Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Edria Pavitaruni
"Non-Fungible Tokens (NFT) adalah salah satu bentuk token digital yang menunjukkan kepelimilikan dari sebuah aset digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor yang mempengaruhi intensi membeli dari Non-Fungible Tokens (NFT). Dalam hal ini, sikap terhadap skema NFT dilihat sebagai mediator yang mempengaruhi hubungan persepsi resiko (perceived risk) dan persepsi kesenangan (perceived enjoyment) terhadap intensi membeli Non-Fungible Tokens (NFT). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan data penelitian yang diperoleh melalui survei secara daring kepada seseorang yang mengikuti perkembangan NFT selama kurang lebih 3 bulan. Perekrutan partisipan dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan partisipan yang didapatkan sebanyak 191 partisipan. Analisis mediasi dilakukan dengan menggunakan model 4 dari Hayess’s PROCESS model pada IBM SPSS PROCESS versi 4. Berdasarkan Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa sikap tidak memediasi hubungan antara persepsi kesenangan dan intensi membeli terhadap Non-Fungible Tokens (NFT). Hal ini ditunjukkan dengan tidak ditemukannya efek langsung maupun efek tidak langsung antara persepsi kesenangan dan intensi membeli pada Non-Fungible Tokens (NFT). Lalu, ditemukan pula bahwa sikap tidak memediasi hubungan antara persepsi risiko dan intensi membeli Non-Fungible Tokens (NFT), namun terdapat efek langsung antara persepsi risiko dan intensi membeli pada Non-Fungible Tokens (NFT).Dengan dengan demikian persepsi terhadap resiko perlu menjadi perhatian terhadap perilaku membeli NFT.

Non-Fungible Tokens (NFT) is a form of digital token that shows ownership of a digital asset. Therefore, this study aims to look at the factors that influence the intention to buy Non-Fungible Tokens (NFT). In this case, attitudes towards the NFT scheme are seen as a mediator influencing the relationship between perceived risk and perceived enjoyment of the intention to buy Non-Fungible Tokens (NFT). This research is a correlational study with research data obtained through an online survey of someone who has followed the development of NFT for approximately 3 months. Participant was recruited using accidental sampling technique with total of 191 participants. Mediation analysis was carried out using model 4 from Hayess's PROCESS model on IBM SPSS PROCESS version 4. Based on the results of the mediation analysis, shows that attitude does not mediate the relationship between perceived enjoyment and purchase intention towards Non-Fungible Tokens (NFT). This is indicated by analysis result that shows no direct or indirect effects between perceived enjoyment and purchase intentions for Non-Fungible Tokens (NFT). Then, it was also found that attitude does not mediate the relationship between perceived risk and intention to buy Non-Fungible Tokens (NFT) but there was a direct effect between perceived risk and purchase intention for Non-Fungible Tokens (NFT). Therefore, perceived risk should be a concern to predicts NFT buying behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Larasati Natasha Asmara
"Kemajuan teknologi yang bergerak cepat memengaruhi gaya hidup konsumen secara global, dalam hal mengakses dan menyebarkan informasi digital (E-WOM), membeli barang dan jasa secara online, dan mengonsumsi makanan cepat saji yang berdampak negatif terhadap lingkungan dari limbah. Penelitian tesis ini dilakukan untuk melihat pengaruh hubungan antara keterlibatan E-WOM dan sikap terhadap lingkungan terhadap niat untuk membeli produk hijau pada konsumen dewasa muda. Penelitian korelasional dengan metode non-probability sampling dengan sampel 479 partisipan, dewasa muda berusia 18-34 tahun dengan membagikan kuesioner online dengan topik Green Consumers.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan E-WOM dan sikap terhadap lingkungan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat untuk membeli produk ramah lingkungan. Hubungan positif antara keterlibatan E-WOM dan hubungan negatif dari sikap terhadap lingkungan terhadap niat untuk membeli produk hijau dapat menjadi pernyataan bahwa semakin tinggi keterlibatan individu dalam E-WOM, dan semakin rendah atau negatif sikap terhadap lingkungan akan meningkat niat untuk membeli produk hijau untuk perorangan. Keterlibatan E-WOM memiliki pengaruh yang lebih besar pada niat untuk membeli produk hijau daripada sikap terhadap lingkungan pada konsumen dewasa muda.

