ditemukan bahwa nilai Islam yang terdapat dalam konteks madrasah dapat memberikan gambaran positif terhadap hubungan antara sikap guru terhadap pendidikan inklusif dan penerimaan teman sebaya pada peserta didik. ......This study aims to find out about the relationship between teachers' attitudes towards inclusive education and peer acceptance among inclusive madrasah ibtidaiyah students. Madrasah ibtidaiyah itself focuses on developing moral and aqidah competencies that differentiate it from the public schools. The study was conducted using a quantitative method by asking participants to fill in the adapted Peer Acceptance Scale (Mariyam, 2016) and the Indonesian Version of Multidimensional Attitudes toward Inclusive Education Scale (Sihombing, 2014). The results of the correlation test showed that there was a significant but weak positive relationship between the two variables within the scope of inclusive madrasah ibtidaiyah (rs(792) = .071, p = .045). From this study, it was found that the Islamic values found in the context of madrasah can provide a positive general picture of the relationship between teacher attitudes toward inclusive education and peer acceptance among the students.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofia Amalia
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepercayaan guru terhadap Disdik Kota Bandung (studi atas Program BAP) sebagai upaya pengembangan e-learning di Kota Bandung. Sebagai program baru, dibutuhkan kepercayaan masyarakat sebagai dasar kesediaan mendukung. Namun, pada tahap implementasinya Disdik Kota Bandung melakukan tindakan inkonsistensi pelaksanaan tugas sehingga menyebabkan belum tercapainya target program, yaitu konten ajar digital lebih dari 1.000 dan 30.000 pengguna. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan tingkat kepercayaan guru di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat terhadap Dinas Pendidikan Kota Bandung (studi atas Program BAP). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen kuesioner terhadap 100 responden. Tingkat kepercayaan guru diukur berdasarkan 3 dimensi yang dikemukakan Lijeblad, Borrie, dan Watson, yaitu nilai dan norma bersama, kesediaan untuk mendukung, dan penilaian kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan guru di Kota Bandung terhadap Disdik Kota Bandung (studi atas Program BAP) sebanyak 62% berada pada kategori tinggi.
ABSTRACT
This thesis discussed about the teacher trust level to Bandung Department of Education related to the implementation of BAP Program as an effort to develop elearning in Bandung City. As a new program, it takes willingness of the public trust as a basis for support. However, at the implementation stage Bandung Education Department did inconsistencies action causing targets has not been achieved, more than 1,000 digital teaching content and 30,000 users. Purpose of this study was to describe teacher trust level to Bandung Department of Education related to the implementation of BAP Program. Research is done in quantitative with questionnaire to 100 respondents. Level of teacher trust measured by 3 dimensional raised Lijeblad, Borrie, dan Watson, namely shared values and norms, willingness to endorse, and perceived efficacy. The result showed that teacher trust level in Bandung, West Java Province to Bandung Department of Education (Program BAP study) 60% at the high category.
2014
S56479
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Quick, Robert Herbert, 1831-1891
Totowa: N.J. Littlefield, Adams , 1970
370.04 QUI e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mastiur Pharmata
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai sistem nilai budaya dan ajaran seks yang terkandung dalam Serat Nitimani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan teori Kerangka Sistem Nilai Budaya oleh Kluckhohn. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ajaran seks dalam Serat Nitimani terbukti mengandung sistem nilai budaya Jawa yang berlandaskan pada nilai religiusitas. Pada akhirnya dapat dilihat bahwa Serat Nitimani mengandung ajaran atau pedoman moral, nilai, dan kaidah bagi orang Jawa mengenai bagaimana cara melakukan hubungan seks yang benar dan tepat, karena hal tersebut berhubungan dengan inti ajaran kebatinan Jawa yaitu sangkan paraning dumadi dan manunggaling kawula Gusti.
This undergraduate thesis discuss about cultural value system and sex guidance as reflected in Serat Nitimani. This research used the descriptive analyzes method based on Kluckhohn?s cultural value system outline theory. This research will result a conclusion that sex guidance inside the Serat Nitimani has proven that it contains Javanese cultural value system which based on the religiosity. At the end of the research, we can see that Serat Nitimani contains of lessons and guidance of morality, value, and principals for the Javanese about how to do sex correct and properly because it relates to the Javanese main spirituality guidance; sangkanparaning dumadi and manunggaling kawula gusti.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S11397
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Naskah ini berisi autobiografi Raden Sastrakusuma, seorang mantri guru di Madiun. Teks disusun oleh Raden Sastrakusuma atas usul anak sulungnya yang bernama Raden Sastraganda, seorang guru bahasa Melayu di sekolah putra priyayi di Magelang. Teks terdiri dari empat bagian, masing-masing didahului dengan doa-doa yang panjang. Setiap bagian ditulis dalam waktu yang berlainan, yaitu: raga prasaja I, disalin pada tanggal 22 Juni 1901; raga prasaja II, disalin pada tanggal 7 Mei 1902; III, disalin pada tanggal 9 Maret 1903; serta raga prasaja IV, disalin pada bulan Agustus 1903. Pigeaud menerima naskah ini (salinan atau autograph?) pada bulan Desember 1931 dari Dr. Kraemer di Surakarta. Keterangan referensi, lihat Pigeaud 1970: 356.
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
PW.77-A 25.04
Naskah  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>