Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sriati Djaprie
"ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian analisa kegagalan bearing cover pompa air pendingin A/C. pengujian yang dilakukan meliputi komposisi kimia, struktur makro dan mikro. Ditemukan adanya cacat pori material bearing cover yang berada pada atmosfer korosif. Cacat pori pada material dalam lingkungan korosif air pendingin mempercepat kegagalan komponen tersebut."
Depok: Universitas Indonesia, 1994
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Kemal Rahadian
"ABSTRAK
Solar Thermal Cooling System with its absorption cycle is expected to
replace the conventional air conditioning system with vapor compression cycle
because it is more efficient in terms of cost and energy. However, due to the heat
of the sun is not always stable, the system needs to be equipped with a backup
energy source, one of which is CNG. In the Manufacturing Research Center
building, the lack of facilities that support availability of CNG causes large
operating costs. Therefore, Optimization efforts with the aim to reduce operating
costs are needed. Simulation and optimization performed with EnergyPlus and
GenOpt. The conclusion is that the installation of 100 kW electric heater tankless
hot water storage tank is able to reduce total operating costs by 34.95% compared
to the use of a combination of solar thermal and CNG and 49.92% compared with
the full use of CNG.

ABSTRACT
Solar Thermal Cooling System with its absorption cycle is expected to
replace the conventional air conditioning system with vapor compression cycle
because it is more efficient in terms of cost and energy. However, due to the heat
of the sun is not always stable, the system needs to be equipped with a backup
energy source, one of which is CNG. In the Manufacturing Research Center
building, the lack of facilities that support availability of CNG causes large
operating costs. Therefore, Optimization efforts with the aim to reduce operating
costs are needed. Simulation and optimization performed with EnergyPlus and
GenOpt. The conclusion is that the installation of 100 kW electric heater tankless
hot water storage tank is able to reduce total operating costs by 34.95% compared
to the use of a combination of solar thermal and CNG and 49.92% compared with
the full use of CNG."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54286
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damora Rhakasywi
"Perkembangan industri elektronik untuk produk berkinerja tinggi yang ditandai dengan munculnya piranti elektronika berukuran minimalis serta menggunakan daya yang rendah memerlukan sebuah sistem pendinginan yang handal dan efisien sehingga mampu beroperasi secara optimum. Pada penelitian ini teknologi yang digunakan untuk mendinginkan komponen piranti elektronika tersebut menggunakan jet sintetik yang memanfaatkan gerakan membran secara kontinyu dengan menghasilkan cincin vortex untuk mempercepat proses perpindahan panas.
Penelitian yang dilakukan pada study ini bertujuan untuk mencari nilai frekuensi, jenis gelombang eksitasi, serta bentuk orifis jet sintetik yang menghasilkan performa pendinginan yang baik untuk model jet sintetik impinging, mencari pengaruh jarak tumbukan (impact) jet sintetik impinging terhadap laju perpindahan panas konveksi untuk proses pendinginan, mencari model cavity jet sintetik impinging dan jet sintetik cross flow yang memiliki kehandalan dalam proses pendinginan.
Penelitian ini dikerjakan menggunakan pendekatan komputasional dan eksperimental. Pada pendekatan komputasional digunakan software CFD (computational fluid dynamics) yang mendefinisikan kondisi batas jet sintetik dengan asumsi dinding bergerak (moving wall) dan model turbulensi k-omega SST (Shear Stress Transport). Kemudian model uji eksperimental menggunakan model jet sintetik tipe impinging dan model jet sintetik tipe cross flow. Model-model tersebut memiliki perbedaan dalam hal arah aliran jet sintetik terhadap media yang akan didinginkan berupa heatsink. Modus eksitasi yang dipergunakan untuk menghasilkan aliran jet sintetik tersebut menggunakan sinyal listrik berupa gelombang sinusoidal, square dan triangular dengan variasi frekuensi 80 Hz, 120 Hz dan 160 Hz. Sinyal listrik tersebut dihasilkan oleh sweep function generator.