Fast-moving technological advancements affect global lifestyles of consumers, in terms of accessing and disseminating digital information (E-WOM), buying goods and services online, and consuming fast food that negatively impacts the environment from waste. This thesis research was conducted to see the effect of the relationship between E-WOM involvement and attitudes towards the environment on the intention to buy green products in young adult consumers. Correlational research with non-probability sampling method with a sample of 479 participants, young adults aged 18-34 years by distributing online questionnaires with the topic Green Consumers.
The results showed that the involvement of E-WOM and attitudes towards the environment simultaneously had a significant influence on the intention to buy environmentally friendly products. The positive relationship between E-WOM involvement and the negative relationship of attitudes towards the environment towards the intention to buy green products can be a statement that the higher the involvement of individuals in E-WOM, and the lower or negative attitude towards the environment will increase the intention to buy green products for individuals. The involvement of E-WOM has a greater influence on the intention to buy green products than the attitude towards the environment in young adult consumers.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This book analyses the importance of consumer behaviour in sustainable fashion and consumption. Consumer behaviour plays a major role in sustainability, and when it comes to textile products, a number of studies have shown that for certain product categories, consumer behaviour during use and disposal stages influences the entire life cycle impacts of the product more than the raw material and manufacturing stages. However green the production, the overall sustainability of a product depends on the consumers who use and dispose of it."
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20501528
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Khairani
"Penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara anteseden dan konsekuensi dari Pengalaman Pariwisata yang Berkesan / Memorable Tourism Experience (MTE), mencakup variabel: destination attributes, tourist personality, travel motivation, tourist-to-companion interaction, tourist-to-stranger interaction, emotions, MTE, destination personality, overall satisfaction, revisit intention, and electronic word-of-mouth (eWOM) intention dalam konteks pariwisata urban. Penelitian ini mengevaluasi penerapan teori stimulus-organisme-respons (SOR) yang direkonseptualisasi oleh Jacoby (2002) untuk menyelidiki bagaimana wisatawan merespons berbagai stimuli yang ditemui selama perjalanan wisata mereka. Menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, responden merupakan wisatawan Indonesia yang mengunjungi destinasi kota baik secara domestik atau internasional dalam tiga bulan terakhir. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang menilai semua variabel, menghasilkan 388 respons yang dianalisis menggunakan partial least squares equation modelling (PLS-SEM). Temuan menunjukkan bahwa lima dari enam variabel— destination attributes, travel motivation, tourist-to-companion interaction, tourist-to-stranger interaction, and emotions —terkonfirmasi sebagai anteseden MTE, berpengaruh positif pada MTE. Selain itu, tiga dari empat variabel hasil— destination personality, overall satisfaction, dan eWOM intention—dipengaruhi secara positif oleh MTE. Penelitian ini juga mengidentifikasi hubungan antar variabel. Penelitian ini berkontribusi pada literatur dengan memberikan bukti empiris dan pemahaman yang lebih mendalam tentang hubungan antara destination attributes, tourist personality, travel motivation, tourist-to-companion interaction, tourist-to-stranger interaction, emotions, MTE, destination personality, overall satisfaction, revisit intention, dan eWOM intention. Temuan ini memberikan implikasi bagi organisasi pengelola destinasi, praktisi pariwisata, dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan pengalaman wisatawan dan mendorong perilaku positif berupa rekomendasi dan kunjungan kembali ke destinasi dalam industri pariwisata.

