Studi secara spesifik mendisuksikan intensi konsumen milenial untuk mengunjungi kembali restoran “hijau”. Theory of planned behavior (TPB) merupakan teori yang digunakan sebagai dasar pada penelitian ini. Studi ini menambahkan variabel environmental concern, dan satisfaction sebagai determinan intensi perilaku. Selain itu, satisfaction diukur menggunakan pengukuran ECOSERV yang memiliki konstruk assurance, reliability, responsiveness, empathy, tangibles, dan ecotangibles. Studi ini bertujuan untuk menggali lebih jauh determinan yang paling kuat menentukan intensi konsumen untuk mengunjungi kembali restoran “hijau”. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari 499 responden dan diolah dengan PLS-SEM. Pada penelitian empiris ini, ditemukan bahwa environmental concern memiliki pengaruh signifikan terhadap consumer’s behavioral intention secara tidak langsung melalui perceived behavioral control dan attitude. Sebagai tambahan, konstruk tangibles, ecotangibles, dan responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap satisfaction. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur yang masih terbatas mengenai intensi perilaku konsumen terhadap restoran yang menerapkan praktik ramah lingkungan.
This study specifically discusses millennials’ intention to revisit “green” restaurant. Theory of Planned behavior (TPB) is adopted as the theoretical framework. Environmental concern and satisfaction are added in the study as the determinant of behavioral intention. Besides, satisfaction is measured with ECOSERV that has assurance, reliability, responsiveness, empathy, tangibles, and ecotangibles as its constructs. The objective of this study is to further investigate the “key” driver of consumer’s revisit intention to “green” restaurant. This study uses quantitative method. The data was collected from 499 respondents, and analyzed with PLS-SEM. The findings of this study illustrate that environmental concern has significant impact on consumer’s revisit intention indirectly through perceived behavioral control and attitude. Also, tangibles, ecotangibles, and responsiveness is found to have significant impact on satisfaction. Findings form this research is expected to enrich the limited literature about consumers’ behavioral intention toward restaurants that practice green.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak publisitas negatif pada consumer attribution, brand image, brand attitude, dan purchase intention untuk Garuda Indonesia dengan tingkat keparahan rendah dan tinggi. Sampel penelitian ini adalah partisipan yang menggunakan layanan terbang Garuda Indonesia selama 6 bulan terakhir dan berusia antara 17 hingga 40 tahun. Data penelitian ini diolah dengan Partial Least Square (PLS) menggnakan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa consumer attribution mempengaruhi brand attitude dan purchase intention, sementara brand image dan brand attitude mempengaruhi purchase intention secara positif. Tidak ada moderasi dari tingkat keparahan terhadap hubungan apapun terkecuali untuk consumer attribution terhadap brand image yang tidak ditemukan signifikan dalam uji sebelumnya.
This study aims to analyze the impact of negative publicity on consumer attribution, brand image, brand attitude, and purchase intention for Garuda Indonesia with mild and high severity of negative publicity. The sample of this research include individuals who are flying with Garuda Indonesia within the last 6 months, and are aged between 17 to 40 years old. The data of this study was processed with Partial Least Square (PLS) and the software SmartPLS version 3.0. Result of this research shows that consumer attribution under negative publicity has negative influence on brand attitude and purchase intention, and brand image as well as brand attitude under negative publicity influenced purchase intention positively. There was no moderation by information severity towards the relationships, with the exception of consumer attribution towards brand image, which was found insignificant in the earlier test.