Hasil yang diperoleh dari kajian komputasional dan eksperimental tersebut memberikan informasi bahwa jet sintetik mampu memberikan efek pendinginan pada objek yang akan didinginkan. Parameter dari variasi frekuensi eksitasi jet sintetik dan arah aliran jet sintetik memberikan efek yang beragam dalam hal pendinginan. Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut diperoleh modus eksitasi yang paling baik menggunakan gelombang eksitasi square 120 Hz untuk model jet sintetik impinging kemudian kombinasi gelombang eksitasi sinusoidal 120 Hz dan square 80 Hz memberikan efek pendinginan yang paling optimum untuk tipe jet sintetik cross flow. Konsumsi energi yang dibutuhkan oleh jet sintetik sebanyak 1,78 joule untuk menurunkan temperatur dari 53°C menjadi 48,2°C sedangkan kipas menghabiskan konsumsi energi sebanyak 142,2 joule untuk dapat menurunkan temperatur dari 53°C menjadi 48,2°C.

The development of the electronics industry for high performance products are characterized by the emergence of electronic devices minimalist size and low power required to use a cooling system that is reliable and efficient thus able to operate at its optimum. In this study, the technology used to cool electronic devices such components using synthetic jet which utilizes a continuous membrane movement by generating vortek ring to accelerate the process of heat transfer. Research conducted in this study aimed to explore the value of frequency, type of wave excitation, as well as the shape of the synthetic jet orifice produces good cooling performance for the model synthetic jet impinging, collision distance for influence synthetic jet impinging on the rate of convection heat transfer to the cooling process, looking for synthetic jet impinging cavity models and synthetic jet cross flow which has reliability in the process of cooling.
The study is done using the method of using computational and experimental approaches. In the computational approach used CFD (computational fluid dynamics) software which defines the boundary conditions assuming a synthetic jet moving wall model with k-omega SST (Shear Stress Transport) turbulence. Then test the model using the experimental model of type impinging synthetic jet and model of synthetic jet cross flow type. The models differ in terms of synthetic jet flow direction of the media that will be cooled heatsink. Mode excitation is used to produce the synthetic jet flow using electrical signals in the form of waves sinusoidal, square dan triangular with variations in frequency of 80 hz, 120 hz and 160 hz. The electrical signals generated from the tool named sweep function generator.
Results obtained from the computational and experimental information that synthetic jets can provide a cooling effect on the object to be cooled. Parameters of synthetic jet excitation frequency variation and direction of flow of synthetic jet placement varied effects in terms of cooling. From the results of the research conducted most excitation modes obtained using either 120 hz square wave excitation for the type of impinging synthetic jet models then the combination of 120 hz sinusoidal excitation wave and 80 hz square provide the most optimum cooling effect for condition type cross flow model of synthetic jet. Energy consumption required by the synthetic jet 1.78 joules to lower the temperature of 53°C - 48.2°C while fans spend energy consumption 142.2 joule to be able to lower the temperature of 53°C-48.2°C.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
D1899
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Luthfi Setyana
"Penilitian ini membahas tentang retrofit sistem pendingin mesin untuk kapal coaster 1200GT dengan menggunakan sistem keel cooler. Dimana proses untuk mengganti suatu sistem yang sudah ada yang disebut retrofiting. Kapal coaster 1200GT merupakan kapal pengangkut barang untuk pelayaran pantai. Kapal ini memiliki spesifikasi panjang keseluruhan ( ), panjang diantara garis tegak lurus ( ), lebar kapal ( ), tinggi kapal ( ), sarat kapal ( ), tenaga mesin utama ( ), kecepatan maksimum kapal ( ) dan dapat menampung penumpang sebanyak 400 orang. Tujuan penelitian ini adalah merancang kebutuhan keel cooler untuk kapal coaster 1200GT. Langkah-langkah kegiatan perancangan dan perhitungan keel cooler ini adalah sebagai berikut: menghitung kebutuhan keel cooler dengan variasi diameter ½ - 2 ½ inch untuk mengetahui berapa panjang (L) minimal dan nilai optimal dari nilai pelepasan panas (q). Variasi diameter menghasilkan beberapa nilai panjang dan nilai koefisien perpindahan panas yang bervariasi. Pada diameter 2½ inch memiliki nilai panjang minimal dan nilai pelepasan panas yang optimal.