This study aims to comprehensively examine the interplay between the antecedents and consequences of Memorable Tourism Experience (MTE), incorporating variables: destination attributes, tourist personality, travel motivation, tourist-to-companion interaction, tourist-to-stranger interaction, emotions, MTE, destination personality, overall satisfaction, revisit intention, and electronic word-of-mouth (eWOM) intention within the context of urban tourism. Furthermore, it evaluates the applicability of Jacoby’s (2002) reconceptualised stimulus-organism-response (SOR) theory to investigate how tourists respond to various stimuli encountered during their travel experiences. A quantitative research methodology was employed, collecting data from Indonesian tourists who visited domestic or international city destinations within the past three months. Data were collected via an online questionnaire assessing all variables, resulting in 388 responses analysed using partial least squares equation modelling (PLS-SEM). The findings indicate that five of the six variables—destination attributes, travel motivation, tourist-to-companion interaction, tourist-to-stranger interaction, and emotions—were confirmed as antecedents of MTE, exerting a positive influence. Additionally, three of the four outcome variables—destination personality, overall satisfaction, and eWOM intention—were positively influenced by MTE. The study also identified interrelationships among variables. It contributes to the literature by providing empirical evidence and a deeper understanding of the interrelationships among destination attributes, tourist personality, travel motivation, tourist-to-companion interaction, tourist-to-stranger interaction, emotions, MTE, destination personality, overall satisfaction, revisit intention, and eWOM intention. The findings offer implications for destination management organisations, tourism practitioners, and policymakers to enhance tourists’ experiences and promote positive behavioural outcomes in the tourism industry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pinka Ellena Azzahrani
"Dalam berbelanja daring, ulasan dan penilaian pembeli terhadap barang atau jasa dapat menentukan sikap dan niat membeli dari calon pembeli yang membaca ulasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ulasan negatif dan respon manajerial terhadap sikap konsumen pada penjual di platform e-commerce. Studi eksperimental dilakukan terhadap partisipan dalam rentang usia 17-64 tahun, dimana partisipan dibagi ke dalam 4 kelompok yang diberikan stimulus ulasan negatif dan diikuti oleh kondisi respon manajerial yang berbeda. Digunakan alat ukur Attitude Toward the Reviewed Seller untuk mengukur sikap konsumen terhadap penjual, juga alat ukur Review Impression dan Perceived Diagnosticity of Negative Revie untuk mengukur impresi dan kesan yang didapatkan dari ulasan negatif. Hasil one-way analysis of variance menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean yang signifikan dari 4 kelompok eksperimen, dengan nilai mean tertinggi pada kelompok yang diberikan kondisi response rate dan response relevance yang tinggi. Kemudian, analisis Pearson Correlation menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Attitude Towards the Reviewed Seller dengan Review Impression dan dengan Perceived Diagnosticity of Negative Review. Oleh karena itu, respon penjual yang relevan dan dengan frekuensi yang banyak dalam menanggapi ulasan negatif di platform belanja e-commerce diperlukan sebagai upaya mengurangi efek buruk dari ulasan negatif, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi dan penjualan toko.

.In online shopping, reviews and ratings of goods can determine the attitudes and buying intentions of potential buyers who read the reviews. This study was aiming to see the effect of negative reviews and managerial response on consumer attitude towards sellers in e-commerce platforms. An experimental study was conducted on participants in the age range of 17 - 64 years old, where participants were divided into 4 groups that were given a negative review as stimulus, followed by different managerial response conditions. Consumer attitude towards seller was assessed using the Attitude Towards The Reviewed Seller measurement tool, while the impression and diagnosticity of negative reviews were assessed using the Review Impression and the Perceived Diagnosticity of Negative Review measurement tool. The results of one-way analysis of variance showed that there were significant differences in the mean of the 4 experimental groups, with the highest mean value in the group with the high managerial response rate and high managerial response relevance conditions. Meanwhile, the Pearson Correlation analysis showed that there was a significant correlation between consumer attitudes towards the seller and review impression and with the perceived diagnosticity of negative review. Therefore, relevant and frequent responses to negative reviews on e-commerce shopping platforms are needed as an attempt to reduce the adverse effects of negative reviews, and eventually to improve the store’s reputation and sales."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Cahya Ningtyas
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan dan terbentuknya budaya partisipatif dalam komunitas fashion pada produk brand Aesthetic Pleasure. Dalam konteks ini, berkaitan dengan konsep budaya partisipatif yang diartikan sebagai adanya hubungan partisipasi, hubungan sosial, jaringan sosial, komunikasi dan interaksi sosial yang terjalin antara satu individu dengan individu lainnya. Studi sebelumnya menjelaskan bahwa terdapat dukungan yang kuat antara satu individu dengan individu lainnya dalam menciptakan produk dan menyebarluaskan informasi dalam jangkauan yang luas. Argumentasi pada penelitian ini berfokus pada adanya hubungan partisipasi dan hubungan jaringan sosial yang membentuk ruang ekspresi bagi para produsen dan konsumen produk brand Aesthetic Pleasure dalam menciptakan suatu produk, mendefinisikan ulang produk, dan mendistribusikan konten produk yang dibantu oleh platform e-commerce dan media sosial lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang bersumber dari data sekunder dan diperkuat dari hasil wawancara.

