Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Heru Andraiko
"Bisnis Konstruksi merupakan kegiatan yang paling dominan dalam perkembangan bisnis di Indonesia saat ini. Banyaknya proyek konstruksi saat ini tentu akan menimbulkan limbah material konstruksi apabila tidak dikelola dengan baik. Beragamnya limbah konstruksi yang ada di proyek mempunyai pengaruh tersendiri terhadap pengendalian biaya di proyek, sehingga diperlukan suatu sistem pengeloaan yang baik dan terencana. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh waste management yang dihasilkan dari kegiatan konstruksi pada pekerjaan struktur terhadap kinerja biaya akhir proyek bangunan gedung di PT X. Metode yang digunakan adalah metoda survei. Data didapat dari kuisioner kepada responden terkait pada pengembangan waste management proyek bangunan gedung di PT X. Pengolahan data dilakukan menggunakan alat bantu statistik.

Construction Business is the most dominant activity for business development in Indonesia today . The number of the current construction project would generate waste construction material very much , if not managed properly . The diversity of construction waste that is in the project has its own influence on cost control in the project , so we need a good management of the system and planned . This study was conducted to see how much influence the development of waste management systems material generated from construction activities at the job structure) toward the performance of the final cost of building projects at PT X. The method used was a survey method . Data obtained from the questionnaires to the respondents related to the development of the waste management system building construction projects in PT X. Data processing was performed using statistic tools.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41921
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardi Novianto
"Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra telah menghadapi berbagai hambatan, termasuk campur tangan pemerintah, masalah kepemilikan tanah, dan tantangan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko kebijakan yang mempengaruhi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra, mengembangkan model hubungan dengan rough DEMATEL untuk melihat apa saja risiko kebijakan yang menjadi penyebab dan terdampak, serta memberikan langkah korektif dan preventif terhadap risiko kebijakan pada pembangunan infrastruktur Jalan Tol Trans Sumatra. Metode yang digunakan melibatkan penyebaran kuesioner kepada 10 pakar dengan pengalaman minimum 10 tahun di bidang pembangunan jalan tol dan telah menyelesaikan pendidikan sarjana. Tanggapan dari para pakar dianalisis menggunakan metode rough DEMATEL. Hasil penelitian menunjukkan adanya 6 risiko kebijakan dominan pada proses pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra. Risiko pertama adalah keterlambatan izin dan persetujuan proyek, yang dapat menghambat dimulainya proyek dan menyebabkan penundaan serta peningkatan biaya. Risiko kedua, intervensi pemerintah, yang dapat menyebabkan perubahan arah proyek atau penghentian sementara. Risiko ketiga, ketidakefisienan manajemen konflik yang dapat menimbulkan ketidakstabilan dalam tim proyek dan mempengaruhi produktivitas. Risiko keempat, perubahan kebijakan dan regulasi yang dapat mengharuskan penyesuaian besar dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek. Risiko kelima, kurangnya standar kesepakatan kontrak yang dapat menimbulkan sengketa antara pihak-pihak yang terlibat. Terakhir, risiko keenam status kepemilikan tanah yang tidak jelas atau bermasalah dapat menunda atau bahkan menggagalkan proyek. Kesimpulan: Hasil penelitian ini penting untuk dipertimbangkan oleh pemerintah Indonesia guna memahami situasi implementasi proyek transportasi, khususnya dalam pembangunan jalan tol Trans-Sumatra. Dengan memahami dan mengevaluasi hambatan-hambatan tersebut, pemerintah dapat mengambil langkah-langkah yang lebih tepat dalam merancang dan melaksanakan kebijakan untuk meningkatkan kinerja biaya proyek infrastruktur jalan tol di masa depan.

The development of the Trans Sumatra Toll Road has faced various obstacles, including government intervention, land ownership issues, and other challenges. This study aims to identify policy risks affecting the construction of the Trans Sumatra Toll Road, develop a relationship model using rough DEMATEL to examine the causes and impacts of these policy risks, and provide corrective and preventive measures against policy risks in the infrastructure development of the Trans Sumatra Toll Road. The method used involves distributing questionnaires to 10 experts with a minimum of 10 years of experience in toll road construction and a completed undergraduate education. Responses from the experts were analyzed using the rough DEMATEL method. The study results indicate six dominant policy risks in the construction process of the Trans Sumatra Toll Road. The first risk is project approval and permit delays, which can hinder the project's commencement and cause delays and increased costs. The second risk is government intervention, which can lead to project direction changes or temporary stoppages. The third risk is inefficient conflict management, which can create instability within the project team and affect productivity. The fourth risk is policy and regulatory changes, which may require significant adjustments in project planning and execution. The fifth risk is the lack of standardized contract agreements, potentially causing disputes among involved parties. Finally, the sixth risk is unclear or problematic land ownership status, which can delay or even cancel the project. Conclusion: The findings of this study are crucial for the Indonesian government to consider in understanding the implementation situation of transportation projects, particularly in the development of the Trans Sumatra Toll Road. By understanding and evaluating these obstacles, the government can take more appropriate steps in designing and implementing policies to improve the cost performance of toll road infrastructure projects in the future.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Hendratno
"Kesuksesan suatu proyek konstruksi, salah satunya diperoleh dari pengendalian biaya pekerjaan temporary. Pengendalian ini dapat berpengaruh pada kinerja biaya akhir proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh biaya pekerjaan temporary terhadap kinerja biaya akhir proyek. Pekerjaan temporary dapat digolongkan menjadi tiga yaitu : Common Temporary work, Direct Temporary work dan Site Expenses.
Penelitian dikhususkan pada bangunan pabrik yang dikerjakan oleh PT.X. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptive exploration, yaitu hasil survey berupa kuesioner dan wawancara dari pakar dan responden. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel variabel dalam pekerjaan temporary yang paling berpengaruh terhadap kinerja biaya akhir proyek.