This research discusses about retrofit of the engine cooling system for coaster ship 1200GT with a keel cooler system. Where the process to replace an existing system called Retrofitting. 1200GT coaster ship is a freighter ship to cruise the beach. This ship has the following specifications: length overall specification ( ), the length between perpendiculars ( ), the breadth ( ), height ( ), draft ( ), the main engine power ( ), the maximum speed of the ship ( ) and can accommodate as many as 400 passengers. The purpose of this research is to design requirements for ship's keel cooler coaster 1200GT. Step-by-step activities keel cooler design and calculation are as follows: calculate the keel cooler needs to variation in diameter ½ - 2 ½ inch to know how long ( ) minimum and the optimal value of the heat release ( ). Variations in diameter produced some length value and the value of heat transfer coefficient varies. At a diameter of 2½ inch has a minimum long value and optimal value of the heat release.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57716
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Harits Muttaqin
"Penggunaan energi yang tidak terbarukan seperti minyak bumi dan batu bara secara perlahan telah membawa dunia ini ke dalam krisis energi, sehingga diperlukan upaya penghematan energi. Isu dunia mengenai penghematan energi tersebut sangat berkaitan erat dengan industri otomotif. Industri otomotif dituntut untuk menghasilkan produk dengan emisi kendaraan yang rendah dan kendaraan yang hemat bahan bakar. Material TWDI (thin wall ductile iron) yang dapat dilakukan pemrosesan lanjut menjadi TWADI (thin wall austempered ductile iron) menjadi kandidat yang paling menarik karena sifat mekanisnya yang baik serta biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan aluminium. Tantangan yang dihadapi pada proses pembuatan material TWDI saat ini yaitu kecenderungan terbentuknya lapisan kulit (skin effect) pada permukaan logam hasil pengecoran yang dapat menurunkan sifat mekanis.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pengaruh penggunaan isolator berupa glasswool, kayu, dan rockwool dengan ketebalan 40 mm terhadap kecepatan pendinginan. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian komposisi kimia, pengamatan makro, pengamatan struktur mikro, dan pengujian tarik. Pengamatan struktur mikro dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, dengan bantuan program image analysis. Sedangkan analisis kecepatan pendinginan didapatkan secara kualitatif.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kecepatan pendinginan merupakan fungsi dari jumlah nodul, karbida, nodularitas, dan diameter rata-rata nodul. Kecepatan pendinginan tercepat hingga terlambat yaitu pada penggunaan isolator rockwool (P9M1), kayu (P8M1), dan glasswool (P6M1). Untuk ketebalan lapisan kulit rata-rata terbesar hingga terkecil yaitu P8M1 32,58 μm, P9M1 25,59 μm, dan P6M1 25,45 μm. Dari karakteristik nodul, P8M1 memiliki nodularitas tertinggi sebesar 81% lalu diikuti P6M1 sebesar 79% dan P9M1 sebesar 76%. P6M1 memiliki 1605 nodul/mm2, P9M1 1274 nodul/mm2 dan P8M1 1141 nodul/mm2. Sedangkan, diameter nodul P6M1 10,20 μm, P8M1 9,71 μm, dan P9M1 9,09 μm. Matriks yang didapatkan adalah ferit dan karbida dengan tingkat keparahan karbida tertinggi hingga terendah yaitu P9M1, P8M1, dan P6M1. Nilai kekuatan tarik P6M1 367 MPa, P9M1 329 MPa, dan P8M1 146 MPa. Sedangkan elongasi P6M1 2%, P9M1 1,1%, dan P8M1 1%. Sifat mekanis yang didapatkan masih berada di bawah nilai standar.

Nowadays, the use of unsustainable energy such as petroleum and coal subsequently has brought us to the energy crisis. So that the effort of saving energy is crucial. World issues regarding energy savings is very closely related to the automotive industry. The automotive industry is required to produce products with lower emissions and fuel-efficient vehicles. TWDI (thin wall ductile iron) which can be processed to TWADI (thin wall austemperd ductile iron) became the best candidate due to good mechanical properties and lower cost comparing to aluminum. The challenge confronted in the process of TWDI making is the tendency of skin formation on the surface of the metal casting reduced its mechanical properties.
This research is conducted to obtain the effect of insulators utilization such as glasswool, wood, and rockwool with the thickness of 40 mm towards the cooling rate. Methods performed are chemical composition, visual observation, microstructure observation, and tensile testing. While, microstructure observation is conducted qualitatively and quantitatively using image analysis program, the analysis of the cooling rate is obtained qualitatively.
