Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Uprian Triatsa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses akselerasi digital dalam mendorong perilaku pembelian impulsif pada aset cryptocurrency. Pandemi Covid-19 membuat perubahan sosial dan budaya masyarakat yang ditandai dengan adopsi teknologi digital secara masif. Tingkat adopsi teknologi ini juga ditandai dengan jumlah pembelian aset crypto yang terjadi pada masyarakat Indonesia meningkat secara signifikan selama masa pandemi. Dalam penelitian sebelumnya, pembelian atas cryptocurrency ini kerap kali didasari oleh stimulus masyarakat atas kecemasan kondisi sosial-ekonomi yang tidak pasti selama masa pandemi terjadi, namun temuan tersebut belum menjelaskan bagaimana masyarakat kemudian tertarik memutuskan untuk memilih membeli aset cryptocurrency. Peneliti berargumen bahwa fenomena perilaku pembelian impulsif cryptocurrency memiliki relevansi dengan terjadinya proses akselerasi digital dan aspek terkait di dalamnya yang meliputi peran platform pertukaran crypto, information overload, dan peran Key Opinion Leader crypto. Hasil penelitian menunjukkan proses akselerasi digital secara keseluruhan mampu mendorong terjadinya perilaku pembelian impulsif pada aset cryptocurrency. Proses akselerasi digital yang terjadi membuat kehidupan bermasyarakat semakin erat dengan teknologi yang membuat aset crypto lebih mudah diadopsi oleh masyarakat. Terlebih dorongan-dorongan seperti promosi dan aksesibilitas dalam bertransaksi, informasi crypto yang melimpah dalam lingkungan digital, serta konten dan unggahan para KOL crypto membuat masyarakat cenderung melakukan pembelian impulsif pada cryptocurrency.

This research aims to uncover the process of digital acceleration in driving impulsive buying behaviour for cryptocurrency assets. The Covid-19 pandemic has brought about social and cultural changes in society, characterized by the massive adoption of digital technology. This level of technology adoption is also marked by a significant increase in cryptocurrency purchases among the Indonesian population during the pandemic. Previous research has shown that purchases of cryptocurrency are often driven by societal stimuli arising from uncertainties in socio-economic conditions during the pandemic, but these findings have not explained how individuals become interested and decide to buy cryptocurrency assets. The researchers argue that the phenomenon of impulsive buying behaviour in cryptocurrency is relevant to the occurrence of digital acceleration and its associated aspects, including the role of crypto exchange platforms, information overload, and the role of crypto Key Opinion Leaders (KOL). The research findings indicate that the overall process of digital acceleration can drive impulsive buying behaviour in cryptocurrency assets. The digital acceleration process that occurs is making social life more closely intertwined with technology, making cryptocurrency assets easier to adopt by the people. Moreover, influences such as promotions and transaction accessibility, abundant crypto information in the digital environment, also content and posts by crypto KOLs make people more prone to impulsive purchases of cryptocurrency."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haidar Ali
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari investor attention yang diperoksikan menggunakan google trends terhadap return cryptocurrency, return volatility cryptocurrency dan volume cryptocurrency. Dalam penelitian ini digunakan 7 sampel yang diambil berdasarkan peningkatan atensi terbesar dari tanggal 1 Agustus 2020 hingga 31 Agustus 2021, yaitu Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), Dogecoin (DOGE), XRP (XRP), Shiba Inu (SHIB) dan Bittorent (BTT). Dari ketujuh sampel itu diambil rentang waktu selama 13 bulan dimana pada waktu tersebut terjadi peningkatan atensi yang cukup signifikan. Pengujian dalam penelitian ini meggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari investor attention terhadap return, return volatility dan volume cryptocurrency yang pengaruh tersebut bersifat positif. Pengaruh positif yang terjadi tersebut diakibatkan oleh kepercayaan investor yang meningkat setelah mendapatkan informasi dari hasil atensinya tersebut. Selain itu, atensi investor cryptocurrency juga terbentuk atas pengaruh tokoh, isu dan kejadian mengenai cryptocurrency.

This study aims to analyze how the influence of investor attention which is tested using google trends on cryptocurrency returns, cryptocurrency return volatility and cryptocurrency volume. In this study, 7 samples were used based on the largest increase in attention from August 1, 2020 to August 31, 2021, namely Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), Dogecoin (DOGE), XRP (XRP), Shiba Inu (SHIB) and Bittorent (BTT). From the seven samples, a time span of 13 months was taken, during which time there was a significant increase in attention. Tests in this study using simple linear regression. The results of this study indicate that there is an effect of investor attention on return, return volatility and cryptocurrency volume, which are positive effects. The positive influence that occurs is caused by increased investor confidence after getting information from the results of their attention. In addition, the attention of cryptocurrency investors is also formed on the influence of figures, issues and events regarding cryptocurrencies."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Affanda Hadi Pratama
"Industri cryptocurrency di Indonesia mengalami pertumbuhan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap aset digital. Namun, persaingan yang ketat di sektor ini menuntut perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif guna menarik pelanggan baru. Bitwyre, sebagai salah satu perusahaan cryptocurrency exchange baru di Indonesia, berupaya mengakuisisi pelanggan. Laporan magang ini menganalisis penerapan bauran pemasaran 7P Bitwyre. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis data berdasarkan hasil observasi langsung dan partisipatif, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran 7P efektif dalam menentukan arah dan langkah-langkah strategis pemasaran perusahaan. Penulis, sebagai mahasiswa yang meneliti topik ini, memperoleh pemahaman mendalam tentang bagaimana bauran pemasaran 7P dapat diterapkan secara praktis dalam konteks industri cryptocurrency yang dinamis.

The cryptocurrency industry in Indonesia is experiencing growth alongside the increasing public interest in digital assets. However, intense competition in this sector requires companies to implement effective marketing strategies to attract new customers. Bitwyre, as one of the new cryptocurrency exchanges in Indonesia, strives to acquire customers. This internship report analyzes the implementation of Bitwyre's 7P marketing mix. The study employs a qualitative descriptive approach by analyzing data from direct and participatory observations as well as documentation. The findings reveal that the application of the 7P marketing mix is effective in determining the company's strategic marketing directions and actions. As a student researching this topic, the author gained a deep understanding of how the 7P marketing mix can be practically implemented in the dynamic cryptocurrency industry context."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library