Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Lisnawati Ayu Pratiwi
Abstrak :
Artikel ini menjelaskan peran Mooryati Soedibyo dalam industri kosmetik tradisional sejak tahun 1973 sampai dengan tahun 1998. Perkembangan kosmetik di Indonesia sampai tahun 1970an masih didominasi oleh kosmetik asing. Keadaan kemudian berubah setelah Mooryati mulai merintis usaha kosmetik tradisional tahun 1973 menggunakan ramuan tradisional khas keraton. Perubahan ini akan menjadi tema pokok penjelasan. Dengan demikian, pertanyaan utama yang dihadirkan adalah gagasan-gagasan sampai inovasi yang dilakukan Mooryati Soedibyo dalam penciptaan produk kosmetiknya. Metode penelitian sejarah yang digunakan terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dalam kajian ini ditemukan faktor yang memengaruhi Mooryati dalam merintis dan melakukan inovasi kosmetik tradisionalnya. Penggunaan ramuan tradisional keraton berbahan dasar alami digunakan sebagai trategi kembali ke alam pada akhir tahun 1970an. Atas hasil upayanya itu, Mooryati dianggap sebagai perintis dalam perkembangan kosmetik tradisional di Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dwi Handayani
Abstrak :
With respect to its multiple uses, such as in cosmetics, foods, aromatherapy and the pharmaceutical industry, ginger oil has a high value in the world market. The ginger oil obtained from conventional extraction usually has low zingiberene content, possibly due to thermal degradation. To overcome this problem, an alternative ginger oil production process by enzymatic extraction using cow rumen enzymes is investigated. The aim of the research is to obtain the optimum conditions for zingiberene-rich ginger oil extraction by using immobile isolated cow rumen enzyme. The experiments were conducted under varying temperatures (40–60oC), enzyme-substrate ratios (0.05–0.2) and extraction times (1–5 days). The microwave assisted distillation was conducted for 90 minute to separate the ginger oil from its mixture. The zingiberene content in the oil was measured by GC analysis. The most influential factor in the enzymatic extraction of ginger oil was determined by experimental design 23. Analysis of the results shows that for the extraction with a rumen ratio of 1:5 at 60oC, the most influential factor was the extraction time, in this case 5 days, and ginger oil was obtained with zingiberene contents of 21.56% and 26.28% at pH 5 and pH 4 respectively. Prolonging the extraction time to 6 days with pH 5 caused a decrease in zingiberene content to 20.76%.
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:3 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Putu Geaby Naraswari
Abstrak :
ABSTRACT
Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang tercatat memiliki pertumbuhan yang sangat kuat dari tahun ke tahun. Bahkan Pemerintah Indonesia memprioritaskan industri kosmetik sebagai fokus dalam National Development Plan for Industry sampai tahun 2019. Namun, kenyataan berkata sebaliknya bagi brand lokal Indonesia. Industri kosmetik lokal masih memiliki shares yang lebih sedikit dibandingkan dengan berbagai merek luar negeri. Salah satu penyebab dari kesulitan tersebut adalah akses terhadap media pemasaran yang masing kurang. Salah satu solusi yang dapat menjadi jawaban dari permasalahan tersebut adalah melalui social network yaitu Youtube. Di Indonesia, Youtube merupakan media berupa unggahan video dengan berbagai konten yang dapat diakses oleh siapa saja. Terlebih konten yang ingin di tonton dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Strategi pemasaran melalui Youtube marak dilakukan oleh sebagian besar merek kosmetik. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisa efektivitas online advertisement melalui Youtube terhadap industri kosmetik lokal di Indonesia. Penulis akan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk dapat menangkap fenomena tersebut.
ABSTRACT
Cosmetic Industry are on of the industries that have a very strong growth from year to year. Even the Government of Indonesia prioritize the cosmetic industry as a National Development Plan for Industry until 2019. However, the reality says the opposite for Indonesia local brand. Local cosmetic industry still have a smaller shares compared with various global brand that enter Indonesia recently. One of the causes of the difficulties is because of the access of marketing media, such as television, radio etc. Solution that can be the answer of the problem is advertisement via social network which is Youtube. Youtube is a media in the form of video that can be uploaded by anyone and watched by anyone who have access to internet. Marketing strategies through Youtube used by most of cosmetics brand in Indonesia. This research has a purpose to analyze the effectiveness of online advertisement through Youtube to local cosmetic industry in Indonesia. The author will use quantitative and qualitative analysis to capture the phenomenon.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tilaar, Martha
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015
615.88 MAR t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Tilaar, Martha
Magelang: Indonesia Tera, 1999
R 646.72 TIL k
Buku Referensi Universitas Indonesia Library