The cooling rate, from the fastest to the slowest, is rockwool (P9M1), wood (P8M1), and glasswool (P6M1). Where as, for the average skin thickness, from the biggest to the smallest, is P8M1 32.58 μm, P9M1 25.59 μm, and P6M1 25.45 μm. For nodule characteristics, P8M1 has the 81% nodularity and then followed by P6M1 with 79% and P9M1 with 76%. While, P6M1 has 1605 nodule/mm2, P9M1 and P8M1 has 1274 and 1141 nodul/mm2, respectively. While, the biggest nodule diameter is P6M1 with 10.20 μm, the next is P8M1 with 9.71 μm and then P9M1 with 9.09 μm. Ferrite and carbide is found in the matrix. The severity level of carbide, from the highest to the lowest, is P9M1, P8M1 and P6M1. From mechanical aspects, the highest ultimate tensile strength is obtained by P6M1 with 367 MPa, then followed by P9M1 with 329 MPa and P8M1 with 146 MPa. Where as, for the elongation, P6M1 is 2%, P9M1 is 1.1% and P8M1 is 1%. The mechanical properties obtained don't fulfill the standardfollowed by P6M1 with 79 and P9M1 with 76 While P6M1 has 1605 nodule mm2 P9M1 and P8M1 has 1274 and 1141 nodul mm2 respectively While the biggest nodule diameter is P6M1 with 10 20 m the next is P8M1 with 9 71 m and then P9M1 with 9 09 m Ferrite and carbide is found in the matrix The severity level of carbide from the highest to the lowest is P9M1 P8M1 and P6M1 From mechanical aspects the highest ultimate tensile strength is obtained by P6M1 with 367 MPa then followed by P9M1 with 329 MPa and P8M1 with 146 MPa Where as for the elongation P6M1 is 2 P9M1 is 1 1 and P8M1 is 1 The mechanical properties obtained don rsquo t fulfill the standard.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60439
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernard Zaimi Pratama
"Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis dalam penerapan regulasi BKI terkait Cooling System, Fuel System pada Kapal Yacht terhadap kesesuaiannya pada kondisi aktualnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengecualian-pengecualian terhadap kapal yang telah beroperasi yang akan didaftarkan pada klasifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana regulasi tersebut akan dibandingkan dengan kondisi aktual dari kapal tersebut dan regulasi lain dari anggota IACS. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan beberapa pengecualian-pengecualian dan saran penambahan peraturan untuk regulasi BKI.

The issues which examined in this research is to analyze the application of BKI Regulation about Cooling system, fuel system for Yacht based on suitability to actual condition. The research aimed to know the exceptions for operated Yacht that want to register to Classification. The Methods which used in this research is qualitative method where that regulation will be compared with actual conditions from that ship and other regulation from other IACS member. According to the result of the research, there are some exceptions and additional advice for BKI regulation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"PEMANFAATAN AMONIUM ZEOLIT DAN POLIMER DALAM PENGOLAHAN LIMBAH AIR PENDINGIN REAKTOR NUKLIR. Pengoperasian reaktor nuklir akan menimbulkan limbah radioaktif yang salah satunya adalah limbah air pendingin primer yang mengandung hasil belah Sr90, Cs137 dan produk korosi Co60 . Limbah ini harus dikelola dengan baik agar tidak memberikan dampak bagi masyarakat dan lingkungan. Telah dilakukan penelitian pengolahan limbah air pendingin primer dengan memanfaatkan zeolit murni dan amonium zeolit, serta imobilisasi zeolit bekas menggunakan polimer. Penelitian bertujuan untuk mempelajari kemampuan penyerapan zeolit murni dan amonium zeolit terhadap Sr, Cs dan Co, serta karakteristik hasil imobilisasi. Percobaan dilakukan secara catu dengan mengkontakkan zeolit murni dan amonium