This study aims to determine the involvement and formation of a participatory culture in the fashion community in Aesthetic Pleasure brand products. In this context, it relates to the concept of participatory culture which is defined as a relationship of participation, social relations, social networks, communication and social interactions that exist between one individual and another. Previous studies have explained that there is strong support between one individual and another in creating products and disseminating information in a wide range. The argument in this study focuses on the participation relationship and social network relationships that form a space of expression for producers and consumers of Aesthetic Pleasure brand products in creating a product, redefining products, and distributing product content assisted by e-commerce platforms and other social media. . The method used in this study is a descriptive qualitative research method that is sourced from secondary data and strengthened from the results of interviews."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Kartiko
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku konsumsi dalam penggunaan PayLater terutama kaitannya pada konsumsi berbasis estetika di kalangan Generasi Z dalam konteks fenomena doom spending. Studi-studi terdahulu menemukan faktor yang memengaruhi perilaku konsumtif dapat dikelompokkan menjadi struktural dan individual. Namun studi-studi tersebut cenderung berfokus pada bagaimana suatu faktor dapat melatarbelakangi munculnya kecenderungan perilaku konsumtif tanpa mempertimbangkan keterkaitannya dengan faktor yang lain. Masih sedikit studi yang mengeksplorasi secara mendalam perilaku konsumsi terutama dalam penggunaan PayLater dengan konteks Generasi Z dan fenomena doom spending. Peneliti berargumen bahwa perilaku konsumsi dapat dipengaruhi oleh faktor struktural dan juga individual yang berkaitan satu sama lain melalui konsumsi estetik. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori masyarakat konsumer dan konsep konsumsi estetik dari Zygmunt Bauman untuk melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi digital, studi literatur, serta terhadap Generasi Z yang berusia 18-28 tahun. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat perubahan perilaku konsumsi melalui penggunaan PayLater karena kemudahan yang ditawarkan. Perilaku konsumsi dalam penggunaan PayLater di kalangan Generasi Z dibentuk oleh faktor struktural dan individual yang berinteraksi. Tekanan dari struktur sosial sebagaimana fenomena doom spending dan dorongan individual, melahirkan bentuk konsumsi yang tidak lagi didasarkan pada kebutuhan secara fungsional, melainkan pada kepuasan visual, simbolik, dan emosional sebagai konsumsi berbasis estetika

This study aims to examine consumption behavior in the use of PayLater, particularly in relation to aesthetic-based consumption among Generation Z within the context of the doom spending phenomenon. Previous studies have found that the factors influencing consumptive behavior can be grouped into structural and individual categories. However, these studies tend to focus on how each factor contributes to the emergence of consumptive behavior without considering their interconnection. There is still limited research that explores consumption behavior in depth, especially regarding the use of PayLater among Generation Z in the context of doom spending. This study argues that consumption behavior is influenced by both structural and individual factors, which are interconnected through aesthetic consumption. Therefore, the researcher uses the theory of consumer society and the concept of aesthetic consumption by Zygmunt Bauman, applying a qualitative method with in-depth interviews, digital observation, and literature study involving Generation Z individuals aged 18–28 years. The findings of this study show a shift in consumption behavior through the use of PayLater, driven by the convenience it offers. Among Generation Z, consumption behavior related to PayLater is shaped by the interaction between structural and individual factors. Pressures from social structures as seen in the doom spending phenomenon combined with individual impulses, result in a form of consumption that is no longer based on functional needs, but rather on visual, symbolic, and emotional satisfaction, which characterizes aesthetic based consumption."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deandra Virashabila Suswadi
"Penelitian ini mengkaji hubungan antara Parasocial Interaction (PSI), Romantic Parasocial Interaction (RPI), Social Anxiety, interaksi sosial nyata dan daring, serta perilaku bermain game otome Love and Deepspace. Dengan metode kuantitatif dan analisis SEM-PLS melalui SmartPLS 3, data dikumpulkan dari 330 responden di Jabodetabek yang aktif bermain game namun belum pernah melakukan top-up. Hasil menunjukkan bahwa PSI secara signifikan memengaruhi RPI. Social Anxiety berkorelasi negatif dengan interaksi sosial nyata, namun positif dengan PSI dan RPI. Interaksi sosial nyata tidak berpengaruh signifikan terhadap PSI dan RPI, sedangkan interaksi daring berpengaruh positif terhadap keduanya. RPI memengaruhi Continued Playing Intention dan In-Game Purchase Intention. Sementara itu, PSI memengaruhi Continued Playing Intention dan Emotional Engagement, tetapi tidak terhadap niat pembelian. Emotional Engagement juga tidak berpengaruh terhadap pembelian, kemungkinan dikarenakan oleh faktor ekonomi. Continued Playing Intention menjadi prediktor utama In-Game Purchase Intention.

