Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frans X. Sulaeman
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1982
S16699
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Diah Hendrasari
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17857
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lapoliwa, Aryanta D.P.
Abstrak :
Pesatnya perkembangan dalam industri perbankan meningkatkan persaingan diantara bank-bank yang ada. Hal ini menuntut manajemen bank untuk melakukan antisipasi guna tetap menjaga atau dapat meningkatkan kinerjanya. Untuk itu salah satu altematif, manajemen bank dapat menggunakan sistem analisa profitabilitas nasabah untuk membantu perencanaan dan pengendalian biaya guna mencapai tingkat kinerja yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan ditujukan untuk mempelajari landasan teori bagi penerapan sistemanalisa profitabilitas nasabah. Penelitian lapangan ditujukan untuk memperoleh data-data atas penerapan sistem tersebut pada suatu bank, guna menggambarkan hasil nyata yang diperoleh dari penerapan itu. Konsep dasar dari sistem profitabilitas nasabah adalah perhitungan jumlah keuntungan yang diterima dan transaksi-transaksi nasabah dan analisis kontribusi keuntungan tersebut dalam hubunganya dengan target jumlah keuntungan yang seharusnya diperoleh dari nasabah tersebut. Tingkat kompleksitas atau kecanggihan dalam penerapan sistem tersebut sangat tergantung dengan tujuan penggunaannya. Penerapan sistem pada PT. Bank "X" relatif sederhana dengan tingkat kompleksitas dan biaya yang relatif rendah, dengan metode perhitungan: Pendapatan - Biaya Dana - Biaya Overhead + Lain-lain Bersih Profitabilitas Nasabah = Jumlah Outstanding Kredit Rata-rata Pelaksanaan metode perhitungan tersebut dilakukan pada sistem pengelolaan perkreditan PT. Bank "X" dengan bentuk laporan-laporan. Laporan-laporan profitabilitas nasabah antaratahun 1991 dan 1992, menunjukkan hasil-hasil nyata yang diperoleh PT. Bank "X" dari penerapan sistem analisa profitabilitas nasabah kurang efektif dalam meningkatkan kinerja bank tersebut. Hal ini terjadi karena pelaksanaan sistem tersebut pada kenyataannya menyimpang dari kebijakan-kebijakan pada saat penetapannya. Untuk mengatasi hal itu maka pelaksanaan sistem perlu secara konsisten mengikuti penetapan atau aturan yang sudah digariskan. Disamping itu penyempurnaan atas metode perhitungan, khususnya menyangkut pengendalian biaya-biaya aktivitas dan biaya-biaya overhead perlu dilakukan agar usaha mencapai profitabilitas bank yang optimal dapat tercapai.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S19094
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suhartanto
Abstrak :
Fluktuasi harga DOC yang buruk (bahkan sampai di bawah harga pokok per unit rata-rata industri) menyebabkan kesulitan bagi para produsen DOC, termasuk PT."X". Situasi harga yang disebabkan persaingan antar produsen dan kondisi over-supplied ditambah lagi dengan sifat alami dan produk dan 'mesin penghasil'-nya. DOC hanya dapat bertahan selama satu sampai dua hari, sehingga tidak dapat ditahan pada scat harga memburuk, sedangkan dalam situasi serupa, 'mesin penghasil' nya, yaitu ayam induk, tidak dapat dihentikan produksinya. Dengan demikian, baik produksi maupun penjualan tidak dapat diubah secara mendadak, melainkan harus direncanakan jauh sebelumnya. Analisa Cost-Volume-Profit dapat digunakan untuk menghitung volume penjualan dan tingkat biaya yang memadai dalam situasi harga seperti ini, yang dapat digunakan dalam perencanaan untuk suatu periode mendatang. Analisa trend dengan memperhitungkan variasi musim dalam penetitian ini juga digunakan untuk melakukan ekstrapolasi harga, yang selanjutnya digunakan dalam analisa CVP. Walaupun hasil perhitungan menunjukkan bahwa PT."X" perlu dilakukan penambahan jumlah produksi, namun situasi harga yang belum dapat dipastikan apakah akan pulih kembali dalam waktu dekat juga perlu diperhitungkan, apalagi fluktuasi harga yang terjadi disebabkan lerutama oleh kondisi pasar yang oversupplied. Dengan demikian, strategi yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan terus melakukan peningkatan produktivitas perusahaan dan efisiensi biaya, terutama pada kelompok biaya dengan nilai yang relatif besar, seperti biaya makanan ayam.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
S19105
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhianendra N. Laksmana
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