zeolit dengan limbah air pendingin reaktor simulasi yang mengandung Sr, Cs dan Co dalam berbagai waktu kontak. Imobilisasi amonium zeolit bekas dengan polimer dilakukan pada berbagai kandungan limbah 10, 20, 30, 40 dan 50 % berat. Karakteristik blok polimer-amonium zeolit bekas yang dipelajari adalah densitas, kuat tekan dan laju pelindihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu kontak optimal adalah 90 menit dengan efisiensi penyerapan amonium zeolit lebih tinggi dibandingkan zeolit murni, dengan urutan: Sr > Co > Cs. Karakterisasi blok polimer-amonium zeolit bekas menunjukkan bahwa semakin besar kandungan limbah maka densitas dan laju pelindihan semakin tinggi dan kuat tekan semakin turun. Karakteristik blok polimer-amonium zeolit bekas terbaik diperoleh pada kandungan limbah 20 % berat dengan densitas 1,3051 g/cm-3, kuat tekan 9,68 kN/cm-2 dan tidak terdeteksi adanya hasil belah yang keluar dari blok polimer-amonium zeolit bekas. Kata kunci: Hasil belah, air pendingin reaktor, zeolit, polimer. ABSTRACT UTILIZATION OF AMMONIUM ZEOLITES AND POLYMERS IN TREATMENT OF COOLANT WASTE OF NUCLEAR REACTOR. Operation of nuclear reactor generates radioactive wastes, and one them is the waste from primary coolant water that contain fission products Sr90, Cs137 and corrosion product Co60 . This waste must be managed to prevent impact to the community and environment. A research on treatment of primary cooling water that contain fission products by utilizing pure zeolite and ammonium zeolite, and immobilization of the spent ammonium zeolite with polymer has been completed. The aim of the research is to study both the sorption ability of pure zeolite and ammonium zeolite to Sr,Cs and Co, and the characteristics of the immobilization product. The experiments was carried out by contacting pure zeolite and ammonium zeolite with simulated waste which contain Sr,Cs and Co in a varied contact time. Immobilization of spent ammonium zeolite with a polymer is conducted in a varied waste loading, i.e.: 10, 20, 30, 40 and 50% weight. The characterization of the ammonium zeolite-polymer blocks was performed by the measurement of the density, compressive strength and leaching rate. The result, at the 90 minutes optimal contact time, showed that the ammonium zeolite sorption efficiency is higher than pure zeolite’s, in an order of Sr> Co> Cs. The characteristics of ammonium zeolite-polymer blocks was found to be the greater the waste loading the higher the density of the waste, as well as the compressive strength and the leaching rate. The best ammonium zeolite-polymer blocks were obtained at waste loading of 20% weight, the blocks density of 1.3051 g/cm3, and the compressive strength of 9.68 kN/cm2. The presence of fission product leaching was not detected. "
604 JTPL 16:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fifien Yuliasyari
"Nanofluida adalah larutan yang mengandung partikel solid yang berukuran nano, diharapkan memiliki kinerja yang lebih baik daripada liquid pemindah kalor yang ada sekarang. Hasil experimen menunjukkan indikasi peningkatan konduktivitas thermal dibandingkan dengan fluida tanpa partikel nano atau fluida dengan partikel yang lebih besar, dan konduktivitas thermal yang sangat dipengaruhi oleh temperatur. Peningkatan perpindahan kalor untuk nanofluida (Al2O3-air) telah diteliti dengan mengalirkannya dalam sistem tertutup melalui saluran kecil didalam plat untuk mensimulasikan prosesor. Rangkaian percobaan dengan laju aliran dan heat flux telah dilakukan. Hasilnya menunjukkan nanfluida dengan 4% konsentrasi volum, dapat meningkatkan koefisien perpindahan kalor pada kondisi maksimum sebesar 93%, sedangkan nanofluida dengan 2% konsentrasi volum menunjukkan peningkatan 43% dibandingkan dengan fluida dasar.