This study examines the relationships between Parasocial Interaction (PSI), Romantic Parasocial Interaction (RPI), Social Anxiety, real-life and online social interactions, and player behavior in the otome game Love and Deepspace. Using a quantitative approach with SEM-PLS via SmartPLS 3, data were collected from 330 respondents in Jabodetabek who actively play the game but have never made in-game purchases. Findings show that PSI significantly influences RPI. Social Anxiety is negatively affected with real-life interaction but positively with PSI and RPI. Real-life social interaction has no significant effect on PSI or RPI, while online social interaction positively affects both. RPI influences Continued Playing Intention and In-Game Purchase Intention. Meanwhile, PSI affects Continued Playing Intention and Emotional Engagement, but not In-Game Purchase Intention. Emotional Engagement also does not influence purchase intention, possibly due to economic factors. Continued Playing Intention emerges as the key predictor of in-game purchases."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dreda Gabriella Suparman
"Lonjakan penggunaan Shopee Pay Later (SPayLater) di kalangan mahasiswa mencerminkan pergeseran perilaku konsumsi yang signifikan di era digital. Di balik kemudahannya, layanan ini menyimpan risiko tersembunyi, terutama bagi mahasiswa yang terdorong oleh gaya hidup konsumtif dan minimnya kontrol keuangan sehingga dapat mendorong perilaku pembelian kompulsif. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji hubungan materialisme dan sikap terhadap uang dengan pembelian kompulsif secara daring pada mahasiswa pengguna SPayLater. Penelitian ini terdiri dari 117 mahasiswa berusia 18-25 tahun yang menggunakan SPayLater selama 3 bulan terakhir. Dalam menganalisis hasil, penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dimana ditemukan bahwa materialisme dan sikap terhadap uang secara simultan memiliki hubungan terhadap pembelian kompulsif (R² = .434, CI 95% [0.294, 0.573], p < .01). Temuan ini menegaskan bahwa faktor psikologis internal memiliki peran penting dalam mengarahkan perilaku konsumsi mahasiswa di era digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan edukasi finansial yang lebih adaptif bagi mahasiswa, sekaligus memperkaya literatur psikologi konsumen terkait penggunaan layanan pay later.

The surge in the use of Shopee PayLater (SPayLater) among university students reflects a significant shift in consumption behavior in the digital era. Behind its convenience, this service holds hidden risks, especially for students driven by a consumptive lifestyle and a lack of financial control, which can lead to compulsive buying behavior. This quantitative study aims to examine relationship between materialism and attitudes toward money with compulsive buying among university students who use SPayLater. The study involved 117 students aged 18–25 who had used SPayLater in the past 3 months. In analyzing the results, this study used multiple regression analysis, where it was found that materialism and attitudes toward money simultaneously have an influence on compulsive buying (R² = .434, CI 95% [0.294, 0.573], p < .01). These findings affirm that internal psychological factors play a significant role in directing student consumption behavior in the digital age. This study is expected to serve as a basis for developing more adaptive financial education for students, while also enriching the consumer psychology literature related to the use of pay later services."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library