S19339
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Ratna Asih
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S26358
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mira Dameria
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S17878
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haznil Ifdial
Abstrak :
Perusahaan periklanan mempunyai ciri umum yaitu setiap pesanan dari klien berbeda dan dalam pengerjaannya perusahaan memerlukan jasa pihak lain. Hal ini menarik minat penulis untuk menelaah perlakuan akuntansi atas biaya jasa periklanan (Cost of Advertising Services). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi metode perhitungan biaya dan penetapan harga atas jasa-jasa periklanan pada suatu full service advertising agency. Untuk itu, penulis melakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan pada PT HI, berdasarkan kategori jasa yang dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu outside production, media placement dan in-house production. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya atas jasa periklanan pada PT HI tidak mengakui biaya yang dikeluarkan perusahaan sebagai harga pokok atas jasa yang diserahkannya. Harga pokok untuk outside production dari media placement adalah sebesar tagihan dari pihak ketiga. Tidak lazim · untuk memasukkan beban perusahaan sebagai unsur harga pokok. Metode penetapan harga yang digunakan adalah net cost plus fee, yang selain mudah untuk menerapkannya juga merupakan metde yang umum dipakai oleh perusahaan-perusahaan periklanan besar di dunia. Untuk jasa in-house production, PT HI belum dapat menerapkan metode yang . layak untuk menghi tung harga pokok atas · jasa tersebut. Penetapan harga berdasarkan negosiasi dengan klien (Negotiable basis). Dari Hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa metode net cost plus fee sudah cukup layak diterapkan untuk jasa outside production dan media plac~ment. Sedangkan untuk jasa in-house production, basis negotiable price pT HI belum menentukan patokan yang tepat. Penulis memberi saran bagi jasa outside production dan media placement PT HI untuk menyusun anggaran dan menetapkan % Gross margin yang ingin dicapai secara hati-hati. Untuk jasa in-house production, penulis menyarankan agar PT HI membuat biaya standar berdasarkan basis upah langsung.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18395
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Narajanti Handaja
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18559
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reina He
Abstrak :
Mengingat perlunya penanaman modal yang sangat besar dan teknologi maju dalam pengusahaan minyak dan gas bumi, maka hingga kini Pertamina terus menggalakkan kerja sama dengan para kontraktor asing, di mana sebagian besar dilakukan dalam bentuk kontrak bagi hasil. Salah satu ketentuan dalam kontrak bagi hasil menyebutkan bahwa kontraktor akan memperoleh kembali semua biaya operasi yang terjadi dalam rangka mencari sampai memproduksi minyak dan gas bumi, yang diperhitungkan dari hasil yang telah diproduksi; kemudian hasil yang tersisa setelah pengembalian biaya operasi kepada kontraktor tersebut akan dibagikan kepada Pertamina dan kontraktor berdasarkan persentase tertentu. Berdasarkan hal ini dan mengingat besarnya kontribusi bentuk kerja sama kontrak bagi hasil terhadap produksi minyak dan gas bumi Indonesia yang masih memegang peranan penting sebagai penghasil devisa negara, maka diperlukan suatu metode perhitungan persentase bagi hasil yang memungkinkan Pertamina untuk mengawasi dan mengendalikan biaya-biaya operasi kontraktor tersebut. Skripsi ini ditulis dengan menggunakan metode penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cares membaca literatur-literatur dan data-data yang berhubungan dengan topik skripsi ini dan setelah itu dilakukan evaluasi melalui penelitian lapangan. Pembahasan dalam skripsi ini dilakukan atas metode aktual dan metode anggaran yang digunakan dalam perhitungan persentase bagi hasil antara Pertamina dan kontraktor. Bari pembahasan dalam skripsi ini kita dapat melihat bahwa Pertamina sebaiknya menggunakan metode anggaran dalam perhitungan persentase bagi hasilnya karena adanya tahap perencanaan dalam metode ini memungkinkan Pertamina untuk mengawasi dan mengendalikan biaya-biaya operasi kontraktor.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1998
S19289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>