The success of a construction project, one of which is obtained from temporary work cost control. This control can affect the performance of the final cost of the project. This study aims to determine how much influence the cost of temporary works on the performance of the final cost of the project. Temporary works can be classified into three namely: Common Temporary Work, Direct Temporary Work and Site Expenses.
Specialized research on a factory building which was done by PT.X. Data processing is done by using descriptive exploration method, namely a questionnaire survey and interviews of experts and respondents. The results of this study was to determine the temporary variables in the work of the most influential on the performance of the final cost of the project.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T31094
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Resi Aseanto
"ABSTRAK
Pada proyek pembangunan pipa gas sering terjadi di PT. XYZ sering terjadi cost overrun dan time overrun salah satunya dikarenakan oleh Stakeholder Manajemen yang belum dilakukan dengan baik, stakeholder sebagai pihak yang berkepentingan erat dengan pembangunan pipa gas merupakan elemen yang penting yang perlu dikelola. Penelitian ini telah diidentifikasi kepentingan masing-masing stakeholder internal dan eksternal serta dilakukan survey untuk mengidentifikasi kepentingan dari tiap-tiap stakeholder yang berpengaruh dalam rangka peningkatan kinerja waktu dan biaya pada pembangunan pipa gas, dari hasil survey tersebut dilakukan identifikasi dan analisis terhadap stakeholder tersebut menggunakan software structural equation modelling (SmartPLS 3.0) kemudian disusun strategi dan pengelolaan hubungan termasuk didalamnya pola komunikasi antara para stakeholder sehingga dapat meningkatkan kinerja waktu dan biaya proyek yang berbasis PMBOK.

ABSTRACT
In the gas pipeline construction project at PT. XYZ often occur time overrun and cost overrun because of Stakeholder Management who haven’t done well, stakeholders closely with the construction of the gas pipeline is an important element that needs to be managed. This study has identified the interests of each stakeholder internal and external and conducted a survey to identify the interests of each stakeholder influence in order to improve the performance of the time and cost of the construction of a gas pipeline, from the result of the survey conduct stakeholder identification and analysis using structural equation modelling software (SmartPLS 3.0), then prepared a strategy and relationship management including communication patterns among stakeholders so as to improve the performance of the time and cost of project based PMBOK."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43081
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suratman
"Kerusakan lingkungan dan pemanasan global sudah menjadi isu yang begitu menggema di masyarakat dunia. Proses konstruksi bangunan gedung yang banyak memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan bakunya sangat dimungkinkan turut andil dalam menciptakan kerusakan tersebut. Green construction merupakan bagian dari pembangunan yang berkelanjutan diharapkan mampu ikut menjaga kelestarian lingkungan. Perbedaan metode pelaksanaan antara green construction dengan konvensional berpengaruh pada kinerja biaya proyek. Melalui penelitian akan didapatkan faktor dominan yang berpengaruh dan kisaran perbedaan biaya.

Environmental damage and global warming is one of the big issues which we are facing now. Building construction process is absorbing a lot of natural resources which comes with possibility in having contribution to the world degradation. Green construction as part of sustainable building construction shall be able to reduce the impact of environmental damage. The differences method between the conventional way to the green way will certainly affecting the cost performance of a project. Through this research, we are focusing in getting the influence dominant factor and a range cost diferences."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27783
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alvin Jonathan Hertanto
"Penelitian ini bertujuan untuk membuat evaluasi performa proyek perumahan tipe 29 X yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode Earned Value Management. Hasil penelitian menunjukkan indikator Cost Performance Index (CPI) sebesar 1.05 dan Schedule Performance Index (SPI) sebesar 1, yang berarti biaya proyek lebih rendah dari anggaran biaya yang ditetapkan dan jadwal pelaksanaan proyek tepat sesuai dengan perencanaan. Untuk melakukan peningkatan performa proyek, dibuat 12 skenario yang menggambarkan hubungan dan pengaruh parameter Earned Value, Planned Value, dan Actual Cost terhadap CPI dan SPI. Skenario yang paling baik untuk meningkatkan performa proyek adalah peningkatan Earned Value sebanyak 15% dan menjaga biaya variabel tetap.

This study aims to evaluate the performance of type 29 cluster construction project X, which located at Bekasi, West Java. This study uses Earned Value Management method to evaluate the project performance. The results show Cost Performance Index of project is 1.05 and Schedule Performance Index of the project is 1, which means the actual cost is lower than the budget cost and the project progress is similar with the project plan. To improve the project performance, there are 12 scenario that created to describe the relationship between Earned Value, Planned Value and Actual Cost against the CPI and SPI. The best scenario for improving project performance is increasing EV value by 15% and keep variable cost the same as before."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library