Nanofluid i.e. fluid suspensions of nanometer-sized solid particles and fibers, have been proposed as a route for surpassing the performance of heat transfer liquids currently available. Recent experiments on nanofluid have indicated significant increases in thermal conductivity compared with liquids without nanoparticles or larger particles and strong temperature dependence of thermal conductivity. Heat transfer enhancement of a particular nanofluid (Al2O3 nanoparticles-water) was investigated in this experiment by flowing it in a closed system through a small channel inside a plate to simulate a processor and temperature were observed by thermocouples. A series of experiments with a different flow rates and heat flux were performed. Experimental data, obtained in laminar flow regime, have shown that the inclusion of nanoparticles into distilled water has produced a considerable enhancement convective heat transfer coefficient. For a particular nanofluid with 4% particle volume, increase of heat transfer coefficient at maximum condition is 93% and 43% for nanofluid with 2% particle volume compared to that of the base fluid."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T23210
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferdiansyah Nurudin Iskandar
"Gizi buruk merupakan kejadian kronis dan bukan kejadian yang tiba-tiba. Kelemahan pada kasus gizi buruk yang mencuat akhir-akhir ini adalah lemahnya akan pemantauan status gizi di suatu daerah. Untuk mengetahui kekurangan gizi khususnya pada anemia gizi besi biasanya dipantau dengan pengambilan sampel darah di suatu daerah, baik di perkotaan, pedesaan maupun di daerah terpencil. Pengambilan sample darah didaerah terpencil yang beriklim tropis dan panas khususnya indonesia sangatlah sulit, sehingga sangat dibutuhkan media penyimpan darah yang tahan dan tidak terpengaruh dengan temperatur lingkungan. Kelemahan media penyimpanan darah yang ada sekarang adalah sulitnya mempertahankan temperatur cabin pada 4-6 ºC ketika temperature lingkungan tiba-tiba naik sangat tinggi. Selain itu kecepatan pendinginan yang buruk ketika berada pada beban penuh juga menimbulkan masalah pada sampel darah yang disimpan.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengembangkan alat blood carier yang mempunyai kecepatan dan kinerja pendinginan yang sangat tinggi dengan menerapkan sistem pendinginan bertingkat, selain itu juga untuk mengetahui potensi dari sistem pendinginan bertingkat. Sehingga diharapkan sistem pendinginan ini dapat digunakan untuk media pendinginan lainnya yang membutuhkan suhu yang sangat rendah.
Dari hasil pengujian, blood carrier mampu menurunkan suhu cabin dibawah 0ºC dalam waktu kurang dari 60 menit dengan berbagai volume beban. Hasil penelitian ini diharapkan mampu untuk memudahkan para peneliti yang ingin menerapkan teknik pendinginan bertingkat untuk system pendingin lainnya.

The insufficient nutrient is a chronic epidemic and commonplace spreads mostly at the suburb area and rural. Recently, it emerges because of the unmonitored nutrient's growth for the society living in these areas. Taking the blood sample is a common method to observe this epidemic, especially anemia. These samples are taken from the societies living at cites, suburbs, and rural areas. It's very difficult to taking a blood sample from remote place such as Indonesia that have hot weather and tropical climate, a good blood carrier that not depend on ambient temperature is needed. The common blood storage have laxity to maintain cabin temperature between 4-6 ºC, and the cooling velocity is very poor also when used for the maximum capacity, so it can bring a problem to the blood sample when ambient temperature rising very high suddenly.
The objective of this research is to develop a blood carrier that have high speed cooling performance by applying multi stage cooling system and also to know the potential of multi stage cooling system in the hope this system can be use for other low temperature cooling device.
The result of the research is the blood carrier that has been designed can push the cabin temperatur below 0 ºC for less than 60 minute with variety load. May the result of this research could facilitate researchers for the development of multi stage cooling system for other purpose.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50977
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Elemen peltier yang mempunyai kemampuan menghasilkan panas dan dingin pada sisi yang berbeda membuat alat ini banyak digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan suatu sistem. Prinsip kerja
dari peltier ini adalah kebalikan dari efek Seebeck. Efek peltier terjadi bila ada dua material yang berbeda dialiri tegangan dan pada bagian ujungnya disambungkan satu sama lainnya maka akan menghasilkan perbedaan temperatur.Perbedaan temperatur ini sebanding dengan arus searah yang dialirkan dan di setiap sambungan akan terjadi pelepasan kalor dan penyerapan kalor. Pada penelitian ini, dengan daya 12 Watt elemen peltier pada sisi dingin digunakan untuk menyerap kalor atau heat source dari power IC mini compo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendinginan dengan menggunakan elemen peltier dan heatsink fan lebih efektif dibandingkan dengan heatsink konvensional. Dan perbedaan temperatur yang dicapai rata-rata 30oC.

Abstract
The capability of element Peltier which can produce hot and cold temperature on different surface makes this stuff reliable to use as a cooler and heater in a system. The principle work of Peltier is reversing from the Seebeck effect principle. It is two kind of different materials which given different voltage and make it connection in each edge that will produce different temperature. Thus temperature
different is in line with electric current which are distributed in each connection will effect to released and accepted warmth. In this research, this Peltier element one side of the cold temperature will use for cooling system of heat source IC power on mini compo. The result shows that the peltier element more efficient than heatsink.It has the temperature difference 30oC in average. "
[Fakultas Teknik UI, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2007
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>